Konstruksi Baja Ringan Untuk Kamar Mewah Ala Kos Eksklusif. Potret lahan sempit dibangun kamar mewah ala kos eksklusif dengan baja ringan dari Facebook Filipino Native House.

Saat ini, rumah bisa dibangun dengan material yang lebih awet dibandingkan kayu dan bambu. Yakni dengan menggunakan baja ringan maupun material berbahan besi lainnya. Dengan bahan ini, rumah dapat dibangun dengan cepat dan mudah, bahkan biaya yang dikeluarkan pun tak boros.

Konstruksi Baja Ringan Untuk Kamar Mewah Ala Kos Eksklusif

Saat ini banyak bangunan rumah yang dibangun dengan baja ringan atau rangka baja. Bangunan dari baja ringan sangat serbaguna dan dapat dibangun hampir di mana saja, dari lokasi industri hingga rumah tinggal dan kantor.

Hal itu menjadi salah satu alasan utama mengapa rangka baja menjadi semakin populer untuk dipakai dalam membangun rumah.

Selain ketahanan, kelebihan dari material baja ringan ini mudah untuk dibangun di lahan sempit. Seperti halnya hunian berikut ini. Memanfaatkan lahan sempit di antara bangunan, sebuah rumah minimalis dapat dibangun.

Meski tidak berukuran luas, hunian ini memiliki interior yang cukup mewah layaknya kos eksklusif. Bahkan, saat masuk di dalamnya pun nyaman dan adem, nggak kalah dari hunian mewah lainnya.

Baca Juga :   Daftar Harga Baja Ringan, Berbagai Jenis, dan Ukuran Maret 2024

1. Biasanya, lahan di samping rumah seperti ini hanya dimanfaatkan untuk kebun atau tempat parkir saja. Pasalnya, lahan sempit seperti ini sulit untuk mendirikan bangunan.

2. Namun, saat ini dunia konstruksi sudah sangat maju. Lahan sempit ini akhirnya dibangun sebuah hunian minimalis dengan menggunakan baja ringan dan papan semen saja.

3. Tidak perlu menghabiskan dana untuk membeli material batu, pasir, dan kayu. Dengan baja ringan dan seng sudah dapat dibangun sebuah rumah kecil seperti ini.

4. Begini penampakan konstruksinya, hanya menggunakan baja ringan dan seng besi saja sudah dapat hunian minimalis di lahan sempit.

5. Seperti ini potretnya setelah tersebut jadi. Tampak depan hunian ini mirip kos-kosan eksklusif khas paviliun yang punya halaman pribadi.

6. Potret dalam rumahnya pun terlihat cozy dan nyaman. Pemilik rumah memilih cat bernuansa abu-abu dan putih yang membuat suasana rumahnya jadi tampak lebih luas. Apalagi rumah ini dipasang ubin yang bikin suasana tambah adem.

7. Apalagi dilengkapi dengan berbagai peralatan elektronik yang bikin betah tinggal di rumah seperti AC, TV, hingga kulkas. Rumah ini juga dilengkapi berbagai alat masak praktis seperti rice cooker dan oven.

Baca Juga :   Harga Hollow Baja Ringan Terbaru Maret 2024 Berdasarkan Jenis dan Ukuran

8. Meski rumahnya minimalis dan hanya terbuat dari baja ringan, kamar mandinya tak kalah bersih, lho. Seperti ini potret kamar mandinya yang apik dan bersih.

Konstruksi Baja Ringan Untuk Kamar Mewah Ala Kos Eksklusif

Kelebihan Baja Ringan

1. Tahan api

Salah satu fitur utama yang membedakan rangka bangunan baja dari konstruksi kayu tradisional adalah penggunaan insulasi tahan api, yang menyediakan sarana efektif untuk memadamkan segala jenis kebakaran pada bangunan.

Jika insulasi yang digunakan dalam konstruksi bangunan tidak tahan api, insulasi tersebut mungkin tidak mampu melindungi bangunan dari kehilangan panas dan oleh karena itu akan gagal dalam uji ketahanan api.

Karena insulasi tahan api dalam konstruksi bangunan baja dapat membuat bangunan tersebut lulus uji ketahanan api meskipun tidak tahan api pada tahap desain, penambahan insulasi tahan api pada struktur diperlukan.

Memastikan rumah tahan api adalah hal penting karena kerusakan akibat kebakaran bisa sangat mahal dan menghancurkan.

Untungnya, bangunan rangka baja cenderung jauh lebih tahan api daripada struktur rangka kayu tradisional.

Baca Juga :   Inilah Penemu Fondasi Cakar Ayam

2. Tahan cuaca dan gempa

Sebuah bangunan baja memiliki kerangka yang kuat dan tahan lama untuk menahan beragam paparan cuaca hingga gempa karena memiliki material yang kokoh.

Sebab, baja ringan tidak bengkok atau melengkung, sehingga menjadi bahan yang sangat baik untuk rumah.

3. Mudah dan cepat untuk dirakit

Bangunan dengan baja ringan juga dapat dibangun dengan sangat cepat. Ini berarti kamu dapat memiliki bangunan baja yang dibangun dengan sangat cepat dibandingkan dengan jenis konstruksi bangunan lainnya.

Ada beberapa proyek konstruksi yang membutuhkan banyak waktu, namun penggunaan baja ringan bisa memangkas waktu yang dibutuhkan.

Salah satu keuntungan lain dari bangunan baja ringan adalah kenyataan bahwa mereka dapat dirakit dengan berbagai cara.

Konstruksi Baja Ringan Untuk Kamar Mewah Ala Kos Eksklusif

Sumber : https://www.kompas.com/