Tips Cara Menghitung Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan. Fungsi kanopi sendiri adalah sebagai atap tambahan guna melindungi bagian rumah dari berbagai cuaca. Umumnya, kanopi dipasang di sisi rumah, balkon, teras, maupun sebagai atap garasi dan digunakan untuk carport.

Merakit kanopi baja ringan terbilang mudah dibandingkan material lain, karena menggunakan baut khusus sehingga tak perlu dilas seperti material besi. Bobotnya ringan, hanya membutuhkan 2 atau 3 orang tukang saja, dengan pemasangan yang mudah dan cepat untuk menghemat biaya yang dikeluarkan. Material baja ringan juga ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau untuk penggunaan jangka panjang.

Tips Cara Menghitung Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan

Belakangan ini, kanopi baja ringan makin dikenal dan banyak digunakan. Harga yang terjangkau untuk jangka panjang serta kualitas yang tidak perlu diragukan membuat kanopi baja ringan lebih banyak dipilih dibandingkan material lain.

Setidaknya, ada tiga keunggulan yang bisa dinikmati jika menggunakan kanopi baja ringan, seperti berikut.

Tidak mengalami muai dan susut

Baca Yuk :

Kanopi baja ringan memiliki ketahanan yang kuat terhadap perubahan cuaca. Berbeda dengan kebanyakan material lainnya, kanopi baja ringan tidak mengalami muai dan tidak menyusut terhadap perubahan cuaca. Bentuk kanopi baja ringan juga tak akan berubah dan tetap pada bentuk aslinya, sehingga tidak mengurangi nilai estetika dan keamanan.

Anti karat dan anti rayap

Tidak seperti material besi yang akan berkarat seiring waktu, baja ringan merupakan material yang anti karat karena dilapisi galvalume, pelapis anti karat yang terbuat dari karbon, zinc dan aluminium zinc. Selain itu, baja ringan juga terbuat dari material yang tidak mudah lapuk dan tidak dapat dimakan rayap.

Adapun baja ringan memiliki beragam jenis, termasuk baja ringan truss, baja ringan kanal C, baja ringan reng, dan baja ringan hollow. Baja ringan truss umumnya berfungsi sebagai rangka atap yang akan menopang genteng, biasanya digunakan sebagai penguat tiang kuda-kuda. Baja ringan jenis ini sangat kuat dan kokoh karena memiliki ketebalan 0,75-1 mm.

Selanjutnya, baja ringan kanal C berfungsi Fungsi sebagai rangka atap atau kanopi rumah. Baja ringan jenis ini termasuk kuat karena bisa menahan atap rumah, kanopi dan langit-langit rumah.

Sementara, baja ringan reng merupakan jenis baja ringan bentuk bilah-bilah. Pada umumnya, baja ringan jenis reng dipasang melintang untuk menahan atau sebagai sangkutan genteng. Reng terbuat dari bahan zinc tahan karat, sekalipun di tengah cuaca tropis di Indonesia.

Terakhir, baja ringan hollow berbentuk seperti balok dengan ujung berbentuk persegi dan bagian dalam kosong. Terbuat dari bahan galvanis, baja ringan jenis ini biasanya berfungsi sebagai bahan baku pembuatan atap, kanopi maupun plafon rumah.

Setiap jenis baja ringan memiliki ukuran dengan ketebalan yang beragam. Umumnya, ketebalan baja ringan berkisar 0.6-1 mm. Baja ringan harus memiliki standar tebal agar mampu menopang beban tekanan, terpaan angin dan cuaca ekstrim agar baja ringan tetap kokoh dan dapat melindungi bangunan serta penghuni di dalamnya.

Tips Cara Menghitung Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan

Bluescope(Foto: dok. Bluescope)

Model Kanopi Baja Ringan

Terkait model kanopi baja ringan, ada sejumlah model yang bisa dipilih dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan rumah. Beberapa model kanopi baja ringan, antara lain kanopi baja ringan atap transparan yang membuat rumah terasa lebih natural. Model jenis ini sangat cocok untuk jenis rumah bergaya modern minimalis, karena terlihat elegan dan indah.

Berikutnya, ada kanopi baja ringan atap melengkung yang menambah keunikan rumah. Model yang bisa dipasang di teras depan maupun teras belakang rumah ini layak dicoba untuk Anda yang menyukai desain rumah yang tidak biasa.

Lalu ada pula kanopi baja ringan tiang V. Tampilan rumah bakal menjadi inovatif dan lebih menarik, karena jenis tiangnya yang panjang akan menambah kesan estetik pada rumah. Sementara, kanopi baja ringan minimalis lebih sederhana dan cocok untuk tipe rumah mungil mudah ditemui di tiap rumah. Biasanya, model kanopi baja ringan tiang V berfungsi melindungi garasi rumah.

Tips Cara Menghitung Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan

Cara Hitung Estimasi Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan

Menghitung estimasi biaya pasang kanopi baja ringan perlu dilakukan agar tidak melebihi budget yang dimiliki. Tak dapat dipungkiri, harga baja ringan dapat berubah setiap tahun.

Bagaimana cara hitung estimasi biaya pemasangan kanopi baja ringan? Dengan panjang atap kanopi 5 meter dan lebar 4 meter, maka luas kanopi baja ringan yang dibutuhkan yaitu panjang x lebar x cos sudut kemiringan.

Jika sudah mengetahui luas kanopi baja ringan, kemudian dikali sesuai dengan harga baja ringan yang akan digunakan. Namun agar lebih mudah, Anda dapat menggunakan kalkulator kanopi baja ringan BlueScope Zacs®. Berikut estimasi biaya pemasangan kanopi baja ringan BlueScope Zacs® tahun 2022.

Bluescope(Foto: dok. Bluescope)

Dengan fungsi penting melindungi dari berbagai cuaca, kanopi baja ringan menjadi salah satu bagian vital dari sebuah rumah. Agar keamanan dan kenyamanan penghuni rumah tetap terjaga, pilihlah material baja ringan dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), misalnya baja ringan dan atap baja ringan dari BlueScope Zacs® yang tidak perlu diragukan lagi kualitas dan ketahanannya. Selain itu, terdapat berbagai varian warna yang cantik dan natural, membuat kanopi baja ringan menjadi pelengkap rumah yang indah dan estetik.

Tips Cara Menghitung Biaya Pasang Kanopi Baja Ringan

Semoga bermanfaat

Baca Yuk :