Cara Menjadi Distributor Baja Ringan Peluang Usaha Yang Menjanjikan. Jika kita membicarakan mengenai baja ringan, tentunya sangat erat sekali kaitannya dengan bisnis properti. Peluang bisnis baja ringan bisa dikatakan akan terus terbuka lebar, mengingat kebutuhan masyarakat terhadap bisnis properti masih terlihat sangat tinggi. Dengan begitu, membuka peluang bisnis yang berkaitan dengan properti menjadi salah satu ide yang layak untuk kamu coba.

Pertama kali masuk ke Indonesia, sekitar tahun 2005, baja ringan dikenalkan sebagai barang yang menggantikan peran kayu dalam kegiatan konstruksi bangunan.

Namun sekarang, di setiap pekerjaan konstruksi, baja ringan adalah salah satu material yang paling banyak dicari. Mereka sudah mulai menyadari bahwa baja ringan bukan sekadar pengganti, tapi punya segudang kelebihannya sendiri.

Cara Menjadi Distributor Baja Ringan Peluang Usaha Yang Menjanjikan

Secara singkat, beberapa keuntungan yang membuat baja ringan laris manis adalah baja ringan lebih mudah didapatkan. Tidak seperti kayu yang jalur distribusinya panjang, baja ringan bergerak dari pabrik ke Anda sebagai distributor dan pelanggan.

Ini membuat harganya jauh lebih murah tapi tetap berkualitas mutunya. Apabila Anda bertanya-tanya bagaimana cara menjadi distributor baja ringan maka artikel ini tepat dibaca sampai selesai. Pasalnya penjualan baja memang masih memiliki peluang besar dalam mendapatkan keuntungan.

Alasannya karena kebutuhan kayu yang semakin meningkat, sehingga harga jualnya pun semakin meroket. Inilah yang membuat orang pada akhirnya mulai beralih menggunakan atap baja ringan.

Tidak apa-apa jika Anda masih merasa ragu untuk menggeluti bisnis baja ringan. Coba cari tahu lebih banyak informasi bisnis dan cara menjadi distributor yang baik di bawah ini!

Salah satu bisnis properti yang memiliki peluang cukup menjanjikan dan bisa menghasilkan omzet yang sangat besar adalah bisnis baja ringan untuk atap. Hal ini mengingat sudah banyak sekali developer atau perorangan yang lebih memilih atap berbahan baja ringan daripada menggunakan atap berbahan kayu.

Baja ringan banyak dimanfaatkan oleh para pembangun karena karakteristiknya yang tahan lama. Meskipun memiliki bentuk yang sangat ringan, baja ringan ini tetap kuat dan kokoh dibandingkan dengan kayu.

Keputusan untuk menjadi distributor baja memang tidak mudah. Selain tempat dan transportasi yang akan digunakan, Anda perlu memikirkan modal yang harus dikeluarkan. Jangan salah, ketersediaan modal yang minim dapat membuat bisnis gagal total. Itu sebabnya setiap keputusan perlu dipertimbangkan dengan matang.

Cara Menjadi Distributor Baja Ringan Peluang Usaha Yang Menjanjikan

Berikut ini Klopmart sudah merangkum beberapa keuntungan yang didapat kalau Anda menjadi seorang distributor baja ringan. Coba perhatikan dengan saksama agar Anda bisa melakukan pertimbangan secara menyeluruh.

1. Potensi Keuntungan yang Besar

Sebagai distributor baja ringan, Anda dapat memperoleh potensi keuntungan yang besar. Pasar untuk baja ringan terus berkembang, terutama dengan meningkatnya permintaan untuk rumah knock down yang menggunakan bahan baja ringan.

Pastikan juga Anda memasok baja ringan berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif agar keuntungan yang diperoleh dapat bertambah secara signifikan.

Baca Juga :   Inspirasi Pagar Rumah Dari Baja Ringan Minimalis 2024

Jika permintaan selalu ada, barang tak pernah kadaluarsa, bagaimana keuntungannya? Tentu, bisnis harus berorientasi pada hasil, dan baja ringan adalah berorientasi pada keuntungan, dan baja ringan adalah pilihan yang tepat.

Dibandingkan modalnya, semua harga jual produk baja ringan dipasaran punya margin yang besar. Ini lah yang membuat keuntungan terus mengalir ke Anda.

Karena alasan ini banyak yang mau mengeluarkan ratusan juta untuk modal usaha bahan bangunan, karena ternyata bisnis ini juga berjalan cukup menyenangkan dan menenangkan.

2. Tidak akan Mati

Permintaan pasar yang terus tinggi terhadap baja ringan membuat bisnis ini memiliki risiko gulung tikar yang sangat kecil. Itu artinya bisnis baja ringan akan tetap dibutuhkan terlepas kejadian ekonomi atau politik yang terjadi dalam masyarakat.

Benar bahwa ada kemungkinan omzet turun seperti pada saat harga rumah sedang meningkat. Namun penurunan tersebut tidak akan berlangsung selamanya karena masih banyak masyarakat yang ingin memiliki tempat tinggal mereka sendiri.

3. Barang Tidak akan Kedaluwarsa

Baja ringan tidak punya karakteristik yang mudah lapuk seperti kayu atau basi seperti makanan. Apabila Anda mendiamkannya, baja ringan tetap punya daya tahan yang kokoh. Ketahanannya tidak berkurang meski waktu terus berjalan. Jadi Anda tidak perlu menjual baja ringan dalam tenggat waktu tertentu seperti bahan material lainnya.

Material konstruksi adalah kebutuhan primer manusia, tentunya ini memastikan selalu ada kebutuhan untuk pembangunan dan permintaan yang terjaga.

Apalagi di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan ekonomi yang membutuhkan banyak sekali gedung-gedung hingga rumah.  Dimana mereka akan mencari bahan bangunannya? Tentu di Anda.

Sehingga apabila ada permintaan yang membludak, tidak perlu lagi dikhawatirkan, sebab kebutuhannya sangat tinggi dan terjaga. Meskipun sama sama kebutuhan primer, baja ringan tidak seperti makanan. Tidak ada kadaluarsa yang memaksa barang harus keluar dalam waktu singkat.

Tak perlu khawatir soal angka penjualan hari ini, karena besok semua peluang masih tersedia tanpa ada yang perlu dikhawatirkan.

4. Tidak Rusak dengan Rayap

Bahan material baja ringan juga tidak mudah rusak karena rayap layaknya kayu. Anda bisa dengan tenang menyimpannya di area terbuka atau gudang penyimpanan tanpa ada perawatan khusus.

Dengan menggunakan atap berbahan baja ringan, kamu tidak perlu khawatir rangka atap rumah kamu mengalami pelapukan yang disebabkan oleh rayap, karena baja ringan tahan terhadap rayap dibandingkan dengan kayu yang tidak awet dan cepat sekali mengalami pelapukan.

Selain itu, atap baja ringan juga sudah dilapisi dengan lapisan anti karat sehingga dapat menahan pelapukan atau korosi. Tentunya hal ini akan memudahkan teknik menjual kamu kepada pelanggan karena akan membuat pelanggan kamu dapat lebih menghemat biaya.

5. Mudah Dipindahkan

Seperti namanya, baja ringan punya bobot yang tidak berat. Dalam awal merintis bisnis ini, Anda tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak untuk mengangkut atau memindahkan baja ringan.

Baca Juga :   Harga dan Ukuran Seng Galvalum Terbaru Juni 2024

Bebannya yang tidak seberapa sangat memudahkan Anda untuk memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain. Biaya untuk pemindahan ini jadi bisa ditekan seminimal mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Jika dibandingkan dengan material kayu sebagai rangka atap, baja ringan memiliki berat yang lebih ringan sehingga dapat menghemat biaya yang kamu keluarkan. Dengan menggunakan baja ringan untuk rangka atap, kamu sudah tidak perlu lagi membuat pondasi yang berlebihan. Dengan bentuk yang ringan, maka pemasangan rangka baja ringan menjadi lebih cepat.

6. Sangat Kuat dan Kokoh

Material baja ringan meskipun memiliki bentuk yang ringan, namun sangat kuat dan juga kokoh. Kamu bisa menyampaikan hal ini juga kepada pelanggan bahwa baja ringan merupakan material atau bahan bangunan yang aman untuk keluarga dan dapat melindungi keluarga dari bencana seperti halnya gempa.

Hal ini dikarenakan atap berbahan baja memiliki kekuatan tekanan, tarikan maupun geserannya yang sangat kuat dan kokoh. Dengan begitu bisa dikatakan bahwa material baja ringan 2x lebih kuat jika dibandingkan dengan bambu maupun kayu.

7. Tahan Terhadap Api

Material baja ringan memiliki karakteristik tidak menjalarkan panas (api) dan mempunyai kemampuan dalam menahan struktur rangka atap saat terbakar oleh api.

Cara Menjadi Distributor Baja Ringan Peluang Usaha Yang Menjanjikan

Cara Menjadi Distributor Produk Baja Ringan

Berikut adalah beberapa langkah dan persiapan yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis baja ringan, atau toko material bahan bangunan pada umumnya.

Mempersiapkan Modal Usaha

Dalam membuka usaha apapun, tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan. Dan satu yang terpenting adalah modal.

Modal usaha biasanya bersumber dari dana pribadi. Namun, jika anggaran tidak cukup, Anda bisa memulai bisnis dengan pinjaman modal.

Tapi, ada cara lain yang mungkin lebih nyaman untuk Anda coba yaitu memulai partnership.

Bentuk partnership umumnya bisa berupa patungan modal usaha antara pengusaha yang juga punya minat dan tujuan yang sama.

Namun juga bisa berupa partnership supplier bahan bangunan untuk meminjamkan barang sebagai modal kepada toko Anda.

Ini tentunya tidak akan membebani cashflow Anda saat awal-awal memulai bisnis.

Lokasi Harus Strategis

Ada dua alasan kenapa toko bangunan harus punya lokasi yang strategis.

Alasan pertama, tentu, agar toko bisa mendatangkan banyak pembeli.

Semakin mudah toko Anda ditemukan, semakin laris juga produk Anda terjual. Usahakan toko Anda dibangun di area yang banyak pemukiman, area perkantoran, dan memiliki jalan besar yang dilalui banyak orang.

Semakin baik lokasinya, semakin besar peluang untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak.

Lalu, alasan kedua adalah lokasi strategis yang memudahkan proses bongkar muat.

Menjual bahan bangunan berarti harus berkutat dengan barang-barang yang besar dan banyak.

Anda harus memastikan toko Anda memiliki lokasi yang cukup memadai untuk keluar masuk kendaran pengangkut, tempat penyimpanan bahan bangunan, serta parkir kendaraan.

Baca Juga :   Supplier Coil PPGL Indonesia

Punya Koleksi Yang Lengkap Untuk Semua Kebutuhan Pelanggan

Agar tetap laris, pastikan toko Anda jadi solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Baja ringan punya banyak sekali turunan produk, mulai dari kebutuhan atap sampai ke pembuatan lantai.

Kebutuhan-kebutuhan ini yang harus diupayakan mampu Anda penuhi. Terlebih pada waktu waktu tertentu dimana permintaan meningkat.

Misalnya ketika musim hujan datang, umumnya permintaan akan banyak berkisar tentang perbaikan atap dan talang air. Produk-produk baja ringan inilah yang harus jadi unggulan di masa-masa seperti itu.

Ciptakan Pengalaman Belanja Yang Memuaskan

Memastikan pelayanan terasa ramah dan menyenangkan adalah yang paling penting bahkan di semua sektor usaha.

Banyak sekali ditemukan toko yang mengabaikan pelanggan yang banyak pertanyaan. Ini mungkin memang merepotkan, namun tidak sabarnya Anda dalam menghadapi konsumen artinya membuat toko Anda kehilangan jutaan potensi pembeli.

Anda haruslah bersifat solutif dan membantu, karena wajar apa yang mereka butuhkan dari Anda adalah kebutuhan untuk tempat tinggalnya.

Tempat paling aman dan nyaman yang mereka punya saat ini.

Bila Anda tidak terlalu bisa sabaran, mungkin bisa mempertimbangkan untuk merekrut pekerja.

Pilihlah pekerja yang ulet, gigih, mampu bekerja keras, jujur, dan bertanggung jawab. Dan yang terpenting mampu membantu dan sabar melayani pelanggan.

Lakukan Promosi Secara Maksimal

Setelah semua sarana terpenuhi, langkah selanjutnya ada pada tahap promosinya.

Kegiatan promosi, utamanya pada hari pertama toko Anda dibuka, adalah yang paling krusial. Karena perlu keberadaan usaha toko bangunan Anda diketahui lebih banyak orang bahkan sejak hari pertama.

Anda bisa mengadakan acara launching atau peresmian yang melibatkan warga-warga sekitar.

Atau Anda juga menyebarkan informasi berisi penawaran menarik atau diskon khusus pembukaan toko.

Selanjutnya, bentuk promosi yang bisa dan wajib Anda coba adalah membangun jaringan dan membuka kesempatan kerja sama baik dengan pemerintah setempat atau jasa konstruktor.

Dibutuhkan kelihaian komunikasi dan kemampuan membuat kompromi untuk melakukan hal ini. Jadi, pastikan Anda menjalin jaringan seluas mungkin setelah memutuskan serius.

Terakhir, pastikan Anda Menentukan Supplier yang Terbaik

Modal sudah siap, lokasi sudah dapat, sistem sudah terbangun, 1 hal terakhir yang bisa mempengaruhi keuntungan Anda adalah memastikan supplier yang digunakan adalah yang terbaik.

Supplier haruslah dapat dipercaya, berpengalaman, dan mampu memberikan bahan berkualitas baik.

Dengan memastikan supplier yang Anda gunakan adalah yang terbaik, artinya Anda memastikan pasukan suplai yang lancar, barang berkualitas yang membuat pelanggan puas, dan reputasi yang dikenal baik di lingkungan Anda.

Cara Menjadi Distributor Baja Ringan Peluang Usaha Yang Menjanjikan

Semoga Berhasil 🙂