Jenis-Jenis Atap Spandek. Elemen utama pada sebuah hunian merupakan atap, ada yang terbuat dari tanah liat maupun atap alderon. Beberapa tahun belakangan ini, penggunaan material atap spandek menjadi cukup popular sebagai pengganti atap genteng tanah liat yang sudah sejak lama digunakan.

Jenis-Jenis Atap Spandek

Atap spandek merupakan salah satu jenis atap rumah yang terbuat dari percampuran bahan alumunium serta seng. Komposisi rasio yang digunakan untuk membuat atap spandek adalah 55% alumunium dan 43% dari seng. Sisanya menggunakan bahan dari silicon.

Dari campuran bahan-bahan tersebut, terciptalah atap spandek yang memiliki sifat kokoh, awet, ringan dan mudah dibentuk. Terlihat seperti material atap idaman bukan? Namun ada beberapa kekurangan pada atap spandek itu sendiri.

SPANDEKS_03_ATAP_BAJA

Untuk Anda yang tertarik dan ingin mencoba untuk mengaplikasikan atap spandek pada rumah Anda maka Anda bisa mengetahui apa saja jenis yang tersedia. Di bawah ini adalah beberapa jenis atap spandek yang bisa Anda temui dengan mudah dan menyesuaikannya dengan kebutuhan pada rumah Anda.

a. Atap Spandek Zincalume

Salah satu jenis atap spandek yang pertama adalah  zincalume. Atap spandek dengan jenis ini merupakan salah satu atap yang banyak dipakai dalam bangunan komersil karena sifatnya yang sangat simpel dan sederhana. Sesuai dengan namanya, atap zincalume mempunyai campuran alumunium sebesar 55%, zinc sebesar 43% dan silikon sebesar 2%.

b. Atap Spandek Pasir

Atap ini umum digunakan dalam perumahan minimalis dan dikombinasikan dengan struktur atap baja ringan. Atap spandek pasir mempunyai bobot yang ringan dan menjadikannya sangat aman untuk perumahan. Selain itu juga karena atap ini sudah dilengkapi dengan lapisan pasir maka mempunyai kemampuan untuk meredam suara yang jauh lebih baik dari atap spandek yang lainnya.

c. Atap Spandek Lengkung

Untuk Anda yang membutuhkan atap spandek yang bisa diaplikasikan pada permukaan yang melengkung maka Anda bisa memakai atap spandek lengkung. Atap jenis ini mempunyai bentuk melengkung yang berbeda – beda dan bisa Anda cari sendiri bentuk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

d. Atap Spandek Laminasi

Atap jenis ini mempunyai bahan dasar alumunium dan sudah diperkuat kembali dengan lapisan foil pada bagian luarnya. Secara ketahanan, atap spandek ini jauh lebih kuat terhadap benturan dan mempunyai usia pakai yang relatif lebih panjang dari atap spandek lainnya.

e. Atap Spandek Kliplok

Atap spandek kliplok adalah salah satu atap yang disukai karena mempunyai teknologi pengunci dan pengikat yang sudah terpasang pada atapnya. Dengan menggunakan sistem pengunci dan pengikat membuat atap ini menjadi lebih mudah untuk diaplikasikan dan sekaligus membuatnya menjadi lebih tahan terhadap kebocoran.

f. Atap Spandek Transparan

Atap spandek transparan jenis ini sangat cocok untuk dipasang pada carport rumah karena tidak mempunyai warna atau transparan. Atap ini juga mempunyai material plastik atau kaca dan membuatnya menjadi lebih murah dan ringan untuk dipasang.

g. Atap Spandek Warna

Untuk Anda yang tidak menyukai atap yang polos maka Anda bisa memilih untuk menggunakan atap spandek warna. Atap ini mempunyai bahan yang sama persis dengan atap zincalume dan hanya dapat dibedakan dari pelapis yang terdapat pada atapnya. Atap spandek warna sudah hadir dengan berbagai pilihan warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda sendiri.

Jenis-Jenis Atap Spandek

Sumber :

Kami Siap Membantu Anda
Read previous post:
GENTENG PASIR baja ringan has
Perbedaan Atap Baja Galvalume Dan Galvanis

Close