Tips Desain Kanopi Dapur Terbuka Belakang Rumah. Dapur juga bisa diposisikan di teras belakang rumah. Dapur belakang ini bisa dilengkapi dengan atap kanopi di atasnya. Ini bertujuan, supaya dapur belakang terhindari dari panas dan hujan. Adanya kanopi juga dapat membantu pencahayaan dapur belakang indoor.

Dapur paling sering diletakkan di belakang rumah. Posisinya bisa terpisah dari interior utama, untuk menunjang kenyamanan rumah yang bebas dari asap dan panas dari proses memasak. Selain digunakan sebagai dapur biasa untuk memasak, namun juga bisa digunakan untuk kegiatan berkumpul dengan keluarga dengan makan-makan bersama di halaman belakang.

Tips Desain Kanopi Dapur Terbuka Belakang Rumah

Memiliki dapur di halaman dengan konsep semi terbuka akan membuat kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan. Terlebih jika lahan rumah cukup luas dan desain dapur yang bagus akan menarik perhatian siapa saja yang melihatnya. Yang ingin membuat dapur terbuka tapi kebingungan mencari desain kanopi yang tepat. Yuk simak desain kanopi untuk dapur terbuka di rumah lewat ulasan di bawah ini!

Bila Anda berniat memasang kanopi di area dapur, Anda bisa menyimak ulasan Desain Kanopi Dapur Belakang Rumah sebagai inspirasi untuk dapur di rumah Anda.

1. Desain Kanopi Seng dan Galvalum

Dapur belakang yang berada di luar rumah, baiknya memang dilengkapi adanya kanopi. Desain kanopi akan melindungi aktivitas memasak dari terik dan panas matahari. Anda bisa memilih kanopi dengan kombinasi atap seng dan atap galvalum seperti dapur di atas. Atap ini disangga oleh rangka kayu dan baja ringan, yang cukup kuat untuk menahan kontruksi atap kanopi.

Baca :   Coil Galvalume Padang

2. Kanopi Atap Kaca Semi Transparan

Kanopi dengan atap kaca semi transparan sangat cocok untuk digunakan pada dapur terbuka. Meski tidak dapat melihat langit dengan jelas, kanopi dengan atap semi transparan akan membuat dapur.

Tips Desain Kanopi Dapur Terbuka Belakang Rumah

3. Desain Kanopi Atap Spandek Transparan

Kanopi untuk dapur belakang rumah, tak harus dibuat dalam ukuran layaknya kanopi teras atau carport. Sesuaikan dengan dana dan bagaimana kebutuhan cahaya alami untuk menerangi area dapur. Anda dapat memasang kanopi berukuran minimalis seperti di atas. Model atap yang dipilih dapat menggunakan atap spandek bening yang dapat menyalurkan cahaya ke dalam ruangan.

4. Kanopi dengan Atap Kaca Transparan

Atap kaca atau yang sering disebut juga dengan skylight merupakan salah satu pilihan atap yang bisa digunakan pada dapur terbuka Pins. Kanopi dengan atap kaca transparan sudah sering digunakan pada rumah-rumah modern di luar negeri.

5. Desain Kanopi dengan Atap Polycarbonate

Dapur modern ini menggunakan kanopi dengan atap polycarbonate solartuff greca. Warna atap dipilih dalam warna abu-abu, sehingga menghasilkan sinar matahari yang lebih lembut dan tidak menyilaukan. Polycarbonate dapat menyaring panas dengan sangat baik, dapur pun tidak terasa terlalu panas, bahkan saat memasak di siang hari.

Salah satu kanopi yang sering digunakan pada dapur terbuka lainnya adalah polycarbonate. Kanopi yang satu ini sangat cocok digunakan sebagai pengganti atap untuk dapur terbuka.

Baca :   Jual Plat Coil Galvanis Kabupaten Langkat

Polycarbonate akan membuat cahaya matahari mudah masuk ke dalam dapur dan bahannya yang kurang tebal akan membuat hangatnya sinar matahari lebih terasa di dapur. Dengan menggunakan polycarbonate, budget yang dikeluarkan akan lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan atap kaca.

Tips Desain Kanopi Dapur Terbuka Belakang Rumah

6. Kanopi Rangka Kayu dan Atap Semi Transparan

Penggunaan atap semi transparan memang biasa digunakan pada dapur-dapur semi terbuka. Selain untuk melindungi dapur saat turunnya hujan, dengan atap semi transparan ini memudahkan cahaya matahari masuk ke dalam dapur.

7. Desain Kanopi Seng untuk Dapur Ungu 

Dapur ungu yang menggemaskan ini tentu tak lengkap tanpa kanopi di atasnya. Model kanopi bisa menggunakan atap seng dengan rangka kayu. Atap seng memang cenderung lebih berisik, tapi dengan harga yang terjangkau atap seng memiliki desain yang ringan, tahan karat dan mudah dipasang. Bila dipasang cukup tinggi, dapur dengan kanopi seng tidak terasa terlalu panas.

8. Kanopi Dapur Terbuka dengan Aksen Kayu

Material kayu memang telah banyak digunakan sejak dulu sebagai atap rumah. Terutama pada rumah-rumah adat di Indonesia. Kayu juga bisa Pins gunakan sebagai atap dapur kanopi. Material kayu akan menampilkan kesan natural dan fresh yang akan membuat kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, penggunaan kayu juga akan membuat dapur lebih sejuk dan memiliki tampilan minimalis yang cukup modern. Mengingat penggunaan aksen kayu semakin banyak pada desain-desain properti modern.

Baca :   Ide Garasi Mobil dari Baja Ringan

9. Dapur Modern dengan Kanopi Fiber Transparan

Kanopi dengan atap fiber transparan yang dipasang maksimal seperti ini, dijamin akan membuat dapur selalu terang dari pagi sampai sore hari. Tinggal tambahkan lampu untuk penerangan di malam hari. Bila ingin dapur dengan kanopi transparan yang penuh, pastikan memilih lembaran atap yang cukup tebal dan sudah pasti aman untuk pemakaian jangka panjang.

10. Kanopi Beton

Rekomendasi kanopi untuk dapur terbuka selanjutnya adalah kanopi dari beton. Beton merupakan material yang sangat kuat sehingga akan membuat tampilan dapur Pins sangat kokoh. Selain itu, dengan menggunakan beton, atap rumah menjadi terlihat lebih modern.

Atap beton telah banyak digunakan pada rumah-rumah minimalis modern dan membuat atap lebih awet dan tahan lama. Tidak hanya itu, atap beton juga mampu menahan hangatnya cahaya matahari sehingga dapur tetap terasa sejuk meski matahari sedang terik.

Terimakasih telah menyimak artikel ini sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

Tips Desain Kanopi Dapur Terbuka Belakang Rumah

Sumber : https://www.helloshabby.com/