Inspirasi Model Kanopi Baja Ringan Dapur Terbuka. Dapur dengan konsep terbuka dapat memberikan pencahayaan alami yang lebih merata, serta lebih banyak memiliki ventilasi udara. Desain dapur terbuka saat ini semakin diminati banyak orang, untuk itu pemilihan model kanopi untuk dapur terbuka juga patut diperhatikan.

Penerapan dapur terbuka dianggap memiliki sejumlah keunggulan. Salah satunya, pemanfaatan ruang yang lebih efektif. Penerapan dapur terbuka juga membuat pemilik rumah tidak perlu pusing memikirkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami di dapur.

Selain itu, dapur juga akan memiliki peran yang multifungsi. Artinya tidak hanya berfungsi sebagai tempat memasak. Konsep dapur terbuka belakangan banyak diminati masyarakat. Bahkan saat ini, banyak developer yang mengaplikasikan konsep tersebut pada project huniannya.

Inspirasi Model Kanopi Baja Ringan Dapur Terbuka

Sebab dapur ditempatkan di area luar rumah, sehingga kamu bisa memanfaatkan ruang tersisa di dalam rumah untuk digunakan sebagai ruangan lainnya yang tak kalah krusial.

Melalui konsep terbuka, dapur otomatis akan mendapatkan pencahayaan dan sirkulasi udara alami yang maksimal. Selain itu, dapur juga akan memiliki peran yang multifungsi. Artinya tidak hanya berfungsi sebagai tempat memasak.

Namun dapat dimanfaatkan pula sebagai area bersantai dan berkumpul yang nyaman bersama keluarga dan kolega. Meski begitu, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan ketika hendak mengaplikasikan konsep dapur terbuka pada rumah. Termasuk memilih jenis atap yang tepat.

Baca Juga :   Apa Itu Rumah Modular Baja Ringan? Solusi Hunian Ramah Lingkungan Terbaru 2024

Ada banyak pilihan atap yang bisa diterapkan pada dapur terbuka, salah satunya adalah kanopi. Selain mampu melindungi dapur dari terpaan cuaca seperti panas dan hujan, kanopi juga menjadi dekorasi eksterior yang dapat mempercantik tampilan rumah.

Penerapan kanopi untuk dapur terbuka dianggap praktis dan ekonomis, bila dibandingkan dengan penggunaan atap konvensional dengan genteng.

Ada banyak pilihan bahan dan desain kanopi untuk dapur terbuka. Selengkapnya, akan kami ulas dalam artikel ini.

Inspirasi Model Kanopi Baja Ringan Dapur Terbuka

Kegiatan memasak pun kian nyaman, tanpa adanya asap yang mengumpul di dalam ruangan dan menjadikannya bau apek. Agar tidak penasaran, berikut inspirasi model kanopi dapur terbaru :

1. Kanopi untuk Dapur Terbuka Atap Membran

Kanopi dengan atap membran, menjadi pilihan material yang bisa kamu pilih sebagai atap pada dapur terbuka. Kanopi membran memang dibanderol dengan harga yang tinggi. Namun kanopi jenis memiliki peminat yang cukup banyak. Pasalnya, kanopi untuk dapur terbuka dengan atap membran juga menjadi dekorasi estetis pada area eksterior.

2. Kanopi untuk Dapur Terbuka Atap Fiberglass

Bila menginginkan atap kanopi dengan tampilan transparan selain kaca, kamu bisa memilih kanopi dengan atap fiberglass pada dapur terbuka.

Baca Juga :   Video Cara Memasang Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang dan Contoh Model Inspirasi

Fiberglass merupakan material yang lebih ringan dari kaca. Sehingga pemasangannya pun lebih mudah. Harga kanopi dengan atap fiberglass pun terjangkau.

3. Kanopi untuk Dapur Terbuka dari Beton

Rekomendasi kanopi untuk dapur terbuka selanjutnya adalah kanopi dari beton. Beton merupakan material yang sangat kuat sehingga akan membuat tampilan dapur sangat kokoh. Selain itu, dengan menggunakan beton, atap rumah menjadi terlihat lebih modern.

4. Kanopi dengan Sistem Buka Tutup yang Praktis

Mau kanopi untuk dapur terbuka yang praktis dan fleksibel? Coba pasang yang bersistem buka tutup dari bahan baja atau aluminium.

Desain ini tidak hanya multifungsi tapi juga lebih cantik dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Kanopi Dapur Terbuka Atap Polycarbonate

Polycarbonate merupakan bahan yang cukup populer digunakan sebagai atap kanopi. Atap jenis ini terbuat dari plastik berongga.

Kanopi polycarbonate bisa dijadikan pilihan ideal untuk atap dapur terbuka. Materialnya yang tidak terlalu tebal membuatnya bisa menyerap sinar matahari secara maksimal.

Bahan polycarbonate memiliki ketahanan yang cukup baik. Bisa digunakan dalam rentang 5 hingga 10 tahun. Harganya pun cukup terjangkau.

6. Kanopi Dapur Terbuka Atap Kaca

Material kaca cukup populer digunakan sebagai atap kanopi. Penerapannya mampu menghadirkan kesan estetis pada hunian.

Baca Juga :   Menghitung Biaya Dak Beton Bondek Per Meter dan Simulasinya

Tampilan yang transparan, membuat kanopi kaca cocok diterapkan pada dapur terbuka. Sebab, memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap sinar matahari.

Hal tersebut tentu membuat dapur tidak hanya nyaman digunakan sebagai tempat memasak.

Namun juga tempat bersantai dan berkumpul. Apalagi bila dapur terbuka terintegrasi dengan ruang makan.

7. Kanopi untuk Dapur Terbuka Atap Kayu

Kayu juga menjadi material lain yang cocok diterapkan sebagai atap kanopi untuk dapur terbuka.

Tidak hanya atap, material ini juga bisa diterapkan sebagai tiang atau rangka kanopi dan palet pelapis dinding. Sehingga kamu bisa memiliki dapur terbuka dengan konsep kayu.

Secara tampilan, ruangan yang didominasi dengan material kayu akan menghadirkan kesan natural dan tampilan yang modern. Pasalnya aksen kayu cukup populer diterapkan pada hunian bergaya modern.

Selain itu, kayu juga mampu menghadirkan kehangatan. Sehingga dapur terbuka ini akan menjadi tempat yang nyaman digunakan untuk berbagai kegiatan, selain memasak.

Inspirasi Model Kanopi Baja Ringan Dapur Terbuka

Itulah beberapa inspirasi model kanopi dapur terbuka. Semoga bermanfaat

Sumber : https://www.99.co/