Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan per Meter Berdasarkan Bahan Kanopi. Ada beberapa tipe pemasangan kanopi yang sering kali dilakukan, baik yang sifatnya borongan maupun yang menggunakan jasa profesional. Akan tetapi perlu diperhatikan juga jika penghitungan harga jasa pasang kanopi baja ringan per meter bisa saja berbeda antara satu kota dengan kota lain atau antara jasa satu dengan jasa yang lainnya.

Untuk Anda yang berencana membuat kanopi untuk rumah Anda, ada baiknya mempersiapkan biaya yang harus dikeluarkan. Karenanya Anda harus menentukan jenis kanopi, dan biaya jasa pasangnya. Biaya pembuatan kanopi bisa jadi mahal atau juga murah, semua tergantung jenis material yang digunakan dan juga biaya jasa pasangnya.

Fungsi kanopi sendiri adalah sebagai atap tambahan guna melindungi bagian rumah dari berbagai cuaca. Umumnya, kanopi dipasang di sisi rumah, balkon, teras, maupun sebagai atap garasi dan digunakan untuk carport.

Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan per Meter Berdasarkan Bahan Kanopi

biaya-pasang-kanopi-kaca

biaya-pasang-kanopi-kaca

Belakangan ini, kanopi baja ringan makin dikenal dan banyak digunakan. Harga yang terjangkau untuk jangka panjang serta kualitas yang tidak perlu diragukan membuat kanopi baja ringan lebih banyak dipilih dibandingkan material lain.

Kanopi baja ringan adalah struktur penutup yang terbuat dari baja ringan dan digunakan untuk melindungi area tertentu dari cuaca, seperti sinar matahari, hujan, atau salju. Kanopi baja ringan memiliki beberapa keuntungan, termasuk kekuatan, tahan lama, dan ketahanan terhadap cuaca. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang kanopi baja ringan:

  1. Bahan Baja Ringan: Kanopi baja ringan terbuat dari bahan baja ringan berkualitas tinggi. Baja ringan adalah pilihan yang populer karena ringan, kuat, dan tahan terhadap korosi.
  2. Desain Variatif: Kanopi baja ringan memiliki berbagai desain dan bentuk yang berbeda, sehingga Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya arsitektur bangunan Anda.
  3. Ketahanan Terhadap Cuaca: Baja ringan memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca ekstrem, seperti hujan, panas, salju, dan angin kencang. Ini menjadikan kanopi baja ringan pilihan yang tahan lama untuk melindungi area luar ruangan.
  4. Tidak Memerlukan Pengecatan Tambahan: Kanopi baja ringan sering memiliki pelapis anti-korosi yang tidak memerlukan pengecatan tambahan untuk menjaga penampilannya atau melindungi permukaannya.
  5. Pemasangan Cepat: Pemasangan kanopi baja ringan seringkali lebih cepat daripada konstruksi kanopi dari bahan lain. Ini membuatnya menjadi pilihan yang efisien secara waktu.
  6. Perawatan Minimal: Baja ringan memerlukan perawatan minimal. Anda hanya perlu membersihkan kanopi secara berkala untuk menjaga penampilannya.
  7. Tersedia dalam Berbagai Warna: Kanopi baja ringan biasanya tersedia dalam berbagai pilihan warna, memungkinkan Anda memilih sesuai dengan desain dan preferensi pribadi Anda.

Kanopi baja ringan sering digunakan di berbagai lokasi dan aplikasi, termasuk:

  • Kanopi parkir kendaraan.
  • Kanopi di taman atau halaman rumah.
  • Kanopi di area komersial, seperti restoran dan kafe.
  • Kanopi di tempat pertemuan luar ruangan, seperti taman bermain dan lapangan olahraga.
  • Kanopi di bangunan industri untuk melindungi bahan atau peralatan.
  • Kanopi di tempat-tempat ibadah atau acara luar ruangan.
Baca Juga :   Kelebihan Coil Galvalum Pasir untuk Atap Rumah, Tahan Cuaca dan Korosi

Ketika mempertimbangkan kanopi baja ringan, pastikan untuk merencanakan dengan cermat kebutuhan Anda, memilih desain yang sesuai, dan bekerja dengan profesional atau kontraktor berpengalaman untuk memastikan pemasangan yang tepat dan aman.

Setidaknya, ada tiga keunggulan yang bisa dinikmati jika menggunakan kanopi baja ringan, seperti berikut.

Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan per Meter Berdasarkan Bahan Kanopi

Baja ringan mudah dan cepat dirakit

Merakit kanopi baja ringan terbilang mudah dibandingkan material lain, karena menggunakan baut khusus sehingga tak perlu dilas seperti material besi. Bobotnya ringan, hanya membutuhkan 2 atau 3 orang tukang saja, dengan pemasangan yang mudah dan cepat untuk menghemat biaya yang dikeluarkan. Material baja ringan juga ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau untuk penggunaan jangka panjang.

Tidak mengalami muai dan susut

Kanopi baja ringan memiliki ketahanan yang kuat terhadap perubahan cuaca. Berbeda dengan kebanyakan material lainnya, kanopi baja ringan tidak mengalami muai dan tidak menyusut terhadap perubahan cuaca. Bentuk kanopi baja ringan juga tak akan berubah dan tetap pada bentuk aslinya, sehingga tidak mengurangi nilai estetika dan keamanan.

Anti karat dan anti rayap

Tidak seperti material besi yang akan berkarat seiring waktu, baja ringan merupakan material yang anti karat karena dilapisi galvalume, pelapis anti karat yang terbuat dari karbon, zinc dan aluminium zinc. Selain itu, baja ringan juga terbuat dari material yang tidak mudah lapuk dan tidak dapat dimakan rayap.

Adapun baja ringan memiliki beragam jenis, termasuk baja ringan truss, baja ringan kanal C, baja ringan reng, dan baja ringan hollow. Baja ringan truss umumnya berfungsi sebagai rangka atap yang akan menopang genteng, biasanya digunakan sebagai penguat tiang kuda-kuda. Baja ringan jenis ini sangat kuat dan kokoh karena memiliki ketebalan 0,75-1 mm.

Selanjutnya, baja ringan kanal C berfungsi Fungsi sebagai rangka atap atau kanopi rumah. Baja ringan jenis ini termasuk kuat karena bisa menahan atap rumah, kanopi dan langit-langit rumah.

Sementara, baja ringan reng merupakan jenis baja ringan bentuk bilah-bilah. Pada umumnya, baja ringan jenis reng dipasang melintang untuk menahan atau sebagai sangkutan genteng. Reng terbuat dari bahan zinc tahan karat, sekalipun di tengah cuaca tropis di Indonesia.

Terakhir, baja ringan hollow berbentuk seperti balok dengan ujung berbentuk persegi dan bagian dalam kosong. Terbuat dari bahan galvanis, baja ringan jenis ini biasanya berfungsi sebagai bahan baku pembuatan atap, kanopi maupun plafon rumah.

Baca Juga :   Harga Coil Spandek Maret 2024 Terbaru, Simak Perbandingan Galvalume, Spandek dan Alderon RS Trimdeck

Setiap jenis baja ringan memiliki ukuran dengan ketebalan yang beragam. Umumnya, ketebalan baja ringan berkisar 0.6-1 mm. Baja ringan harus memiliki standar tebal agar mampu menopang beban tekanan, terpaan angin dan cuaca ekstrim agar baja ringan tetap kokoh dan dapat melindungi bangunan serta penghuni di dalamnya.

Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan per Meter Berdasarkan Bahan Kanopi

kanopi baja ringan

Model Kanopi Baja Ringan

Terkait model kanopi baja ringan, ada sejumlah model yang bisa dipilih dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan rumah. Beberapa model kanopi baja ringan, antara lain kanopi baja ringan atap transparan yang membuat rumah terasa lebih natural. Model jenis ini sangat cocok untuk jenis rumah bergaya modern minimalis, karena terlihat elegan dan indah.

Berikutnya, ada kanopi baja ringan atap melengkung yang menambah keunikan rumah. Model yang bisa dipasang di teras depan maupun teras belakang rumah ini layak dicoba untuk Anda yang menyukai desain rumah yang tidak biasa.

Lalu ada pula kanopi baja ringan tiang V. Tampilan rumah bakal menjadi inovatif dan lebih menarik, karena jenis tiangnya yang panjang akan menambah kesan estetik pada rumah. Sementara, kanopi baja ringan minimalis lebih sederhana dan cocok untuk tipe rumah mungil mudah ditemui di tiap rumah. Biasanya, model kanopi baja ringan tiang V berfungsi melindungi garasi rumah.

Berikut biaya harga jasa pasang kanopi per meter.

1. Jasa Pasang Kanopi dengan Sistem Borongan

Sistem ini tergolong cukup ekonomis karena bahan-bahan Kamu beli sendiri dan tukang tinggal memasangnya. Biasanya, jasa pemasangan kanopi ini berkisar antara Rp125.000 sampai Rp150.000 per meter. Berikut contoh penghitungannya.

  • Ukuran kanopi 3 x 5 meter (15 meter persegi)
  • Biaya jasa per meter Rp135.000
  • Contoh penghitungan: Rp135.000 x 15 = Rp2.025.000

Dengan demikian, dapat diketahui estimasi minimal pada jasa pasang kanopi berukuran 3 x 5 meter mencapai 2 jutaan rupiah, namun belum termasuk biaya material dan biaya lain yang dibutuhkan.

2. Jasa Pasang Kanopi dengan Profesional

Apabila ingin menggunakan jasa profesional, pastikan dahulu apakah jasa sudah termasuk material. Umumnya, biaya pasang dimulai dari Rp200.000 per meter, namun hal ini tergantung juga dari kesepakatan atau penawaran. Berikut contoh simulasinya.

  • Ukuran kanopi 3 x 5 meter (15 meter persegi)
  • Biaya jasa per meter Rp250.000
  • Contoh penghitungan: Rp250.000 x 15 = Rp3.750.000

Akan tetapi perlu diperhatikan juga jika penghitungan harga jasa pasang kanopi baja ringan per meter bisa saja berbeda antara satu kota dengan kota lain atau antara jasa satu dengan jasa yang lainnya.

Selain itu, perlu diketahui juga jenis kanopi yang akan dipasang beserta harganya. Berikut daftarnya:

Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan per Meter Berdasarkan Bahan Kanopi

Jenis Kanopi

Baja Ringan: Jenis ini termasuk lebih murah untuk pemasangannya dan pembeliannya.

Baca Juga :   Coil PPGL Bahan Baku Atap Spandek Warna

Hollow: Jenis terbilang pembuatan dan pemasangannya cukup terjangkau dengan hasil memuaskan

Bahan Kanopi

1. Kanopi Kaca

Jenis kanopi via My Canopy
Jenis kanopi via My Canopy Foto: Jenis kanopi via My Canopy

Kanopi yang terbuat dari kaca lebih tahan lama dan menjadikan rumah Kamu tampak lebih elegan.

2. Kanopi Spandek

Jenis kanopi via My Canopy
Jenis kanopi via My Canopy Foto: Jenis kanopi via My Canopy

Kanopi spandek kualitas yang memadai dengan harga terjangkau.

3. Kanopi Polycarbonate

Jenis kanopi via My CanopyJenis kanopi via My Canopy Foto: Jenis kanopi via My Canopy

Kelebihan penting dari polycarbonate yaitu memiliki perlindungan dari sinar UV yang berbahaya.

4. Kanopi Alderon

Jenis kanopi via My Canopy
Jenis kanopi via My Canopy Foto: Jenis kanopi via My Canopy

Memiliki ketahanan yang lama dan mampu untuk menghadapi sinari matahari yang terik dan terpaan air hujan yang deras.

Kamu bisa periksa daftar harga berikut yang diambil dari pricelist perusahaan spesialis pembuatan kanopi di Indonesia, My Canopy.

Daftar Harga Kanopi Baja Ringan

  • Kanopi Baja Ringan dengan jenis atap Spandex dengan harga per meter berkisar Rp 350.000
  • Kanopi Baja Ringan dengan jenis atap Spandex Pasir dengan harga per meter berkisar Rp 400.000
  • Kanopi Baja Ringan dengan jenis atap Alderon Single dengan harga per meter berkisar Rp 450.000
  • Kanopi Baja Ringan dengan jenis atap Solartuff dengan harga per meter berkisar Rp 550.000

Daftar Harga Kanopi Hollow

  • Kanopi Hollow dengan jenis atap Spandex dengan harga per meter berkisar Rp 400.000
  • Kanopi Hollow dengan jenis atap Spandex pasir dengan harga per meter berkisar Rp 450.000
  • Kanopi Hollow dengan jenis atap Alderon Single dengan harga per meter berkisar 550.000
  • Kanopi Hollow dengan jenis atap Alderon Double dengan harga per meter berkisar Rp 700.000
  • Kanopi Hollow dengan jenis atap Polycarbonate dengan harga per meter berkisar Rp 650.000 sampai Rp 900.000
  • Kanopi Hollow dengan jenis atap Solarflat dengan harga per meter Rp 900.000, ketebalan 1,2 mili dan 3 mili Rp berkisar 1.300.000
  • Kanopi Hollow dengan jenis atap kaca tempered dengan harga per meter berkisar Rp 900.000 sampai Rp 1.500.000
  • Kanopi Hollow dengan jenis atap Solartuff dengan harga per meter berkisar Rp 650.000

Demikian informasi Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan per Meter Berdasarkan Bahan Kanopi jenis dan harga kanopi, semoga bermanfaat!

Sumber : https://www.detik.com/