Tips Cara Memulai Bisnis Baja Ringan di Pasaran. Salah satu indikator yang membuat industri baja ringan tumbuh pada tahun ini adalah mulai membaiknya sektor properti. Pelaku industri properti berupaya mendorong pemulihan ekonomi secara nasional di tahun 2023 dari pasca pandemi Covid 2019.

Permintaan akan baja ringan yang terus meningkat, tentunya membuka peluang untuk memulai usaha baja ringan. Ada beberapa hal yang patut diperhitungkan sebelum memulai terjun ke bisnis ini. Kesalahan dalam memulai bisnis ini dapat berakibat fatal terutama kerugian.

Sementara Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia mengindikasikan harga properti residensial di pasar primer tumbuh meningkat pada triwulan I-2022. Hal ini tercermin dari pertumbuhan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan I-2022 yang tercatat 1,87% (yoy), lebih tinggi dari pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 1,47% (yoy).

Tips Cara Memulai Bisnis Baja Ringan di Pasaran

seng baja ringan merah carita

Sedangkan dari sisi penjualan, hasil survei triwulan I-2022 mengindikasikan adanya perbaikan penjualan properti residensial di pasar primer meskipun masih terkontraksi. Perbaikan tersebut tercermin dari penjualan properti residensial yang terkontraksi sebesar 10,11% (yoy) pada triwulan I-2022, lebih baik dari kontraksi triwulan sebelumnya sebesar 11,60% (yoy).

Berdasarkan fenomena tersebut industri baja ringan turut terdongkrat karena iklim ekonomi yang kondusif dengan bisnis properti mulai bergerak tumbuh. Pasalnya, hampir sebagai besar pembangun kontruksi atap rumah banyak menggunakan baja ringan. Peggunaan baja ringan dinilai lebih lebih tahan lama dan lebih efisien dibandingkan menggunakan konstruksi atap kayu.

Tips Cara Memulai Bisnis Baja Ringan di Pasaran

Agar tidak terjebak dalam kerugian dalam bisnis baja ringan, berikut 4 langkah panduan dalam memulai usaha baja ringan :

1. Selektif dalam Memilih Pasar

Hal yang paling utama sebelum memulai produksi baja ringan adalah memilih pasar sasaran yang akan dituju. Kenapa hal ini penting? Karena hal inilah yang menjadi tolak ukur dalam memulai produksi baja ringan.

Sebagaimana diketahui, pasar baja ringan terbagi menjadi 3 bagian besar.

  • Pertama adalah pasar atas (High Class), pasar ini adalah konsumen yang menginginkan kualitas baja ringan yang baik dan tahan lama. Harga tidak menjadi masalah bagi mereka.
  • Kedua adalah pasar menengah (Middle Class), pasar diisi oleh konsumen yang menginginkan kualitas baja ringan rata-rata, dengan tetap memperhatikan harga yang tentunya disesuaikan dengan kualitas baja ringan. Konsumen menengah ini mengambil porsi terbesar dari kue pemasaran baja ringan.
  • Ketiga, adalah pasar bawah (Low Class), konsumen di pasar ini sama sekali tidak memperhatikan kualitas baja ringan, sangat peka terhadap harga, harga yang murah tentunya akan memuaskan mereka.

2. Selektif dalam Memilih Jenis Bahan Baku (Coil Galvalume)

Setelah menetapkan mesin baja ringan yang akan digunakan, langkah berikutnya adalah memilih jenis bahan baku (coil galvalume) yang akan digunakan. Coil Galvalume yang saat ini banyak digunakan adalah jenis Zincalume. Zincalume adalah material yang merupakan hasil dari paduan unsur aluminium dan zinc yang terdiri dari unsur coating aluminium (55% berat), unsur Zinc/seng (43,4% berat), dan silikon (1,6% berat) dengan total unsur 100%.

Baca Juga :   Berapa Lama Ketahanan Atap Spandek Pasir?

Proses pelapisan Zincalume hanya di lakukan dengan continous hot dipped atau saat ini sudah ada yang dikenal pula dengan NOF (Non Oxides Furnace) process. Coil Zincalume banyak digunakan dalam berbagai jenis industri karena harga yang ekonomis juga berkualitas tinggi dan sangat efisien. Dengan kandungan aluminium yang tinggi membuat Galvalume lebih baik untuk daya tahan karat.

3. Selektif dalam Memilih Mesin Produksi

Pemilihan mesin produksi baja ringan adalah langkah penting kedua yang harus dilaksanakan sebelum memulai usaha baja ringan. Pemilihan mesin yang tepat akan memperlancar proses produksi. Mesin Baja Ringan terdiri dari berbagai Tipe, yaitu : Mesin Rollforming CNP, Mesin Rollforming Reng Omega, Mesin Genteng Metal, Mesin Rollforming Spandek, Mesin Rollforming Bondex, Mesin Rollforming Hollow dan Mesin Nok. Masing-masing tipe mesin akan memproduksi jenis baja ringan yang berbeda-beda. Demikina pula dengan asal negara pemroduksi mesin. Ada mesin produksi lokal, produksi China, Vietnam ataupun Jepang dan Jerman.

4. Selektif dalam Memilih Sistem Pemasaran

Langkah terakhir dalam panduan memulai usaha baja ringan adalah menentukan system pemasaran baja ringan.  Sistem pemasaran ini penting karena merupakan ujung tombak dalam suatu bisnis. Produksi yang kuat bila tidak didukung oleh pemasaran yang baik akan menjadi sia-sia karena hasil produksi tidak bisa dijual yang pada akhirnya mengganggu bisnis itu sendiri.

5. Mempersiapkan Modal Usaha

Dalam membuka usaha apapun, tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan. Dan satu yang terpenting adalah modal.

Modal usaha biasanya bersumber dari dana pribadi. Namun, jika anggaran tidak cukup, Anda bisa memulai bisnis dengan pinjaman modal.

Tapi, ada cara lain yang mungkin lebih nyaman untuk Anda coba yaitu memulai partnership. Bentuk partnership umumnya bisa berupa patungan modal usaha antara pengusaha yang juga punya minat dan tujuan yang sama.

Namun juga bisa berupa partnership supplier bahan bangunan untuk meminjamkan barang sebagai modal kepada toko Anda. Ini tentunya tidak akan membebani cashflow Anda saat awal-awal memulai bisnis.

6. Lokasi Harus Strategis

Ada dua alasan kenapa toko bangunan harus punya lokasi yang strategis. Alasan pertama, tentu, agar toko bisa mendatangkan banyak pembeli.

Semakin mudah toko Anda ditemukan, semakin laris juga produk Anda terjual. Usahakan toko Anda dibangun di area yang banyak pemukiman, area perkantoran, dan memiliki jalan besar yang dilalui banyak orang.

Baca Juga :   Daftar Harga Baja Ringan, Berbagai Jenis, dan Ukuran Mei 2024

Semakin baik lokasinya, semakin besar peluang untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak. Lalu, alasan kedua adalah lokasi strategis yang memudahkan proses bongkar muat. Menjual bahan bangunan berarti harus berkutat dengan barang-barang yang besar dan banyak.

Anda harus memastikan toko Anda memiliki lokasi yang cukup memadai untuk keluar masuk kendaran pengangkut, tempat penyimpanan bahan bangunan, serta parkir kendaraan.

hollow baja ringan murah

7. Punya Koleksi Yang Lengkap Untuk Semua Kebutuhan Pelanggan

Agar tetap laris, pastikan toko Anda jadi solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Baja ringan punya banyak sekali turunan produk, mulai dari kebutuhan atap sampai ke pembuatan lantai.

Kebutuhan-kebutuhan ini yang harus diupayakan mampu Anda penuhi. Terlebih pada waktu waktu tertentu dimana permintaan meningkat.

Misalnya ketika musim hujan datang, umumnya permintaan akan banyak berkisar tentang perbaikan atap dan talang air. Produk-produk baja ringan inilah yang harus jadi unggulan di masa-masa seperti itu.

8. Ciptakan Pengalaman Belanja Yang Memuaskan

Memastikan pelayanan terasa ramah dan menyenangkan adalah yang paling penting bahkan di semua sektor usaha.

Banyak sekali ditemukan toko yang mengabaikan pelanggan yang banyak pertanyaan. Ini mungkin memang merepotkan, namun tidak sabarnya Anda dalam menghadapi konsumen artinya membuat toko Anda kehilangan jutaan potensi pembeli.

Anda haruslah bersifat solutif dan membantu, karena wajar apa yang mereka butuhkan dari Anda adalah kebutuhan untuk tempat tinggalnya.

Tempat paling aman dan nyaman yang mereka punya saat ini. Bila Anda tidak terlalu bisa sabaran, mungkin bisa mempertimbangkan untuk merekrut pekerja.

Pilihlah pekerja yang ulet, gigih, mampu bekerja keras, jujur, dan bertanggung jawab. Dan yang terpenting mampu membantu dan sabar melayani pelanggan.

9. Lakukan Promosi Secara Maksimal

Setelah semua sarana terpenuhi, langkah selanjutnya ada pada tahap promosinya. Kegiatan promosi, utamanya pada hari pertama toko Anda dibuka, adalah yang paling krusial. Karena perlu keberadaan usaha toko bangunan Anda diketahui lebih banyak orang bahkan sejak hari pertama.

Anda bisa mengadakan acara launching atau peresmian yang melibatkan warga-warga sekitar. Atau Anda juga menyebarkan informasi berisi penawaran menarik atau diskon khusus pembukaan toko.

Selanjutnya, bentuk promosi yang bisa dan wajib Anda coba adalah membangun jaringan dan membuka kesempatan kerja sama baik dengan pemerintah setempat atau jasa konstruktor.

Dibutuhkan kelihaian komunikasi dan kemampuan membuat kompromi untuk melakukan hal ini. Jadi, pastikan Anda menjalin jaringan seluas mungkin setelah memutuskan serius.

10. Pastikan Anda Menentukan Supplier yang Terbaik

Modal sudah siap, lokasi sudah dapat, sistem sudah terbangun, 1 hal terakhir yang bisa mempengaruhi keuntungan Anda adalah memastikan supplier yang digunakan adalah yang terbaik.

Supplier haruslah dapat dipercaya, berpengalaman, dan mampu memberikan bahan berkualitas baik.

Baca Juga :   Video Cara Memasang Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang dan Contoh Model Inspirasi

Dengan memastikan supplier yang Anda gunakan adalah yang terbaik, artinya Anda memastikan pasukan suplai yang lancar, barang berkualitas yang membuat pelanggan puas, dan reputasi yang dikenal baik di lingkungan Anda.

baja ringan

baja ringan

Tips Cara Memulai Bisnis Baja Ringan di Pasaran

Baja Ringan Paling Di Cari Di Setiap Konstruksi

Pertama kali masuk ke Indonesia, sekitar tahun 2005, baja ringan dikenalkan sebagai barang yang menggantikan peran kayu dalam kegiatan konstruksi bangunan.

Namun sekarang, di setiap pekerjaan konstruksi, baja ringan adalah salah satu material yang paling banyak dicari. Mereka sudah mulai menyadari bahwa baja ringan bukan sekadar pengganti, tapi punya segudang kelebihannya sendiri.

Secara singkat, beberapa keuntungan yang membuat baja ringan laris manis adalah baja ringan lebih mudah didapatkan. Tidak seperti kayu yang jalur distribusinya panjang, baja ringan bergerak dari pabrik ke Anda sebagai distributor dan pelanggan. Ini membuat harganya jauh lebih murah tapi tetap berkualitas mutunya.

Permintaan Selalu Ada, Barang Tidak Akan Kadaluarsa

Material konstruksi adalah kebutuhan primer manusia, tentunya ini memastikan selalu ada kebutuhan untuk pembangunan dan permintaan yang terjaga.

Apalagi di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan ekonomi yang membutuhkan banyak sekali gedung-gedung hingga rumah. Dimana mereka akan mencari bahan bangunannya? Tentu di Anda.

Sehingga apabila ada permintaan yang membludak, tidak perlu lagi dikhawatirkan, sebab kebutuhannya sangat tinggi dan terjaga.

Meskipun sama sama kebutuhan primer, baja ringan tidak seperti makanan. Tidak ada kadaluarsa yang memaksa barang harus keluar dalam waktu singkat.

Tak perlu khawatir soal angka penjualan hari ini, karena besok semua peluang masih tersedia tanpa ada yang perlu dikhawatirkan.
Keuntungannya Berlipat

Jika permintaan selalu ada, barang tak pernah kadaluarsa, bagaimana keuntungannya? Tentu, bisnis harus berorientasi pada hasil, dan baja ringan adalah berorientasi pada keuntungan, dan baja ringan adalah pilihan yang tepat.

Dibandingkan modalnya, semua harga jual produk baja ringan dipasaran punya margin yang besar. Ini lah yang membuat keuntungan terus mengalir ke Anda.

Karena alasan ini banyak yang mau mengeluarkan ratusan juta untuk modal usaha bahan bangunan, karena ternyata bisnis ini juga berjalan cukup menyenangkan dan menenangkan.

Semoga bermanfaat,

Tips Cara Memulai Bisnis Baja Ringan di Pasaran, Hubungi kami :

Phone / WA / SMS :

Agung : +6287824591024
Frenddy : +6285262899524
Alex : +628118200309
Hendry Zaputra : +6285216011122

https://linktr.ee/hanlex