Pengertian Cor Bondek, Ketahui Ukuran Standar Hingga Harganya. Bondek atau disebut juga sebagai floordeck merupakan bahan material berupa lembaran yang terbuat dari galvalum berlapis galvanis atau aluminium yang digunakan untuk membuat plafon pengganti triplek.

Bondek baja ringan adalah salah satu jenis material konstruksi yang sering digunakan dalam proyek-proyek konstruksi, terutama dalam pembangunan struktur bertingkat, seperti gedung perkantoran, pabrik, dan apartemen. Bondek digunakan sebagai lantai penutup atau dinding penahan beton. Ini memiliki beberapa manfaat dalam konstruksi, termasuk kekuatan, kemudahan pemasangan, dan efisiensi.

Pengertian Cor Bondek, Ketahui Ukuran Standar Hingga Harganya

Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang bondek baja ringan:

1. Struktur Bondek: Bondek terbuat dari lembaran baja berprofil bergelombang yang saling terhubung dan dilapisi dengan lapisan pelindung untuk mencegah korosi. Profil bergelombang pada permukaan atas bondek membantu dalam penyebaran beban dan penguatan struktur.

2. Pemasangan: Bondek dipasang dengan cara menempatkannya di atas rangka baja atau struktur penyangga lainnya. Biasanya, bondek ditempatkan sebelum pengecoran beton. Lalu, beton dicor di atas bondek, yang akan menjadi lantai atau dinding setelah pengerasan.

3. Kekuatan: Bondek baja ringan memiliki kekuatan yang tinggi, sehingga mampu menahan beban yang signifikan. Ini membuatnya ideal untuk digunakan sebagai lantai bertingkat atau dinding penahan beton.

4. Efisiensi Konstruksi: Penggunaan bondek dapat mempercepat proses konstruksi karena proses pengecoran beton menjadi lebih efisien. Ini dapat menghemat waktu dan biaya proyek.

5. Desain yang Fleksibel: Bondek tersedia dalam berbagai ukuran dan ketebalan, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan desain proyek. Ini memungkinkan fleksibilitas dalam menciptakan konstruksi sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

6. Tahan Terhadap Korosi: Bondek yang baik memiliki lapisan pelindung untuk mencegah korosi dan memperpanjang umur pakainya.

7. Pemeliharaan yang Mudah: Setelah dipasang, bondek biasanya memerlukan sedikit pemeliharaan. Ini mengurangi biaya perawatan jangka panjang.

8. Tampilan yang Rapi: Bondek juga sering digunakan sebagai langit-langit berlapis beton yang memiliki tampilan rapi dan modern.

9. Perlindungan Kebakaran: Bondek memiliki sifat tahan api, yang dapat membantu membatasi penyebaran api dalam situasi darurat.

Penting untuk mencatat bahwa penggunaan bondek dalam proyek konstruksi harus mematuhi pedoman dan standar konstruksi yang berlaku. Selain itu, perencanaan yang tepat, pengawasan, dan pemasangan yang hati-hati sangat penting untuk memastikan keberhasilan proyek dan keamanan struktur. Jika Anda merencanakan penggunaan bondek dalam proyek Anda, sebaiknya berkonsultasi dengan seorang insinyur sipil atau profesional konstruksi yang berpengalaman.

Baca Juga :   Manfaat Baut Baja Ringan, Cek Jenisnya, Cara Pembuatan dan Harganya

Pengertian Cor Bondek, Ketahui Ukuran Standar Hingga Harganya

Umumnya material ini digunakan untuk mengecor lantai dua suatu bangunan yang disebut dengan metal decking, dimana dalam aplikasinya harus memerhatikan tebal cor bondek itu sendiri.

Apa Itu Cor Bondek?

Apa itu cor bondek? Cor bondek adalah teknik yang digunakan untuk membantu proses pengerjaan dak beton yang posisinya berada di lantai maupun dak beton di bagian atas, dengan menggunakan material berupa lembaran yang terbuat dari galvalum berlapis galvanis atau aluminium. Cor bondek, sesuai namanya, menggunakan material tersebut sebagai pengganti triplek yang umum diaplikaskan pada rumah-rumah.

Pada penerapannya, teknik cor bondek akan sangat bergantung pada galvalum berlapis galvanis atau aluminium sebagai alas daknya. Itu sebabnya, material tersebut terbuat dari baja dengan tinggi kurang lebih 5cm dan standarnya berbentuk gelombang dengan panjang yang bervariasi karena bisa disesuaikan dengan ukuran area yang akan didak.

Ukuran Tebal Cor Bondek

Ukuran tebal cor bondek di pasaran bervariasi. Mulai dari tebal cor bondek 0,65mm, tebal cor bondek 0,70mm, tebal cor bondek 0,75mm, hingga tebal cor bondek 1mm. Namun yang paling sering digunakan banyak orang adalah tebal cor bondek 1mm dan 0,75mm. Selain ukuran dari tebal cor bondek, terdapat juga variasi panjang yakni 3 meter, 4 meter, 5 meter hingga 6 meter.

Sebagai informasi, dalam pengaplikasiannya bondek akan disangga oleh balok biasa atau balok baja. Sehingga maksud dari metal decking dengan cor bondek adalah untuk membantu atap menahan hawa panas agar tidak masuk ke ruangan. Metode ini cocok untuk gedung bertingkat sebagai plafon atap atau lantai beton.

Menariknya, beberapa orang sengaja memperlihatkan bondek dan menggunakan cat sebagai finishing agar terlihat lebih indah, namun ada juga yang membiarkan warna aslinya tetap bersinar.

Bondek atau disebut juga sebagai floordeck merupakan bahan material berupa lembaran yang terbuat dari galvalum berlapis galvanis atau aluminium yang digunakan untuk membuat plafon pengganti triplek.

Harga Cor Bondek

Harga cor bondek dari segi materialnya di pasaran bervariasi. Perbedaan tersebut tentunya bergantung pada jenis dan juga ukuran tebal cor bondek. Berikut harga cor bondek terbaru:

  • Bondek 0.65mm harga Rp94.000
  • Bondek Galvanis 0.70mm harga Rp100.000
  • Bondek Galvalum 0.70mm harga Rp105.000
  • Bondek Galvanis 0.75mm harga Rp110.000
  • Bondek Galvalum 0.75mm harga Rp112.000
Baca Juga :   Harga Coil Baja Ringan Juni 2024, Update Terbaru

Pengertian Cor Bondek, Ketahui Ukuran Standar Hingga Harganya

Biaya membuat dak rumah dengan bondek tergantung dari kebutuhan material, spesifikasi, dan luas yang direncanakan. Berikut simulasi biaya dak dengan bondek seluas 5 x 11 meter:

Kebutuhan Material:

  • Wiremesh 4 lembar ukuran 5,4 m x 2,1 m
  • Besi ulir 8 mm
  • Bondek 10 lembar 1 m x 6 m x 0,75 mm untuk ketebalan
  • Semen 40 sak
  • Pasir beton 2 m3
  • Batu split 3 m3

Bahan dan Harga

  • Bondek 10 lembar, per lembar Rp540.000 = Rp5.400.000
  • Wiremesh 4 lembar, per lembar Rp515.000 = Rp2.060.000
  • Semen 40 sak, per sak Rp55.000 = Rp2.200.000
  • Pasir beton 4 colt, per colt Rp220.000 = Rp880.000
  • Batu split 5 colt, per colt Rp260.000 = Rp1.300.000
  • Total: Rp11.840.000

Upah Tukang Bangunan

  • Tenaga inti 5 orang x Rp200.000 = Rp1.000.000
  • Tenaga pembantu 7 orang x Rp150.000 = Rp1.050.000
  • Konsumsi Rp25.000 = Rp250.000
  • Total: Rp2.300.000
  • Total Keseluruhan: Rp14.140.000

Jadi, simulasi biaya membuat cor bondek untuk ukuran 5 x 11 meter mencapai Rp14.140.000. Perlu diingat, rincian di atas adalah simulasi biaya dengan material standar. Biaya tersebut sudah termasuk upah tukang bangunan dan harga bahan bangunan yang mungkin berbeda-beda tiap daerah.

Pengertian Cor Bondek, Ketahui Ukuran Standar Hingga Harganya

Keunggulan dan Kekurangan Cor Bondek

Beragam jenis material yang beredar dan digunakan untuk sebuah konstruksi bangunan tentu tak lepas dari kelebihan dan kekurangannya sendiri. Lalu apa saja keunggulan dan kekurangan cor bondek?

1. Keunggulan Cor Bondek

  • Awet dan tahan lama
    • Membutuhkan sedikit tenaga kerja
    • Mudah dan cepat memasangnya
    • Tahan akan api
    • Canggih dan modern
    • Penguat dan penghemat komposit
    • Tahan karat
    • Tampilan lebih bagus
    • Mengurangi jumlah pemakaian besi dan tiang penyangga
    • Ramah lingkungan

2. Kekurangan Cor Bondek

  • Apabila terjadi kebocoran, maka akan lebih sulit untuk dideteksi dan diperbaiki
    • Tepi plat galvanis bondek harus diletakkan di atas plat lantai supaya tidak rusak
    • Harga yang relatif mahal sehingga akan menambah biaya pembangunan rumah atau bangunan
    • Perlu tenaga ahli dan pengalaman untuk pemasangannya
    • Bondek harus dipotong dengan alat khusus seperti las listrik

Cara cor bondek dalam konstruksi adalah dengan meletakkan lembaran bondek di atas rangka baja, dan kemudian menuangkan beton di atasnya. Proses ini menciptakan lantai bertingkat atau dinding dengan permukaan yang kuat dan tahan lama. Di bawah ini adalah contoh prosedur cor bondek:

Bahan dan Alat yang Diperlukan: Sebelum memulai cor bondek, pastikan Anda memiliki semua bahan dan alat yang diperlukan, termasuk bondek, rangka baja, alat-alat cor, beton, vibrator beton (jika diperlukan), dan perlindungan pribadi seperti helm, sarung tangan, dan sepatu keselamatan.

Baca Juga :   Berapa Lama Ketahanan Atap Spandek Pasir?

Langkah-langkah Cor Bondek:

  1. Persiapan Permukaan: Pastikan permukaan di mana bondek akan ditempatkan bersih dan bebas dari kotoran, debu, atau materi lain yang dapat menghambat perlekatan bondek dengan beton.
  2. Pasang Rangka Baja: Letakkan rangka baja di atas dinding atau struktur penyangga yang sesuai. Pastikan rangka baja terpasang dengan kuat dan sesuai dengan desain struktur yang direncanakan.
  3. Pemasangan Bondek: Letakkan lembaran bondek di atas rangka baja dengan profil bergelombang menghadap ke atas. Pastikan bondek terpasang dengan rapi dan bersambung dengan baik antara lembaran yang satu dengan yang lain. Pastikan juga sambungan bondek yang sejajar tidak bertumpang tindih.
  4. Penyambungan Bondek: Sambungkan bondek dengan benang atau tali yang melintasi profil bergelombang. Ini membantu menjaga jarak yang tepat antara lembaran bondek dan memastikan bahwa beton terdistribusi secara merata.
  5. Pengecoran Beton: Setelah bondek terpasang dengan benar, beton dapat dicor di atasnya. Proses pengecoran beton harus dilakukan dengan hati-hati dan perlahan untuk menghindari pembentukan gelembung udara yang berlebihan.
  6. Pemadatan Beton: Setelah beton dicor, gunakan vibrator beton untuk memadatkan beton dan menghilangkan gelembung udara. Ini penting untuk menciptakan lantai atau dinding yang kuat dan berkualitas.
  7. Pemotongan dan Finishing: Setelah beton mengeras, potong bondek yang melebihi batas lantai atau dinding yang diinginkan. Lalu, lakukan finishing atau perapian permukaan beton sesuai kebutuhan.
  8. Curing Beton: Setelah pengecoran selesai, penting untuk melakukan proses perawatan (curing) dengan menjaga permukaan beton tetap lembab selama beberapa hari. Ini membantu mencegah retakan dan memastikan beton mengeras dengan baik.
  9. Pemindahan Beban: Setelah beton sepenuhnya mengeras dan mencapai kekuatan yang cukup, Anda dapat memindahkan beban atau melanjutkan dengan tahapan konstruksi berikutnya.

Penting untuk selalu mengikuti pedoman dan standar konstruksi yang berlaku serta mengikuti petunjuk dari produsen bondek yang Anda gunakan. Selain itu, pastikan untuk melibatkan tenaga kerja yang berpengalaman dalam proses cor bondek untuk memastikan keberhasilan proyek dan keamanan struktur.

Pengertian Cor Bondek, Ketahui Ukuran Standar Hingga Harganya

Semoga bermanfaat, ya!