Tips Cara Menyambung Besi Hollow Galvanis 2024 Tanpa Di Las. Bukan rahasia lagi bahwa kami adalah penggemar berat baja galvanis di Indonesia. Ikatan kimia yang terbentuk antara baja mentah dan seng ketika digalvanis panas menghasilkan bahan bangunan yang sangat kuat. Ia dapat menahan cuaca ekstrem dan bertahan lebih lama dari material di sekitarnya.


Baja galvanis dikenal karena ketahanan korosinya yang unggul. Namun, sejauh mana perlawanan tersebut berlangsung? Baja galvanis dibuat dengan mencelupkan baja mentah yang telah diolah dan “diasamkan” ke dalam wadah besar berisi seng cair. Setelah mengering, lapisan keras dan mengkilap akan terbentuk.

Pipa Kotak atau biasa dikenal dengan pipa hollow merupakan salah satu material yang sering digunakan dalam dunia kontruksi. Dikenal dengan kualitas unggul dan inovasi, pipa ini bukan hanya sekadar komponen, melainkan fondasi kuat bagi berbagai konstruksi modern.

Tips Cara Menyambung Besi Hollow Galvanis 2024 Tanpa Di Las

Menyambung besi hollow galvanis tanpa perlu melakukan proses pengelasan atau menggunakan lem dapat menjadi pilihan yang efektif untuk menciptakan hasil yang rapi dan kuat.

Proses ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga menghasilkan sambungan yang kuat tanpa harus meragukan kekuatannya.

Alat-alat yang Diperlukan:

  1. Rol siku
  2. Tang
  3. Gerinda
  4. Pensil bangunan
  5. Paku rivet

Langkah-langkah Pengerjaan Tips Cara Menyambung Besi Hollow Galvanis 2024 Tanpa Di Las:

1. Buat Pola Garis

Mulailah dengan membuat pola garis sepanjang 3 cm dari ujung tepi besi menggunakan pensil bangunan.

Kemudian, buatlah garis keliling sepanjang batas tersebut.

2. Buat Jarak

Dari batas garis yang telah dibuat, buatlah jarak sebesar 2 mm.

3. Belah Besi

Gunakan gerinda untuk membelah besi sepanjang 3 cm sesuai dengan garis yang telah dibuat.

Pastikan untuk mempertahankan jarak 2 mm yang telah ditentukan.

4. Tekuk Besi

Gunakan tang untuk menekuk besi sebanyak 2 mm yang telah ditentukan sebelumnya.

Kemudian, tekuklah besi lurus kembali sehingga menciptakan ujung besi yang mengecil.

5. Terapkan Kepala

Terapkan kepala keempat sisinya. Hal ini bertujuan agar besi dapat dimasukkan ke dalam besi hollow pada sambungannya.

6. Pasang Paku Rivet

Setelah dimasukkan ke dalam besi hollow, pasang paku rivet untuk mengunci sambungan.

Pastikan untuk mengencangkan paku rivet dengan baik agar sambungan besi hollow menjadi sangat kuat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat menyambung besi hollow galvanis tanpa perlu menggunakan mesin las atau lem.

Hasilnya tidak hanya akan terlihat rapi, tetapi juga memiliki kekuatan yang dapat diandalkan. Ini adalah solusi yang efektif dan praktis untuk proyek konstruksi kita.

Besi hollow adalah bagian dari besi polos dengan penampang berbentuk lingkaran, bujur sangkar, dan persegi panjang. Dikutip dari buku Aneka Desain Pagar Besi karya Adityarini Natalisa, besi hollow memiliki rongga di tengah.

Baca Juga :  Kenapa Baja Ringan Anti Karat tapi Berkarat?

Bahan konstruksi besi hollow adalah salah satu yang populer karena mudah dimanfaatkan. Misal besi hollow tipis dengan penampang persegi lebih cocok untuk konstruksi pembantu. Fungsi lain adalah untuk konstruksi pembantu yang biasanya cukup simpel.

Tips Cara Menyambung Besi Hollow Galvanis 2024 Tanpa Di Las

Pengertian Besi Hollow

Dikutip dari Repository Universitas Atma Jaya Yogyakarta, besi hollow adalah besi baja dengan kandungan karbon rendah. Besi hollow tergolong mudah diperoleh di pasaran, kaku namun memiliki kemampuan tarik tinggi, serta harga terjangkau.

Besi hollow yang kerap disebut Square Hollow Section (SHS) untuk yang berbentuk persegi dan Rectangular Hollow Section (RHS) ini, memiliki profil seperti pipa sehingga terlihat kokoh dan sintetis. Konstruksi yang biasa menggunakan besi hollow adalah pagar, milling, kanopi dan pintu gerbang.

Adityarini menjelaskan, satu besi hollow biasanya tersedia sepanjang 6 meter. Dengan panjang yang sama, harga besi hollow ditentukan panjang dan lebar bukaan serta tebal penampang. Berikut daftar harga besi hollow di 2023

  • Besi Hollow 15 x 30 x 0,60 mm Rp 39.000
  • Besi Hollow 15 x 30 x 0,80 mm Rp 49.000
  • Besi Hollow 17 x 37 x 0,60 mm Rp 44.000
  • Besi Hollow 17 x 37 x 1,40 mm Rp 84.000
  • Besi Hollow 17 x 37 x 1,70 mm Rp 94.000
  • Besi Hollow 20 x 20 x 0,60 mm Rp 35.000
  • Besi Hollow 20 x 20 x 1,40 mm Rp 69.000
  • Besi Hollow 25 x 50 x 1,40 mm Rp 124.000
  • Besi Hollow 25 x 50 x 1,70 mm Rp 129.000
  • Besi Hollow 30 x 30 x 0,60 mm Rp 54.000
  • Besi Hollow 30 x 30 x 0,80 mm Rp 63.000
  • Besi Hollow 37 x 37 x 0,80 mm Rp 74.000
  • Besi Hollow 37 x 37 x 1,40 mm Rp 113.000
  • Besi Hollow 40 x 40 x 1,10 mm Rp 98.000
  • Besi Hollow 40 x 40 x 1,40 mm Rp 117.000
  • Besi Hollow 40 x 40 x 2,00 mm Rp 154.000
  • Besi Hollow 50 x 50 x 1,10 mm Rp 135.000
  • Besi Hollow 50 x 50 x 2,00 mm Rp 228.000.

Ukuran 15 x 30 x 0,60 mm artinya lebar rongga adalah 15 mm, panjang bukaan 30 mm, dan tebal besi adalah 0,60 mm. Informasi harga besi hollow mungkin berbeda untuk tiap toko bangunan offline dan online. Jenis besi hollow yang tersedia di satu toko belum tentu ditemukan juga di tempat lain.

Karena itu, detikers wajib update harga sebelum membeli besi hollow berikut jenis yang diperlukan. Untuk konstruksi yang kompleks biasanya digunakan besi hollow yang lebih tebal dengan berbagai bukaan. Sedangkan besi yang tipis digunakan untuk konstruksi simpel, misal kanopi.

Tips Cara Menyambung Besi Hollow Galvanis 2024 Tanpa Di Las

Fungsi Besi Hollow

Dikutip dari tulisan berjudul Analisis Kekuatan Mekanis Besi Hollow Baja Ringan C-4130 karya Johanes Michael dari Universitas Hasanuddin (Unhas), beberapa fungsi dari besi hollow adalah:

Baca Juga :  Tips Cara Membuat Talang Air Dari Baja Ringan, Cek Harga Talang Air 2023 di Pasaran

Pembuatan plafon

Banyak orang yang menjadikan besi ini sebagai pilihan untuk membuat plafon ataupun railing. Hal ini dikarenakan jenis besi ini memiliki penampang yang sangat cocok diaplikasikan pada kedua rangka tersebut.

Pembuatan pagar

Saat ini, pembuatan pagar menggunakan kayu sudah tidak trend lagi. Meskipun hasilnya lebih estetik, banyak orang yang sudah beralih ke besi hollow. Hal ini dikarenakan besi hollow lebih aman dan awet.

Furniture Industrial

Warna besi yang hitam keabu-abuan sangat cocok dengan konsep industrial. Dengan warna-warna tersebut akan menghasilkan kesan produk menjadi lebih elegan. Biasanya, produk ini dikombinasikan dengan besi siku agar mendapatkan produk yang memuaskan.

Jenis Besi Hollow

Beberapa jenis bersi hollow yang ditemukan di pasaran dan kerap digunakan masyarakat adalah:

1. Hollow Galvanis

Jenis besi hollow Galvanis memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang populer. Dalam komposisinya, terdapat lapisan finishing yang mengandung zinc coating 97%. Selain zinc coating, jenis ini juga mengandung aluminium dan beberapa zat lainnya dalam jumlah sekitar 3% jika di total.

Biasanya besi hollow Galvanis digunakan untuk pembuatan pagar, kanopi, dan beberapa hasil bangunan lainnya. Namun, untuk mendapatkan daya tahan yang optimal sebaiknya dilapisi dengan zat coating untuk mencegah korosi.

2. Hollow Galvalume

Hollow Galvalume merupakan jenis besi hollow yang memiliki komposisi khusus. Besi ini memiliki kandungan aluminium yang besar. Terdapat kandungan aluminium sekitar 55% dan unsur besi sebanyak 43,5%.

Lapisan besi ini juga memiliki silicon sebesar 1,5% untuk melindungi dari korosi. Kelebihan utamanya adalah memiliki ketebalan yang bervariasi. Sehingga memungkinkan kamu untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Hollow Hitam

Jenis hollow hitam memiliki ukuran panjang yang telah distandarisasi. Biasanya digunakan untuk pembuatan pagar. Besi ini terbuat dari baja hitam sehingga memiliki tekstur yang sangat tebal dan kuat untuk digunakan. Kekuatan besi ini cocok untuk proyek yang memerlukan ketahanan struktural.

4. Hollow Baja Ringan

Hollow baja ringan merupakan pilihan yang tepat jika kamu memiliki proyek yang membutuhkan bahan konstruksi yang ringan. Meski lebih tipis dibandingkan jenis besi hollow lainnya, besi ini masih mampu menopang beban ringan. Salah satu keunggulan besar besi ini adalah biayanya yang terjangkau.

Tips Cara Menyambung Besi Hollow Galvanis 2024 Tanpa Di Las

Kekurangan dan Kelebihan Besi Hollow

Seperti material penyusun bangunan yang lain, besi hollow memiliki kelebihan dan kekurangan. Mengetahui karakteristik bahan bangunan membantu detikers memanfaatkan besi hollow dengan baik. Berikut plus dan minus besi hollow

Kelebihan besi hollow

1. Kualitas yang lebih baik

Baca Juga :  Coil Galvalume Ternate

Besi hollow memiliki kualitas besi yang baik. Besi hollow memiliki beberapa lapisan yang sangat diperlukan agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Besi hollow dapat tahan dari api dan rayap karena lapisan yang solid.

2. Pemasangan cepat dan mudah

Salah satu daya tarik besi hollow adalah kemudahan dalam pemasangannya. Para pekerja konstruksi sangat menghargai efisiensi, dan besi ini memberikan solusi dalam pemasangan yang relatif mudah dan cepat. Tekstur yang dimiliki oleh besi hollow membuatnya mudah untuk dibentuk dan diaplikasikan dengan cepat.

3. Perawatan yang tahan lama

Besi hollow memerlukan perawatan yang lebih sedikit dibandingkan dengan jenis besi lainnya. Besi ini memiliki beberapa lapisan seperti zat coating. Hal ini membuat besi ini sangat tahan lama. Sehingga besi ini merupakan pilihan yang baik untuk hemat biaya dalam jangka waktu yang panjang.

4. Tahan terhadap korosi

Salah satu utama yang dihadapi oleh besi adalah korosi. Korosi dapat merusak performa besi dan membuatnya tidak bisa dipakai dalam waktu yang lama. Namun, besi hollow memiliki risiko korosi yang kecil.

Jenis besi ini memiliki lapisan silikon dan aluminium, yang membuatnya menjadi tahan terhadap korosi. Penggunaan besi jenis ini akan mengurangi risiko korosi dan memperpanjang masa pakai.

Tips Cara Menyambung Besi Hollow Galvanis 2024 Tanpa Di Las

Kekurangan besi hollow

1. Tidak cocok untuk barang berat

Penggunaan besi hollow mungkin tidak disarankan untuk rancangan konstruksi yang akan menanggung beban yang besar. Jenis besi ini tidak memiliki kapasitas untuk menahan berat yang berlebihan.

Keterbatasan tersebut disebabkan oleh adanya beberapa lapisan pada besi ini. Oleh karena itu, jika kamu melibatkan beban yang signifikan, sebaiknya kamu pertimbangkan untuk menggunakan jenis besi yang lebih kuat dan tahan lama.

2. Ukuran yang terbatas

Ukuran besi hollow juga memiliki keterbatasan. Besi hollow hanya memiliki panjang sekitar 6 meter. Umumnya, besi ini digunakan untuk membuat plafon atau pagar, yang memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang.

Jika kamu berencana membuat konstruksi dengan besi berukuran panjang, maka kamu perlu mempertimbangkan jenis besi lain. Meskipun besi ini dapat disambung, hasilnya mungkin akan kurang memuaskan.

Tips Cara Menyambung Besi Hollow Galvanis 2024 Tanpa Di Las

Semoga bermanfaat 🙂