Tips Membuat Suhu Ruangan tetap Hangat Saat Musim Hujan, saat ini hujan terus menerus mengguyur dan membuat suhu di dalam rumah menjadi turun.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Prakiraan Musim Hujan 2021 Zona Musim di Indonesia menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah diprakirakan mengalami Awal Musim Hujan 2021 pada kisaran bulan Oktober dan November 2021. Dan puncak Musim Hujan di sebagian besar wilayah Zona Musim) diprakirakan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2022.

Baca Yuk :

Selain waspada genangan, banjir, dan udara yang lebih lembap, temperatur yang turun juga cukup signifikan dan cenderung membuat udara terasa dingin.

Tips Membuat Suhu Ruangan tetap Hangat Saat Musim Hujan

Musim hujan mungkin membuat Anda kerap kedinginan. Ketika minuman hangat saja tak mampu menghangatkan Anda di rumah, mungkin ada beberapa hal yang harus Anda lakukan.

Ketika suhu di dalam rumah dan juga kamar menjadi dingin. Kondisi ini terkadang membuat aktivitas tidur Anda menjadi terganggu, karena udara yang sangat dingin. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan cara untuk menjaga kamar tidur tetap hangat. Agar kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.

Tips Membuat Suhu Ruangan tetap Hangat Saat Musim Hujan adalah sebagai berikut:

  • Pasang tirai berbahan tebal di jendela kamar.
    matahari merupakan sumber panas yang bisa dimanfaatkan sepanjang hari, Selama pagi hingga siang hari sebelum hujan, bukalah jendela Anda lebar-lebar sehingga cahaya matahari dapat dengan mudah masuk ke dalam ruangan. Setelah waktu menandakan mau hujan, maka segeralah menutup jendela itu rapat-rapat. Tambahkan tirai yang tebal di depan jendela untuk melapisinya
  • Menggunakan karpet bulu dengan bahan yang tebal.
    Menggunakan karpet dengan bahan yang berbulu dan tebal akan membantu penyerapan panas yang lebih cepat. Membuat badan Anda, terutama kaki yang pasti menyentuh lantai, tidak terasa dingin.
  • Penggunaan karpet besar di ruang tamu atau keset kamar mandi di depan wastafel kamar mandi Anda akan menjauhkan Anda (dan kaki) dari lantai yang dingin.
  • Gunakan kain flanel atau mikrofiber. Mereka akan merasa lebih hangat saat disentuh dan terisolasi dengan lebih baik.
  • Selimut katun akan menahan panas tubuh Anda sebaik-baiknya.
  • Tanam beberapa tumbuhan di rumah
    Tanaman seperti kaktus dan bromelia mendapatkan air dari udara, bukan dari hasil siraman Anda. Ini berarti mereka dapat menghilangkan sebagian kelembapan dari udara di rumah Anda sehingga membuat Anda tetap lebih sejuk.
  • Memakai bed cover saat tidur.
  • Gunakan kipas angin dengan arah yang berlawanan dari posisi tidur Anda.
    Pada musim hujan, sebaiknya arah putaran kipas itu dibalik dengan menekan tombol yang ada di bagian kepala kipas. Tujuannya, agar udara hangat yang ada di langit-langit ruangan terdistribusi
  • Menyalakan lampu pijar di dalam kamar.
    Lampu pijar dapat memancarkan panas (dibandingkan cahaya) yang bisa menghangatkan ruangan. Pijaran warna kuning atau oranye yang dipancarkan dapat menjadi sumber energi panas.
  • Pasang Jendela Yang Tepat
    Pada musim hujan terkadang terjadi badai yang cukup kencang. Hal ini mengakibatkan rumah diterpa angin yang kencang. Jendela yang tidak kokoh akan rentan rusak dan membuat angin serta air hujan masuk ke dalam rumah.
  • Perbaiki Kebocoran Rumah
    Rumah yang bocor kerap kali menjadi sumber masuknya air pada musim hujan. Hal ini tentu berbahaya jika air yang masuk mengenai instalasi listrik di rumah Anda. Oleh karena itu segera perbaiki rumah yang bocor agar air tidak masuk ke dalam rumah. Anda bisa melakukannya dengan mengganti atap atau melakukan penambalan
  • Tutup celah di setiap sisi kamar dengan isolasi atau lakban untuk mencegah udara dingin masuk, agar kamar tidur tetap hangat.
  • Simpan kebutuhan di dekat Anda
    Siapkan keranjang untuk menyimpan sandal, kaus kaki wol, pakaian ganti, dan selimut tebal. Letakkan semua benda tersebut di tempat yang mudah dijangkau.
  • Gunakan Pemanas Ruangan Portabel
    Ada kalanya cuaca yang dingin yang begitu ekstrim bisa terjadi. Hal ini tentu sulit untuk diprediksi, sehingga Anda harus melakukan langkah persiapan yang tepat. Salah satunya adalah penghangat ruangan. Anda bisa menggunakan penghangat ruangan saat cuaca dirasa terlalu dingin di dalam rumah. Anda dan keluarga pun tetap nyaman walau kondisi cuaca sangat dingin.

Itulah tadi Tips tentang  Membuat Suhu Ruangan tetap Hangat Saat Musim Hujan, semoga bermanfaat.

Baca Yuk :