Jenis dan Model Atap Rumah untuk Inspirasi Hunian Anda. Memilih atap rumah tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena setiap spesifikasi dari atap sangat menentukan sekali. Nah, agar Anda bisa memilih atap rumah yang terbaik, berikut ini serba-serbi atap yang perlu Anda ketahui, dikutip dari Rumah.com, portal properti terdepan di Indonesia.


Baca Yuk :

Meski tempatnya ada di bagian paling atas dan hanya sekitar 20 persen dari keseluruhan tampilan eksterior rumah, desain atap sangat memengaruhi kesan dari rumah secara keseluruhan. Karena itu, sebaiknya Anda memikirkan dengan matang pemilihan desain atap rumah sebelum proses pembangunan rumah.

Fungsi Atap Rumah

Atap adalah salah satu fundamental yang paling penting bagi setiap bangunan. Tidak ada rumah atau bangunan yang dibuat tanpa memiliki atap sama sekali. Fungsi utama dari atap adalah untuk memberikan perlindungan bagi siapa saja yang berada di dalam bangunan terhadap berbagai bentuk elemen berbeda, seperti sengatan sinar matahari hingga turunnya air hujan. Jadi bisa disimpulkan bahwa atap memiliki peran layaknya sebuah payung yang bertugas untuk melindungi siapapun yang sedang mengokupansi bangunan atau berada di dalamnya.

Bagian-Bagian Atap Rumah
Dalam membangun atap rumah, terdapat beberapa bagian penting agar atap tersebut bisa dibangun secara sempurna. Di bawah ini adalah beberapa bagian atap rumah yang menjadikannya kuat secara struktural:

  • Kuda-kuda merupakan bagian utama yang berfungsi sebagai penopang dari rangka atap yang umumnya terbuat dari balok kayu.
  • Gording merupakan balok kayu yang terletak pada bagian atas dari kuda-kuda. Gording memiliki fungsi untuk menyangga komponen atap lain dan menghubungkannya dengan kuda-kuda.
  • Usuk merupakan sebuah balok yang dipasang secara melintang pada bagian atas dari sebuah gording di atap.
  • Reng merupakan sebuah kayu melintang yang berfungsi sebagai pengait dan menahan penutup atap yang akan digunakan, seperti genteng dan yang lainnya.
  • Lisplang Tirisan merupakan papan tegak yang diletakkan dan terpasang pada bagian bawah dari kasau agar susunannya tetap sesuai dan tidak mengalami perubahan.
  • Lisplang Ujung Gevel merupakan papan tegak yang berfungsi untuk melindungi gording dari air hujan dan sengatan sinar matahari.
  • Penutup atap adalah bagian paling atas dan terakhir pada atap rumah. Penutup atap ini memiliki fungsi untuk mencegah agar air hujan dan sengatan sinar matahari tidak masuk ke dalam rumah.




Jenis dan Model Atap Rumah
Ketika membangun rumah, memilih jenis dan model atap adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan, karena jika Anda salah dalam memilih, bisa merusak tampilan dari rumah yang hendak dibangun. Di bawah ini adalah beberapa jenis dan model atap rumah yang bisa Anda gunakan sebagai referensi ketika ingin membangun rumah:

1. Atap Pelana

 

 

Atap Pelana. (Roofing Material)
Atap Pelana. (Roofing Material)

Jika melihat bentuk dari atap pelana, tentu saja mirip sekali dengan pelana kuda. Atap tersebut memiliki dua bagian sisi yang miring dan sisi lainnya berupa dinding segitiga. Kemiringan dari atap ini juga berada pada sekitar 30 derajat untuk membuat sebuah ruang di dalam plafon.

2. Atap Model Limas

Atap Model Limas. (Stoltzfus Structures)
Atap Model Limas. (Stoltzfus Structures)

Atap dengan model limas memiliki dua bidang dengan bentuk segitiga dan bertemu pada sebuah garis jurai. Dua bidang yang lainnya mempunyai bentuk trapesium yang kembali bertemu pada sebuah bubungan atas.



3. Atap Gergaji

Atap Gergaji. (Foto: Architizer)
Atap Gergaji. (Foto: Architizer)

Atap model gergaji cukup jarang ditemui pada bangunan perumahan pada umumnya. Atap model ini lebih sering dijumpai pada bangunan seperti pabrik ataupun gudang. Bentuknya yang sangat unik ini seringkali menjadi pilihan karena desainnya yang sangat menarik.

4. Atap Datar Modern

atap datar modern. (Foto: Pickard Roofing)
atap datar modern. (Foto: Pickard Roofing)

Ketika membangun rumah minimalis, desain dari atap akan sangat menentukan tampak dari rumahnya. Saat ini atap datar modern tengah menjadi tren terbaru yang menjadikan rumah bisa terlihat lebih minimalis dan terlihat sangat menarik.

5. Atap Sandar

atap datar modern. (Foto: Pickard Roofing)
atap datar modern. (Foto: Pickard Roofing)

Ada banyak rumah yang mengadopsi model sandar karena bisa membuatnya tampilan rumah bisa terlihat kontemporer dan unik. Atap sandar ini memiliki model satu bidang atap yang menempel pada tembok vertikal dan membuat tampak rumah seolah menjadi asimetris.

6. Atap Kubah

Atap kubah. (Foto: Pfeifer Roofing)
Atap kubah. (Foto: Pfeifer Roofing)

Atap dengan bentuk kubah lebih sering ditemui pada bangunan seperti Masjid atau Gereja. Namun saat ini sudah mulai banyak rumah bergaya modern ranch yang menggunakan atap model kubah agar terlihat unik dan menarik.




7. Atap Bonnet

Atap Bonnet (Foto: Houzz)
Atap Bonnet (Foto: Houzz)

Di Indonesia, ada banyak rumah adat yang mengadopsi model atap bonnet. Salah satu rumah adat tradisional yang mengadopsi model atap ini adalah rumah Joglo. Atapnya yang bertingkat memiliki bagian bawah yang menjorok keluar sebagai langkah untuk mencegah tampias air hujan masuk ke dalam rumah.

Demikianlah serba-serbi atap rumah beserta contoh modelnya. Sesuaikan terlebih dahulu atap yang ingin Anda gunakan sebelum memutuskan untuk menetapkan desain rumah yang diinginkan agar tampilannya bisa menjadi lebih senada.

Jenis dan Model Atap Rumah untuk Inspirasi Hunian Anda

Baca Yuk :