Mengenal Atap Polycarbonate, Kenggulan dan Kekurangannya. Atap Polycarbonate adalah atap yang terbuat dari bahan polikarbonat, bahan yang kuat dan tahan lama serta transparan. Atap ini sangat cocok untuk digunakan pada bangunan seperti rumah tinggal, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, pabrik, dan berbagai jenis bangunan lainnya.

Atap ini termasuk salah satu material berjenis thermoplastic polymer. Di pasaran, tersedia 2 jenis bentuk umum dari atap polycarbonate yakni yang berbentuk rata (lurus atau flat) dan yang berbentuk gelombang. Untuk ukurannya sendiri sangat bervariasi dan tersedia dalam bentuk lembaran sehingga bisa dipasang dengan lebih cepat dan mudah dibandingkan atap genteng tanah liat yang harus dipasang satu per satu.

Atap polycarbonate jadi material favorit karena keunggulannya yang dapat menggantikan atap kaca yang harganya lebih mahal. Selain itu, material ini juga banyak dipilih karena tahan di berbagai kondisi cuaca.

Mengenal Atap Polycarbonate, Kenggulan dan Kekurangannya

Atap ini pun memiliki bentuk yang beragam, mulai dari yang jelas hingga buram. Atas dasar itulah, atap polycarbonate sangat cocok dipakai untuk konstruksi, baik pribadi maupun bukan. Untuk memahami lebih lanjut mengenai atap polycarbonate, artikel ini akan membahas:

Apa Itu Atap Polycarbonate?

Atap polycarbonate merupakan atap rumah yang dibuat menggunakan material polimer yang spesial dan unik. Berbeda dengan polimer dari thermoplastic resin lainnya, polycarbonate mempunyai karakter yang cukup kuat, transparan, jernih, tahan terhadap suhu, dan bisa digunakan untuk peralatan listrik dan indeks pembiasan yang cukup tinggi.

Atap jenis ini bisa menjadi alternatif atap bagi mereka yang memiliki desain atap transparan atau bening, namun tidak ingin menggunakan kaca dengan alasan rapuh ataupun mahal. Atap polycarbonate juga sangat cocok digunakan untuk rumah dengan desain minimalis dan memiliki bobot yang lebih ringan.

Baca Juga :   Galvanized Steel Importir Indonesia

Beberapa produsen bahkan membuat atap ini dengan fitur anti-UV sehingga sangat pas dengan iklim Indonesia yang tropis dan cenderung panas.

Keunggulan Atap Polycarbonate

Atap polycarbonate memiliki segudang keunggulan yang membedakannya dengan atap lainnya. Berikut keunggulan atap polycarbonate:

1. Tahan Kuat

Atap dengan material polycarbonate sangatlah kuat. Semisal, dengan ketebalan 3mm, atap ini mampu menahan bola dengan berat 4kg yang jatuh dari ketinggian 9,5 meter, dan tidak akan rusak ataupun hancur. Begitupun ketika semisalnya terjadi cuaca ekstrem, atap dengan bahan ini tentunya bisa melindungi rumah dengan baik.

2. Mudah Dibentuk

Berbeda dengan kaca, material polycarbonate mempunyai struktur yang fleksibel sehingga bisa dengan mudah dicetak dan dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Tentunya ini sangat memudahkan bagi pemilik rumah, terlebih kalau ingin mempunyai atap polycarbonate dengan motif atau tekstur tertentu.

3. Ringan

Atap polycarbonate juga cenderung mempunyai bobot yang ringan, apalagi jika dibandingkan dengan kaca. Beratnya bahkan rata-rata hanya sekitar 1kg per lembar sehingga membuatnya mudah dibawa dan dipasang. Tentunya, ini akan menghemat pengeluaran untuk biaya struktural pemasangannya.

4. Mampu Mentransmisikan Cahaya

Atap polycarbonate mampu mentransmisikan cahaya dengan sangat baik. Untuk itu, material ini sangat cocok digunakan sebagai atap untuk kanopi, taman, jemuran, atau ruangan lainnya yang membutuhkan cahaya matahari. Dengan demikian, biaya yang harus dikeluarkan untuk listrik rumah pun sedikit lebih rendah karena siang hari memanfaatkan sinar matahari alami.

Baca Juga :   Contoh Desain Kanopi Balkon Lantai 2 yang Minimalis dan Estetik

Kekurangan Atap Polycarbonate

Meski demikian, bukan berarti atap polycarbonate tidak memiliki kekurangan. Atap polycarbonate juga memiliki kekurangan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli atau mengaplikasikannya di rumah.

1. Harga Mahal

Salah satu kekurangan dari atap polycarbonate adalah harganya yang cenderung mahal dibandingkan atap yang menggunakan material lainnya, seperti plastik. Tetapi dengan kualitas dan ketahanannya, tentunya harga yang mahal untuk atap polycarbonate dirasa bisa cukup sepadan.

2. Tidak Tahan Goresan

Sama halnya dengan atap fiber, atap polycarbonate juga tidak terlalu tahan terhadap goresan dan permukaan abrasive. Akibatnya, permukaan atap bisa saja penyok apabila tidak sering melakukan perawatan.

3. Tidak Tahan Cairan Kimia

Atap polycarbonate sangat sensitif terhadap pembersih abrasif, pembersih alkali, dan pelarut. Karena itu, hati-hati jika melakukan pembersihan dan perawatan pada atap berbahan dasar itu. Dikhawatirkan malah akan merusak atap ini.

4. Tidak Ramah Lingkungan

Kekurangan lainnya dari atap polycarbonate adalah tidak ramah lingkungan. Itu karena proses pembuatannya membutuhkan suhu yang sangat tinggi dan fosgen yang terkenal dengan efek buruknya terhadap kesehatan manusia dan klorin yang tidak ramah lingkungan.

Jenis Atap Polycarbonate

Atap polycarbonate juga memiliki beberapa jenis. Setiap jenisnya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, tergantung kebutuhan dan keinginan pemilik hunian. Berikut jenis-jenis atap polycarbonate:

1. Solarlite Polycarbonate

Jenis polycarbonate yang satu ini merupakan atap polycarbonate yang memiliki kualitas menengah. Harganya biasanya tidak terlalu mahal dan banyak digunakan pada bagian luar rumah, seperti atap kanopi atau atap carport.

Baca Juga :   Harga Coil Galvalume per Ton Juni 2024

2. Solite Polycarbonate

Atap polycarbonate yang satu ini mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan jenis lainnya, namun kualitasnya juga paling rendah. Solite polycarbonate hanya mampu bertahan hingga lima tahun. Meski begitu, ini tergantung dengan perawatannya. Jenis yang ini bisa dipilih bagi Anda yang mempunyai bujet terbatas.

3. Twinlite Polycarbonate

Atap polycarbonate yang satu ini merupakan yang mempunyai kualitas terbaik. Tentunya, harganya pun lebih mahal dibandingkan yang lainnya. Kendati begitu, atap yang satu ini bisa bertahan hingga 15 tahun dan tidak mudah bocor. Tidak heran kalau atap yang satu ini menjadi yang paling awet di antara yang lainnya.

Mengenal Atap Polycarbonate, Kenggulan dan Kekurangannya

Harga Atap Polycarbonate Terbaru

Polycarbonate merupakan bahan yang cukup murah dibanding bahan kaca. Harga atap polycarbonate berbeda-beda tergantung dari merek dan ukuran yang digunakan. Luas rumah juga akan sangat berpengaruh pada budget yang perlu Anda keluarkan.

Ada beberapa merek atap polycarbonate yang biasa digunakan, seperti Twinlite dan SolarLite, Dilansir dari bursabangunan.com, berikut ini estimasi harga atap polycarbonate.

Merek & Tipe Harga
Polycarbonate Twinlite Ukuran 6mm x 2,1 m x 11,8 m (1 roll) Rp3.750.000
Polycarbonate Twinlite Ukuran 5mm x 2,1 . x 11,8 m (1 roll) Rp3.215.000
Twinlite 10mm ATAP Polycarbonate Ukuran 1 Roll Tebal: 10mm, Lebar: 2,1 meter, Panjang: 11,8 meter Rp4.900.000
Twinlite X-3 Atap Polycarbonate Panjang: 12 meter, Tebal: 16 mm, Lembar: 2,1 meter Rp8.780.000
Twinlite Greca Atap Gelombang Polycarbonate- Tebal 6mm, Lebar : 87,5 cm, Panjang 4 meter Rp200.000
Solarlite Polycarbonate Tebal 5 mm Per Roll Panjang 11.8 mtr Rp2.600.000
Atap Polycarbonate Solid SOLARFLAT Ukuran 1,1 m x 50 m (1,2mm) (per roll) harga per meter Rp175.000
Atap Polycarbonate Solid SOLARFLAT 3mm Ukuran 1,22 m x 20 m (Tebal 3mm) harga per meter Rp470.000
SOLITE Polycarbonate 4mm (ukuran 2.10 x 11.8m) Rp1.550.000
Polycarbonate Sheet 4mm / Polycarbonate Bening Padat Solid Lembaran Tebal : 4mm, Lebar : 122cm, Panjang : 244cm Harga per lembar Rp1.500.000
Polycarbonate Sheet 8mm / Polycarbonate Lembaran / Polycarbonate Solid Tebal: 8mm, Lebar : 122 cm, Panjang: 244 cm Harga per lembar Rp3.400.000
Polycarbonate Sheet 1mm / Polycarbonate Bening Padat Solid Lembaran Tebal: 1mm, Lebar: 100cm, Panjang: 200cm Harga per lembar Rp600.000
Polycarbonate Sheet 3mm / Polycarbonate Bening Padat Solid Lembaran Tebal : 3mm, Lebar : 122cm, Panjang : 244cm Harga per lembar Rp1.150.000
Atap Polycarbonate X-Lite Panjang: 11.8 m, Lebar: 2.1 m, Tebal: 4.5 mm Rp2.345.000
Polycarbonate Carbolux Tebal: 4mm, Panjang: 11,8 meter, Lebar: 2,1 meter Rp1.350.000
Atap Polycarbonate Twinwall 4 mm (1/2 Roll) – Clear Panjang 5.9 mtr, Tebal 4 mm, Lebar 2.1 mtr Rp740.000
POLYCARBONATE Shining Star Polycarbonate Atap Exterior Interior Lebar: 2,1 meter, Panjang: 11,8 meter Rp1.300.000
Solartuff Atap Gelombang Polycarbonate Greca dan Roma Panjang 1,8 meter, Tebal 0,8 mm, Lebar 82 cm (Greca), 86 cm (Roma) Rp232.000
Atap Polycarbonate S-LITE 5mm Ukuran : 2.10 meter X 11.80 meter x 5mm Rp1.900.000
List Sambungan Polycarbonate Rp35.000
Profil Sambungan Polycarbonate – List H – Warna Clear Panjang: 6 meter, Tebal: 6mm, Tebal bahan: 1 mm Rp160.000
List Penutup Polycarbonate Rp25.000
Profil PC List H Polycarbonate Twinlite Solarflat 4mm 5mm 6mm Panjang : 6 M, Lebar : 5 Cm Rp135.000

Penutup

Dari perbandingan harga atap polycarbonate  Anda dapat memilih merk yang sesuai dengan budget yang ada. Atap rumah yang rapi dan tidak bocor dapat meningkatkan harga jual rumah saat ingin menjual hunian Anda.