Mesin Baja Ringan : Mesin Potong Hollow. Hollow baja ringan ini memiliki ketahanan pada karat lebih baik jika dibandingkan dengan lapisan galvanis. Maka dari itu, hollow baja ringan lebih banyak dipilih oleh konsumen sebagai rangka partisi atau rangka plafonnya, atau untuk penggemar burung, hollow baja ringan ini juga bisa dipakai untuk membuat kandang atau tempat burung.

Penggunaan hollow baja ringan sebagai dasar pembuatan partisi ataupun plafon disebut efisien dan tepat sasaran. Sebab proses pemasangannya cepat dan menghasilkan rangka partisi ataupun rangka plafon yang pas.

Mesin Baja Ringan (Mesin Truss Baja Ringan) ialah sebuah mesin yang diterapkan untuk mencetak material bahan bangunan yang terbuat dari plat baja ringan galvalum menjadi bahan-bahan bangunan antara lain : Kanal C,Reng,Hollow Plafon,Atap Spandek,bondek dan lainnya.Dsb pada posisi ketika ini material-material hal yang demikian sangatlah diperlukan dan hampir menjadi kebutuhan penunjang utama dalam pembuatan rumah, gudang, sekolah, hotel, rumah sakit dan sebagainya.

Mesin Baja Ringan : Mesin Potong Hollow

Dunia mesin industri ialah salah satu produsen Mesin Baja Ringan di Indonesia yang telah membikin/memproduksi pelbagai ragam Mesin Baja Ringan antara lain : Mesin Atap Spandek/Trimdek,Mesin Floordek/Bondek,Mesin Kanal C,Mesin Reng,Mesin Hollow 2X4 & 4 X 4,Mesin Slitting Galvalum,Mesin Metal Furing,Mesin U-Runner,Mesin Klunthung,Mesin Cutting Stone dan lain-lain.

Untuk ukuran hollow galvalum atau hollow baja ringan ini biasanya ada di ukuran 4 x 4 atau 2 x 4, dan yang membedakan adalah untuk ketebalan dari material tersebut diantaranya dengan ketebalan 0,30 hingga 0,50 (Satuan M-Mili) dengan jumlah Step atau Matras sebanyak 14 maka mampu menghasilkan 3 Detik per Meter dan jika panjang dari Hollow sepanjang 6 Meter maka per PCS mampu dihasilkan sebesar 18 detik.

Baca Juga :   Perkiraan Biaya Membuat Garasi Mobil Minimalis, Menggunakan Atap Baja Ringan

Dimana Mesin Baja Ringan tersebut,kecuali mempunyai tingkat ketahanan yang kuat,mutu mesin yang baik, dan didorong dengan pengendalian kontrol secara otomatis,yang cakap memantau hasil produksi sehingga dapat meminimkan selisih panjang potongan dari satu potongan ke potongan selanjutnya.

Mesin Baja Ringan : Mesin Potong Hollow

Salah satu rangka atap plafon selain kayu dan hollow saat ini ada juga jenis rangka plafon yang terbuat dari baja ringan yaitu hollow galvalum dan hollow galvanis.

Baja ringan jenis hollow terbuat dari material Galvanis. Ciri-cirinya adalah berbentuk balok, ujungnya berbentuk persegi, dan bagian dalamnya kosong. Harga baja ringan hollow tergantung berapa banyak Anda membelinya. Fungsi baja ringan hollow adalah: Sebagai bahan baku atap, kanopi, dan plafon.

Hollow baja ringan adalah satu bahan material bangunan berbentuk kotak yang terbuat dari bahan baja ringan yaitu galvanis dan galvalum. Biasanya di pasaran di sebut hollow galvanis dan hollow galvalum.

Penggunaan hollow baja ringan saat ini sudah mulai banyak digunakan untuk pembuatan plafon partisi. Karena di samping tidak mudah berkarat bahan material ini sangat ringan dan anti lapuk dan rayap.

Hollow baja ringan juga dapat diaplkasikan untuk berbagai macam jenis plafon seprti plafon gypsum, plafon pvc, plafon grc, plafon triplek dan lain sebagainya.

Saat ini banyak sekali bangunan yang menggunakan hollow baja ringan ini ntuk keperluan plafon dan partisi seperti rumah tinggal, ruko, perkantoran, apartmen, hotel, sekolahan, rumah sakit dan lain sebagainya.

Daftar Harga Hollow Baja Ringan Per batang 2023

No Produk dan Tipe Panjang Harga
1 Hollow Galvanis 2 x 4 4 meter IDR 25.000/btg
2 Hollow Galvanis 4 x 4 4 meter IDR 29.000/btg
3 Hollow Galvalum 2 x 4 4 meter IDR 26.000/btg
4 Hollow Galvalum 4 x 4 4 meter IDR 32.000/btg
Baca Juga :   Harga Hollow Baja Ringan Terbaru Mei 2024 Berdasarkan Jenis dan Ukuran

Keterangan :

  • Harga Tersebut diatas berlaku untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya
  • Harga Sewaktu – waktu Bisa berubah sesuai Kondisi
  • Pembayaran Cash atau Transfer Ke rekening perusahaan
  • Gratis Ongkos Kirim Sejabodetabek jika kuantitas banyak
  • Pengiriman di luar wilayah jabodetabek ekspedisi di tanggung oleh pembeli

Ukuran Hollow Baja Ringan Per Batang

Ukuran panjang hollow Baja ringan yang dijual oleh toko material bangunan terdekat, distributor, supplier, agen dan grosir, pabrik adalah panjang 4 meter per batangnya.

Sedangkan ukuran dimensi kotak hollow baja ringan panjang x lebarnya  adalah tipe 2 x 4 = 32mm x 16 mm dan tipe 4 x 4 = 32 mm x 32 mm.

Kelebihan dan Keuntungan Menggunakan Hollow Baja Ringan

Kelebihan dan keuntungan yang anda dapat jika menggunakan hollow baja ringan untuk plafon dan partisi antara lain :

  • Bahan bangunan yang ringan sehingga tidak memberatkan struktur.
  • Tidak terkena serangan rayap dan tahan terhadap api.
  • Mutu materialnya tidak berubah-ubah, tidak mudah melapuk karena usia lanjut.
  • Proses pemasanganya cepat dan rapih.
  • Tahan terhadap karat.
  • Penggunaaan untuk berbagai macam tipe plafon

Kelebihan Baja Ringan

Setiap jenis baja ringan punya kelebihannya masing-masing. Jika dibandingkan dengan material atap bangunan lain, baja ringan memiliki banyak keunggulan, yaitu:

1. Tahan Karat dan Anti Rayap

Berbeda dari kayu dan bambu, baja ringan lebih tahan dari serangan rayap. Baja ringan terbuat dari material logam Galvalum yang anti karat. Karena lebih tahan lama, baja ringan lebih menguntungkan dibanding kayu dan bambu. Anda tidak perlu keluar uang lagi untuk mengganti material atap yang lapuk karena sering terkena hujan dan panas.

Baca Juga :   Harga Coil Galvalume Bekasi 2024

2. Lebih Murah

Dulu harga baja ringan memang lebih mahal dibanding kayu. Namun karena sekarang kayu dan bambu mulai langka, harganya jadi semakin mahal. Saat ini, menggunakan baja ringan untuk atap lebih murah dibanding kayu atau bambu. Apalagi jika dibandingkan dengan daya tahannya, lebih ekonomis jika menggunakan baja ringan.

3. Mudah Dipasang

Kelebihan lain dari baja ringan adalah mudah dipasang. Kecepatan waktu dan biaya pengerjaan jadi lebih murah dibanding memasang atap dari kayu. Proses pengerjaan yang lebih singkat, otomatis membuat biaya tukang lebih murah.

4. Lentur dan Kuat

Baja ringan lebih lentur dibanding baja konvensional. Tegangan tarik baja ringan mencapai 550 Mpa, sedangkan baja konvensional hanya 300 Mpa. Sifat yang lentur ini membuat baja ringan dapat menyerap energi lebih besar. Walaupun lebih lentur dari baja konvensional, baja ringan dapat menahan kestabilan bangunan dibanding kayu.

5. Material Bisa Didaur Ulang

Material baja ringan bisa dimanfaatkan kembali untuk membangun bangunan lain. Jadi, jika suatu saat Anda ingin membongkar bangunan, rangka baja ringan bisa dibongkar dan digunakan kembali. Baja ringan masih bisa Anda gunakan karena tidak mudah lapuk atau mengalami penyusutan.

Semoga bermanfaat 🙂