Jenis Baut Baja Ringan, Simak Tips Memilih Yang Tepat. Pada topik kali ini akan dibahas mengenai fungsi, jenis serta tips memilih skrup baja ringan yang bagus. Dan juga akan dibahas informasi menarik lainnya seputar baut baja ringan.


Fungsi utama baut baja ringan adalah sebagai penghubung yang esensial dalam proses konstruksi. Baut baja ringan digunakan untuk mengikat dan mengamankan komponen-komponen rangka baja ringan saat membangun struktur seperti dinding, lantai, dan atap. Fungsi baut ini menjadi kunci dalam menjaga kestabilan dan kekokohan struktur dengan menggabungkan elemen-elemen menjadi suatu kesatuan yang kuat.

Skrup baja ringan dibutuhkan sebagai aksesoris perlengkapan konstruksi. Untuk memasang atau menggabungkan beberapa material bangunan khususnya baja ringan.

Jenis Baut Baja Ringan, Simak Tips Memilih Yang Tepat

has sekrup baja ringan 1

Pentingnya penggunaan baut atau skrup terletak pada kualitas pemasangan, ukuran, jenis, dan material baut yang digunakan. Kekuatan sambungan pada rangka sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor ini.

Umumnya, baut baja ringan digunakan pada pemasangan material seperti truss (canal-c) dan reng. Baut ini memiliki ciri kepala berbentuk segi enam dan ujung tajam yang cocok untuk pemasangan pada truss dan reng dengan presisi. Oleh karena itu, perlu perhatian ekstra sebelum menggunakannya, untuk memastikan bahwa lokasi pemasangan sudah tepat dan material tidak rusak.

Fungsi dan Pengertian Sekrup

Sekrup adalah suatu batang atau tabung dengan alur heliks pada permukaan nya. penggunaan utamanya adalah sebagai pengikat untuk menahan dua objek bersama dan sebagai pesawat sederhana untuk mengubah torsi menjadi gaya linear. sekrup dapat juga didefenisikan sebagai bdiang miring yang membungkus suatu batang.

Maka dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa fungsi dari sekrup baja ringang adalah untuk mengikat material bangunan. Sekrup baja ringan atau self driling screw (SDS) merupakan material yang berperan penting dalam proses perakitan baja ringan.

Pada umumnya bagian kepala kepala sekrup yang berbeda dengan baut. Dan hal inilah yang menjadi pembeda siginifikan antara baut baja ringan dan sekrup baja ringan. Pada sekrup pemasangannya menggunakan obeng karna kepalanya bulat dan bermotif plus untuk obeng. Namun sekrup juga bisa dipasang dengan bor bermata khusus.

Umumnya sekrup dipererat dengan memutarnya searah jarum jam, yang disebut ulir kanan. Secara garis besar sekrup untuk alat konstruksi bangunan memiliki ulir kanan. Untuk sekrup ulir kiri hanya digunakan pada kasus tertentu misalnya pada pedal kiri sepeda hal ini disebabkan sekrup sebagai torsi yang berlawanan dengan arah jarum jam.

Baca Juga :  Cara Menghitung Biaya Pasang Atap Baja Ringan

Dengan fungsinya untuk melekatkan bahkan mengokohkan dua bagian dalam sambungan, jelas sangat penting untuk mengetahui apa saja jenis dan cara memilih jenis baut baja ringan. Berikut ulasan lengkapnya!

Terdapat beberapa jenis baut baja ringan dilihat dari bentuk dan ukurannya karena harus disesuaikan dengan kebutuhan bangunan. Simak jenis-jenis baut baja ringan sebagai berikut:

Jenis Baut Baja Ringan, Simak Tips Memilih Yang Tepat

Jenis Skrup Baja Ringan

Berikut pembagian jenis sekrup baja ringan berdasarkan penggunaanya pada material konstruksi yang dgabungkan.

1. Sekrup Gypsum

Fungsi dari sekrup jenis ini adalah untuk mengikat papas gypsum pada rangka baja ringan yang biasa digunakan untuk plafon maupun dinding gypsum.

Kelebihan dari sekrup ini ialah sanggup melubangi baja ringan dengan sangat mudah. Hal ini disebabkan karena material baut yang terbuat dari baja solid. Sekrup ini memiliki bentuk bulat dan motif cekungan plus untuk pemasangan dengan obeng.

Biasanya sekrup ini berwarna hitam, dengan ukuran panjangnya beragam. Panjag sekrup gypsum bervariasi
berdasarkan penggunaanya terhadapa material yang akan diikat. Panjang dari sekrup baja ringan ini yaitu mulai dari 2 cm hingga 7 cm yang banyak dijual dipasaran.

Teksur baut gypsum lebih halus disebabkan papan gypsum yang lunak seperti kapur umumnya. bahan
sekrup ini terbuat dari baja anti karat tujuanya agar bisa bertahan lama menghadapi kelembapan udara.

Berikut adalah beberapa ukuran sekrup gypsum yang umum digunakan untuk pemasangan plafon:

  • – Sekrup 6 x 1 inchi memiliki panjang sekitar 2,5 cm
  • – Sekrup 6 x 1,5 inchi memiliki panjang sekitar 4 cm
  • – Sekrup 6 x 1,75 inchi memiliki panjang sekitar 3 cm
  • – Sekrup 6 x 3/4 inchi memiliki panjang sekitar 2 cm
  • – Sekrup 6 x 2 inchi memiliki panjang sekitar 5 cm
  • – Sekrup 6 x 3 inci memiliki panjang sekitar 7,5 cm.

Jenis Baut Baja Ringan, Simak Tips Memilih Yang Tepat

Self Drilling Screw (SDS) atau Sekrup TEK

Self Drilling Screw (SDS) juga dikenal sebagai sekrup TEK, memiliki ujung berbentuk ‘mata bor’ yang dapat mengebor lubang pilot sendiri. Self Drilling Screw (SDS) cocok untuk melubangi lembaran logam tebal dan bahan struktural lainnya.

Ukuran SDS yang tepat bergantung pada ketebalan substrat yang digunakan. Penting bahwa ujung sekrup membersihkan dan menembus substrat sebelum ulir mulai bekerja. Pada pengencangan menggunakan pengikat self-drilling, ujung sekrup harus membersihkan permukaan agar benang terhubung dengan baik dan tidak merusak pengikat. Ukuran diameter dan jarak ulir disesuaikan dengan tujuan dan ketebalan substrat.

Baca Juga :  Solusi Baja Ringan Berkualitas yang Mulai Menggantikan Kayu Sebagai Bahan Bangunan

Self Drilling Screw tersedia dalam berbagai ukuran, yaitu:

  • – SDS 12-24×45
  • – SDS 8-18×13
  • – SDS 12-24×20.

2. Sekrup GRC

Untuk sekrup ini digunakan pada pemasanga GRC diatas rangka baja ringan yang umumunya pada dinding. Penggunan material GRC sangat beragam dan saat ini banyak digunakan untuk dinding interior. Sekrup GRC memiliki panjang standar seperti sekrup gypsum namun memiliki warna kuning.

Ujung pada baut ini sangat runcing, kecil dan halus sehingga sangat mudah menembus bahan GRC.
Tekstur GRC yang cendrung lebih keras hal ini yang menyebabkan sekrup bermaterial baja solid ini
sangat cocok digunakan.

Sekrup Dynabolt

Sekrup Dynabolt, juga dikenal sebagai Anchor Bolt atau baut tanam tembok. Dikenal sebagai jenis baut pengencang yang digunakan untuk merekatkan objek ke beton, baik yang bersifat struktural maupun non-struktural.

Baut ini umumnya memiliki diameter yang lebih besar dan menyempit ke bagian kepala baut. Dilapisi dengan selongsong silinder, bagian ujung ditanamkan ke beton memiliki celah sepanjang baut. Saat ditanam ke beton, baut tersebut akan mengencangkan mur dari luar beton.

Cara pemasangannya sendiri dengan dimasukkan ke dinding atau beton yang sudah sebelumnya dilubangi dengan mesin bor, kemudian selongsong silinder diperkuat sampai anchor yang ada di beton mengembang dan kian kuat saat ditarik.

Dynabolt memiliki keistimewaan karena bisa ditanamkan dengan melubangi beton terlebih dahulu. Setelah dikencangkan, dynabolt akan mengembang di dalam lubang beton, sehingga memberikan kekuatan menancap.

Jenis Baut Baja Ringan, Simak Tips Memilih Yang Tepat

Fungsi utama sekrup dynabolt diantaranya:

  1. Mengencangkan objek struktural atau non-struktural ke tembok atau beton
  2. Pemilihan ukuran dan jumlah dynabolt harus sesuai dengan kebutuhan, seperti pemasangan rangka besi untuk canopy atau lemari gantung
  3. Dynabolt juga berperan dalam pemasangan objek pada bangunan secara cepat, serta memasang mesin pada dudukan beton dalam industri.

Berikut adalah beberapa ukuran sekrup dynabolt yang umum digunakan:

  • – Sekrup dynabolt 6 x 60
  • – Sekrup dynabolt 8 x 40
  • – Sekrup dynabolt 8 x 65
  • – Sekrup dynabolt 10 x 50
  • – Sekrup dynabolt 10 x 65
  • – Sekrup dynabolt 10 x 77
  • – Sekrup dynabolt 12 x 60
  • – Sekrup dynabolt 12 x 75
  • – Sekrup dynabolt 12 x 99.

Tips Memilih Skrup Baja Ringan yang Bagus dan Kuat

Untuk memilih sekrup yang kuat dan bagus memang hal yang mudah bagi orang orang praktisi didunia konstruksi. Namun bagi Anda yang masih baru atau orang yang hanya ingin tahu berikut tipsnya.

Baca Juga :  Daftar Harga Baja Ringan, Berbagai Jenis, dan Ukuran Maret 2024

1. Ulir Pada Sekrup

Untuk membeli sekrup baja ringan perhatikan ulir pada sekrup ini, adakalanya ulir yang lebih rapat lebih kokoh dan kuat. Ulir yang lebih rapat akan mengikat lebih dalam dan kuat antara material yang digabungkan.

Hal lain yang perlu dipehatikan ialah jarak ulir dengan kepala sekrup. Umumnya jaraknya ulir ini
pada sekrup bervariasi tergantung produsennya. Namun biasanya ulir yang lebih dekat jaranya dengan
kepala sekrup lebih layak untuk digunakna karan lebih tahan dan kuat.

2. Tempat Membeli Sekrup

Untuk mendapatkan dan memastikan Anda mendapatkan sekrup yang original berbahan baja. Alangkah baiknya Anda memastikan membeli sekrup baja ringan di tempat yang terpercaya. Seperti toko toko bahan bangunan yang memang memiliki banyak pelannggan dan besar. Dan jika memilih distributor pastikan distributor tersebut memiliki reputasi yang baik.

3. Minta Bantuan Ahlinya

Jika Anda masih bingung dan belum tahu mana sekrup yang bagus dan cocok untuk material bangunan Anda. Alangkah baiknya Anda meminta bantaun pada orang yang memang biasanya jadi praktisi di dunia konstruksi. Atau pada orang yang profesional yang juga bisa Anda temui di tempat Anda membeli.

Jenis Baut Baja Ringan, Simak Tips Memilih Yang Tepat

Standar Baut untuk Baja Ringan Agar Sambungan Tetap Kuat dan Tidak Longgar:

  1. Untuk struktur yang menggunakan kanal c, gunakan screw type 12-40×20 dengan gauge 12 (ukuran) dan ulir 14 setiap inchi, serta panjang 20 mm
  2. Untuk reng, gunakan screw type 10-16 x 16 dengan ukuran gauge 10 dan ulir 16 setiap inchi, serta panjang 16 mm
  3. Dalam konteks ini, ukuran gauge 12 memiliki diameter 5,5 mm, sementara ukuran gauge 10 memiliki diameter 5 mm.

Setelah Anda mengetahui memilih skrup baja ringan yang bagus dan berkualitas, sebaiknya juga mengetahui baut baja ringan yang bagus. Mungkin dapat jadi rerferensi atau informasi yang bermanfaat.