Bedanya Kanopi Besi Hollow dan Kanopi Baja Ringan, Lengkap dengan Harga Terbaru. Kamu bisa simak perbandingan kanopi baja ringan dengan besi hollow beserta harganya berikut. Jangan sampai pilih ya!


Kanopi baja ringan dan besi hollow bisa jadi rekomendasi buat kamu yang mau pasang kanopi. Sebab kedua bahan rangka tersebut terkenal bagus, awet dan punya harga terjangkau. Nah, buat kamu yang masih bingung mau pilih yang mana.

Bedanya Kanopi Besi Hollow dan Kanopi Baja Ringan, Lengkap dengan Harga Terbaru

Kanopi Besi Hollow

Kanopi besi hollow adalah jenis kanopi yang terbuat dari pipa hollow atau baja ringan berbentuk persegi panjang dengan rongga di tengahnya. Kanopi jenis umumnya digunakan sebagai pelindung bagian depan sebuah bangunan, seperti rumah, garasi, taman, atau tempat parkir.

Sama-sama terbuat dari material baja ringan yang kuat. Dalam hal kekuatan terhadap angin dan gempa, kanopi besi hollow memiliki kekuatan yang hampir sama dengan kanopi baja ringan. Namun dari segi penampilan ukurannya yang tebal akan terlihat lebih cantik dibanding baja ringan yang tipis.

Sebelum kamu membeli salah satu kanopi diatas ada baiknya kamu mengetahui harganya. Hal ini bertujuan agar kamu dapat menghitung anggaran yang dibutuhkan.

Bedanya Kanopi Besi Hollow dan Kanopi Baja Ringan, Lengkap dengan Harga Terbaru

coil galvalume coil galvanis hollow

Update Daftar Harga Besi Hollow Terbaru 2022, Daftar Harga Besi Hollow Terbaru 2022, Harga Besi Hollow Terbaru 2022, Besi Hollow Terbaru 2022

Kelebihan Kanopi Besi Hollow

  • Memiliki Sifat Anti Panas dan Tahan Lama
  • Anti Korosi dan Warna Besi yang Tidak Mudah Pudar
  • Fleksibilitas Desain dan Pemasangannya yang Tidak Lama

Kekurangan Kanopi Besi Hollow

  • Tidak Mampu Menahan Beban yang Berat
  • Ukuran Besi Tidak Terlalu Besar

Harga Kanopi Besi Hollow

Mengutip dari Lasmah Kota, berikut harga kanopi besi hollow:

1. Rangka: Besi hollow

Atap: Alderon

Cat: Semprot, Meni, Cat Minyak

Harga: Rp. 600.000/meter persegi

2. Rangka: Besi hollow

Atap: Onduline

Cat: Semprot, Meni, Cat Minyak

Harga: Rp. 400.000/meter persegi

3. Rangka: Besi hollow

Atap: Go green

Cat: Semprot, Meni, Cat Minyak

Harga: Rp. 350.000/meter persegi

Sebagai perbandingan, berikut harga kanopi besi hollow dari situs AGM Aluminium,

Baca Juga :  Jual Plat Coil Galvanis Kota Palu Propinsi Sulawesi Tengah

1. Rangka : Besi hollow

Atap : Zincalume 0,35mm

Cat: Semprot, Meni, Cat Minyak

Harga: Rp. 390.000/meter persegi

2. Rangka : Besi hollow

Atap : Kaca tempered 8mm

Cat: Semprot, Meni, Cat Minyak

Harga: Rp. 1.275.000/meter persegi

Untuk biaya pemasangan sekitar Rp 150.000 untuk satu tukang. Dan harga berikut belum termasuk biaya tambahan lainnya seperti ongkos kirim.

Besi hollow, juga dikenal sebagai pipa kotak atau pipa kotak berongga, adalah jenis bahan konstruksi yang terbuat dari logam (biasanya baja) dan memiliki bentuk persegi atau persegi panjang dengan rongga di dalamnya. Besi hollow biasanya digunakan dalam berbagai aplikasi konstruksi untuk membangun struktur yang kuat dan tahan lama.

Berikut adalah beberapa karakteristik dan penggunaan umum dari besi hollow:

  1. Bentuk Kotak Berongga: Besi hollow memiliki bentuk kotak atau persegi panjang dengan rongga di dalamnya, yang membuatnya lebih ringan daripada bentuk lain dari baja yang padat.
  2. Kekuatan dan Kestabilan: Besi hollow biasanya sangat kuat dan tahan terhadap tekanan dan beban yang dihadapinya, sehingga sering digunakan dalam konstruksi struktur seperti rangka bangunan, tiang, dan balok.
  3. Ringan: Kekuatan yang dimiliki besi hollow dibandingkan dengan beratnya yang relatif ringan membuatnya lebih mudah untuk diangkut, diinstal, dan dikelola dalam proyek konstruksi.
  4. Tahan Lama: Besi hollow terbuat dari baja atau logam lain yang tahan terhadap korosi dan kerusakan, sehingga memiliki masa pakai yang lama.
  5. Penggunaan Beragam: Besi hollow dapat digunakan dalam berbagai aplikasi konstruksi, termasuk sebagai bingkai untuk bangunan, struktur penyangga, railing tangga, pagar, jembatan, dan masih banyak lagi.
  6. Penyimpanan Efisien: Karena bentuknya yang berongga, besi hollow dapat digunakan untuk menyembunyikan atau melindungi kabel listrik, pipa, atau peralatan lainnya.
  7. **Penggunaan dalam Industri: **Besi hollow juga sering digunakan dalam industri otomotif, mesin, dan manufaktur untuk berbagai aplikasi teknik, seperti dalam pembuatan bingkai kendaraan atau mesin.
  8. Tersedia dalam Berbagai Ukuran dan Ketebalan: Besi hollow tersedia dalam berbagai ukuran, ketebalan dinding, dan spesifikasi sesuai kebutuhan proyek konstruksi atau aplikasi tertentu.

Besi hollow adalah salah satu bahan konstruksi yang sangat umum digunakan di berbagai industri dan proyek konstruksi. Keuntungan utamanya adalah kekuatan, tahan lama, dan fleksibilitas dalam aplikasi yang beragam. Besi hollow juga dapat diolah, dipotong, dan dibentuk sesuai kebutuhan, menjadikannya pilihan yang serbaguna dalam berbagai proyek.

Baca Juga :  Coil Galvalum Tidak Cocok di Kandang Hewan, Simak Ulasannya

Bedanya Kanopi Besi Hollow dan Kanopi Baja Ringan, Lengkap dengan Harga Terbaru

Kanopi Baja Ringan

Baja Ringan

Baja RIngan

Kanopi baja ringan adalah struktur penutup yang terbuat dari baja ringan yang digunakan untuk melindungi area tertentu dari cuaca, seperti sinar matahari, hujan, atau salju. Kanopi baja ringan sering digunakan untuk membuat area teduh di halaman, teras, garasi, atau tempat parkir kendaraan.

Kanopi baja ringan punya rangka dari material yang tipis, yaitu sekitar 0,6 – 1 mm ukuran ketebalan. Dengan bobot yang relatif ringan, bukan berarti baja ringan mudah rapuh, bahkan kanopi baja ringan dapat digunakan dalam jangka waktu lama seperti kanopi besi galvanis.

Berikut adalah beberapa ciri khas dan keuntungan dari kanopi baja ringan:

  1. Bahan Baja Ringan: Kanopi ini terbuat dari baja ringan yang kuat dan tahan terhadap korosi. Baja ringan adalah pilihan yang populer karena ringan, mudah diolah, dan tahan lama.
  2. Desain yang Variatif: Kanopi baja ringan hadir dalam berbagai desain dan bentuk, memungkinkan penyesuaian dengan kebutuhan dan gaya arsitektur rumah atau bangunan.
  3. Proteksi dari Cuaca: Kanopi memberikan perlindungan dari sinar matahari berlebihan, hujan, salju, atau debu, sehingga menciptakan area yang nyaman untuk beraktivitas di luar ruangan.
  4. Penyaringan Sinar UV: Beberapa kanopi baja ringan dirancang untuk menyaring sinar UV berlebihan, menjaga kesejukan dan melindungi dari efek berbahaya sinar matahari.
  5. Perawatan yang Mudah: Baja ringan memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca dan memerlukan perawatan minimal. Biasanya, Anda hanya perlu membersihkan kanopi secara berkala untuk menjaga penampilannya.
  6. Pemasangan Cepat: Pemasangan kanopi baja ringan umumnya lebih cepat daripada konstruksi kanopi dari bahan lain. Ini membuatnya menjadi pilihan yang efisien secara waktu.
  7. Biaya yang Terjangkau: Baja ringan adalah bahan yang relatif terjangkau, membuat kanopi baja ringan menjadi opsi yang ekonomis untuk penutup eksterior.
  8. Tahan Lama: Baja ringan adalah bahan yang kuat dan tahan terhadap korosi, sehingga kanopi dapat bertahan lama tanpa memerlukan perbaikan atau penggantian dalam jangka waktu yang lama.
Baca Juga :  Kanopi Baja Ringan, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Kanopi baja ringan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, termasuk ukuran, bentuk, dan warna, sehingga Anda dapat menciptakan area luar ruangan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Jika Anda mempertimbangkan menginstal kanopi baja ringan, penting untuk bekerja dengan profesional atau kontraktor berpengalaman untuk memastikan pemasangan yang tepat dan aman.

Model kanopi baja ringan cukup beragam, dengan pilihan rangka single atau double dan pilihan penutup atap mulai dari atap go-green, genteng metal hingga atap spandex dan UPVC. Untuk daerah yang rawan gempa, kanopi minimalis baja ringan adalah pilihan yang tepat. Harga kanopi baja ringan tergolong ekonomis atau lebih murah dibandingkan kanopi besi hollow

Bedanya Kanopi Besi Hollow dan Kanopi Baja Ringan, Lengkap dengan Harga Terbaru

produksi-hollow-kanal-c

Pilih Rangka Atap Kayu atau Baja Ringan, Rangka Atap Kayu, Baja Ringan, Rangka Atap Kayu atau Baja Ringan

Kelebihan Baja Ringan

  • Kuat dan tahan lama
  • Lebih praktis, dapat dibongkar pasang
  • Tidak perlu perawatan khusus
  • Harga lebih terjangkau

Kekurangan Baja Ringan

  • Punya tampilan kurang estetik karena menggunakan sambungan sekrup sehingga terekspose penyekrupannya.
  • Tidak menggunakan motif yang berbeda jika ingin terlihat seragam

Harga Kanopi Baja Ringan

Mengutip dari Brighton, berikut harga kanopi baja ringan.

  • Kanopi Spandek Model Super Premium berkisar Rp 310.000per m2.
  • Kanopi Onduline Model Premium Berkisar Rp 360.000 per m2.
  • Kanopi Onduline Model Super Premium berkisar Rp 375.000 per m2.
  • Alderon Model Modern berkisar Rp 400.000 per m2.
  • Alderon Model Premium berkisar Rp 440.000 per m2.
  • Alderon Model Super Premium Rp berkisar 450.000 per m2.
  • Polycarbonat Modern Rp 300.000 berkisar per m2.
  • Polycarbonat Premium Rp 340.000 berkisar per m2.
  • Polycarbonat Super Premium berkisar Rp 350.000 per m2.

Untuk biaya pemasangan sekitar Rp 150.000 untuk satu tukang. Dan harga berikut belum termasuk biaya tambahan lainnya seperti ongkos kirim.

Demikian Bedanya Kanopi Besi Hollow dan Kanopi Baja Ringan, Lengkap dengan Harga Terbaru beserta harganya. Semoga bermanfaat!