Contoh Lantai Mezzanine Baja Ringan, Ide Dekorasi untuk Rumah Minimalis. Selain untuk memanfaatkan ruang yang sempit, mezzanine mempunyai berbagai fungsi. Seperti tempat untuk bersantai, perpustakaan pribadi, ruang keluarga, kamar tidur dan masih banyak lagi.

Mezzanine baja ringan merupakan lantai bertingkat yang pembuatannya terbuka dan letaknya berdekatan dengan plafon. Mezzanine yang terbuat dari baja ringan mulai banyak dilirik. Terlebih oleh orang-orang yang ingin mendesain rumah dengan hunian yang tidak terlalu luas.

Lantas kenapa harus baja ringan? Karena baja ringan mempunyai keunggulan daya tahan serta tampilan yang dapat diselaraskan dengan ruangan, misalnya menyesuaikan catnya. Selain itu, penerapan mezzanine untuk desain sebuah ruangan lebih menghemat pengerjaan juga biaya.

Contoh Lantai Mezzanine Baja Ringan, Ide Dekorasi untuk Rumah Minimalis

Hal yang terpenting untuk diperhatikan adalah pembuatan mezzanine harus memiliki jarak tinggi antara lantai dan plafon rumah. Jarak minimal ketinggian tersebut yakni 5 meter.

Mezzanine baja ringan adalah platform tambahan yang dibangun di atas lantai utama sebuah bangunan, biasanya pada ketinggian yang setengah antara lantai dasar dan langit-langit bangunan. Mezzanine baja ringan menggunakan struktur baja ringan, yang terdiri dari balok-balk, kolom-kolom, dan decking logam atau bahan lainnya. Mezzanine ini memberikan ruang tambahan yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti penyimpanan, kantor, atau ruang produksi tambahan.

Berikut adalah beberapa karakteristik dan manfaat dari mezzanine baja ringan:

  1. Struktur Baja Ringan: Mezzanine baja ringan umumnya menggunakan bahan baja ringan, seperti baja galvanis. Baja ringan lebih ringan dan mudah diatur dibandingkan dengan baja konvensional, membuatnya ideal untuk aplikasi mezzanine.
  2. Fleksibilitas Penggunaan: Mezzanine dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk penyimpanan barang, ruang kantor tambahan, area produksi, atau bahkan ruang pameran. Fleksibilitas ini memungkinkan pemilik bangunan untuk menyesuaikan ruang sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka.
  3. Pemasangan Cepat: Konstruksi mezzanine baja ringan biasanya lebih cepat dibandingkan dengan konstruksi menggunakan bahan yang lebih berat. Ini dapat mengurangi waktu gangguan operasional karena pemasangan.
  4. Biaya yang Lebih Rendah: Baja ringan biasanya lebih ekonomis daripada baja konvensional, dan penggunaannya dalam mezzanine dapat menyebabkan biaya konstruksi yang lebih rendah.
  5. Pemeliharaan Mudah: Baja galvanis, yang sering digunakan dalam mezzanine baja ringan, memiliki ketahanan terhadap korosi. Hal ini mengurangi kebutuhan untuk pemeliharaan dan perawatan yang intensif.
  6. Penyesuaian Mudah: Jika kebutuhan bisnis berubah seiring waktu, mezzanine dapat disesuaikan atau bahkan dihapus tanpa mengganggu struktur utama bangunan.
  7. Kode Bangunan dan Perizinan: Mezzanine baja ringan sering kali memenuhi persyaratan kode bangunan dan perizinan dengan lebih mudah daripada struktur yang lebih berat.
  8. Ruang yang Optimal: Dengan menggunakan ruang vertikal, mezzanine membantu memaksimalkan penggunaan ruang yang tersedia tanpa memerlukan perluasan horizontal.
Baca Juga :   Harga Coil Baja Ringan Juni 2024, Update Terbaru

Penting untuk mencatat bahwa desain, pemasangan, dan penggunaan mezzanine harus mematuhi peraturan konstruksi setempat dan standar keamanan. Sebelum memutuskan untuk membangun mezzanine, konsultasikan dengan profesional konstruksi atau insinyur struktural untuk memastikan keamanan dan kepatuhan hukum.

Mezzanine Baja Ringan, Keunggulan dan Cara Membuatnya

Akan tetapi, jika rumah hanya setinggi 3-4 meter, maka plafon harus dilepas agar bisa menambah ketinggian ruang bagian atas. Berikut ini keunggulan baja ringan untuk pemasangan mezzanine:

Konstruksi Ringan

Material baja ringan memang lebih unggul daripada beton. Jika pengerjaan beton memerlukan waktu yang lama, maka tidak untuk baja ringan.

Pemasangan baja ringan lebih mudah sehingga pengerjaannya lebih singkat. Selain itu, penggunaan baja ringan untuk desain mezzanine lebih banyak orang minati sebab beban struktur bangunan lebih ringan.

Baca Juga :   Harga Coil Galvalume Jakarta 2024

Pemasangan Lebih Mudah

Pemasangan mezzanine baja ringan relatif lebih cepat dan mudah daripada material lainnya. Jadi, untuk Anda yang memerlukan waktu cepat, pemakaian material ini lebih cocok diterapkan.

Tahan Lama dan Kokoh

Perihal ketahanan, material baja ringan tentu saja lebih unggul daripada kayu. Penggunaannya dapat menahan beban yang berat tanpa memerlukan cor layaknya pemasangan beton. Bahkan, baja ringan juga mampu bertahan selama bertahun-tahun serta tidak akan lapuk .

Harga Terjangkau

Baja ringan terbukti lebih murah daripada kayu. Sehingga, apabila Anda ingin menghemat biaya, maka mezzanine baja ringan adalah solusi yang paling tepat.

Contoh Lantai Mezzanine Baja Ringan, Ide Dekorasi untuk Rumah Minimalis

Namun, meskipun begitu, baja ringan juga wajib Anda rawat agar tidak muncul karat. Karena, karat dapat membuat usia baja ringan untuk mezzanine Anda tidak tahan lama.

Desain Fleksibel

Penerapan model mezzanine untuk rumah Anda lebih fleksibel dan dapat disesuaikan kebutuhan. Hal yang menarik lagi, tampilan material ini tetap menawan meskipun terlihat tanpa tambahan cat. Tentu saja dengan dukungan konsep bangunan modern industrial.

Cara Membuat Mezzanine dari Baja Ringan

Berikut ini adalah beberapa cara membuat mezzanine yang cocok untuk rumah impian.

1. Tentukan Lokasi

Saat ingin memasang desain mezzanine, maka penting untuk menentukan lebih dulu lokasinya. Pastikan jika Anda memiliki ruangan dengan ketinggian yang cukup.

Ini karena untuk menentukan jarak lantai dengan plafon rumah. Bukan hanya itu saja, pencahayaan ruangan juga pastikan memadai agar lokasi mezzanine tidak gelap.

Baca Juga :   Supplier Galvanized Steel Indonesia : Process, Methods, Properties, and Uses

2. Mengukur Tinggi Plafon

Selanjutnya adalah mengetahui ketinggian plafon. Ukurlah jarak lantai dengan plafon rumah Anda. Ketinggian plafon minimal 2,5-3 meter dari lantai.

Sebaiknya jangan memasang mezzanine terlalu tinggi untuk menghindari risiko terjatuh. Jangan pula memasang terlalu rendah, karena bisa menghalangi akses jalan maupun menyulitkan mobilitas Ada sendiri.

3. Membuat Desain

Pemasangan mezzanine ini juga perlu desain yang sesuai dengan kebutuhan. Mezzanine baja ringan ini cocok untuk Anda yang memerlukan desain simpel dan bergaya modern industrial.

4. Pemasangan Struktur Lantai serta Penutupnya

Berikutnya adalah memasang struktur atau rangka lantai dari desain mezzanine tersebut. Cara pemasangan ini memerlukan perhitungan agar sesuai dengan struktur baja ringan yang dipergunakan sebagai mezzanine.

Jika semua struktur sudah terpasang, maka selanjutnya memasang penutupnya. Bahan penutup lantainya ini bisa Anda pilih berdasarkan tujuan serta kebutuhan mezzanine.

5. Finishing

Saat semua sudah terpasang, maka pakailah cat agar baja ringan terlihat lebih menarik. Kemudian, atur tata letaknya. Misalnya memasang karpet hiasan, serta alas duduk.

Contoh Lantai Mezzanine Baja Ringan, Ide Dekorasi untuk Rumah Minimalis

Mezzanine baja ringan memang memiliki kelebihan tersendiri. Mulai dari pemasangan yang mudah, lebih hemat biaya hingga kelebihan lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan cara pemasangan yang tepat agar mezzanine lebih kuat dan tampak menarik. Namun, jika Anda tidak ingin repot, serahkan pemasangannya kepada jasa yang lebih ahli.