Tips Cara Mengecat Baja Ringan Supaya Tidak Korosi. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah mudah untuk mengecat baja ringan, mengembalikan tampilannya menjadi seperti baru. Terdapat variasi cara mengecat baja ringan, mulai dari metode yang paling rumit, yang melibatkan penggunaan primer, cat warna dasar, warna utama, hingga warna coating.

Ketahanan baja ringan terhadap korosi/karat sendiri karena adanya lapisan (coating) berupa Aluminium-Zinc. Sehingga sebenarnya material ini tidak perlu dicat ulang agar tetap tahan lama. Jika tujuannya untuk dekoratif dan estetika, penambahan cat pada baja ringan dapat dilakukan.

Baja ringan memiliki keunggulan tahan karat dibandingkan dengan bahan konvensional lainnya. Meskipun demikian, saat terpapar faktor-faktor tertentu, baja ringan juga dapat mengalami korosi atau karat, yang berpotensi merusak lapisan nya dan memberikan tampilan usang. Namun, jangan khawatir, karena ada berbagai cara untuk merawat baja ringan, dan salah satu solusinya adalah dengan melakukan pengecatan.

Tips Cara Mengecat Baja Ringan Supaya Tidak Korosi

Perlu atau tidaknya baja ringan dicat sering kali dipertanyakan. Sebab, meskipun material ini dikenal tahan korosi/karat, namun ada yang masih khawatir akan ketahanannya.

Terkait hal ini, baja ringan yang dilapisan coating Aluminium-Zinc memang tahan karat. Namun saat lapisan itu rusak atau mengelupas, karat bisa muncul dan menyebar.

Adapun kerusakan lapisan pencegah karat itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya sebagai berikut.

  • Kesalahan kerja. Bisa terjadi saat salah potong rangka baja ringan atau permukaan baja ringan yang tidak sengaja tergores alat kerja.
  • Alat kerja kurang tepat. Penggunaanalat kerja seperti gerinda berpotensi membuat baja ringan terkelupas dibandingkan saat menggunakan gunting baja ringan.
  • Larutan asam. Larutanyang biasanya terkandung pada cairan pembersih lantai ini akan reaktif jika bersinggungan dengan permukaan baja ringan. Akhirnya, risiko coating terbuka akan lebih tinggi.
  • Air semen. Saat air semen menempel pada permukaan baja ringan, potensi kerusakan coating juga akan terjadi.
  • Genangan air. Air yang dibiarkan menggenang pada permukaan baja ringan, berpotensimerusak coating dan berisiko membuat material ini cepat berkarat.
Baca Juga :   Harga Coil Baja Ringan April 2024, Update Terbaru

Jika baja ringan terpaksa harus dicat ulang karena coating terkelupas, maka beberapa jenis cat berikut ini dapat diaplikasikan.

Tips Cara Mengecat Baja Ringan Supaya Tidak Korosi

Jenis Cat Baja Ringan

  1. Cat anti karat primer (dasar). Fungsi jenis ini mencegah proses korosi pada permukaan material. Cat dasar dapat diikuti oleh cat pelapis perantara (intermediate) atau pelapis atas (top coat) yang biasanya berwarna kuning, oranye, abu-abu, merah, maupun putih.
  2. Cat intermediate fungsinya untuk menyempurnakan polesan cat primer yang biasanya masih tertinggal lubang-lubang kecil (pin hole atau missed spot). Jenis cat ini juga digunakan untuk memberikan peralihan warna dari cat primer ke top coat agar tidak menghasilkan efek bayangan.
  3. Cat untuk merawat logam (metal treatment) atau dikenal juga cat dasar/wash primer. Jenis ini dipoleskan dengan tebal minimal 15 mikro.

Meskipun bagi beberapa orang proses ini terasa rumit, namun ada juga cara yang lebih sederhana. Artikel ini akan memberikan panduan yang padu dan informatif, menjelaskan berbagai metode pengecatan baja ringan, sehingga pembaca dapat memilih cara yang sesuai dengan preferensi dan kemudahan pelaksanaan.

Tips Cara Mengecat Baja Ringan Supaya Tidak Korosi

Hal yang Dibutuhkan Saat Mengecat Baja Ringan dengan Sistem Spray

Dalam panduan ini, kita akan membahas penggunaan sistem spray atau semprot untuk memberikan lapisan cat yang optimal pada baja ringan. Persiapkan bahan dan peralatan berikut sebelum memulai:

Bahan yang Diperlukan:

Cat Baja Ringan: Pilih cat dengan merek apapun yang menggunakan bahan dasar air. Keunggulan bahan dasar air adalah memungkinkan pengaplikasian tanpa memerlukan tambahan air pada saat proses pengecatan.

Baca Juga :   Memilih Jenis Ketebalan Baja Ringan yang Tepat

Peralatan Pelengkapnya:

  1. Sumpit: Digunakan untuk mengaduk cat sehingga mendapatkan kekentalan yang merata.

  2. Lap: Untuk membersihkan dan mengelap baja ringan agar bebas debu.

  3. Kompresor: Satu set kompresor diperlukan untuk menyemprotkan cat dengan baik.

Langkah-langkah Pengaplikasian Cat Baja Ringan dengan Sistem Spray:

Berikut BLKP akan membahas secara mendetail langkah-langkah praktis yang perlu diikuti untuk mencapai hasil pengecatan baja ringan yang optimal dengan menggunakan metode semprot.

Persiapan Cat

Buka kemasan cat baja ringan dan aduk hingga merata menggunakan sumpit.

Hilangkan Karat dan Kotoran

  1. Gunakan sikat kawat untuk menghilangkan noda dan kotoran yang telah menggumpal pada baja ringan.

  2. Anda juga bisa menggunakan kain lembab untuk mengelap kotoran hingga gumpalan-gumpalan kasar hilang.

  3. Jika masih ada kotoran yang tersisa, gunakan mineral spirit atau degreaser untuk membersihkannya.

  4. Untuk baja ringan yang terbuat dari bahan galvanis, gunakan larutan cuka putih untuk menghilangkan sisa seng dari proses galvanisasi. Setelah itu, amplas permukaan baja ringan hingga halus untuk memperpanjang masa pakai cat.

Persiapan Kompresor

  1. Nyalakan kompresor dan tunggu hingga tangki penuh.

  2. Isi tabung sprayer dengan cat dan sambungkan dengan selang kompresor.

Proses Pengecatan Lapis Pertama

  1. Semprotkan cat secara merata ke baja ringan dengan lapisan tipis. Pastikan cat terdistribusi dengan rata.

  2. Tunggu hingga kering selama 10 – 20 menit.

Proses Pengecatan Lapis Kedua

  1. Setelah lapisan pertama kering, ulangi proses pengecatan untuk lapisan kedua dengan cara yang sama.

  2. Semprotkan cat secara merata dengan lapisan tipis.

  3. Tunggu hingga kering selama 20 menit.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah dan efisien mengecat baja ringan menggunakan sistem spray. Hasilnya, baja ringan akan kembali memukau dengan tampilan yang segar dan perlindungan yang optimal dari korosi.

Baca Juga :   Harga Coil Baja Ringan Mei 2024, Update Terbaru

Tips Cara Mengecat Baja Ringan Supaya Tidak Korosi

Metode Pengecatan Baja Ringan dengan Sistem Konvensional

Jika cara di atas menjelaskan mengenai pengecatan baja ringan dengan sistem konvensional. Mari kita eksplorasi bersama metode pengecatan konvensional yang dapat meningkatkan keindahan dan ketahanan cat pada permukaan baja ringan:

Mengaplikasikan Lapisan Primer Berbahan Minyak

Langkah inti dalam proses mengecat baja ringan adalah mengoleskan lapisan primer berbahan dasar minyak. Lapisan primer ini memiliki daya rekat yang baik pada permukaan baja ringan.

Jika baja ringan Anda berkarat, aplikasikan primer seng kromat terlebih dahulu untuk melindunginya dari korosi. Selanjutnya, semprotkan primer cat ke permukaan baja ringan secara merata dan biarkan mengering selama setidaknya 24 jam.

Mengaplikasikan Cat Khusus Baja Ringan

Setelah lapisan primer cat mengering, Anda dapat melanjutkan dengan mengaplikasikan cat khusus baja ringan. Gunakan kuas atau roller cat untuk mengecat lapisan tipis di permukaan baja ringan secara merata. Pastikan untuk mengikuti arah sapuan cat sebelumnya agar hasilnya rapi.

Tunggu sekitar 90 menit hingga lapisan pertama mengering dengan sempurna. Jika hasilnya tidak memuaskan atau tidak cukup tebal, Anda bisa menambahkan lapisan cat tambahan. Biarkan cat mengering selama 36 hingga 48 jam sebelum penggunaan.

Tips Cara Mengecat Baja Ringan Supaya Tidak Korosi

Selamat mencoba 🙂