Tips Cara Memilih dan Merawat Bahan Galvalum. Ada 3 jenis besi yang tergolong sebagai galvalum, yakni Hollow Galvalum,Reng Baja Ringan dan Kanal C Galvalum. Galvalum berbahan dasar baja ringan yang dilapisi aluminium, silikon dan seng (zinc) dengan masing-masing komposisi 55% aluminium, 1,5% silikon dan 43,5% seng.

Di Indonesia sendiri, sebagai negara yang rawan terjadi gempa sangat direkomendasikan menggunakan bahan bangunan jenis ini untuk meminimalisir kerusakan dan kerugian.Jika ingin membangun atau merenovasi rumah menggunakan galvalum, patut untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan galvalum terlebih dahulu. Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan galvalum yang bisa menjadi bahan pertimbangan.

Tips Cara Memilih dan Merawat Bahan Galvalum

Bahan bangunan galvalum adalah salah satu jenis baja ringan yang banyak digemari oleh masyarakat karena materialnya yang kokoh. Tidak heran jika jenis ini menjadi populer di kalangan orang-orang yang ingin membangun rumah. Selain itu, ukuran galvalum juga tersedia dalam banyak pilihan.

Komposisi itu untuk melapisi dan melindungi baja dari oksidasi sehingga tidak mudah berkarat. Kata galvalum sendiri berasal dari komposisinya yaitu galvanis dan aluminium. Inovasi atap modern ini pada mulanya berasal dari Jepang, namun saat ini telah banyak digunakan di berbagai negara. Di Jepang, galvalum ini digunakan untuk mengatasi dampak gempa yang cukup sering terjadi di sana.

Kelebihan

Menggunakan galvalum akan merasakan beberapa keuntungan. Selain sifatnya yang ringan, ada faktor-faktor lain yang mendukung galvalum yang patut menjadi pilihan.

1. Anti Lapuk

Dilihat dari bahan dasarnya saja yaitu baja, sudah jelas bahwa galvalum ini akan terhindar dari serangan hama. Bahan lain seperti material kayu, tripleks atau tanah liat seringkali menjadi sasaran rayap. Dengan sifatnya yang tidak mudah lapuk membuat galvalum awet dan memiliki umur panjang sehingga tidak perlu repot gonta-ganti. Selain itu, perawatan dari baja ringan juga lebih mudah daripada jenis yang lain.

2. Lebih Hemat

Dikatakan lebih hemat karena sifatnya tahan lama, tidak perlu sering-sering mengeluarkan biaya untuk renovasi. Galvalum sengaja dirancang sebagai bahan dengan daya tahan lama.

3. Lebih Ringan

Sesuai dengan namanya yaitu baja ringan, galvalum memiliki massa yang ringan. Berat jenis tentu saja berpengaruh terhadap rangka yang dipasang. Semakin ringan, maka struktur rangka akan semakin awet. Namun jangan salah, meskipun memiliki sifat yang ringan, dimensi galvalum telah dirancang memiliki daya lindung yang begitu kuat.

Tips Cara Memilih dan Merawat Bahan Galvalum

Kekurangan Galvalum

Bukan hanya kelebihannya saja, namun bahan ini memiliki kekurangan. Meskipun tidak mudah berkarat dan cenderung awet, namun ternyata atap ini juga mudah menyerap panas. Berikut beberapa kekurangan galvalum yang harus Anda ketahui.

Baca Juga :   Inilah Kelebihan Baja Ringan untuk Rangka Kanopi, Biaya Sangat Terjangakau

1. Sangat Mudah Panas

Material galvalum seperti aluminium merupakan konduktor panas, karena itu jika Anda menggunakan atap ini jangan heran jika rumah Anda akan terasa sedikit panas. Disarankan untuk menambah material yang bisa meredam panas jika Anda menggunakan atap jenis ini.

2. Berisik

Karena materialnya yang ringan dan tipis, tak heran jika terdapat benda yang jatuh ke atap akan terdengar dengan keras. Apalagi ketika hujan, maka akan terdengar suara hujan yang cenderung berisik. Rintik hujan yang jatuh ke atap jenis galvalum ini akan terdengar lebih keras.

3. Mudah Pudar

Galvalum tersedia dalam berbagai variasi warna, namun harus ingat bahwa warna pada galvalum mudah pudar. Hal ini dikarenakan warna tersebut bukanlah warna asli dari bahan materialnya.Dalam memilih membaut bahan galvanis, galvalum atau aluminium dapat tahan lama (tidak pudar).

Salah satu problematika bila orang bikin pagar, kanopi, rangka dan lain-lain yang berbahan dasar hollow galvalum, galvanis dan Aluminium adalah kesulitan cari cat yang cocok. Bila dipakai cat umum dipasaran seringkali mengelupas.

Ada beberapa merek cat galvalum yang bisa jadi pilihan. Saat akan memilih cat galvalum, Anda perlu membandingkan dengan pilihan lainnya untuk mendapat kualitas cat yang terbaik.

Perbandingan harga juga diperlukan untuk mengetahui kisaran biaya pengecatan yang diperlukan. Akan lebih baik jika dapat menemukan cat dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau. Dalam artikel ini, ada beberapa merek cat yang bisa digunakan untuk melapisi galvalum.

Tips Cara Memilih dan Merawat Bahan Galvalum

Agar kualitas galvalum tetap terjaga dengan baik, pengecatan adalah salah satu cara yang cepat dan tepat untuk dilakukan. Untuk mendapat hasil yang berkualitas, Anda bisa menggunakan salah satu dari beberapa merek cat berikut ini.

1.  Propan Primtop Synthetic Anti Corrosion 2 in 1

Propan Primtop Synthetic Anti Corrosion 2 in 1 ini adalah Produk cat khusus besi dari Propan yang bisa menjadi pilihan untuk Anda yang membutuhkan pewarna galvalum. Penggunaan cat ini cukup praktis karena dapat digunakan sebagai cat dasar dan cat akhir atau top coat.

Jika Anda menggunakan cat Propan Primtop Synthetic Anti Corrosion 2 in 1 ini, proses pengecatan dapat dilakukan secara sekaligus pada media yang akan diwarnai. Cat ini juga efektif digunakan untuk menghadapi kemunculan karat, karena cat ini mengandung pigmen antikarat sebagai salah satu komponennya.

Baca Juga :   Harga Coil Baja Ringan Maret 2024, Update Terbaru

Cat Propan Primtop Synthetic Anti Corrosion 2 in 1 juga memiliki kemampuan adaptasi pada berbagai jenis cuaca dengan sangat baik. Hal ini menjadikan lapisan cat yang dihasilkan dari proses aplikasi dapat bertahan lebih lama untuk melindungi media.

2.  Mowilex Acrylic Gloss Enamel

Mowilex Acrylic Gloss Enamel adalah cat dengan bahan dasar air yang dapat diandalkan sebagai cat besi di area interior maupun exterior. Produk ini juga multifungsi karena dapat diaplikasikan pada media kayu maupun besi. Hasil aplikasi dari cat Mowilex Acrylic Gloss Enamel pada besi dapat membuat tampilan besi tampak mengkilap sehingga hasilnya dapat lebih menarik.

Mowilex Acrylic Gloss Enamel juga merupakan cat yang dilengkapi dengan komponen antikarat, sehingga pengecatan galvalum dengan cat ini akan memberikan hasil yang optimal, dan tentunya lebih terlindungi dari resiko serangan karat.

Cat ini juga awet dan dapat bertahan lama jika diaplikasikan, karena lapisan catnya tidak mudah terkelupas. Daya sebar dari cat Mowilex Acrylic Gloss Enamel juga luas, sehingga dapat lebih mempercepat dan juga mempermudah proses pengecatan dilakukan.

3.  Orchid Enamel Paint

Selanjutnya ada produk Orchid Enamel Paint yang termasuk cat water based serbaguna. Produk ini adalah multipurpose water based acrylic enamel paint yang aman, tidak beracun (non-toxic) dan ramah lingkungan.

Anda bisa menggunakan cat ini untuk melapisi berbagai media, di antaranya, kayu, plywood, besi, seng, galvalum, dan berbagai media lainnya yang dapat digunakan untuk kebutuhan interior maupun eksterior

Anda dapat menggunakan produk ini dengan mudah dan cepat, hanya membutuhkan air bersih sebagai bahan pengencernya. Memiliki 16 pilihan warna menarik, Anda tentu dapat mengandalkan cat Orchid Enamel Paint untuk melapisi galvalum. Cat Orchid juga memiliki ketahanan yang baik terhadap pengaruh cuaca, tahan terhadap air dan juga memiliki kandungan bahan antikarat.

Tak hanya itu, cat Orchid Enamel Paint memiliki lapisan film yang kuat sekaligus fleksibel, sehingga tidak mudah terkena goresan dan tidak mudah luntur pula. Kondisi galvalum akan lebih terlindungi dengan baik jika Anda menggunakan cat Orchid untuk melapisinya.

Sebagai cat kayu, Orchid Enamel juga dilengkapi dengan bahan antijamur yang akan melindungi kayu dari serangan jamur. Anda dapat menggunakan produk ini sebagai perlindungan lengkap dan mudah untuk media termasuk untuk melapisi galvalum.

4.  Avian High Gloss Enamel

Merek Avian sebagai produsen cat sudah banyak dikenal juga mempunyai produk andalan untuk melapisi galvalum. Produk Avian High Gloss Enamel ini dapat diandalkan untuk diaplikasikan pada area luar ruangan maupun di dalam ruangan. Cat besi Avian dibuat dengan bahan dasar alkyd yang juga dapat digunakan untuk bahan dasar cat kayu.

Baca Juga :   Coil Galvalum Tidak Cocok di Kandang Hewan, Simak Ulasannya

Avian High Gloss Enamel ini dapat digunakan untuk melindungi media dari serangan karat, rayap, atau jamur. Cat ini juga tahan terhadap pengaruh cuaca, termasuk terik matahari dan juga hujan. Namun, yang menjadi fokus dan keunggulan utama dari cat ini tetap pada hasil akhirnya yang halus dan mengkilap.

5.  Seiv Wrought Iron Paint

Bagi Anda yang sedang mencari merek cat untuk galvalum dengan ketahanan yang baik terhadap cuaca maupun segala kondisi, cat Seiv Wrought Iron Paint ini bisa jadi alternatif. Produk ini mampu melindungi besi maupun media sejenis besi dari pengaruh sinar UV ataupun pengaruh cuaca ekstrem lainnya.

Lapisan warna dari pengaplikasian cat Seiv dapat bertahan lebih lama, tentunya dengan tetap menampilkan keindahan dari segi tampilan bagi siapa saja yang melihat hasil aplikasinya.

6.  Cat Envi Anti Corrosive Primer

Ada lagi merek cat besi yang dilengkapi dengan bahan anti karat yang cocok digunakan untuk melapisi galvalum, yaitu cat Envi Anti Corrosive Primer.

Produk ini mengandalkan bahan alkyd sintetik yang dipadukan dengan pigmen khusus dengan kualitas tinggi, sehingga membuatnya memiliki ketahanan yang baik terhadap pengaruh karat dan juga sinar UV dari matahari. Perlindungan terhadap korosi memang menjadi focus utama dari pengaplikasian cat ini.

Jika mengaplikasikan cat Envi Anti Corrosive Primer ini, proses kering jadi lebih cepat. Daya sebar dari penggunaan cat Envi Anti Corrosive Primer pada media besi dan sejenisnya juga cukup luas, sehingga membuat proses pengecatan juga dapat berjalan lebih cepat dan hemat.

Cat Envi Anti Corrosive Primer tentu sangat cocok untuk diaplikasikan pada galvalum. Terlebih pada galvalum yang digunakan sebagai material atap dan sering bersentuhan langsung dengan hujan maupun teriknya sinar matahari.

Tips Cara Memilih dan Merawat Bahan Galvalum

Semoga bermanfaat!