Jenis Atap Untuk Baja Ringan Berkualitas Dan Aman. Ada berbagai macam genteng yang dapat digunakan sebagai penutup atap baja ringan. Setiap jenis genteng memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta cocok untuk digunakan pada situasi tertentu. Ada genteng beton yang kokoh dan tahan lama, genteng tanah liat yang tampilannya lebih estetik, genteng metal yang ringan dan anti karat, serta genteng bitumen yang mudah dipasang dan tahan air.

Memilih bahan atap yang tepat adalah salah satu faktor penting dalam membangun sebuah rumah. Salah satu bahan atap yang semakin populer belakangan ini adalah baja ringan. Selain memiliki keunggulan dalam segi kekuatan, baja ringan juga memungkinkan desain atap yang lebih variatif dan mudah untuk dipasang. Namun, untuk membuat atap baja ringan yang sempurna, genteng yang digunakan juga harus dipilih dengan bijak.

Jenis Atap Untuk Baja Ringan Berkualitas Dan Aman

Ada beberapa macam genteng yang dapat digunakan untuk atap baja ringan, tergantung pada preferensi, gaya, dan kebutuhan tertentu. Berikut beberapa jenis genteng yang sering digunakan untuk atap baja ringan. Berikut ini adalah 7 macam genteng untuk baja ringan berkualitas dan aman, yaitu

1. Genteng Metal

Pilihan jenis genteng untuk atap baja ringan berikutnya adalah genteng metal. Jenis genteng metal ini sangat tepat untuk dipasangkan pada rangka atap berbahan baja ringan karena beratnya yang ringan. Dibandingkan dengan genteng dari bahan lain seperti dak beton, genteng metal mampu mengurangi beban pada rangka atap sehingga lebih tahan lama.

Genteng metal sendiri memiliki beberapa kelebihan. Pertama, genteng ini tidak mudah berkarat karena telah dilapisi dengan bahan anti karat.

Kedua, genteng ini hemat material karena tiap lembarnya memiliki ukuran yang lebar.

Ketiga, genteng ini telah dibuat dengan teknologi terbaru sehingga tidak mudah terbakar dan tidak menimbulkan panas.

Terakhir, genteng metal dilapisi dengan cat anti lumut sehingga tidak mudah ditumbuhi lumut dan tidak perlu sering-sering dibersihkan.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Dak Bondek yang Bocor

2. Spandek

Genteng spandek terbuat dari campuran seng, aluminium, dan galvalume yang menjadikannya sangat tahan terhadap korosi dan kejutan mekanis.

Selain itu, genteng spandek juga memiliki kelebihan lain yang membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk atap rumah Anda. Pertama, genteng spandek dapat memperkuat struktur atap Anda. Hal ini karena genteng spandek terhubung langsung dengan rangka atap baja ringan yang kuat dan tahan lama. Kedua, genteng spandek juga ringan sehingga tidak memberikan beban berat pada rangka atap dan tidak akan merusak bangunan Anda.

Jenis Atap Untuk Baja Ringan Berkualitas Dan Aman

3. Genteng Bitumen

Salah satu jenis genteng yang bisa Anda pertimbangkan untuk atap baja ringan Anda adalah genteng aspal atau atap bitumen. Meskipun jarang terdengar, genteng ini memiliki banyak keunggulan yang dapat membuat atap rumah Anda terlihat cantik dan tahan lama.

Genteng aspal terbuat dari bahan bubuk kertas, serat organik, resin, dan aspal. Bahan-bahan ini membuat genteng aspal lebih mudah untuk dipasang dan tahan lama. Selain itu, genteng aspal juga memiliki berbagai variasi warna, sehingga Anda dapat memilih warna yang sesuai dengan selera Anda.

Keunggulan lain dari genteng aspal adalah bahwa genteng ini tidak licin karena dilapisi dengan lapisan resin. Lapisan resin ini juga berfungsi untuk mencegah kebocoran, sehingga atap rumah Anda tetap kering meskipun hujan lebat. Selain itu, genteng aspal juga tahan terhadap api dan dingin, sehingga cocok untuk digunakan pada daerah dengan cuaca ekstrem.

4. Genteng Keramik

Genteng keramik menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan sisi ketangguhan pada atap rumah. Meskipun bobotnya agak berat, genteng keramik tetap dapat dipasangkan pada rangka atap baja ringan yang berkualitas. Bahan genteng keramik ini tersusun dari campuran kaolin, tanah liat, dan pasir kuarsa yang membuatnya tahan terhadap benturan benda keras.

Salah satu keunggulan genteng keramik adalah keawetannya yang luar biasa. Kualitas genteng keramik yang tahan lama membuatnya menjadi pilihan yang hemat biaya dalam jangka panjang.

Baca Juga :   Harga Coil Baja Ringan Mei 2024, Update Terbaru

Selain itu, warna pada genteng keramik cenderung tahan lama karena diproses pada saat pembakaran. Namun, saat memasangnya, Anda harus benar-benar teliti perihal rapat antara genteng satu dengan genteng lainnya. Hal ini penting untuk mencegah kebocoran pada atap rumah Anda.

5. Genteng tanah liat

Indonesia dikenal sebagai negara dengan cuaca yang panas dan lembap sepanjang tahun. Oleh karena itu, banyak orang memilih genteng tanah liat sebagai penutup atap rumah mereka karena memiliki keunggulan dalam menjaga suhu rumah tetap sejuk dan udara di dalam rumah tetap segar. Genteng tanah liat juga sangat cocok digunakan untuk struktur atap baja ringan.

Kelebihan dari genteng tanah liat adalah keindahan dan keawetannya. Genteng tanah liat memiliki berbagai bentuk dan pola, dan biasanya diwarnai dengan warna alami seperti merah dan coklat. Hal ini membuat atap rumah Anda terlihat lebih elegan dan indah. Selain itu, genteng tanah liat juga tahan lama dan awet, sehingga tidak perlu sering diganti.

Jenis Atap Untuk Baja Ringan Berkualitas Dan Aman

6. Genteng Beton

Genteng beton memiliki keunggulan dalam hal daya tahan dan ketahanan terhadap cuaca yang ekstrem, seperti hujan lebat dan panas terik. Sayangnya, jenis genteng ini memiliki bobot yang cukup berat, sehingga dibutuhkan rangka atap baja ringan yang kuat untuk menopangnya.

Kami merekomendasikan penggunaan rangka baja ringan sebagai penopang genteng beton. Baja ringan adalah bahan yang ringan namun memiliki kekuatan yang cukup tinggi, sehingga mampu menahan beban genteng beton yang berat. Selain itu, rangka baja ringan juga memiliki keunggulan dalam hal ketahanan terhadap karat dan korosi, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai rangka atap yang tahan lama.

7. Genteng Polycarbonate

Inovasi dalam material bangunan terus berkembang seiring dengan kebutuhan masyarakat yang semakin berkembang. Salah satu material bangunan yang sedang tren adalah genteng polycarbonate. Genteng polycarbonate memiliki keunggulan dibandingkan jenis genteng lainnya, terutama untuk rangka atap baja ringan.

Baca Juga :   Harga Coil PPGL Jakarta 2024

Genteng polycarbonate terdiri dari dua jenis, yaitu polycarbonate berrongga dan polycarbonate bergelombang tanpa rongga. Kedua jenis genteng polycarbonate ini memiliki berbagai pilihan warna yang bervariasi dan bentuk yang datar. Genteng polycarbonate biasanya digunakan untuk atap garasi, kanopi, atau atap tambahan.

Salah satu kelebihan genteng polycarbonate adalah kemampuannya dalam meredam radiasi matahari. Selain itu, genteng ini juga memiliki kemudahan dalam proses pemasangan yang cepat dan mudah. Namun, untuk mengetahui kualitas genteng polycarbonate yang akan dibeli, ada cara sederhana yaitu dengan menekan bagian penampang yang berongga secara kuat.

Jenis Atap Untuk Baja Ringan Berkualitas Dan Aman

Genteng polycarbonate yang berkualitas buruk biasanya ketika ditekan akan mengalami perubahan. Sedangkan untuk genteng polycarbonate berkualitas baik maka tidak akan berubah bentuk maupun teksturnya ketika mendapatkan penekanan.

Tidak hanya itu, genteng polycarbonate juga ramah lingkungan karena terbuat dari bahan daur ulang dan dapat didaur ulang kembali setelah digunakan. Dengan genteng polycarbonate, Anda tidak hanya memiliki atap yang tahan lama dan kuat, tetapi juga peduli pada lingkungan sekitar. Genteng polycarbonate menjadi pilihan yang tepat untuk menghasilkan atap dengan rangka baja ringan yang estetis dan ramah lingkungan.

Setiap jenis genteng memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, dan pilihan genteng akan tergantung pada anggaran, kebutuhan struktural, iklim, dan preferensi estetika. Penting untuk berkonsultasi dengan seorang profesional atap atau kontraktor sebelum memilih genteng untuk atap baja ringan Anda agar dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jenis Atap Untuk Baja Ringan Berkualitas Dan Aman

Semoga bermanfaat ya !