Tips Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan yang Harus Diperhatikan. Baja ringan banyak dipilih untuk mendukung struktur bangunan karena strukturnya kuat dan tahan lama. Cara memasang baja ringan ke tembok pun bisa dibilang cukup mudah.

Pada dasarnya, baja ringan sama dengan seperti baja pada umumnya. Hal yang membedakan baja ringan dengan baja biasa adalah strukturnya yang lebih ringan, padahal sama kuatnya.

Baca Yuk :

Tips Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan yang Harus Diperhatikan

Pernah dengar rangka baja ringan bangunan roboh karena angin kencang atau guncangan gempa? Kejadian seperti ini sangat merugikan pemilik bangunan, penghuni bangunan, serta kontraktor bangunan. Oleh karena itu, perlu diperhatikan cara pemasangan rangka atap baja ringan yang sesuai dengan standar keamanan pemasangan.

1. Menentukan bentuk atap rumah

Dengan mengingat fungsi atap rumah, maka harus lebih teliti dalam memilih bentuk atap rumah. Tidak hanya berbicara tentang estetika, tapi juga tentang keamanan dan kenyamanan pemilik dan penghuni rumah tersebut.

2. Menentukan material atap rumah

genteng atap baja ringan

Jika atap yang digunakan cukup berat, maka beban rangka baja ringan juga berat sehingga memengaruhi ketebalan baja ringan yang akan digunakan. Namun, jika atap yang digunakan terlalu ringan maka tidak menutup kemungkinan dapat mengalami kerusakan saat terjadi angin kencang dan hujan deras.

3. Menentukan jenis dan ketebalan baja ringan

Jenis dan ketebalan baja ringan untuk rangka atap rumah berdasarkan SNI yaitu dengan menggunakan kanal C dengan minimum ketebalan 0.75mm dan reng dengan minimun ketebalan 0.45mm.

4. Sudut kemiringan atap

Sebelum memasang rangka atap baja ringan perlu diketahui seberapa besar derajat kemiringan atap sesuai dengan kebutuhan.

5. Jarak kuda kuda baja ringan

Menentukan jarak kuda kuda baja ringan untuk mengetahui kebutuhan kuda kuda yang akan digunakan dalam proses pembangunan.

6. Sistem Kesatuan Rangka Atap Baja Ringan

Sistem kesatuan sangat penting dalam pemasangan rangka baja ringan karena kekuatan rangka atap baja ringan terletak pada integrasi di setiap batang baja ringan dengan baja ringan lainnya.

Baca Yuk :