Harga Coil Spandek November 2023 Terbaru, Simak Perbandingan Galvalume, Spandek dan Alderon RS Trimdeck. Salah satu kendala yang dihadapi sebelum melakukan konstruksi bangunan adalah pemilihan material atap yang tepat. Setiap material yang ditawarkan di pasaran tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa pilihan material yang banyak digunakan adalah Galvalum, Spandek, dan atap uPVC Alderon.

Rumah atau gedung zaman sekarang tidak hanya mengandalkan genteng sebagai penutup atap. Banyak yang memilih memakai material lainnya, seperti spandek dan galvalum, karena dikatakan punya daya tahan yang lebih lama, anti-pecah, serta mudah diaplikasikan dan diberi cat atau warna sesuai selera. Kelebihan lainnya atap jenis ini adalah memiliki harga jual yang cenderung terjangkau.

Sebelum menentukan pilihan, Anda perlu mengenali sifat dari masing-masing material. Agar lebih mudah, yuk simak 5 perbandingan material Alderon RS Trimdeck, Galvalum, dan Spandek di bawah ini.

Harga Coil Spandek November 2023 Terbaru, Simak Perbandingan Galvalume, Spandek dan Alderon RS Trimdeck

Bahan Baku

Sama-sama merupakan jenis atap metal, perbedaan spandek dan galvalum dapat dilihat dari komposisi bahan baku yang tersusun di dalamnya. Sesuai dengan namanya, Galvalum (galvanis dan aluminium) merupakan lempengan baja yang dilapisi dengan campuran aluminium, silikon, dan seng. Sementara itu, material Spandek umumnya hanya terdiri dari aluminium dan seng. Keduanya masih termasuk dalam golongan material metal, sehingga akan lebih mudah berkarat terutama jika digunakan pada bangunan tepi laut.

Sebaliknya, material Alderon RS Trimdeck tidak mengandung komposisi metal, sehingga bersifat anti karat. Sebagai salah satu atap uPVC yang populer digunakan, unsur chlorine atau garam pada komposisi Alderon RS Trimdeck juga menjadi salah satu kelebihan yang membantu mencegah terjadinya penyebaran api.

Daya Serap Panas

Material Galvalum dan Spandek memiliki dua komposisi yang sama, yaitu aluminium dan seng. Oleh karena itu, memiliki sifat yang serupa dalam menahan panas matahari. Keduanya memiliki daya serap yang tinggi terhadap panas matahari, sehingga menggunakan atap Galvalum atau atap Spandek akan membuat ruangan terasa lebih panas.

Baca Juga :   Inilah Kelebihan Baja Ringan untuk Rangka Kanopi, Biaya Sangat Terjangakau

Sementara itu, Alderon RS Trimdeck terbuat dari komposisi uPVC dan dilengkapi oleh lapisan pelindung UV, sehingga daya serap terhadap panas matahari lebih rendah. Lapisan pelindung UV ini juga membantu warna Alderon tetap indah. Inilah mengapa Alderon dikenal sebagai atap bangunan sejuk dengan kualitas performa tinggi.

Harga Coil Spandek November 2023 Terbaru, Simak Perbandingan Galvalume, Spandek dan Alderon RS Trimdeck

Aplikasi

Baim Alderon, Galvalum, dan Spandek memiliki struktur yang fleksibel, sehingga mudah dibentuk atau dilengkungkan sesuai kebutuhan aplikasi. Perbedaan Spandek dan Alderon terletak pada aplikasinya. Selain diaplikasikan untuk kebutuhan atap bangunan, material Spandek dapat diaplikasikan untuk kebutuhan lain seperti dinding atau sekat ruangan. Begitu juga dengan Galvalum. dapat diaplikasikan sebagai rangka partisi, struktur dinding, bahkan pagar. Sementara itu, material Spandek umumnya diaplikasikan sebagai atap dan dinding bangunan.

Berbeda dengan material Galvalum dan Spandek, Alderon RS Trimdeck diaplikasikan khusus untuk kebutuhan roofing. Anda dapat mengaplikasikan Alderon RS Trimdeck sebagai atap kanopi teras, carport, atau pengganti atap utama. Bahkan atap Alderon aman digunakan pada daerah dengan kadar amonia tinggi. Salah satunya penggunaan atap Alderon untuk peternakan.

Instalasi

Proses instalasi dari masing-masing material memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Bagi Anda yang ingin menggunakan material Galvalum dan Spandek, Anda perlu menggunakan jasa profesional untuk melakukan instalasi. Meskipun material Galvalum dan Spandek sudah banyak digunakan, namun tidak banyak jasa profesional yang memiliki keterampilan untuk memasang. Ditambah lagi pada umumnya pemasangan atap Galvalum dan Spandek membutuhkan biaya tambahan untuk insulasi peredam panas.

Sementara, instalasi pada Alderon RS Trimdeck jauh lebih sederhana. Anda dapat melakukannya secara mandiri (Do It Yourself) untuk mengurangi biaya instalasi. Tidak perlu khawatir, karena Alderon RS Trimdeck dilengkapi dengan aksesoris instalasi dan panduan pemasangan yang mudah dipelajari. Dibandingkan material Galvalum dan Spandek, instalasi Alderon RS Trimdeck lebih efektif, baik dari segi biaya, tenaga dan waktu.

Ketebalan Coil Spandek

Tahukah Anda? Ketebalan material ternyata memiliki pengaruh cukup besar terhadap tingkat kenyamanan loh! Untuk material Galvalum, ukuran ketebalan yang banyak digunakan adalah 0,4 mm – 1 mm. Sementara itu, material Spandek umumnya tersedia dalam ukuran 0,3 mm – 0,5 mm. Berbeda dengan kedua material di atas, spesifikasi ukuran Alderon RS Trimdeck per lembar adalah 1,2 mm dan 1,45 mm untuk kebutuhan proyek.

Baca Juga :   Kelebihan Coil Galvalum Pasir untuk Atap Rumah, Tahan Cuaca dan Korosi

Berdasarkan ukuran ketebalan tersebut, Galvalum maupun Spandek tidak cukup baik dalam meredam suara dan menahan beban. Dibandingkan dengan Alderon RS Trimdeck, material Galvalum dan Spandek lebih mudah penyok dan menimbulkan suara berisik ketika hujan. Dalam pengujian beban juga menunjukkan bahwa Alderon RS kuat dilindas mobil.

Pada dasarnya, Alderon RS Trimdeck memiliki kemampuan sound transmission lebih baik dibandingkan atap metal seperti Galvalum dan Spandek. Meskipun demikian, Anda dapat memberikan insulasi tambahan jika menginginkan atap yang lebih kedap suara.

Demikian sekilas perbandingan antara material Galvalum, Spandek, dan Alderon RS Trimdeck. Semoga dapat memberikan gambaran yang lebih jelas sebelum Anda menentukan pilihan untuk bangunan Anda. Pastikan Anda memilih material yang tepat untuk bangunan Anda.

Harga Coil Spandek November 2023 Terbaru, Simak Perbandingan Galvalume, Spandek dan Alderon RS Trimdeck

Beda Spandek dan Galvalum

Selain jenis-jenis di atas, material lainnya yang sekarang mulai marak digunakan untuk atap hunian adalah spandek dan galvalum. Umumnya, orang sering menyamakan kedua material atap ini. Padahal, spandek dan galvalum memiliki beberapa perbedaan, baik dari bahan pembuatnya, daya serap, ukuran, hingga cara pemasangan atau instalasi.

Kita mulai dari atap spandek, dikutip dari Dekoruma.com, ini adalah salah satu jenis atap rumah yang terbuat dari campuran bahan aluminium serta seng. Komposisi rasio yang digunakan untuk membuat atap spandek umumnya adalah 55 persen aluminium dan 43 persen dari seng, sedangkan sisanya menggunakan bahan dari silikon.

Masih menurut referensi yang sama, dengan campuran bahan-bahan tersebut, atap spandek diklaim memiliki sifat yang kokoh, awet, ringan, dan mudah dibentuk. Selain itu, pemasangan atap jenis ini pun relatif mudah, tidak mudah hancur walau punya ketebalan hanya sekitar 0,3 mm hingga 0,5 mm, serta tersedia dalam banyak pilihan warna.

Baca Juga :   Contoh Kanopi Rumah Beserta Harga Terbaru 2024

Harga Coil Spandek

Informasi Produk di bawah ini adalah produk lokal dan juga import yang berkualitas baik dan sesuai dengan Standar Nasional Indonesia. Harga di tiap daerah berbeda dan selalu update terbaru.

Harga Coil Galvalume AZ50, AZ70 dan AZ100

BAHAN BAKU COIL SPANDEX DAN GENTENG METAL

Coil Galvalume 0,20 x 914 mm x c harga Rp. 16.000/kg
Coil Galvalume 0,25 x 914 mm x c harga Rp. 15.700/kg
Coil Galvalume 0,30 x 914 mm x c harga Rp. 15.500/kg
Coil Galvalume 0,20 x 1219 mm x c harga Rp. 16.000/kg
Coil Galvalume 0,25 x 1219 mm x c harga Rp. 15.700/kg
Coil Galvalume 0,30 x 1219 mm x c harga Rp. 15.500/kg

BAHAN BAKU CANAL DAN RENG

Coil Galvalume 0,55 x 151,8 mm x c harga Rp. 13.000/kg
Coil Galvalume 0,60 x 151,8 mm x c harga Rp. 12.900/kg
Coil Galvalume 0,65 x 151,8 mm x c harga Rp. 12.800/kg
Coil Galvalume 0,70 x 151,8 mm x c harga Rp. 12.700/kg
Coil Galvalume 0,90 x 151,8 mm x c harga Rp. 12.600/kg
Coil Galvalume 0,95 x 151,8 mm x c harga Rp. 12.500/kg
Coil Galvalume 0,35 x 101 mm x c harga Rp. 13.600/Kg
Coil Galvalume 0,40 x 101 mm x c harga Rp. Rp. 13.500/Kg
Coil Galvalume 0,35 x 93,5 mm x c harga Rp. 13.600/Kg
Coil Galvalume 0,40 x 93,5 mm x c harga Rp. 13.500/kg

Harga spandek galvalum di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa toko bahan bangunan dan situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya sebenarnya tidak jauh berbeda.

Harga Coil Spandek November 2023 Terbaru, Simak Perbandingan Galvalume, Spandek dan Alderon RS Trimdeck

Semoga bermanfaat 🙂

Hubungi kami :

Phone / WA / SMS :

Agung : +6287824591024
Frenddy : +6285262899524
Alex : +628118200309
Hendry Zaputra : +6285216011122