Tips Pemasangan Baja Ringan. Ada beberapa hal penting tentang pemasangan dan peyimpanan rangka baja ringan yang perlu Anda ketahui. Baja ringan mulai menjadi tren material rangka atap sebagai pengganti rangka kayu.

Tips Pemasangan Baja Ringan

Baca Yuk :

Bila Anda adalah salah satu orang yang ingin menggunakan rangka baja ringan sebagai pengganti rangka kayu, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang berhubungan dengan pemasangannya.



Pemasangan Rangka Baja Ringan

Untuk mengetahui jumlah batangan, baut, sudut kemiringan, dan jarak antar kuda-kuda untuk rangka atap baja ringan, setiap produsen menyediakan software khusus.

Cahayatruss, misalnya, menggunakan program Supracad, sedangkan Liontruss menggunakan program yang bernama Trustbuilder.

Agar program penghitung ini dapat berjalan dengan baik, maka pembeli perlu menyertakan denah rencana atap, denah ring balok plafon, jenis penutup atap, sudut kemiringan atap, dan overstek.

Akan lebih baik lagi bila dilengkapi tampak dan potongan. Setelah hitungan dari program tadi keluar, maka pemasangan dapat segera dimulai.

Biasanya produsen akan mengirimkan baja ringan, masih dalam bentuk batangan panjang (6 – 11 m), ke lokasi. Kemudian di lapangan, batang baja tersebut mulai dipotong sesuai dengan ukuran yang diperlukan.

Baru setelah itu dirakit menjadi rangka atap, dan rangkaian-rangkaian tersebut dinaikkan satu per satu ke atas dinding. Untuk menyambung batangbatang baja tersebut digunakan sekrup khusus.




Pematrian tidak disarankan pada penyambungan batangan baja ringan ini. Sedangkan untuk menutup sambungansambungan yang ada, dapat digunakan sealant yang dibuat dari jenis karet silicon netral dengan paku keling sebagai pengikatnya.

Tips Pemasangan Baja Ringan

Namun paku keling yang baik digunakan di sini adalah jenis paku keling yang terbuat dari aluminium. Apabila ada beberapa bagian yang perlu dilas, maka sebaiknya bekas las tersebut segera ditutup dengan cat, agar tidak terjadi korosi.

Baca Yuk :