Tips Agar Produk Baja Ringan Tak Cepat Karatan. Korosi merupakan masalah utama yang menyerang material logam, termasuk baja ringan. Mulai dari material pengganti kayu untuk rangka atap, hingga digunakan sebagai konstruksi rangka bangunan pengganti beton.

Meski dilapisi zat anti karat, bukan berarti baja ringan ini terbebas dari korosi atau proses pengaratan. Walaupun beberapa produsen mengecap produknya anti karat, namun tidak sepenuhnya demikian. Padahal, penggunaan baja ringan mulai naik daun.

Mengenai kekuatannya, baja ringan tak bisa dipandang sebelah mata. Berikut 3 tips agar baja ringan tak cepat berkarat yang perlu kamu tahu.

Tips Agar Produk Baja Ringan Tak Cepat Karatan

Korosi pada baja ringan adalah proses perusakan atau degradasi material baja ringan akibat reaksi kimia dengan lingkungan sekitarnya. Baja ringan, atau sering disebut baja galvanis, umumnya dilapisi dengan lapisan seng untuk melindungi permukaannya dari korosi. Namun, beberapa faktor dapat menyebabkan korosi pada baja ringan, termasuk:

  1. Lapuk Udara (Oksigen): Udara mengandung oksigen, yang dapat menyebabkan korosi pada baja ringan. Proses ini disebut korosi oksidatif.
  2. Kelembaban: Kelembaban tinggi atau paparan terus-menerus terhadap air dapat meningkatkan risiko korosi pada baja ringan.
  3. Asam dan Basa: Lingkungan yang bersifat asam atau basa dapat menyebabkan korosi. Hujan asam, polusi udara, atau bahan kimia di sekitar lokasi konstruksi dapat mempercepat korosi pada baja ringan.
  4. Kontaminasi: Pencemaran atau kontaminasi oleh bahan-bahan yang dapat mempercepat reaksi korosi, seperti garam atau senyawa-senyawa kimia lainnya, dapat menyebabkan kerusakan lebih cepat.
  5. Cedera atau Cacat pada Pelapisan: Jika lapisan pelindung seng pada baja ringan mengalami kerusakan, baik akibat goresan, lecet, atau lainnya, maka area yang terbuka tersebut lebih rentan terhadap korosi.
Baca Juga :   Cara Mengatasi Dak Bondek yang Bocor

Untuk mencegah korosi pada baja ringan, beberapa langkah yang dapat diambil melibatkan perlindungan lapisan, pengendalian lingkungan, dan pemeliharaan rutin. Beberapa upaya yang dapat dilakukan melibatkan penggunaan cat anti-korosi, perawatan rutin untuk memeriksa dan memperbaiki kerusakan pada lapisan pelindung, dan menjauhkan baja ringan dari kondisi lingkungan yang merugikan.

Mengatasi karat pada produk baja ringan melibatkan beberapa tindakan pencegahan dan perawatan rutin. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengatasi karat pada baja ringan:

  1. Pengecatan Ulang: Pengecatan ulang merupakan salah satu cara paling efektif untuk melindungi baja ringan dari korosi. Pastikan untuk menggunakan cat anti-korosi atau cat yang dirancang khusus untuk melindungi logam dari karat. Lapisan cat yang baik dapat membentuk pelindung tambahan terhadap elemen-elemen yang menyebabkan korosi.
  2. Perawatan Rutin: Lakukan pemeriksaan rutin pada produk baja ringan untuk mendeteksi tanda-tanda awal karat. Perhatikan area yang mungkin rentan, seperti bagian yang tergores atau terkena goresan selama penggunaan atau instalasi.
  3. Pembersihan Rutin: Bersihkan produk baja ringan secara rutin untuk menghilangkan kotoran dan debu yang dapat menahan kelembaban. Kelembaban yang tertahan dapat mempercepat proses korosi.
  4. Hindari Pemakaian Bahan Kimia Korosif: Hindari menggunakan bahan pembersih atau larutan yang bersifat korosif pada produk baja ringan, karena hal ini dapat merusak pelapisan dan mempercepat korosi.
  5. Pengaplikasian Pelapis Anti-Korosi: Penggunaan pelapis anti-korosi tambahan, seperti pelumas khusus atau produk anti-korosi yang dirancang untuk aplikasi pada logam, dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap karat.
  6. Penanganan Cacat atau Kerusakan Secara Cepat: Jika Anda menemukan goresan atau kerusakan pada pelapisan baja ringan, segera tangani dan perbaiki. Membiarkan area yang terbuka atau tergores dapat mempercepat korosi.
  7. Pertimbangkan Penggunaan Baja Galvanis: Produk baja galvanis telah dilapisi dengan lapisan seng yang dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap korosi. Pertimbangkan menggunakan baja galvanis jika memungkinkan.
  8. Lingkungan Penyimpanan: Pastikan produk baja ringan disimpan di lingkungan yang kering dan terlindungi dari elemen-elemen yang dapat menyebabkan korosi. Hindari penyimpanan di tempat-tempat yang sering terkena air atau kelembaban tinggi.
Baca Juga :   Tips Cara Mengecat Baja Ringan Biar Awet

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat membantu mencegah dan mengatasi masalah karat pada produk baja ringan. Jika masalah korosi sudah signifikan, sebaiknya konsultasikan dengan ahli korosi atau profesional konstruksi untuk solusi yang lebih komprehensif.

Tips Agar Produk Baja Ringan Tak Cepat Karatan

Jika Anda menghadapi masalah korosi pada baja ringan, sebaiknya konsultasikan dengan ahli korosi atau profesional konstruksi untuk solusi yang sesuai dengan situasi spesifik Anda.

1. Tergores Alat Kerja

Ketika terdapat goresan pada baja, maka otomatis baja tersebut akan berhubungan langsung dengan oksigen.

Proses oksidasi antara oksigen dan zat kimia baja itulah yang kemudian menimbulkan karat.

Ketika terjadi kerusakan akibat bekas sambungan yang terbuka atau salah potong sebaiknya cepat lakukan pelapisan ulang baja ringan menggunakan cat anti karat.

Baca Juga :   Tips Atap Kanopi Galvalum Tidak Bikin Rumah Panas

2. Larutan asam

Cairan atau larutan bersifat asam sangatlah reaktif ketika bersinggungan dengan permukaan baja ringan.

Jika itu terjadi maka coating atau lapisan antikarat pada baja ringan akan mengelupas dan seketika mampu menimbulkan karat.

Larutan asam ini pada umumnya ada pada produk-produk pembersih lantai ataupun keramik. Oleh karena itu, baja ringan harus berada di tempat yang jauh dari keberadaan lingkungan tersebut.

Tips Agar Produk Baja Ringan Tak Cepat Karatan

3. Hujan dan panas 

Pada dasarnya, baja ringan bukanlah material eksterior dan tidak diciptakan untuk tahan terpaan hujan dan panas secara masif.

Terpaan cuaca apalagi di Indonesia yang kerap tak menuntaskan cepat atau lambat dapat menggerus daya tahan lapisan antikarat di baja ringan.

Imbasnya, proses korosi akan lebih cepat terjadi dari garansi yang diberikan.

Sebagai upaya pencegahan, baja ringan sebaiknya ditempatkan di dalam ruang tertutup yang terhindar dari sinar matahari dan hujan.

Tips Agar Produk Baja Ringan Tak Cepat Karatan