Berapa Lama Ketahanan Atap Spandek Pasir? Spandek atap terbuat dari campuran seng, aluminium, dan silikon sehingga memiliki sifat yang ringan dan fleksibel. Walaupun begitu, atap spandek memiliki spesifikasi yang kokoh dan kuat sehingga cocok mudah diaplikasikan.

Ada banyak ukuran atap spandek yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ada yang menjual dengan ukuran panjang mulai dari 3 meter, 4 meter, hingga 6 meter. Tak hanya panjang, ukuran atap spandek juga dibedakan dari lebar dan ketebalan mulai dari 0,25 mm hingga 0,5 mm. Perbedaan spesifikasi ini membuat harga atap spandek berbeda-beda.

Sedang membangun rumah atau renovasi atap rumah? Anda bisa mempertimbangkan atap spandek. Atap spandek merupakan salah satu jenis atap yang saat ini banyak digunakan dan cukup populer karena menggantikan atap genteng tanah liat yang mulai ditinggalkan.

Berapa Lama Ketahanan Atap Spandek Pasir?

Kelebihan dan Kekurangan Atap Spandek Pasir, Salah satu jenis atap yang banyak digunakan adalah atap spandek pasir. Ada beberapa kelebihan atap spandek pasir ini, salah satunya adalah bisa meredam suara hujan. Selain itu atap spandek ini juga terkenal dengan ketahanannya yang lama.

Apa Itu Atap Spandek?

Atap spandek adalah jenis atap yang memiliki banyak kelebihan dalam hal kualitas dan penggunaannya. Jenis atap rumah ini terbuat dari tiga campuran bahan, yaitu 43,5% seng, 55% aluminium, dan 1,5% silicon sehingga membuat jenis atap ini ringan dan kokoh.

Bahkan dengan kandungan silikon tersebut membuat atap menjadi lebih fleksibel, sehingga bisa menyesuaikan dengan struktur desain rumah Anda. Keunggulan lain dari atap spandek yaitu tahan terhadap korosif maupun anti lapuk. Ada berbagai jenis tipe atap spandek dengan spesifikasi yang berbeda sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan tempat tinggal.

Atap spandek pasir adalah jenis atap yang terbuat dari aluminium dan seng yang dilapisi dengan pasir berwarna. Jenis atap ini dipakai untuk penutup bangunan dan gedung. Atap ini juga biasa dipakai sebagai dinding gudang dan garasi rumah maupun kantor.

Baca Juga :   Tips Cara Mengecat Baja Ringan Supaya Tidak Korosi

Salah satu kelebihan atap spandek adalah dapat digunakan untuk semua konsep eksterior rumah dengan pemasangan yang mudah. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari atap spandek? Sebelum menggunakan atap spandek untuk rumah Anda, ketahui dahulu definisi, kelebihan dan kekurangan, hingga jenis atap spandek dalam artikel berikut ini.

Berapa Lama Ketahanan Atap Spandek Pasir?

Harga Atap Galvalum Pasir, Harga Atap Galvalum non pasir, Atap Galvalum Pasir, Atap Galvalum non Pasir, perbedaan Atap Galvalum Pasir dan Non Pasir

Harga Atap Galvalum Pasir, Harga Atap Galvalum non pasir, Atap Galvalum Pasir, Atap Galvalum non Pasir, perbedaan Atap Galvalum Pasir dan Non Pasir

Kelebihan Atap Spandek Pasir

1. Tahan Lama dan Anti Korosi

Kelebihan atap spandek pasir yang pertama adalah tahan lama dan anti korosi karena terbuat dari material aluminium. Dengan kelebihannya tersebut, atap spandek pasir sangat cocok digunakan di wilayah yang memiliki curah hujan cukup tinggi.

Seperti kita ketahui bahwa hujan adalah menjadi salah satu faktor yang menjadi penyebab terjadinya korosi pada atap. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi dengan permasalahan atap yang terkena korosi karena hujan.

2. Meredam Suara Hujan

Anda tentu kesal kan ketika terjadi hujan lebat karena gemuruh dari atap rumah? Dengan menggunakan atap spandek pasir ini, suara hujan lebat tidak akan menghasilkan suara gemuruh yang mengganggu kenyamanan Anda dan keluarga. Atap spandek dibuat secara khusus untuk meredam suara hujan.

3. Ukuran dan Warna yang Beragam

Atap spandek tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Kami jual atap spandek pasir mulai dari ukuran 3 meter hingga 6 meter dengan lebar 1 meter dan ketebalan hingga 0.3 mm.

Selain ukurannya, warna dari atap spandek ini juga beragam yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

4. Tahan Rayap

Kelebihan atap spandek pasir yang lainnya adalah tahan terhadap rayap. Karena atap ini terbuat dari seng dan aluminium yang membuatnya tahan bocor dan anti rayap.

5. Pemasangan Mudah

Proses pemasangan atap spandek pasir juga sangat mudah. Anda tidak memerlukan banyak rangka untuk memasangnya. Selain bisa menghemat biaya, pemasangan atap ini juga jauh menghemat tenaga dan waktu.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Dak Bondek yang Bocor

6. Ramah Lingkungan

Atap spandek pasir juga tidak akan membahayakan kesehatan penghuni rumah. Karena atap ini terbuat dari material yang anti karat dan tidak berbahaya untuk kesehatan. Dengan begitu jenis atap ini sangat cocok digunakan untuk rumah modern dengan kelembaban udara tinggi.

Berapa Lama Ketahanan Atap Spandek Pasir?

Kekurangan Atap Spandek Pasir

Selain memiliki banyak kelebihan, atap spandek pasir juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan atap spandek pasir yang perlu Anda ketahui.

1. Permukaan Atap Mudah Penyok

Permukaan atap spandek pasir ini tidak cukup kokoh, sehingga rentan penyok jika terkena benturan keras. Selain itu atap spandek pasir ini punya bobot yang ringan dan permukannya yang relatif tipis. Sehingga atap ini akan mudah penyok jika terinjak atau tertiban material lain yang bebannya lebih berat.

Karena kekurangannya ini, proses pemasangan atap spandek pasir ini harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati. Dengan begitu permukaannya bisa tetap terjaga.

2. Warna Mudah Terkelupas

Kekurangan atap spandek pasir yang lainnya adalah warnanya yang mudah pudar dan terkelupas. Meskipun atap ini tersedia dalam berbagai varian warna, namun seiring berjalannya waktu akan pudar, bahkan terkelupas.

Namun Anda tidak perlu khawatir dengan daya tahan dan kualitas dari atap spandek pasir ini meskipun warnanya mudah terkelupas.

3. Fleksibilitas Rendah

Fleksibilitas yang dimiliki oleh atap spandek pasir juga tidak terlalu baik. Karena sifatnya ini lebih kaku. Oleh sebab itu gunakan atap spandek ini untuk desain atap yang tidak terlalu rumit.

Berapa Lama Ketahanan Atap Spandek Pasir?

produksi-baja-ringan-atap-baja-ringan-warna

Apa Saja Jenis Atap Spandek?

Salah satu kelebihan menggunakan atap spandek adalah jenis yang beragam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda. Berikut tipe atau jenis atap spandek.

Atap spandek zincalume

Jenis atap spandek ini banyak digunakan dalam bangunan komersil karena sifatnya yang simpel dan sederhana. Tipe ini terbuat dari campuran alumunium, zinc, dan silikon. Tak hanya digunakan untuk atap rumah, jenis ini juga kerap digunakan untuk bahan kanopi.

Baca Juga :   Contoh Model Kanopi Rumah Mewah Minimalis Kekinian

Atap spandek pasir

Jika ingin atap yang tak berisik saat hujan, maka gunakanlah spandek atap pasir. Jenis atap spandek ini cukup banyak digunakan untuk rumah minimalis dengan rangka atap yang terbuat dari baja ringan. Atap spandek pasir tersedia dalam beberapa ukuran dan warna.

Atap spandek transparan

Atap spandek bisa digunakan pada beberapa area rumah Anda. Sebagai contoh, jenis spandek atap transparan ini akan lebih cocok digunakan untuk area laundry atau tempat berjemur di rumah demi mendapatkan cahaya matahari lebih. Umumnya, jenis atap rumah ini memiliki harga yang lebih murah karena materialnya yang terbuat dari plastik.

Atap spandek laminasi

Apabila Anda membutuhkan jenis atap rumah yang lebih tahan lama, maka spandek laminasi bisa menjadi alternatif. Jenis atap ini dilapisi foil pada bagian luar sehingga lebih kuat akan benturan dan usia pakai yang lebih lama daripada jenis atap spandek lainnya.

Atap spandek warna

Jenis atap spandek ini sama seperti atap zincalume. Hal yang membedakannya hanya pelapis dan pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan konsep eksterior hunian Anda, seperti warna kuning, biru, atau merah. Proses coating pada atap membuat jenis atap spandek ini lebih mahal karena warnanya yang tak cepat pudar.

Atap spandek kliplok

Spandek atap kliplok sering disebut dengan clip-lock atau ecoclip yang banyak digunakan untuk bahan bangunan atap dan dinding perumahan, pabrik, area pergudangan, rumah sakit, hingga mall. Berbeda dengan tipe yang lainnya, atap kliplok sudah memiliki teknologi pengunci dan pengikat sehingga proses pemasangan yang mudah dan lebih tahan bocor.

Berapa Lama Ketahanan Atap Spandek Pasir?

Semoga bermanfaat 🙂