Greenhouse Hidroponik Baja Ringan Berisi Aneka Sayuran Hadir di Belitung. Sebuah greenhouse atau rumah kaca berisi aneka sayuran yang ditanam dengan sistem hidroponik kini hadir di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Greenhouse Hidroponik Baja Ringan Berisi Aneka Sayuran Hadir di Belitung

Green house adalah sebuah bangunan kontruksi yang berfungsi untuk menghindari dan memanipulasi kondisi lingkungan agar tercipta kondisi lingkungan yang dikehendaki dalam pemeliharaan tanaman.




Green house merupakan suatu kebutuhan penting guna meningkatkan produktivitas atas hasil pertanian. Terutama pada budidaya tanaman sistem hidroponik. Fungsi utamanya antara lain mengatur intensitas sinar matahari terhadap tanaman, pengairan, kelembaban dan suhu udara. Bahan Greenhouse Hidroponik yang digunakan bisa dari kaca, plastik atau paranet.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan, pembangunan greenhouse ini sebagai wujud kreativitas masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Dibangun menggunakan dana desa, greenhouse yang berlokasi di Desa Bantan menjadi salah satu lokasi agrowisata yang layak dikunjungi.

Baja Ringan

Bangunan greenhouse menggunakan konstruksi baja ringan yang bisa menyerap cahaya matahari. Selain memanjakan mata, para pengunjung juga bisa belajar tentang sistem hidroponik.

Sayuran di sini juga dijual dengan harga terjangkau, dengan kemasan atau packaging yang rapi dan bergaya milenial. Sayuran yang tersedia seperti kangkung, bayam dan berbagai jenis sawi.

Menurut Isyak, pembangunan greenhouse menggunakan dana desa sangat berdampak positif bagi pembangunan ekonomi masyarakat setempat.




Pengelolaannya berada di bawah manajemen desa dengan melibatkan ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Menurut Isyak, Pemkab akan terus mendorong pembangunan berbasis desa, karena tidak terpengaruh resesi global.

Terutama saat pandemi, perekonomian masyarakat bisa bergerak dan pasokan pangan tetap terpenuhi.

Keuntungan Menggunakan Greenhouse

Berikut keuntungan-keuntungan yang diperoleh jika menggunakan greenhouse hidroponik:

  1. Jika tidak menggunakan greenhouse, budidaya tanaman hidroponik bisa mendapat pasokan cahaya matahari dalam jumlah yang terlalu berlebihan. Apalagi saat musim panas, intensitas sinar yang masuk tersebut dapat membuat proses pertumbuhan tanaman jadi terganggu. Namun dengan adanya greenhouse atau rumah hijau, itensitas cahaya matahari tersebut dapat diatur sesuai kebutuhan. Tanaman tidak akan mudah layu atau kekurangan cairan. Selain itu mengurangi biaya belanja nutrisi tanaman dan media hidroponik sebab tingkat penguapannya bisa ditekan.
  1. Sementara itu, ketika musim hujan tiba daun dan batang tanaman akan terkena siraman air hujan. Kondisi ini sering menimbulkan masalah baru berupa pembusukan pada daun tanaman beserta batangnya. Cendawan, jamur, lumut dan tanaman pengganggu lainnya akan tumbuh subur pada musim hujan. Jika dibiarkan tentunya hama ini bisa memunculkan problem yang lebih serius. Nutrisi hidroponik yang seharusnya diserap oleh tanaman budidaya justru dihabiskan oleh gulma dan sejenisnya.
Read previous post:
Program Sejuta Rumah Lewat Aplikasi SiPetruk
Program Sejuta Rumah Lewat Aplikasi SiPetruk

Close