Perbedaan Kanopi dan Pergola Jangan Sampai Tertukar Ya. Menginginkan tempat bersantai outdoor yang teduh di rumah? Membangun sebuah pergola bisa memberikan ruang terbuka yang nyaman. Anda dapat memiliki area duduk untuk menikmati semilir angin dan hangat sinar mentari tanpa terkena teriknya secara langsung.

Sebelum lanjut, mungkin sebagian dari Anda ada yang belum familiar dengan struktur bangunan rumah yang satu ini dan bertanya: apa itu pergola?

Pergola adalah sebuah struktur bangunan luar ruangan berupa area tempat duduk dengan tiang-tiang atau pilar-pilar vertikal yang menyangga balok-balok lintang dan kisi-kisi pada bagian atapnya. Pergola biasanya didirikan di taman dan dapat ditumbuhi tanaman rambat.

Perbedaan Kanopi dan Pergola Jangan Sampai Tertukar Ya

Masyarakat Indonesia mengenal kata kanopi sebagai struktur bangunan yang berfungsi untuk sebagai atap tambahan dari luar rumah. Dari segi arsitektur, keberadaan kanopi pada dasarnya memiliki 2 fungsi, yaitu (1) proteksi atas cuaca atau faktor- faktor eksternal lain (contoh: serangga) dan (2) dekorasi.

Kanopi sering menjadi bagian yang ditambahkan dari bangunan rumah dan bisa dipasang sedemikian rupa. Bahan dan materi dari kanopi juga beraneka ragam, misalnya aluminium, besi ringan, kayu,dan kaca. Sedangkan modelnya juga penting karena dapat memperindah tampilan hunian. Kanopi minimalis, contohnya. Dewasa ini memang sudah banyak sekali produsen kanopi yang juga menghadirkan kanopi jenis kain yang tahan lama, indah, dan mudah dibersihkan. Bahkan beberapa dari kain kanopi ini juga tahan api loh.

Baca Juga :   Supplier Galvanized Steel Indonesia : Process, Methods, Properties, and Uses

Memang, rangka kanopi adalah bagian dari bangunan rumah yang tidak dapat dipisahkan lagi. Oleh karena itu, penting sekali bagi pemilik rumah untuk memilih kanopi yang awet dan tahan lama. Tergantung dari kualitas dan penggunaan, sebuah kanopi yang baik bisa bertahan hingga 8-10 tahun lamanya. Nah, untuk kalian yang sedang memilih- milh model kanopi yang awet dan tahan lama, Kania punya inspirasinya di bawah.

Banyak orang yang beranggapan pergola dan kanopi itu sama. Namun, ternyata pergola dan kanopi itu berbeda, meski memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi suatu area atau benda yang berada di bawahnya.

Apa saja perbedaan pergola dan kanopi?

Nah, buat kamu yang tertarik membangun salah satunya, kamu bisa simak perbedaan kedua agar nggak salah pilih. Mengutip dari BLKP, Sabtu (11/11/2023), berikut perbedaan dan kanopi.

Mengenal Pergola dan Kanopi

Sebelum kita membahas perbedaan keduanya, mari kita simak dulu pengertian dari pergola dan kanopi berikut.

Apa itu Pergola?

Pergola merupakan bagian dari bangunan rumah yang berfungsi sebagai pelindung dan peneduh dari cuaca panas.

Berbeda dengan kanopi yang selalu menyatu atau dempet dengan bangunan rumah, pergola tidak menyatu secara langsung. Biasanya, pergola difungsikan sebagai jalan untuk pejalan kaki yang di atasnya terdapat tanaman merambat.

Apa itu Kanopi?

Kanopi merupakan sebuah atap yang memanjang dan terpisah dari struktur atap utama. Biasanya berfungsi untuk melindungi bagian rumah yang terbuka dan letaknya berada di garasi rumah atau bagian depan dari suatu bangunan. Umumnya, kanopi memiliki fungsi yang hampir sama dengan pergola yakni melindungi bagian dibawahnya dari suhu dan cuaca.

Baca Juga :   Harga Coil PPGL Jakarta 2024

Perbedaan Pergola dengan Kanopi

Berikut adalah beberapa perbedaan pergola dengan kanopi

Dari Segi Fungsi

Dilihat dari segi fungsinya, keduanya sama-sama berfungsi sebagai pelindung untuk area atau benda di bawahnya. Sebenarnya, pergola hanya berfungsi untuk melindungi suatu area di bawahnya yang ditutupi dengan tanaman rambat agar lebih teduh.

Sedangkan kanopi, berfungsi sebagai media penghalang dari panasnya matahari dan musim hujan. Oleh sebab itu, kanopi mempunya fungsi yang lebih baik sebagai pelindung dibandingkan pergola.

Pemberian Kesan

Sebagai bagian dari eksterior rumah, pergola dan kanopi bisa ditempatkan di bagian luar rumah. Seperti di taman, garasi, balkon rumah atau teras dapur. Apabila kamu ingin menciptakan kesan alami dan bernuansa tropis, maka pergola menjadi pilihan utama.

Walaupun pergola dibuat dari material metal namun memiliki kesan natural dari tanaman rambat yang berada di atasnya. Penggunaan pergola cocok digunakan pada area rumah yang terhubung dengan ruang luar, seperti teras rumah.

Struktur Konstruksi Atap

Secara visual, pergola dan kanopi punya perbedaan bentuk yaitu bagian struktur konstruksi atap. Pergola memiliki atap yang terbuat dari tanaman rambat, seperti Alamanda. Sedangkan kanopi, biasa menggunakan atap berbahan plastik polimer atau polycarbonate yang mampu melindungi dari segala perubahan cuaca.

Baca Juga :   Tips Cara Mengukur Kebutuhan Rangka Baja Ringan

Struktur atap kanopi memiliki banyak variasi bentuk, mulai dari bentukan miring atau melengkung yang terbuat dari rangka besi Hollow ataupun baja ringan. Sedangkan pergola, umumnya berbentuk datar dan tersusun dari rusuk-rusuk kayu sejajar berselang-seling.

Pemilihan Material

Pada umumnya, pergola menggunakan material yang terbuat dari kayu pada bagian rangkanya agar menimbulkan kesan alami. Namun, untuk saat ini bagian rangka pergola juga bisa menggunakan bahan yang terbuat dari logam dan beton.

Untuk pemilihan material kanopi, bisa menggunakan bahan apa saja. Mengingat kanopi berfungsi sebagai pelindung dari berbagai perubahan cuaca, bahan yang dipilih harus yang tahan terhadap karat dan juga pelapukan. Material utama dalam pembuatan kanopi yaitu baja ringan dan stainless steel.

Lokasi Yang Dipilih

Pergola dan kanopi bisa dibangun pada bagian luar rumah, baik pada bagian atas ataupun di taman.

Seperti dipergunakan untuk balkon. Walaupun sama-sama bisa digunakan untuk balkon, namun kesan yang akan ditimbulkan sangatlah berbeda. Pergola dapat menjadi penambah elemen keindahan bagi rumah, sementara kanopi cenderung memiliki tampilan yang kokoh dan simple.

Perbedaan Kanopi dan Pergola Jangan Sampai Tertukar Ya

Sumber : www.detik.com/