Video Cara Memasang Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang dan Contoh Model Inspirasi. Jika Anda ingin menciptakan sebuah kanopi yang berbeda dan unik, maka kanopi tanpa tiang bisa menjadi pilihan yang tepat. Berikut ini terdapat berbagai inspirasi model kanopi tanpa tiang yang menarik dan keren yang dapat menjadi referensi Anda.

Punya lahan rumah terbatas, tapi ingin menambahkan kanopi? Anda bisa menggunakan desain kanopi tanpa tiang yang minimalis. Kanopi tanpa tiang menjadi pilihan yang populer karena desainnya yang minimalis dan hemat tempat. Tanpa menggunakan tiang sebagai penopang, kanopi ini memberikan kesan melayang yang estetis dan modern.

Punya sifat anti karat tapi juga kuat, membuat baja ringan populer sebagai kanopi. Tapi bisakah membuat kanopi baja ringan tanpa tiang? Bisa kok, Ini caranya!

Video Cara Memasang Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang dan Contoh Model Inspirasi

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda memulai untuk membuat kanopi baja ringan tanpa tiang.

Fungsi utama Kanopi adalah sebagai peneduh halaman rumah Anda, namun kanopi juga punya peruntukannya sendiri. Apakah kanopi ini banyak digunakan untuk tempat bersantai di halaman rumah, carport / tempat parkir, atau bagian pintu masuk.

Berikut adalah beberapa inspirasi model kanopi minimalis tanpa tiang di berbagai desain bangunan.

Perhitungan Yang Matang

Sebelum pemasangan dimulai, bahkan sebelum bahan dibeli, langkah penting pertama yang perlu dilakukan adalah perhitungan yang matang.

Mulai dari menghitung luas daerah yang akan tertutup oleh atap, menghitung total bahan yang akan digunakan, hingga menghitung total anggaran.

Baca Juga :   Cara Memilih Coil Galvalume Yang Baik, Merk Coil Galvalume Apa?

Dalam membuat kanopi baja ringan, total bahan yang kita hitung ada beberapa aspek.

Pada artikel ini, kita akan menghilangkan kebutuhan pembuatan tiang kanopi, tapi Anda tetap perlu fokus untuk kebutuhan lainnya.

Seperti perhitungan kebutuhan pembuatan rangka atap kanopi, perhitungan total jumlah atap yang digunakan, hingga pembuatan jalur air bila diperlukan.

Setelah semua perencanaan matang, maka selanjutnya adalah perhitungan anggaran dari jenis atap apa yang akan digunakan hingga biaya pemasangan.

Video Cara Memasang Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang dan Contoh Model Inspirasi

Peralatan Yang Dibutuhkan

Setidaknya, berikut peralatan yang dibutuhkan untuk memasang kanopi baja ringan:

  • Mata bor listrik

  • Mata bor khusus untuk baut baja ringan

  • Baut khusus baja ringan

  • Meteran

  • Penggaris siku

  • Gunting khusus baja ringan

Perlu diperhatikan juga, walaupun tidak sulit, namun pemasangan baja ringan punya tekniknya tersendiri.

Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan seperti bengkok atau penyok pada material baja ringan selama pengerjaan.

Cara Membuat Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang, langsung kita bahas :

1. Dibuat dengan Penyangga Bawah

Solusi pertama kanopi baja ringan tanpa tiang adalah membuat penyangga di bawahnya.

Memang pada prinsipnya kanopi ini tetap menggunakan tiang, namun tidak dipasang tegak berdiri ke tanah.

Meskipun terlihat penyangganya menempel ke tembok, Anda harus memahami bahwa struktur ini berpegangan pada kolom. Sehingga diperlukan kolom yang kokoh dan kuat.

Baca Juga :   Contoh Desain Kanopi Balkon Lantai 2 yang Minimalis dan Estetik

Teknik ini bisa Anda gunakan dengan mempertimbangkan besaran dan bobot kanopinya itu sendiri. Namun karena menggunakan baja ringan, beratnya bisa sedikit berkompromi.

2. Dibuat dengan Penyangga Atas

Sama seperti teknik sebelumnya, kanopi baja ringan tanpa tiang berikutnya dibuat dengan penyangga di atas.

Teknik ini membuat kanopi sedikit terlihat lebih bersih karena penyangganya tersembunyi dibalik kanopi.

Penyangga ini masih berpegangan pada kolom. Sehingga tentu diperlukan kolom yang kokoh dan kuat dan membutuhkan perhitungan antara besaran bobot dan kekuatan kolom.

Video Cara Memasang Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang dan Contoh Model Inspirasi

3. Dibuat di antara Tembok

Jika lokasi penempatan kanopi yang Anda inginkan memiliki dua tembok dengan tinggi yang sama, Anda bisa memanfaatkannya.

Dengan cara ini, Anda bisa leluasa memiliki kanopi tanpa tiang, dengan catatan tembok mampu menopang beban kanopi.

4. Kanopi gantung tanpa tiang

Kanopi gantung tanpa tiang adalah sebuah solusi yang kreatif untuk memberikan perlindungan dari sinar matahari dan hujan tanpa memerlukan tiang sebagai penopang. Dengan model gantung ini, kanopi dapat dipasang di area terbatas seperti balkon atau teras yang tidak memiliki cukup ruang untuk menempatkan tiang. Kanopi gantung juga memberikan kesan yang lebih modern dan minimalis dengan desainnya yang melayang.

5. Kanopi baja ringan tanpa tiang

Kanopi baja ringan tanpa tiang menggunakan bahan baja ringan yang kokoh namun tetap ringan sehingga dapat mengurangi beban struktur bangunan. Tanpa memerlukan tiang sebagai penopang, kanopi Alderon ini memberikan kesan yang lebih terbuka dan tidak mengganggu pemandangan sekitar. Kanopi baja ringan tanpa tiang cocok dipasang di area taman, kolam renang atau teras.

Baca Juga :   Tips Memasang Kanopi Baja Ringan

6. Kanopi hollow tanpa tiang

Kanopi hollow tanpa tiang menggunakan bahan hollow yang kokoh dan tahan lama. Dengan desainnya yang minimalis dan modern, kanopi ini memberikan kesan yang lebih elegan dan bersih. Tanpa menggunakan tiang sebagai penopang, kanopi hollow memberikan ruang yang lebih luas dan dapat dipasang di berbagai jenis bangunan.

7. Kanopi tanpa tiang depan

Kanopi tanpa tiang depan biasanya dipasang di bagian depan rumah atau gedung sebagai pelindung dari sinar matahari dan hujan, namun bisa juga dipasang di depan ruko/toko bahkan selasar pejalan kaki seperti pada gambar di atas.

Kesimpulan

Berikut cara membuat kanopi baja ringan tanpa tiang yang bisa Anda terapkan.

Ingat hal-hal yang harus Anda perhatikan pada bahasan kita di awal saat menentukan cara mana yang ingin Anda gunakan.

Video Cara Memasang Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang dan Contoh Model Inspirasi