Sketsa Kanopi Baja Ringan Terbaru Juli 2024. Saat ini, sudah banyak rumah yang menggunakan kanopi baja ringan. Selain karena kualitasnya yang baik, harganya juga masih terjangkau. Lalu seperti apa sketsa kanopi baja ringan?


Model kanopi baja ringan memang banyak pilihannya, mulai dari yang biasa, minimalis, hingga mewah. Kegunaannya pun bermacam-macam, bisa untuk menutupi teras, jendela, hingga carport rumah.

Tentunya tiap rumah sangat perlu untuk memiliki atap pelindung. Pilihan yang tepat adalah dengan menghadirkan sketsa kanopi baja ringan, yang siap melindungi area teras dan halaman Anda.

Di bawah ini, ada beberapa model kanopi baja ringan minimalis yang cocok untuk menutupi carport. Berikut daftarnya!

Sketsa Kanopi Baja Ringan Terbaru Juli 2024

Kanopi baja ringan merupakan pelindung atap yang terbuat dari material konstruksi bangunan baja ringan yang tahan lama dan awet.

Sebenarnya, kanopi sebelumnya lebih banyak menggunakan bahan kayu, namun karena beberapa kelemahannya, menjadikan bahan kayu kini lebih banyak ditinggalkan.

Bahan baja ringan terkenal anti rayap, tahan pada kebocoran hingga tidak akan lapuk seperti penggunaan kayu.

Nah, setelah tahu apa itu kanopi baja ringan dan kelebihannya, mari kita bahas model sketsa kanopi baja ringan secara detail.

Ingin tahu apa saja deretan jenis kanopi yang cocok untuk rumah Anda? Simak ulasan 10 model kanopi baja ringan di bawah ini:

Sketsa Kanopi Baja Ringan Terbaru Juli 2024

Kanopi Model Membrane 

Model sketsa yang pertama adalah kanopi Membrane. Model kanopi yang satu ini umumnya digunakan di garasi rumah, dengan nuansa putih atau krem.

Model kanopi yang satu ini terbilang unik. Dengan kerangka dan penyangga yang melengkung.

Baca Juga :  Supplier Coil Galvalume Kota Palembang Harga Terbaru

Kanopi Kombinasi Kayu dan Baja Ringan

Model yang satu ini sangat cocok ditempatkan dimana saja, tidak hanya di garasi, bisa jadi sebagai pelindung teras atau balkon.

Sketsa kanopi ini menjadi kombinasi baja ringan yang ditambah material kayu. Kedua bahan bangunan ini menambah sisi simpel namun tetap meninggalkan kesan estetik.

Kanopi Baja Ringan Dengan Tanaman Menjalar

Konsep ini menyajikan pemandangan yang segar-segar dari tanaman.

Sketsa ini sangat mudah diterapkan. Anda yang sudah menggunakan kanopi baja ringan dapat menambah cela-cela di sisinya. Lalu, tempatkan tanaman menjalar pada sisi kanopi dan biarkan merambat.

Semakin subur akan semakin menarik, namun Anda harus tetap menjaga pertumbuhan tanaman tersebut agar tidak merusak kanopi Anda.

Kanopi Model Transparan Kaca

Siapa bilang kombinasi baja ringan hanya kayu? Anda bisa menggabungkannya dengan material kaca.

Gunakan baja ringan sebagai kerangka untuk kanopi di teras depan atau belakang, lalu tambahkan kaca di bagian atapnya.

Selain untuk tujuan desain, sejatinya penggunaan kaca tujuannya untuk melindungi material tambahan dari hujan atau terik panas.

Kanopi Perpaduan Akrilik dan Baja Ringan

Jika ingin memilih kanopi yang tahan lama dan super awet, Anda dapat menggunakan kombinasi model sketsa kanopi baja ringan dan akrilik.

Walau terbilang lebih mahal, namun dengan kanopi jenis ini, rumah akan semakin menarik dan unik. Selain itu, kanopi Anda tidak akan mudah tergores atau buram karena paparan cuaca ekstrim.

Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang

Model yang satu ini sangat tren tahun ini. Tanpa penggunaan tiang, kanopi ini semakin simpel namun elegan serta tak makan banyak tempat.

Bentuk kanopi yang satu ini bisa disebut kanopi minimalis modern yang hadir dengan desain sederhana namun fungsional.

Baca Juga :  Tips Cara Menghitung Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan

Karena tidak banyak makan tempat, model kanopi ini sangat cocok untuk pilihan rumah dengan lahan terbatas atau ruangan yang sempit.

Sketsa Kanopi Baja Ringan Terbaru Juli 2024

Kanopi Tiang Model V Yang Simpel

Kanopi juga kini banyak mengalami perubahan, apalagi dari sisi desain. Jika dulu biasanya dengan empat tiang yang menjulang tinggi, kini tiang model V menjadi pilihan yang unik.

Tampil lebih inovatif dan menarik. Hanya saja, pemasangan kanopi ini harus tepat karena butuh perhitungan yang pas agar tidak salah ukur panjangnya.

Dengan model V, tiang akan semakin panjang daripadaa sejajar. Sementara untuk sisi estetikanya,  desain ini lebih arsty, ditambaha rumah berdesain minimalis modern.

Kanopi yang Bisa Dilipat

Sketsa kanopi baja ringan lainnya adalah kanopi yang bisa dilipat, baik secara manual atau otomatis.

Model ini menjadi favorit belakangan ini. Pasalnya, desainnya bisa diterapkan di bagian rumah manapun, termasuk di jendela atau balkon.

Andapun semakin mudah menggunakannya. Jika cuaca sedang panas atau hujan, Anda tinggal merentangkan kanopi, namun jika ingin menikmati langit nan indah, tinggal lipat kanopi tersebut.

Kanopi Geser

Model kanopi geser adalah solusi cerdas untuk mengontrol cahaya dan ventilasi. Dengan kemampuan untuk digeser, Anda dapat menyesuaikan sejauh mana kanopi terbuka atau tertutup.

Ini tidak hanya memberikan fleksibilitas dalam merasakan sinar matahari dan udara segar, tetapi juga menciptakan dinamika baru dalam desain eksterior. Dengan hanya sedikit usaha, Anda dapat mengubah suasana ruang yang dilindungi oleh kanopi ini sesuai dengan kebutuhan dan situasi.

Kanopi Semi Transparan

Desain kanopi semi-transparan menggabungkan unsur bahan transparan dan solid pada atapnya. Ini menciptakan efek visual menarik di mana cahaya masih dapat masuk ke dalam area yang dilindungi oleh kanopi, sementara tetap mempertahankan beberapa privasi dan perlindungan dari elemen eksternal.

Baca Juga :  Perbedaan Kanopi dan Pergola Jangan Sampai Tertukar Ya

Model ini memberikan keseimbangan antara estetika dan fungsi, menghadirkan tampilan yang unik dan kontemporer untuk bangunan Anda.

Kanopi Baja Ringan Gantung

Model kanopi minimalis terbaru yang pertama adalah kanopi tanpa tiang alias kanopi gantung. Tak hanya simpel dan elegan, model kanopi satu ini juga hemat tempat sehingga bisa ditaruh pada carport minimalis yang sempit.

Kanopi Baja Ringan dengan Tiang Penyangga di Ujung

Satu lagi model kanopi baja ringan yang dapat mempercantik tampilan rumah, yaitu kanopi baja ringan dengan dua tiang di ujungnya.

Dengan desain kanopi semacam ini, tampilan area carport kamu pun terlihat lebih simpel tapi tetap sedap dipandang.

Kesimpulan 

Nah, itu dia bahasan lengkap artikel tentang berbagai sketsa kanopi baja ringan yang dapat Anda terapkan dalam hunian Anda. Semoga artikel di atas bisa membantu dan menginspirasi Anda ya!

Sketsa Kanopi Baja Ringan Terbaru Juli 2024

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.