Biaya Jasa Pasang Kanopi Kaca, Kenali Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya. Selain memberikan perlindungan dari panas dan hujan, penggunaan bahan kaca sebagai kanopi juga memberikan akses terhadap pencahayaan yang lebih alami. Sehingga, aktivitas di ruang terbuka dapat lebih nyaman dan menyegarkan.

Untuk melindungi ruang yang terbuka pada sebuah bangunan, penghuni bisa menggunakan kanopi kaca. Kanopi kaca menjadi solusi bagi penghuni yang menginginkan sebuah ruangan dimana tidak harus ditutup dengan atap genteng, tetapi memberikan perlindungan dari panas dan hujan.

Biaya Jasa Pasang Kanopi Kaca, Kenali Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Bangunan-bangunan yang berada di wilayah tropis memiliki pasokan sinar matahari dan intensitas hujan yang berlebih. Tentunya hal ini bisa menjadi suatu kelebihan dan juga sekaligus menjadi kendala dalam pemanfaatan ruang terbuka, seperti teras rumah, carport, dan halaman rumah.

Saat ini, penggunaan kaca kanopi tengah menjadi tren untuk melindungi ruang terbuka pada rumah. Kaca kanopi menjadi solusi bagi penghuni yang tidak menginginkan penggunaan atap genteng.

Kanopi kaca adalah struktur pelindung yang terbuat dari material kaca atau bahan kaca yang biasanya digunakan untuk melindungi area tertentu dari cuaca, seperti hujan, salju, atau sinar matahari berlebih. Kanopi kaca sering digunakan dalam desain arsitektur modern untuk memberikan perlindungan dan estetika tambahan pada bangunan. Berikut beberapa informasi lebih lanjut tentang kanopi kaca:

  1. Fungsi Perlindungan: Kanopi kaca berfungsi sebagai pelindung dari cuaca eksternal. Mereka dapat melindungi area di bawahnya dari hujan, salju, embun beku, dan sinar matahari yang berlebihan, sambil tetap memungkinkan pencahayaan alami masuk ke dalam ruangan di bawahnya.
  2. Desain Estetika: Kanopi kaca sering digunakan untuk tujuan estetika dalam desain bangunan. Mereka dapat memberikan tampilan modern dan transparansi pada bangunan, menciptakan tampilan yang ringan dan terbuka.
  3. Material Kaca: Kanopi kaca biasanya terbuat dari panel-panel kaca yang kuat dan tahan terhadap cuaca. Kaca yang digunakan dapat bervariasi dalam ketebalan dan jenis, tergantung pada kebutuhan desain dan perlindungan.
  4. Struktur Pendukung: Kanopi kaca harus didukung oleh struktur pendukung yang kuat untuk memastikan stabilitas dan keamanan. Struktur pendukung ini dapat terbuat dari logam seperti baja atau aluminium.
  5. Instalasi: Instalasi kanopi kaca biasanya melibatkan proses perencanaan yang matang dan pemasangan oleh tenaga ahli. Ini harus memastikan bahwa kanopi ditempatkan dengan aman dan sesuai dengan tuntutan desain serta kode bangunan setempat.
  6. Aplikasi: Kanopi kaca dapat ditemukan di berbagai tempat, termasuk di atas pintu masuk bangunan komersial, teras, halaman, dan area parkir. Mereka juga dapat digunakan untuk proyek arsitektur yang lebih besar seperti stasiun kereta api atau terminal bandara.
  7. Perawatan: Kanopi kaca memerlukan perawatan rutin untuk menjaga kebersihan dan kejernihan kacanya. Pembersihan reguler membantu menghilangkan debu, kotoran, dan tanda-tanda cuaca yang mempengaruhi transparansi kaca.

Kanopi kaca adalah elemen arsitektur yang dapat meningkatkan nilai estetika dan fungsionalitas suatu bangunan. Mereka dapat digunakan untuk menciptakan ruang yang terlindungi dari elemen cuaca sambil mempertahankan tampilan modern dan terbuka.

Biaya Jasa Pasang Kanopi Kaca, Kenali Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Ada beberapa jenis kanopi kaca yang berbeda, masing-masing cocok untuk kebutuhan dan situasi tertentu. Berikut beberapa jenis kanopi kaca yang umum digunakan:

  1. Kanopi Kaca Tegak Lurus (Flat Glass Canopy): Kanopi kaca tegak lurus adalah jenis yang paling umum. Mereka terdiri dari panel kaca yang diletakkan secara horizontal di atas struktur pendukung. Kanopi ini cenderung memberikan tampilan modern dan minimalis pada bangunan.
  2. Kanopi Kaca Melengkung (Curved Glass Canopy): Kanopi kaca melengkung memiliki panel-panel kaca yang membentuk lengkungan atau melengkung. Ini menciptakan tampilan yang lebih artistik dan organik, seringkali digunakan untuk bangunan yang memiliki desain futuristik.
  3. Kanopi Kaca Atap (Glass Roof Canopy): Kanopi kaca atap adalah tipe yang melibatkan penggunaan panel-panel kaca yang membentuk seluruh atap area tertentu. Mereka dapat digunakan untuk menciptakan ruang beratap kaca yang terbuka dan mendapatkan cahaya alami sepanjang hari.
  4. Kanopi Kaca Tegak Miring (Sloped Glass Canopy): Kanopi kaca tegak miring memiliki panel kaca yang dipasang dengan sudut miring, sehingga air hujan mudah mengalir dan tidak menumpuk di atas kanopi. Ini sering digunakan untuk perlindungan di pintu masuk atau jalan setapak.
  5. Kanopi Kaca Terbalik (Inverted Glass Canopy): Kanopi kaca terbalik memiliki panel kaca yang diletakkan dengan bagian melengkung menghadap ke bawah. Mereka sering digunakan dalam desain yang menciptakan efek visual yang unik, seperti tampilan “melayang” atau transparansi dari bawah.
  6. Kanopi Kaca Bertingkat (Multi-Level Glass Canopy): Kanopi bertingkat melibatkan penggunaan beberapa tingkat panel kaca yang tumpang tindih, menciptakan tampilan yang lebih kompleks dan menarik. Ini dapat digunakan untuk bangunan dengan desain yang lebih artistik.
  7. Kanopi Kaca Etalase (Storefront Glass Canopy): Kanopi ini terpasang di atas etalase toko atau restoran. Mereka memberikan pelindungan tambahan kepada pengunjung yang berdiri di depan etalase sambil membiarkan mereka melihat produk yang ditawarkan.
  8. Kanopi Kaca Jembatan (Glass Bridge Canopy): Dalam beberapa desain jembatan, kanopi kaca digunakan untuk melindungi pejalan kaki dari cuaca sambil memberikan pandangan yang tak terhalang ke sekitarnya.
Baca Juga :   Kelebihan Coil Galvalum Pasir untuk Atap Rumah, Tahan Cuaca dan Korosi

Pilihan jenis kanopi kaca akan tergantung pada desain bangunan, fungsi yang diinginkan, dan preferensi estetika. Penting untuk merencanakan instalasi kanopi kaca dengan cermat dan mempertimbangkan faktor-faktor seperti kondisi cuaca, perawatan, dan keselamatan dalam perencanaan dan pemasangan.

Biaya Jasa Pasang Kanopi Kaca, Kenali Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Tipe-tipe Kanopi Kaca

Pemilihan tipe kanopi dapat disesuaikan dengan kegunaan dan fungsi dari ruangan. Sehingga, akan lebih baik apabila Anda paham betul tujuan dari membuat kanopi demi mendapatkan kualitas yang diinginkan.

Berdasarkan material atau bahan baku yang digunakan, tipe kanopi kaca terbagi menjadi tiga, yaitu kaca tempered, kaca laminated, dan kaca gabungan (laminated tempered).

Kaca Tempered

Kaca tempered dihasilkan melalui proses pemanasan pada suhu yang sangat tinggi dan dilanjutkan dengan pendinginan secara cepat. Kaca tipe ini memiliki tensile strength (kekuatan tarik) yang baik dan juga lebih keras.

Kaca tempered biasa ditemukan dengan ketebalan 8 mm dan 10 mm. Kaca tempered 8 mm cocok diaplikasikan pada area yang lebih sempit dan minimalis, sedangkan kaca tempered 10 mm baik untuk area yang lebih luas.

Kaca Laminated

Kaca laminated merupakan dua kaca yang ditempelkan menggunakan interlayer film. Dengan adanya lapisan film ini, kaca laminated bisa tetap menyatu apabila terjatuh dan pecah. Karakter tersebut sesuai untuk Anda yang mementingkan keamanan pada bahan bangunan rumah.

Baca Juga :   Contoh Kanopi Rumah Beserta Harga Terbaru 2024

Kaca Gabungan (Laminated Tempered)

Untuk mendapatkan keamanan lebih, Anda bisa juga memakai kaca gabungan tempered dan laminated. Tipe ini merupakan kaca yang telah di-tempering dan dijadikan satu menjadi laminated. Kaca gabungan ini dinilai lima belas kali lebih kuat dibandingkan dengan kaca biasa.

Biaya Jasa Pasang Kanopi Kaca, Kenali Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Mengapa Lebih Baik Memilih Kanopi Kaca

Terdapat dua jenis kaca yang bisa digunakan sebagai bahan atap kanopi, yaitu kanopi atap tempered dan laminate. Mengapa harus memilih kasa tempered dan laminate? Berikut di bawah ini kami sertakan alasannya.

Untuk menghasilkan kaca tempered harus melalui beberapa proses tahapan pengolahan, yaitu awalnya dari kaca polos biasa, kemudian dipabrikasi melalui pemanasan thermal (heat strengthen glass) pada suhu sekitar 700 derajat celcius. Setelah dipanaskan pada suhu tersebut, kaca langsung didinginkan secara cepat.

Proses pemanasan dan pendinginan yang dilakukan secara cepat tersebut menjadikan kaca tempered memiliki kemampuan menahan tensile stress yang lebih baik.

Kelebihan lain dari jenis kaca tempered ini adalah apabila terkena benturan dan kemudian kaca pecah, pecahan atau serpihan kaca tersebut tidaklah tajam. Serpihan-serpihan tersebut membentuk seperti biji jagung yang tidak berbahaya jika terkena kulit. Oleh karenanya pemilihan kaca tempered sebagai bahan pemasangan kanopi sangat cocok, aman dan elegan.

Selain kaca tempered, kamu juga bisa memilih kaca laminate sebagai kanopi. Kanopi atap kaca laminate merupakan jenis atap kanopi dengan pemasangannya yang dilakukan secara dobel, didobel atas bawah.

Kelebihan dari kanopi atap kaca laminate yaitu ketika kaca terkena benturan dan kemudian pecah, serpihan kaca tersebut masih menyatu karena terdapat perekat pada bagian tengahnya, antara yang bawah dan bagian atasnya.

Untuk lebih aman, kamu bisa menggunakan kombinasi kaca tempered dan lamintae, dimana kaca akan ditempered terlebih dahulu dan kemudian dilaminate, jadi pemasangan kaca tersebut digabung atas dan bawah.

Rangka yang dibutuhkan untuk pemasangan kanopi kaca ini adalah besi hollow kotak, baik galvanis ataupun stainless. Hal ini dikarenakan pemasangan kaca harus pada permukaan yang rata, sehingga pemasangan kanopi kaca pada baja ringan tidak akan bisa dilakukan.

Biaya Jasa Pasang Kanopi Kaca, Kenali Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan dan Kekurangan Kanopi Kaca

Tentunya sebagai bahan konstruksi, kanopi kaca memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah kelebihan kanopi kaca:

  • Material kaca memiliki ketahanan yang tinggi.
  • Memiliki ketebalan yang sesuai dehingga aman digunakan, tidak gampang pecah.
  • Ruang terbuka yang dipasangi kanopi kaca tidak hanya terlindungi dari teriknya matahari, akan tetapi juga membuat tampilan ruangan semakin stylish dengan kesan bersih atau clean look.
  • Menjadi solusi untuk hunian yang membutuhkan pencahayaan alami.
  • Mudah untuk melakukan perawatannya, yaitu cukup menggunakan pembersih kaca biasa.

Sementara itu kekurangannya adalah sebagai berikut:

  • Memerlukan ketelitian dalam memilih ketebalan kaca dan juga membutuhkan teknik pemasangan yang tepat, sehingga material kaca tidak mudah pecah.
  • Harga relatif cukup mahal.
Baca Juga :   Coil PPGL Bahan Baku Atap Spandek Warna
Biaya Jasa Pasang Kanopi Kaca, Kenali Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Contoh Kanopi Kaca

Kanopi Kaca Carport

Area garasi pada umumnya menggunakan kanopi sebagai pelindung. Bahan kaca bisa diaplikasikan pada kanopi garasi rumah Anda agar terlihat lebih bersih dan terang. Warna hitam atau putih pada rangka kanopi ini juga memberikan kesan minimalis dan modern.

Untuk menghalau panas matahari yang terlalu menyengat saat siang hari, Anda bisa menggunakan material kaca yang permukaannya berwarna buram seperti tinted glass ataupun kaca dengan fitur meresap panas lainnya.

Kanopi Kaca Halaman Belakang

Halaman belakang rumah seringkali didesain sebagai tempat bersantai atau berkumpul anggota keluarga. Memanfaatkan kaca yang kuat pada kanopi halaman belakang rumah, bisa menyuguhkan kesan natural dan keindahan langit agar suasana terasa lebih mengasyikkan.

Kanopi Kaca Teras

Akhir-akhir ini, kaca kanopi pada teras sudah sering ditemukan pada rumah-rumah, terutama rumah dengan desain modern. Adanya kanopi berbahan kaca pada teras yang minimalis, bisa membuat tampilan fasad rumah Anda terlihat lebih elegan.

Biaya Jasa Pasang Kanopi Kaca, Kenali Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Harga Kanopi Kaca

Harga kanopi kaca tentunya cukup bervariasi tergantung ketebalan kaca dan jenis kaca yang digunakan, tempered atau laminate. Dua jenis kaca tersebut memiliki perbedaan dalam hal lama pengerjaannya. Proses produksi atap kaca jenis tempered laminate lebih lama, yaitu prosesnya membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu dari awal proses pengukurannya. Sementara itu proses produksi kaca laminate hanya membutuhkan waktu kurang dari dua minggu atau sekitar 7-10 hari saja.

Untuk tiap daerah tentunya memiliki harga yang bervariasi, namun daftar harga berikut ini digunakan sebagai perkiraan berapa biaya harus dikeluarkan untuk jasa pemasangan kanopi kaca.

Jenis Atap Kaca yang Digunakan Rangka Kanopi Harga Per m2
Tempered 8mm Besi Hollow 4×6, 4×4 1,550,000
Tempered 8mm Besi Hollow 4×6 1,850,000
Tempered 8mm Besi Hollow 4×8, 4×6 1,900,000
Tempered 8mm Besi Hollow 4×8 2,050,000
Tempered 8mm Besi Hollow 5×10, 4×8 2,200,000
Laminate 5mm + 5mm Besi Hollow 4×6, 4×4 1,600,000
Laminate 5mm + 5mm Besi Hollow 4×6 1,850,000
Laminate 5mm + 5mm Besi Hollow 4×8, 4×6 2,150,000
Laminate 5mm + 5mm Besi Hollow 4×8 2,250,000
Laminate 5mm + 5mm Besi Hollow 5×10, 4×8 2,400,000
Laminate Tempered 5mm + 5mm Besi Hollow 4×6, 4×4 1,800,000
Laminate Tempered 5mm + 5mm Besi Hollow 4×6 1,950,000
Laminate Tempered 5mm + 5mm Besi Hollow 4×8, 4×6 2,000,000
Laminate Tempered 5mm + 5mm Besi Hollow 4×8 2,400,000
Laminate Tempered 5mm + 5mm Besi Hollow 5×10, 4×8 2,600,000

Dalam proses pemasangannya diperlukan tingkat ketelitian dan kehati-hatian yang sangat tinggi. Oleh karenanya, pilihlah penyedia jasa pemasangan kanopi kaca yang telah berpengalaman dan memiliki profesionalitas pekerjaan yang baik.

Biaya Jasa Pasang Kanopi Kaca, Kenali Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Semoga bermanfaat!