Harga Hollow Baja Ringan Terbaru November 2023 Berdasarkan Jenis dan Ukuran. Salah satu rangka atap plafon selain kayu dan hollow saat ini ada juga jenis rangka plafon yang terbuat dari baja ringan yaitu hollow galvalum dan hollow galvanis.


Salah satu material konstruksi lawas yang sering digunakan untuk rangka atap adalah kayu. Seiring berjalannya waktu, material kayu ini mulai tergeser dengan material metal atau logam yang membawa keunggulan lebih banyak dibandingkan dengan material kayu.

Harga Hollow Baja Ringan Terbaru November 2023 Berdasarkan Jenis dan Ukuran

Hollow baja ringan adalah salah satu jenis profil baja ringan yang digunakan dalam konstruksi. Profil ini memiliki bentuk seperti pipa berongga atau tabung dan biasanya terbuat dari baja galvanis atau baja zincalume yang tahan terhadap korosi. Hollow baja ringan digunakan dalam berbagai aplikasi konstruksi, termasuk sebagai bagian dari rangka atap baja ringan. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang hollow baja ringan:

  1. Bentuk dan Ukuran: Hollow baja ringan memiliki bentuk berongga atau tabung dengan berbagai ukuran dan ketebalan dinding yang berbeda. Ukuran dan ketebalan dindingnya dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan proyek konstruksi.
  2. Kekuatan dan Kestabilitas: Meskipun berongga, hollow baja ringan memiliki kekuatan yang baik dan memberikan kestabilitas pada struktur konstruksi. Ini sering digunakan sebagai elemen pendukung dalam konstruksi rangka atap baja ringan.
  3. Pemasangan yang Mudah: Hollow baja ringan mudah dipotong dan dipasang, sehingga memudahkan proses konstruksi. Mereka juga dapat dihubungkan dengan baut dan mur dengan mudah.
  4. Tahan Terhadap Korosi: Seperti profil baja ringan lainnya, hollow baja ringan sering dilapisi dengan lapisan tahan korosi seperti galvanisasi atau zincalume, yang membuatnya tahan terhadap karat dan korosi.
  5. Fleksibilitas Desain: Hollow baja ringan dapat dirancang dan dipasang dalam berbagai bentuk dan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan desain bangunan. Ini memungkinkan fleksibilitas dalam menciptakan atap yang sesuai dengan preferensi estetis dan teknis.
  6. Ringan: Meskipun memiliki kekuatan yang baik, hollow baja ringan memiliki berat yang relatif ringan dibandingkan dengan beberapa bahan konstruksi lainnya, sehingga mengurangi beban pada struktur bangunan.
  7. Aplikasi Lain: Selain digunakan dalam konstruksi rangka atap, hollow baja ringan juga digunakan dalam berbagai aplikasi konstruksi lainnya, seperti rangka plafon, struktur kolom, pagar, dan lain sebagainya.
  8. Efisiensi Konstruksi: Penggunaan hollow baja ringan dapat meningkatkan efisiensi konstruksi karena mudah diolah dan dipasang, mengurangi waktu dan biaya tenaga kerja.
Baca Juga :  Harga Hollow Baja Ringan Terbaru Juli 2024 Berdasarkan Jenis dan Ukuran

Penting untuk mencatat bahwa penggunaan hollow baja ringan dalam konstruksi harus mematuhi standar dan rekomendasi teknis yang berlaku serta mempertimbangkan beban beban yang dikenakan pada struktur tersebut. Konsultasikan dengan seorang insinyur sipil atau profesional konstruksi yang berpengalaman untuk memastikan bahwa penggunaan hollow baja ringan sesuai dengan kebutuhan proyek Anda.

produksi-hollow-kanal-c

Pilih Rangka Atap Kayu atau Baja Ringan, Rangka Atap Kayu, Baja Ringan, Rangka Atap Kayu atau Baja Ringan

Harga Hollow Baja Ringan Terbaru November 2023 Berdasarkan Jenis dan Ukuran

Cara memasang hollow baja ringan

Cara memasang hollow baja ringan merupakan proses yang melibatkan beberapa langkah yang perlu dilakukan dengan hati-hati dan mematuhi standar konstruksi yang berlaku. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk memasang hollow baja ringan:

Alat dan Bahan yang Diperlukan: Sebelum memulai proses pemasangan, pastikan Anda memiliki semua alat dan bahan yang diperlukan, termasuk hollow baja ringan, baut, mur, gergaji baja, pengukur, pelatuk, palu, dan perlindungan mata dan tangan.

Langkah-langkah Pemasangan:

  1. Rencanakan Desain: Rencanakan desain rangka baja ringan sesuai dengan atap atau struktur yang akan Anda bangun. Ini melibatkan pemilihan ukuran, panjang, dan bentuk hollow baja ringan yang sesuai.
  2. Persiapan Lokasi: Pastikan lokasi pemasangan siap digunakan. Bersihkan area dari debu, kotoran, atau hambatan lainnya.
  3. Potong Hollow Baja Ringan: Gunakan gergaji baja untuk memotong hollow baja ringan sesuai dengan ukuran dan bentuk yang dibutuhkan. Pastikan potongan-potongan ini presisi agar mereka cocok dengan desain yang direncanakan.
  4. Pasang Baut dan Mur: Gunakan baut dan mur untuk menghubungkan potongan-potongan hollow baja ringan satu sama lain. Pastikan bahwa hubungan ini kokoh dan aman. Periksa pengencang secara berkala selama pemasangan.
  5. Pasang Truss dan Kolom: Pasang hollow baja ringan sebagai truss (rangka utama atap) dan kolom (penyangga vertikal) sesuai dengan desain. Pastikan mereka terletak pada jarak yang tepat dan dengan sudut yang sesuai.
  6. Periksa Kestabilan: Pastikan rangka baja ringan Anda berdiri dengan kokoh dan konsisten. Gunakan pengukur untuk memeriksa bahwa setiap elemen berada dalam posisi yang benar.
  7. Pasang Penutup Atap: Setelah rangka baja ringan terpasang, pasang penutup atap seperti genteng, seng, atau bahan atap lainnya sesuai dengan desain. Pastikan penutup atap terpasang dengan benar dan tahan air.
  8. Finishing Touches: Lanjutkan dengan pemasangan perlengkapan tambahan seperti talang air, saluran air, isolasi, dan perlengkapan lain yang diperlukan.
  9. Pengecatan atau Perlindungan: Jika diinginkan, Anda dapat mengecat atau memberikan perlindungan tambahan pada hollow baja ringan untuk melindunginya dari korosi atau faktor lingkungan lainnya.
  10. Periksa Kembali: Setelah pemasangan selesai, lakukan pemeriksaan terakhir untuk memastikan semua elemen terpasang dengan baik, dan rangka baja ringan berfungsi sesuai yang diharapkan.
Baca Juga :  Harga Coil Spandek Januari 2024 Terbaru, Simak Perbandingan Galvalume, Spandek dan Alderon RS Trimdeck

Selalu ingat untuk mengikuti pedoman dan standar konstruksi yang berlaku dalam wilayah Anda. Jika Anda tidak yakin tentang cara memasang hollow baja ringan dengan benar, sebaiknya berkonsultasi dengan seorang insinyur sipil atau profesional konstruksi yang berpengalaman untuk memastikan keamanan dan keberhasilan proyek Anda.

Penggunaan hollow baja ringan saat ini sudah mulai banyak digunakan untuk pembuatan plafon partisi. Karena di samping tidak mudah berkarat bahan material ini sangat ringan dan anti lapuk dan rayap.

Hollow baja ringan juga dapat diaplkasikan untuk berbagai macam jenis plafon seprti plafon gypsum, plafon pvc, plafon grc, plafon triplek dan lain sebagainya.

Saat ini banyak sekali bangunan yang menggunakan hollow baja ringan ini ntuk keperluan plafon dan partisi seperti rumah tinggal, ruko, perkantoran, apartmen, hotel, sekolahan, rumah sakit dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Harga Hollow Baja Ringan Terbaru September 2023 Berdasarkan Jenis dan Ukuran

Harga Hollow Baja Ringan Terbaru November 2023 Berdasarkan Jenis dan Ukuran

Di bawah ini kami sampaikan daftar harga hollow baja ringan dari jenis hollow galvanis dan hollow galvalum di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya.

No Produk dan Tipe Panjang Harga
1 Hollow Galvanis 2 x 4 4 meter IDR 25.000/btg
2 Hollow Galvanis 4 x 4 4 meter IDR 29.000/btg
3 Hollow Galvalum 2 x 4 4 meter IDR 26.000/btg
4 Hollow Galvalum 4 x 4 4 meter IDR 32.000/btg

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa toko bahan bangunan dan situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya sebenarnya tidak jauh berbeda.

Keterangan :

  • Harga Tersebut diatas berlaku untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya
  • Harga Sewaktu – waktu Bisa berubah sesuai Kondisi

Ukuran Hollow Baja Ringan Per Batang

Ukuran panjang hollow Baja ringan yang dijual oleh toko material bangunan terdekat, distributor, supplier, agen dan grosir, pabrik adalah panjang 4 meter per batangnya.

Sedangkan ukuran dimensi kotak hollow baja ringan panjang x lebarnya  adalah tipe 2 x 4 = 32mm x 16 mm dan tipe 4 x 4 = 32 mm x 32 mm.

Kelebihan dan Keuntungan Menggunakan Hollow Baja Ringan

Kelebihan dan keuntungan yang anda dapat jika menggunakan hollow baja ringan untuk plafon dan partisi antara lain :

  • Bahan bangunan yang ringan sehingga tidak memberatkan struktur.
  • Tidak terkena serangan rayap dan tahan terhadap api.
  • Mutu materialnya tidak berubah-ubah, tidak mudah melapuk karena usia lanjut.
  • Proses pemasanganya cepat dan rapih.
  • Tahan terhadap karat.
  • Penggunaaan untuk berbagai macam tipe plafon

Harga Hollow Baja Ringan Terbaru November 2023 Berdasarkan Jenis dan Ukuran

Semoga informasi ini bermanfaat, ya! Terimakasih