Cara Menghitung RAB Pasang Kanopi Baja Ringan Terbaru 2024. Bukan hanya berfungsi untuk melindungi area dari paparan sinar matahari dan hujan, memasang kanopi juga mampu menambah unsur dekoratif pada salah satu area rumah Anda. Terlebih lagi jika Anda memilih bahan atau material kanopi yang modern, minimalis, atau elegan.

Fungsi kanopi sendiri adalah sebagai atap tambahan guna melindungi bagian rumah dari berbagai cuaca. Umumnya, kanopi dipasang di sisi rumah, balkon, teras, maupun sebagai atap garasi dan digunakan untuk carport. Penggunaan kanopi semakin populer pada hunian, khususnya pada area carport, teras rumah, taman belakang rumah, hingga dapur terbuka.

Belakangan ini, kanopi baja ringan makin dikenal dan banyak digunakan. Harga yang terjangkau untuk jangka panjang serta kualitas yang tidak perlu diragukan membuat kanopi baja ringan lebih banyak dipilih dibandingkan material lain.

Cara Menghitung RAB Pasang Kanopi Baja Ringan Terbaru 2024

Memasang kanopi atau atap tambahan bisa mempercantik rumah di samping melindungi kendaraan dari cuaca hujan dan panas. Biasanya, pemilik rumah memasang kanopi lewat jasa tukang kanopi secara borongan.

Si pemilik rumah biasanya tahu beres dengan menggunakan jasa borongan pasang kanopi. Tapi, kita juga bisa lho menghitung biaya pasang kanopi biar nggak salah dan sesuai budget.

Manfaat Baja Ringan

Baja ringan mudah dan cepat dirakit

Merakit kanopi baja ringan terbilang mudah dibandingkan material lain, karena menggunakan baut khusus sehingga tak perlu dilas seperti material besi. Bobotnya ringan, hanya membutuhkan 2 atau 3 orang tukang saja, dengan pemasangan yang mudah dan cepat untuk menghemat biaya yang dikeluarkan. Material baja ringan juga ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau untuk penggunaan jangka panjang.

Tidak mengalami muai dan susut

Kanopi baja ringan memiliki ketahanan yang kuat terhadap perubahan cuaca. Berbeda dengan kebanyakan material lainnya, kanopi baja ringan tidak mengalami muai dan tidak menyusut terhadap perubahan cuaca. Bentuk kanopi baja ringan juga tak akan berubah dan tetap pada bentuk aslinya, sehingga tidak mengurangi nilai estetika dan keamanan.

Baca Juga :   Keunggulan Kanopi Baja Ringan, Jenis Atap Kanopi Bangunan, Harga Kanopi Baja Ringan di Pasaran

Anti karat dan anti rayap

Tidak seperti material besi yang akan berkarat seiring waktu, baja ringan merupakan material yang anti karat karena dilapisi galvalume, pelapis anti karat yang terbuat dari karbon, zinc dan aluminium zinc. Selain itu, baja ringan juga terbuat dari material yang tidak mudah lapuk dan tidak dapat dimakan rayap.

Adapun baja ringan memiliki beragam jenis, termasuk baja ringan truss, baja ringan kanal C, baja ringan reng, dan baja ringan hollow. Baja ringan truss umumnya berfungsi sebagai rangka atap yang akan menopang genteng, biasanya digunakan sebagai penguat tiang kuda-kuda. Baja ringan jenis ini sangat kuat dan kokoh karena memiliki ketebalan 0,75-1 mm.

Selanjutnya, baja ringan kanal C berfungsi Fungsi sebagai rangka atap atau kanopi rumah. Baja ringan jenis ini termasuk kuat karena bisa menahan atap rumah, kanopi dan langit-langit rumah.

Sementara, baja ringan reng merupakan jenis baja ringan bentuk bilah-bilah. Pada umumnya, baja ringan jenis reng dipasang melintang untuk menahan atau sebagai sangkutan genteng. Reng terbuat dari bahan zinc tahan karat, sekalipun di tengah cuaca tropis di Indonesia.

Terakhir, baja ringan hollow berbentuk seperti balok dengan ujung berbentuk persegi dan bagian dalam kosong. Terbuat dari bahan galvanis, baja ringan jenis ini biasanya berfungsi sebagai bahan baku pembuatan atap, kanopi maupun plafon rumah.

Setiap jenis baja ringan memiliki ukuran dengan ketebalan yang beragam. Umumnya, ketebalan baja ringan berkisar 0.6-1 mm. Baja ringan harus memiliki standar tebal agar mampu menopang beban tekanan, terpaan angin dan cuaca ekstrim agar baja ringan tetap kokoh dan dapat melindungi bangunan serta penghuni di dalamnya.

Cara Menghitung RAB Pasang Kanopi Baja Ringan Terbaru 2024

Bagaimana cara menghitung rumus pasang kanopi? Berikut penjelasannya.

keunggulan kanopi baja ringan

keunggulan kanopi baja ringan

Sebelum menghitung berapa total biaya yang dibutuhkan untuk memasang kanopi, kita harus menghitung dulu kebutuhan baja ringan yang digunakan untuk rangka atap kanopi.

Baca Juga :   Tips Memasang Kanopi Baja Ringan

Katakan kita akan membuat kanopi standar rangka baja ringan dengan ukuran panjang 5 meter dan lebar 3 meter.

Menghitung Kebutuhan Baja Ringan

1. Menghitung tiang

Untuk kanopi standar, umumnya rangka kanopi membutuhkan 6 tiang yang tingginya masing-masing 3 meter. Selain itu, masing-masing tiang biasanya dibuat 2 rangkap agar lebih kuat. Sehingga hitungannya menjadi:

6 x 3 x 2 = 36. Sehingga kebutuhan rangka baja ringan untuk tiang sepanjang 36 meter.

2. Menghitung Gording

Gording adalah rangka sisi yang melebar. Bila lebar kanopi 3 meter dan panjang 5 meter, gording yang dibutuhkan kira-kira 3 buah. Sehingga, rumusnya menjadi 3 meter dikali 3 buah maka totalnya 9 meter.

Perlu dicatat, biasanya gording pun dipasang bolak balik atau dua lapisan. Tergantung dari permintaan si pemilik rumah.

3. Menghitung Kaso

Kaso adalah rangka yang memanjang.

Sebagai simulasi, dibutuhkan 4 kaso dengan masing-masing panjang 5 meter. Sehingga rumusnya: 4 x 5 = 20 meter.

4. Menghitung reng

Jarak antara reng biasanya 50 sampai 60 cm. Dengan lebar 3 meter dan panjang 5 meter, maka diperkirakan reng yang dibutuhkan sebanyak 8 batang. Maka rumusnya menjadi 8 x 3 = 24 meter.

Jarak Reng Atap Baja Ringan, Reng Atap Baja Ringan, Atap Baja Ringan, baja ringan, Baja Ringan untuk Atap Spandek, atap spandek

Jarak Reng Atap Baja Ringan, Reng Atap Baja Ringan, Atap Baja Ringan, baja ringan, Baja Ringan untuk Atap Spandek, atap spandek

5. Total kebutuhan rangka baja ringan

Dari hitungan tadi, maka total kebutuhan baja ringan:

36 + 9 + 20 + = 65 meter

Total kebutuhan reng = 24 meter.

6. Konversi menjadi batang

Diketahui, baja ringan umumnya memiliki ukuran 6 meter per batang. Maka hasilnya menjadi:

Kebutuhan baja ringan: 65 : 6 = 11 batang

Kebutuhan reng: 24 : 6 = 4 batang.

Biasanya, kebutuhan baja ringan ditambahkan spare untuk mengantisipasi kekurangan bahan. Maka lebih baik ditambahkan masing-masing 1 batang sehingga totalnya menjadi 12 batang baja ringan dan 5 batang reng.

Cara Menghitung RAB Pasang Kanopi Baja Ringan Terbaru 2024

jenis baut baja ringan, baut baja ringan, baja ringan, tips baut baja ringan, memilih baut baja ringan, skrup baja ringan

jenis baut baja ringan, baut baja ringan, baja ringan, tips baut baja ringan, memilih baut baja ringan, skrup baja ringan

Perhitungan biaya

Total biaya baja ringan

Ada banyak jenis baja ringan yang ada di pasaran. Untuk mempermudah hitungan, kita asumsikan baja ringan yang dipakai adalah jenis Taso dengan ketebalan 1 milimeter. Di pasaran, harga baja ringan Taso dengan tebal 1 milimeter adalah Rp 150 ribu per batang.

Baca Juga :   Daftar Harga Baja Ringan, Berbagai Jenis, dan Ukuran Juni 2024

Maka, biaya yang diperlukan adalah:

Rp 150 ribu x 11 batang = Rp 1.650.000

Sementara harga reng baja ringan merek Taso dengan ketebalan 0,45 milimeter di pasaran berkisar Rp 60.000/batang.

Sehingga total biaya untuk reng adalah:

Rp 60.000 x 4 = Rp 240.000

Maka totalnya = Rp 1.890.000

Untuk harga lengkap baja ringan, baca di bawah ini:

Baut

Baut untuk baja ringan kita asumsikan Rp 100.000

Biaya Atap Kanopi

Sekarang kita coba menghitung biaya atap kanopi. Dengan panjang 5 meter dan lebar 3 meter, maka luas kanopi yang dihasilkan adalah 15 meter.
Ada banyak pilihan atap kanopi di pasaran, namun kita asumsikan untuk mengambil contoh atap kanopi spandek standar dengan harga Rp 200.000/meter, maka total biaya yang dibutuhkan Rp 3.000.000

Untuk daftar harga atap lainnya baca di bawah ini

Cara Menghitung RAB Pasang Kanopi Baja Ringan Terbaru 2024

Biaya tukang dan lain-lain

Pengerjaan kanopi setidaknya membutuhkan waktu 3 sampai 4 hari tergantung dari seberapa luas kanopi yang dibuat. Dengan asumsi biaya tukang per hari Rp 150.000/orang/hari. Kita ambil dalam kasus ini pengerjaan kanopi dikerjakan oleh 2 orang tukang dalam 4 hari. Maka totalnya menjadi: 2 x Rp 150.000 x 4 = Rp 1.200.000.

Total keseluruhan:

Total keseluruhan perkiraan biaya pembuatan kanopi 3 x 5 meter adalah:

Rp 1.890.000 + Rp 100.000 + Rp 3.000.000 + Rp 1.200.000 = Rp 6.190.000

Demikianlah informasi seputar harga atau biaya pasang kanopi baja ringan. Memasang kanopi di rumah bukan hanya demi estetika, tetapi juga bisa menambah harga jual rumah Anda suatu saat nanti.