Lebih Baik Kanopi Spandek atau Alderon? Simak Kelebihan dan Kekurangannya. Adanya kanopi dapat melindungi ruang dibawahnya dari hujan dan panas. Kanopi juga akan melengkapi tampilan rumah secara keseluruhan, maka dari itu pemilihan desain kanopi sangat menentukan tampilan dari rumah tersebut. Penggunaan kanopi semakin populer pada hunian, khususnya pada area carport, teras rumah, taman belakang rumah, hingga dapur terbuka.

Bukan hanya berfungsi untuk melindungi area dari paparan sinar matahari dan hujan, memasang kanopi juga mampu menambah unsur dekoratif pada salah satu area rumah Anda. Terlebih lagi jika Anda memilih bahan atau material kanopi yang modern, minimalis, atau elegan.

Salah satu jenis atap rumah yang terbuat dari percampuran bahan alumunium serta seng. Komposisi rasio yang digunakan untuk membuat atap spandek adalah 55% alumunium dan 43% dari seng. Sisanya menggunakan bahan dari silicon.

Lebih Baik Kanopi Spandek atau Alderon? Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Banyak sekali jenis atap yang dapat digunakan sebagai atap kanopi. Semua disesuikan dari budget dan kebutuhan bangunan sendiri. Jenis atap kanopi yang umum digunakan adalah atap spandek/trimdek, atap genteng fiber, atap genteng metal, atap onduline, atap polycarboante, atap kaca, atap UPVC Alderon, atap akrilik, atap Solartuff, dll.

Kanopi atap spandek minimalis menjadi salah satu model kanopi yang banyak dipilih, dengan harga yang relatif terjangkau, dibanding atap jenis lainnya. Kanopi spandek dapat dikombinasikan dengan rangka besi jenis besi baja ringan atau besi hollow galvanis.

Apakah kamu berminat pasang kanopi di rumah? Jika berminat, terdapat dua jenis atap kanopi yang dapat kamu coba. Ada kanopi spandek dan kanopi alderon. Kedua kanopi ini memang memiliki kualitas baik dan tahan lama.

Baca Juga :   Harga Coil Galvalume per Ton Juni 2024

Namun, jika kamu masih bingung dalam memilih kedua atap kanopi tersebut. Sebaiknya kamu simak artikel ini agar lebih paham perbedaan kanopi spandek dan alderon. Juga beserta kelebihan dan kekurangannya.

Lebih Baik Kanopi Spandek atau Alderon? Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu Kanopi Spandek?

Kanopi atap spandek merupakan salah satu jenis kanopi yang terbuat dari campuran bahan alumunium dan seng. Beberapa produsen juga menambahkan beberapa bahan tambahan seperti silikon ke dalam campurannya untuk meningkatkan tingkat kelenturan produk atap. Dari komposisi bahan-bahan tersebut maka akan terciptalah produk kanopi atap rumah yang awet, kokoh dan ringan.

Atap spandek kerap digunakan saat memasang kanopi baja ringan. Material ini terbuat dari campuran bahan 43% seng dan 55% aluminium. Komposisi tersebut juga dicampur dengan bahan silikon sehingga lebih fleksibel. Ciri khas spandek adalah ringan, kokoh, dan mudah disesuaikan dengan bentuk hunian Anda.

Tak hanya itu, spandek juga memiliki ketahanan hingga 50 tahun lebih dan bisa memantulkan panas sehingga rumah lebih dingin dan sejuk. Namun, kekurangannya adalah spandek bisa menimbulkan suara berisik jika terkena air hujan, warna cepat pudar, dan mengalami kebocoran jika tidak sengaja terbentur benda keras.

Kelebihan

  1. Daya tahan yang baik dan awet
  2. Warna yang variatif
  3. Anti pecah, keropos serta anti rayap
  4. Pemasangan mudah
  5. Harganya terjangkau

Kekurangan

  1. Daya serap panas tinggi
  2. Bising ketika hujan

Berikut ini harga kanopi spandek per meter, per Februari 2023.

Jenis atap kanopi spandek Harga (per meter)
Model biasa Mulai dari Rp195.000
Model modern Mulai dari Rp200.000
Model premium Mulai dari Rp280.000
Model super premium Mulai dari Rp310.000

Lebih Baik Kanopi Spandek atau Alderon? Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Baca Juga :   Berapa Lama Ketahanan Atap Spandek Pasir?

Apa itu Kanopi Alderon?

Kanopi alderon terbuat dari baja ringan yang kuat. Tak hanya itu, kanopi alderon juga mampu meredam panas lebih baik dari kanopi spandek. Selain itu, kanopi alderon baja ringan juga dapat mendongkrak estetika dari rumah karena bentuknya yang menarik.

Jenis atap kanopi yang juga banyak digunakan adalah jenis Alderon. Material ini kerap dibandingkan dengan atap spandek, padahal keduanya terbuat dari material yang berbeda. Jika atap spandek terbuat dari seng dan aluminium, maka Alderon terbuat dari Unplasticized Polyvinyl Chloride (uPVC).

Alderon cukup populer sebagai material pembuatan kanopi rumah karena memiliki rongga udara yang mampu meredam panas dan penahan suara berisik saat hujan.

Kelebihan lainnya, material ini tidak menghantarkan aliran api, tidak berkarat, mudah dibentuk dan dipotong, hingga garansi resmi 10 tahun. Alderon cocok bagi Anda yang mencari atap kanopi yang anti-panas, kedap suara, dan ingin memiliki kanopi mewah.

Kelebihan

  1. Ramah lingkungan
  2. Mudah dibersihkan
  3. Tidak mudah terbakar
  4. Kedap suara
  5. Tahan dengan berbagai cuaca
  6. Meredam panas

Kekurangan

  1. Harga relatif mahal
  2. Pilihan warna yang terbatas, hanya terdapat warna biru dan putih

Berikut ini harga kanopi Alderon per meter, per Februari 2023.

Jenis atap kanopi Alderon Harga (per meter)
Model biasa Mulai dari Rp410.000
Model modern Mulai dari Rp420.000
Model premium Mulai dari Rp460.000
Model super premium Mulai dari Rp500.000

Lebih Baik Kanopi Spandek atau Alderon? Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Baca Juga :   Perbedaan Spandek dan Bondek Yang Dikira Sama Fungsinya

Cara Menghitung Biaya Memasang Kanopi

Sebelum memasang kanopi di rumah Anda, sebaiknya ketahui estimasi budget yang perlu Anda keluarkan. Setidaknya ada dua cara memasang kanopi, yaitu dilakukan dengan menggunakan jasa profesional/tukang atau borongan. Berikut ini estimasi biayanya.

Pasang kanopi dengan jasa profesional

Biaya pasang kanopi baja ringan dengan menggunakan jasa profesional biasanya sudah termasuk dengan harga pemasangan dan material.Namun, biaya tersebut tentunya akan berbeda-beda tergantung wilayah dan kesepakatan penawaran Anda.

Berikut ini simulasi biaya pasang kanopi baja ringan:

  • Ukuran area yang akan dipasang kanopi adalah 3×4 atau 12 m2.
  • Biaya per meter dengan menggunakan spandek super premium adalah Rp360.000
  • Maka biayanya adalah Rp360.000 x 12 m2 = Rp4.320.000

Harga tersebut biasanya sudah lengkap dengan material dan alat-alat yang disediakan tenaga profesional. Namun, beberapa jasa profesional belum menetapkan harga cat/finishing sehingga perlu adanya kesepakatan terlebih dahulu.

Pasang kanopi borongan

Anda juga bisa memasang kanopi dengan sistem borongan sehingga perlu membeli bahan atau materialnya sendiri. Rata-rata jasa pasang kanopi mulai dari Rp100.000 per meter persegi. Sehingga biaya pasang yang perlu Anda siapkan adalah Rp1.200.000 (12 m2 x Rp100.000). Biaya tersebut belum termasuk biaya bahan yang dibutuhkan.

Sebelumnya Anda juga perlu menyusun RAB (Rencana Anggaran Biaya) pasang kanopi dengan memilih bahan material sesuai dengan keinginan, berikut ini simulasi material yang digunakan untuk pasang kanopi dengan sistem borongan.

Material yang dibutuhkan:

  • Baja ringan Rp75.000 x 8 buah = Rp600.000
  • Reng Rp35.000 x 10 buah = Rp350.000
  • Genteng metal Rp33.000 x 40 buah = Rp1.320.000
  • Asumsi baut Rp200.000
  • Total = Rp2.470.000

Berikut kelebihan dan kekurangan dari kanopi spandek dan alderon. Semoga dapat membantu Anda dalam memilih jenis kanopi yang sesuai dengan preferensi dan budget.