Inspirasi Pagar Rumah Dari Baja Ringan Minimalis 2024. Alasan banyak orang memilih baja ringan? Material ini menawarkan keunggulan-keunggulan tertentu yang tak dimiliki oleh bahan lain. Bagi yang tertarik dengan konsep, simak berbagai ide desain serta plus minusnya di bawah ini.

Pagar baja ringan minimalis dapat dikatakan semakin diminati. Sebab, elemen ini tak hanya memberi privasi bagi penghuni bangunan. Tetapi juga membuat fasad rumah tampak lebih manis.

Tertarik dengan variasi material pagar yang berbeda? Pertimbangkan menggunakan pagar baja ringan untuk hunian impianmu. Saat ini, penggunaan baja ringan sedang naik daun dalam industri konstruksi. Tak hanya sebagai atap, baja ringan juga populer digunakan untuk berbagai kebutuhan lain seperti pintu garasi, saluran air, kanopi, hingga struktur rangka atap.

Inspirasi Pagar Rumah Dari Baja Ringan Minimalis 2024

Pagar rumah merupakan salah satu elemen penting dalam properti. Pilihan pagar rumah yang tepat akan meningkatkan nilai estetika rumah dan memberikan keamanan tambahan bagi penghuni rumah. Salah satu pilihan material untuk pagar rumah yang sedang populer saat ini adalah baja ringan.

Menggunakan baja ringan, usia pagar rumah akan lebih lama karena material tersebut memiliki beragam keunggulan, di antaranya sebagai berikut.

  • Kokoh, mengingat kekuatan tarik baja ringan sangat bagus, yaitu 550 MPa, sehingga tidak mudah patah;
  • Anti rayap dan tidak mudah lapuk seperti kayu;
  • Baja ringan tidak merambatkan api;
  • Tahan korosi karena terbuat dari Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS).

Desain Pagar Rumah dari Baja Ringan yang Bisa dijadikan Referensi

Berikut ini adalah beberapa desain pagar rumah dari baja ringan yang bisa menjadi referensi untuk rumah Anda:

Baja ringan adalah material yang terbuat dari campuran bahan kimia yang kuat dan tahan karat. Material ini banyak digunakan sebagai alternatif pengganti bahan bangunan konvensional seperti kayu dan besi. Pagar rumah dari baja ringan merupakan salah satu produk yang memanfaatkan material baja ringan untuk memberikan perlindungan ekstra dan meningkatkan nilai estetika rumah.

Baca Juga :   Menghitung Biaya Dak Beton Bondek Per Meter dan Simulasinya

Inspirasi Pagar Rumah Dari Baja Ringan Minimalis 2024

Mengapa Pilih Pagar Rumah dari Baja Ringan?

Ada beberapa keuntungan dalam memilih pagar rumah dari baja ringan, yaitu:

1. Bebas Karat

Baja ringan memiliki sifat yang tahan karat dan tidak mudah berkarat seperti material besi pada umumnya. Ini membuat pagar rumah dari baja ringan cocok untuk zona yang rawan cuaca ekstrem.

2. Tahan Guncangan

Baja ringan juga memiliki kekuatan yang cukup tinggi, sehingga sangat tahan terhadap guncangan dan tidak akan mudah merobek atau patah seperti kayu pada umumnya.

3. Ekonomis

Pagar rumah dari baja ringan relatif lebih ekonomis dibandingkan dengan pagar rumah dari bahan bangunan konvensional lainnya. Selain itu, biaya perawatan pagar rumah dari baja ringan juga relatif murah.

4. Mudah Dipasang

Kekuatan baja ringan yang tinggi juga memudahkan penggunaan material ini dalam bangunan yang memerlukan bentuk yang rumit atau berbeda. Selain itu, baja ringan juga sangat mudah dipasang dan menjadi favorit para arsitek dalam menghasilkan karya-karya yang inovatif.

Inspirasi Pagar Rumah Dari Baja Ringan Minimalis 2024

Kekurangan Pagar Rumah dari Baja Ringan

Walaupun memiliki keuntungan tersebut, tetapi pagar rumah dari baja ringan juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

1. Tidak Anti Api

Salah satu kelemahan dari pagar rumah dari baja ringan adalah bahwa material ini tidak tahan terhadap api. Hal ini menyebabkan pagar rumah dari baja ringan tidak dianjurkan pada daerah yang memiliki risiko kebakaran yang tinggi.

2. Tidak Cocok untuk Lingkungan Yang Cukup Asin

Walaupun baja ringan termasuk material yang tahan terhadap karat, lingkungan yang sangat asin dapat membuat baja ringan menjadi cepat rusak dan memperpendek umur pakai pagar rumah dari baja ringan.

Biaya Pemasangan Pagar Rumah dari Baja Ringan

Biaya pemasangan pagar rumah dari baja ringan akan bergantung pada ukuran pagar rumah yang akan dibangun, jenis desain pagar rumah yang akan dibuat, dan juga jenis dan kualitas baja ringan yang akan digunakan.

Baca Juga :   Berapa Lama Ketahanan Atap Spandek Pasir?

Cara Pemasangan Pagar Rumah dari Baja Ringan

Berikut ini adalah cara pemasangan pagar rumah dari baja ringan:

  1. Persiapkan peralatan seperti balok baja ringan, paku baja ringan, kawat baja, sekrup baja, dan lain-lain
  2. Buat kerangka dari baja ringan yang akan digunakan untuk membuat pagar rumah. Pastikan kerangka yang dibentuk sudah sesuai dengan desain yang diinginkan.
  3. Pasang panel pada kerangka baja ringan menggunakan paku baja ringan.
  4. Buatlah lubang pada baja ringan dan kawat baja secara beririsan pada bagian mana pun yang akan dihubungkan. Lalu ikat dengan kawat baja.
  5. Terakhir, pasang finishing pada pagar rumah baja ringan sesuai dengan desain yang diinginkan.

Inspirasi Pagar Rumah Dari Baja Ringan Minimalis 2024

Contoh Pagar Rumah dari Baja Ringan

Berikut ini adalah contoh pagar rumah dari baja ringan, yang bisa menjadi inspirasi untuk mendesain pagar rumah anyar.

1. Konsep Pagar Baja Ringan Sederhana.

Apabila hunianmu mengusung konsep minimalis, maka dengan material baja ringan seperti ilustrasi di atas bisa menjadi pilihan tepat. Sesuai dengan namanya, dengan gaya minimalis ini menghadirkan desain simpel tanpa banyak hiasan atau detail tambahan. Pilihan warna putih menjadi dominan sebab sesuai untuk berbagai tipe rumah, dari tipe 36, desain modern, hingga rumah dengan area pekarangan yang luas.

2. Pagar Baja Ringan dengan Sentuhan Kayu.

Pagar dengan material baja ringan beraksen kayu dapat kamu pilih untuk menciptakan nuansa yang alami dan estetik. Dari perspektif lingkungan, pagar dengan sentuhan kayu ini sangat sesuai untuk daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Keadaan iklim ini menjadikan pagar lebih tahan lama dan perawatannya menjadi lebih simpel. Untuk tampilan yang memikat, pertimbangkan jenis kayu seperti cemara, cedar, jati, atau mahoni.

Baca Juga :   Harga dan Ukuran Seng Galvalum Terbaru Mei 2024

3. Pintu Pagar Sliding Berbahan Baja Ringan

Pintu geser, yang juga dikenal sebagai sliding gate, dapat menjadi pilihan desain yang efisien dalam hal penggunaan ruang. Menggunakan pagar jenis ini memudahkan Anda dalam hal pembukaan karena ringan dan mudah untuk ditarik. Baja ringan merupakan bahan pilihan yang tepat untuk pintu sliding dengan nuansa modern, seperti ilustrasi yang diberikan. Pilihan warna hitam akan menambah kesan elegan, membuatnya tampak selalu modis dan awet di berbagai era.

4. Pintu Pagar Baja Ringan Modern.

Walau umumnya digunakan untuk konstruksi atap, baja ringan taso kini semakin populer sebagai bahan pembuatan pagar guna meningkatkan keamanan hunian.Baja ringan jenis ini dikenal karena pemanfaatan teknologi canggih yang menghasilkan konstruksi baja berkekuatan tinggi namun tetap enteng. Keunggulan lainnya, material ini menggunakan galvalume, sebuah kombinasi dari unsur karbon, aluminium, dan zinc yang memberi ketahanan terhadap korosi.

5. Pintu Pagar Spandek Berbahan Baja Ringan

Pagar yang terbuat dari baja ringan spandek memberikan sentuhan minimalis dan rapi pada fasad rumah Anda. Meski sering ditemui pada rumah bergaya minimalis, pagar jenis ini sesuai untuk beragam gaya desain hunian. Tampilannya dapat semakin memikat dengan penambahan dekoratif seperti lampu dekor, tanaman merambat, dan hiasan pagar lainnya. Untuk melengkapi, berikut beberapa keuntungan dan kerugian dari penggunaan nya yang perlu Anda ketahui.

Agar pagar baja ringan minimalis tampak baru lebih lama, pemilihan material dengan mutu dan kualitas terjamin harus dipertimbangkan.

Inspirasi Pagar Rumah Dari Baja Ringan Minimalis 2024

Semoga bermanfaat 🙂