Simulasi Rumus Menghitung Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan Tahun 2023. Kanopi sendiri tak hanya berguna untuk menjaga area dari pancaran sinar matahari serta guyuran hujan. Tapi, kanopi bisa juga menambah unsur estetik dan dekoratif di bagian rumah. Di samping itu, material atau bahan yang digunakan juga terkesan minimalis, modern, dan juga elegan.

Jika Anda yang memiliki rumah tanpa garasi, penggunaan kanopi merupakan hal yang penting untuk mengakalinya. Kanopi dapat berfungsi menjadi carport ataupun bisa juga sebagai pelindung pekarangan rumah, dari teriknya panas matahari ataupun air hujan. Apakah Anda masih bingung mencari jenis kanopi yang cocok untuk kebutuhan Anda?

Kanopi baja ringan merupakan salah satu jenis kanopi yang banyak digunakan oleh masyarakat di Tanah Air. Selain bahannya yang ringan, kanopi baja ringan ini juga memiliki ketahanan dan durabilitas yang terbilang cukup baik di segala kondisi.

Simulasi Rumus Menghitung Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan Tahun 2023

Memasang kanopi atau atap tambahan bisa mempercantik rumah di samping melindungi kendaraan dari cuaca hujan dan panas. Biasanya, pemilik rumah memasang kanopi lewat jasa tukang kanopi secara borongan.

Si pemilik rumah biasanya tahu beres dengan menggunakan jasa borongan pasang kanopi. Tapi, kita juga bisa lho menghitung biaya pasang kanopi biar nggak salah dan sesuai budget.

Bagaimana cara menghitung rumus pasang kanopi? Berikut penjelasannya.

Ketika diharuskan untuk merenovasi rumah, tidak sedikit orang yang sering kali dibuat pusing dengan banyaknya biaya yang harus dikeluarkan. Salah satu contohnya adalah terkait biaya pasang kanopi di mana penggunaannya kian populer di hunian, terutama di bagian teras rumah, carport, taman belakang, sampai dapur terbuka.

Karena beragam alasan dan kegunaannya tersebut, banyak orang tertarik untuk memasang kanopi ini di huniannya. Yang menjadi pertanyaan, berapa sih biaya pasang kanopi yang perlu kamu persiapkan agar tak sampai membengkakkan pengeluaran atau budget?

Kanopi baja ringan juga mudah ditemukan di berbagai bahan toko bangunan. Namun kita sering kali menemui kendala ketika ingin memasangkannya di rumah.

Alhasil, kita membutuhkan informasi secara rinci atau menggunakan jasa tukang. Kira-kira berapa ya biaya pasang kanopi baja ringan terbaru jika menggunakan jasa tukang atau pasang sendiri?

Baca Juga :   Perbedaan Spandek dan Bondek Yang Dikira Sama Fungsinya

Sebelum memanggil penyedia jasa untuk pemasangan kanopi, sebaiknya Anda mencari tahu dahulu bahan apa saja yang dapat digunakan sebagai kanopi, biaya serta kekuatannya. Berikut adalah beberapa jenis kanopi yang umumnya digunakan serta harganya:

Simulasi Rumus Menghitung Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan Tahun 2023

Jenis Kanopi Rangka Harga 
Polycarbonate Baja Ringan Rp400,000/ m²
Spandek Baja Ringan Rp300,000/ m²
Alderon Baja Ringan Rp450,000/ m²
Onduline Baja Ringan Rp375,000/ m²
Jenis Kanopi Rangka Harga 
Polycarbonate Besi Hollow Rp500,000/ m²
Spandek Besi Hollow Rp400,000/ m²
Alderon Besi Hollow Rp550,000/ m²
Onduline Besi Hollow Rp475,000/ m²

*Harga di ambil dari pasaran di Kota-kota Indonesia, Mohon maaf jika harga di kota Anda berbeda. Harga seaktu-waktu bisa berubah. 

Biaya pemasangan kanopi sekitar Rp150,000 per hari untuk satu tukang tergantung dari kuantitas dan kerumitan pemasangan kanopi.

Sebelum menghitung berapa total biaya yang dibutuhkan untuk memasang kanopi, kita harus menghitung dulu kebutuhan baja ringan yang digunakan untuk rangka atap kanopi.

Katakan kita akan membuat kanopi standar rangka baja ringan dengan ukuran panjang 5 meter dan lebar 3 meter.

Terdapat 3 jenis model kanopi baja ringan yakni sederhana, modern dan premium.

Model sederhana sendiri adalah Melansir hargadepo, model kanopi baja ringan sederhana hanya dilengkapi tiang single box, rangka, dan reng.

Jadi, tampilannya begitu simpel untuk hunian yang juga sederhana serta harganya lebih terjangkau. Model kanopi modern mempunyai tampilan lebih kokoh dan menarik karena menggunakan tiang double, rangka single, dan reng.

Model premium cocok untuk hunian yang ingin tampak berkelas. Model premium pada kanopi baja ringan lengkap dengan tiang double, rangka double, dan reng.

Simulasi Rumus Menghitung Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan Tahun 2023

Jenis Baja Ringan

Kamu juga harus mengetahui berbagai jenis baja ringan yang akan digunakan sebagai kanopi.

Berikut ini adalah daftarnya:

  1. Kanopi baja ringan atap go green
  2. Spandek
  3. Polycarbonate
  4. Solartuff
  5. Genteng metal
  6. Onduline
  7. Alderon

Menghitung Kebutuhan Baja Ringan

1. Menghitung tiang

Baca Juga :   Daftar Harga Baja Ringan, Berbagai Jenis, dan Ukuran Mei 2024

Untuk kanopi standar, umumnya rangka kanopi membutuhkan 6 tiang yang tingginya masing-masing 3 meter. Selain itu, masing-masing tiang biasanya dibuat 2 rangkap agar lebih kuat. Sehingga hitungannya menjadi:

6 x 3 x 2 = 36. Sehingga kebutuhan rangka baja ringan untuk tiang sepanjang 36 meter.

2. Menghitung Gording

Gording adalah rangka sisi yang melebar. Bila lebar kanopi 3 meter dan panjang 5 meter, gording yang dibutuhkan kira-kira 3 buah. Sehingga, rumusnya menjadi 3 meter dikali 3 buah maka totalnya 9 meter.

Perlu dicatat, biasanya gording pun dipasang bolak balik atau dua lapisan. Tergantung dari permintaan si pemilik rumah.

3. Menghitung Kaso

Kaso adalah rangka yang memanjang.

Sebagai simulasi, dibutuhkan 4 kaso dengan masing-masing panjang 5 meter. Sehingga rumusnya: 4 x 5 = 20 meter.

4. Menghitung reng

Jarak antara reng biasanya 50 sampai 60 cm. Dengan lebar 3 meter dan panjang 5 meter, maka diperkirakan reng yang dibutuhkan sebanyak 8 batang. Maka rumusnya menjadi 8 x 3 = 24 meter.

5. Total kebutuhan rangka baja ringan

Dari hitungan tadi, maka total kebutuhan baja ringan:

36 + 9 + 20 + = 65 meter

Total kebutuhan reng = 24 meter.

6. Konversi menjadi batang

Diketahui, baja ringan umumnya memiliki ukuran 6 meter per batang. Maka hasilnya menjadi:

Kebutuhan baja ringan: 65 : 6 = 11 batang

Kebutuhan reng: 24 : 6 = 4 batang.

Biasanya, kebutuhan baja ringan ditambahkan spare untuk mengantisipasi kekurangan bahan. Maka lebih baik ditambahkan masing-masing 1 batang sehingga totalnya menjadi 12 batang baja ringan dan 5 batang reng.

Simulasi Rumus Menghitung Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan Tahun 2023

Perhitungan biaya

Total biaya baja ringan

Ada banyak jenis baja ringan yang ada di pasaran. Untuk mempermudah hitungan, kita asumsikan baja ringan yang dipakai adalah jenis Taso dengan ketebalan 1 milimeter. Di pasaran, harga baja ringan Taso dengan tebal 1 milimeter adalah Rp 150 ribu per batang.

Maka, biaya yang diperlukan adalah:

Rp 150 ribu x 11 batang = Rp 1.650.000

Sementara harga reng baja ringan merek Taso dengan ketebalan 0,45 milimeter di pasaran berkisar Rp 60.000/batang.

Sehingga total biaya untuk reng adalah:

Rp 60.000 x 4 = Rp 240.000

Maka totalnya = Rp 1.890.000

Untuk harga lengkap baja ringan, baca di bawah ini:

Baca Juga :   Harga Talang Galvalum Terbaru Juni 2024 Semua Ukuran Lengkap

Baut

Baut untuk baja ringan kita asumsikan Rp 100.000

Biaya Atap Kanopi

Sekarang kita coba menghitung biaya atap kanopi. Dengan panjang 5 meter dan lebar 3 meter, maka luas kanopi yang dihasilkan adalah 15 meter.
Ada banyak pilihan atap kanopi di pasaran, namun kita asumsikan untuk mengambil contoh atap kanopi spandek standar dengan harga Rp 200.000/meter, maka total biaya yang dibutuhkan Rp 3.000.000

Untuk daftar harga atap lainnya baca di bawah ini

Biaya tukang dan lain-lain

Pengerjaan kanopi setidaknya membutuhkan waktu 3 sampai 4 hari tergantung dari seberapa luas kanopi yang dibuat. Dengan asumsi biaya tukang per hari Rp 150.000/orang/hari. Kita ambil dalam kasus ini pengerjaan kanopi dikerjakan oleh 2 orang tukang dalam 4 hari. Maka totalnya menjadi: 2 x Rp 150.000 x 4 = Rp 1.200.000.

Total keseluruhan:

Total keseluruhan perkiraan biaya pembuatan kanopi 3 x 5 meter adalah:

Rp 1.890.000 + Rp 100.000 + Rp 3.000.000 + Rp 1.200.000 = Rp 6.190.000

Simulasi Rumus Menghitung Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan Tahun 2023

Ketika menggunakan baja ringan sebagai bahan rangka kanopi, ada sejumlah kelebihan yang bisa kamu dapatkan, antara lain:

  • Gampang dan cepat untuk dirakit sebab memakai baut khusus serta tak perlu proses pengelasan selayaknya saat menggunakan bahan besi.
  • Memiliki bobot yang ringan dan membuat proses pemasangan lebih praktis serta bisa dilakukan oleh 2 sampai 3 orang saja.
  • Bahan baja ringan tak mengalami pemuaian atau penyusutan akibat perubahan cuaca.
  • Bahan ini mempunyai daya tahan yang tinggi karena anti rayap dan anti karat. Selain itu, kanopi dengan rangka baja ringan akan dilapisi galvalum serta anti karat dari bahan zinc, karbon, serta aluminium zinc.
  • Bahan baja ringan juga mempunyai banyak jenis yang dapat disesuaikan dengan keinginan, misalnya jenis kanal C, reng, hollow, dan truss yang mempunyai tingkat ketebalan yang berbeda.

Selamat mencoba 🙂