Manfaat Kanal C dan Keunggulannya. Kanal C tidak lagi diragukan mengenai kepopulerannya karena banyak dicari dan dibutuhkan. Selain nama kanal C, ternyata kanal yang satu ini memiliki nama lain yang cukup banyak seperti balok purlin, purlin c dan baja cnp. Kanal C adalah produk fabrikasi dengan bahan utamanya plat koil.

Manfaat Kanal C dan Keunggulannya

Kanal C merupakan material yang diolah atau dihasilkan pabrik dengan cara dibentuk dari bahan pelat koil. Dalam membuat kanal C ini menggunakan metode cutting dimana bentuk akhir dari besi mirip dengan huruf C. Sehingga besi kanal yang satu ini disebut besi kanal C.




Spesifikasi Kanal C

Besi Kanal C tergolong dalam kategori baja ringan dimana lembaran baja dilapisi oleh chrome. Jumlah karbon yang digunakan berkisar 0.05% sampai 0.25%. Yang umum di pasaran terkadang orang-orang menyebutnya dengan kanal C Galvalum atau Galvanis, Kanal C Besi dan Kanal C Kencana.

Fungsi Kanal C :

Kanal C menjadi salah satu besi yang populer tentu memiliki keistimewaan tersendiri. Salah satu hal yang istimewa yaitu berbagai manfaat atau fungsi yang bisa dihasilkan oleh material ini. Berikut beberapa fungsi kanal C :

  • Purlin.
    Banyak gedung yang menggunakan purlin dalam membangunnya. Purlin atau disebut juga balok dudukan digunakan untuk menopang berat benda di atasnya.
  • Rangka Atap.
    Bangunan besar dan tinggi seperti gudang penyimpanan maupun pabrik biasanya menggunakan kanal C untuk rangka atapnya. Karena rangka atap kukuh dan kokoh serta menghemat biaya pemeliharaannya.
  • Pagar Bangunan.
    Kanal C yang memiliki sifat kokoh dan kuat menjadikan besi jenis satu ini cocok digunakan sebagai pagar bangunan. Bentuk dari kanal C sendiri sangat memadai dan kokoh. Pembuatannya dengan teknologi tinggi menjadikan bentuk kanal presisi. Selain itu, besi yang satu ini pun tahan rayap dan tahan karat.
    Besi kanal C biasanya di pasaran berukuran 6 meter, hanya pada variasi dimensinya saja yang berbeda-beda. Pagar bangunan memiliki variasi dimensi dari 60 mm hingga 200 mm. Keunggulan lain mengapa kanal C dipilih sebagai pagar bangunan karena dalam pemasangannya sangat mudah.
  • Penutup Dinding.
    Materia ini juga bisa digunakan untuk pagar bangunan. Tentu Anda pernah melihat dinding-dinding di sebuah gedung atau bangunan ditutup oleh logam. Nah, logam tersebut merupakan besi kanal C.
  • Bingkai Komponen Arsitektur.
    Fungsi Kanal C yaitu sebagai bingkai komponen arsitektur. Besi digunakan sebagai bahan atau material bingkai untuk membentuk komponennya.




Jenis Besi Kanal C :

  • CNP 60.
    Dimensi : 60 x 30 x 10 mm
    Tebal : 1,2 mm
    Panjang : 6 meter.
  • CNP 75.
    Dimensi : 75 x 35 x 15 mm, 75 x 45 x 15 mm
    Tebal: 1,6 dan 2,3 mm
  • CNP 100.
    Dimensi: 100 x 50 x 20 mm
    Tebal : 1,6, 2,3 dan 3,2 mm
  • CNP 125.
    Dimensi : 125 x 50 x 20 mm
    Tebal : 2,3 dan 3,2 mm
  • CNP 150.
    Dimensi : 150 x 50 x 20 mm, 150 x 65 x 20 mm
    Tebal : 2,3 dan 3,2 mm
  • CNP 200
    Dimensi : 200 x 75 x 20 mm
    Tebal : 3,2 mm




Harga Besi Kanal C :

No Tipe Tebal (mm) Panjang (meter) Harga
1 C 75 1,6 6 Rp 90.000
2 C 75 1,8 6 Rp 120.000
3 C 100 1,8 6 Rp 140.000
4 C 100 2,0 6 Rp 190.000
5 C 125 1,8 6 Rp 160.000
6 C 125 2,0 6 Rp 215.000
7 C 150 2,0 6 Rp 242.000

Harga bisa berubah kapan saja dan juga disebabkan berbeda untuk lokasi pembelian, namun umumnya tidak jauh dari harga di atas.




Keunggulan Kanal C :

Keunggulannya dari beberapa material lainnya, berikut ini keunggulannya.

  • Kuat dan Tahan Lama.
    Salah satu Keunggulan Kanal C yaitu kuat dan tahan lama, meskipun memang baja jenis satu ini ringan. Material yang tidak akan berkarat dan tahan menghadapi cuaca ekstrem mampu melindungi rumah, bangunan maupun gedung dengan maksimal.
    Bahan penyusunnya telah disempurnakan sehingga besi kanal C akan lebih tahan lama. Dibanding menggunakan kayu yang mudah keropos maupun baja konvensional yang mudah berkarat. Tidak hanya itu, besi kanal C lebih tipis dari baja biasa tetapi tidak mudah memuai dan menyusut.
  • Ringan dan Mudah dipasang.
    Berat dari baja ringan sekitar 9 kg /m2. Sifat ringannya memudahkan besi ini mudah dipasang. Tidak hanya cocok untuk gedung atau proyek besar saja, kanal C juga cocok dipasang di rumah. Karena mudah dipasang, tentu Anda bisa pasang sendiri tanpa menyewa tukang.
  • Tegangan Tarik Tinggi.
    Besi Kanal C lebih lentur dibanding dengan jenis bahan atap lainnya. Kelenturan pada rangka sangat penting dalam sebuah bangunan, karena semakin besar tegangan tarik atap maka akan semakin banyak juga energi yang bisa diserap. Tegangan tarik dari besi kanal C berkisar 550 Mpa yang tentunya jauh lebih besar dibanding baja konvensional yang hanya memiliki tegangan 300 Mpa saja.
  • Mudah dibentuk dan disambung.
    Keunggulan lainnya yaitu mudah dibentuk dan disambung mengikuti bentuk rangka atap yang diinginkan.
  • Bentuk Rangka Atap Bervariasi.
    Keunggulannya yang ringan menjadikan besi mudah dibentuk dan dibuat model atap sesuai yang diinginkan. Pembentukan dari besi kanal C pun harus disesuaikan dengan berat beban yang ditumpu. Jarak maksimal pemasangan rangka yaitu 150 cm.
  • Dapat didaur Ulang.
    Keunggulan lain yaitu dapat didaur ulang. Sisa yang sudah terpakai dapat digunakan lagi untuk bagian konstruksi lain. Anda dapat membongkar material kemudian mendaur ulang dengan cara melelehkan dan dibentuk menjadi bahan bangunan atau pondasi rumah. Dengan menggunakan besi kanal C untuk beberapa bagian rumah seperti atap tentu akan membantu menghemat penggunaan kayu.
  • Anti Karat.
    Rayap adalah hewan kecil yang merusak kayu dan bangunan sebagai sasarannya. Jika Anda menggunakan besi kanal C, tentu Anda akan terhindar dari serangan rayap dan kanal yang satu ini anti karat karena logam yang digunakan merupakan logam yang berkualitas.




Kekurangan Kanal C :

Selain ada beberapa keunggulannya, tentu suatu produk juga akan memiliki kekurangan, berikut ekurangan Kanal C :

  • Mudah terbawa angin.
    Karakter dari besi yang ringan menjadikan besi kanal C mudah terhempas angin. Oleh karena itu, dalam memasang dan memilih kerangka atap rumah harus teliti dan dipersiapkan dengan baik. Karena jika salah dalam pemilihan, ada kemungkinan buruk yang akan terjadi yaitu rangka akan terbawa angin ketika ada angin besar maupun ketika musim penghujan tiba.
    Metode penyambung pada kerangka kanal C hanya menggunakan baut. Nah, penyambung ini pun juga mendukung terjadinya kanal yang terhempas angin.
  • Harga cukup tinggi.
    Harga dari besi kanal C memang bisa dikatakan tidak murah., harga yang ditawarkan sebanding dengan produk yang akan didapatkan.
  • Besi kanal C tidak bisa diekspos, tidak bisa seperti kerangka kayu yang bisa dibuka secara transparan. Rumah menggunakan atap kerangka besi kanal akan terasa lebih panas dibandingkan dengan kerangka kayu. Karena kerangka besi akan memuai ketika terkena cahaya matahari.
  • Tampilan acak-acakan.
    Struktur atap rumah dapat menampung beban yang berat. Maka semakin berat penutup yang akan dipasang maka kerangkanya pun harus semakin rapat.
  • Rentan roboh jika tidak teliti.
    Baja ringan yang digunakan untuk atap rumah menggunakan sistem berbentuk jaring. Tetapi kerangka dan jaring dapat sangat berbahaya jika tidak diperhitungkan dengan benar dan teliti. Ketika akan membangun rumah, Anda harus menghitung dan mempertimbangkan sifat baja yang dapat memuai dan menyusut.

Kanal C memiliki jenis yang berbeda-beda dengan berbagai ukuran yang bisa Anda beli sesuai dengan kebutuhan. Meskipun ada banyak keuntungan menggunakan kanal C, ada juga beberapa kekurangan yang juga harus diperhatikan.

Read previous post:
HOLLOW_02 baja ringan coil galvalume has
Coil Galvalume Blitar Kanigoro

Close