Rekomendasi Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang. Inspirasi model kanopi baja ringan terbaru disertai contoh gambar terbaik ala atap perumahan modern. Karena depan adalah wajah jadi jangan salah pilih bentuk.

Seperti diketahui, saat ini ketersediaan lahan yang semakin terbatas dan cenderung mahal menjadi tantangan tersendiri. Padahal tak sedikit masyarakat ingin memiliki rumah yang bukan hanya fungsional, tetapi juga tampak menarik dengan tambahan komponen seperti kanopi.

Model Kanopi baja ringan tanpa tiang saat ini banyak digunakan sebagai pelindung untuk rumah. Kanopi berfungsi sebagai pelindung rumah dari berbagai cuaca, kendaraan, hingga menjadi dekorasi yang indah bagi rumah. Model kanopi baja ringan tanpa tiang menjadi pilihan banyak orang karena desain kanopi ini dapat menciptakan tampilan rumah yang lebih rapi dan cantik.

Rekomendasi Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang

Punya sifat anti karat tapi juga kuat, membuat baja ringan populer sebagai kanopi. Tapi bisakah membuat kanopi baja ringan tanpa tiang? Bisa kok!

Model kanopi baja ringan tanpa tiang bisa dibilang cukup digandrungi banyak orang. Pasalnya, selain mempermanis tampilan rumah, desain kanopi ini juga tetap membuat teras terlindung dari hujan maupun panas meskipun didirikan di lahan terbatas.

Kanopi tanpa tiang sebenarnya tidak benar-benar dibuat tanpa penyangga. Namun, ‘kaki’ penopang sengaja ditiadakan dan diganti dengan penahan di bagian atas maupun samping. Sehingga tiang tersebut tidak lagi mengganggu aktivitas di bawahnya dan membuat lahan terasa semakin sempit.

Selain itu, kanopi baja ringan juga menjadi solusi bagi Anda yang memiliki keterbatasan lahan sebab tidak diperlukan pemasangan tiang pada setiap sisinya. Simak ulasan mengenai baja ringan tanpa tiang berikut ini.

Fungsi utama Kanopi adalah sebagai peneduh halaman rumah Anda, namun kanopi juga punya peruntukannya sendiri. Apakah kanopi ini banyak digunakan untuk tempat bersantai di halaman rumah, carport / tempat parkir, atau bagian pintu masuk.

Kanopi yang berfungsi sebagai pelindung cuaca pada hunian memang memilki model yang bervariasi. Tidak hanya modelnya, fungsinya pun beragam.

Perencanaan dalam pembangunan, termasuk pembuatan kanopi adalah langkah penting sebelum benar-benar mewujudkannya ke dalam bentuk yang nyata.

Meskipun bukan komponen utama rumah, kanopi tanpa tiang harus tetap kuat meskipun tanpa penyangga. Berikut ini beberapa tips untuk membangunnya agar tetap aman, terutama dalam pemilihan model penyangganya.

Mulai dari melindungi kendaraan kesayangan, tempat berteduh saat berada di teras, hingga hiasan cantik di depan pintu masuk rumah. Mayoritas kanopi pasti menggunakan tiang, namun bagaimana tampilannya bila kanopi tanpa tiang dibuat?

Baca Juga :   Perbandingan Rangka Atap Baja Ringan dengan Kayu

Rekomendasi Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang

Kelebihan Desain Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang

Sebagian besar orang mungkin masih belum mengetahui berbagai kelebihan yang diberikan oleh kanopi baja ringan tanpa ringan karena berpikir bahwa hal tersebut justru membahayakan. Namun, kanopi baja ringan tanpa tiang memiliki kelebihan yang harus Anda ketahui seperti:

1. Kuat dan Awet

Baja ringan merupakan salah satu jenis baja yang cukup kuat menahan beban serta tahan dalam segala kondisi. Anda tidak perlu khawatir, model kanopi baja ringan tanpa tiang dapat terpasang kuat dan tahan pada segala kondisi cuaca baik panas maupun hujan.

2. Tidak Terhalang Tiang

Model kanopi baja ringan tanpa tiang dapat menjadi pelindung teras atau garasi rumah Anda tanpa adanya penghalang berupa tiang. Dalam beberapa kegiatan, keberadaan tiang dapat dikatakan cukup mengganggu terutama ketika tiang berada pada akses keluar masuk mobil. Kanopi baja ringan tanpa tiang ini dapat menjadi solusi garasi rumah tanpa penghalang.

3. Rumah Menjadi Lebih Luas

Apabila Anda memiliki halaman yang terbatas, model kanopi baja ringan dapat membantu memberikan ruang baru baik sebagai teras maupun garasi. Kanopi tanpa tiang dapat membuat rumah menjadi lebih luas dan nyaman.

Rekomendasi Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang

Berikut 3 rekomendasi model kanopi baja ringan tanpa tiang di bawah ini bisa menjadi inspirasi.

1. Kanopi Tanpa Tiang Kaca Buram

Model kanopi baja ringan tanpa tiang pertama hadir dari perpaduan dengan material kaca.

Kaca yang memang sedang digandungi pemakaiaannya ini pada perumahan modern, dapat membuat tampilan eksterior rumah kian menawan.

Penggunaannya pada kanopi juga bisa menjadi inspirasi. Pilihan kaca yang digunakan juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan akan penghuni.

Rekomendasi Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang

Penggunaan kanopi model seperti ini memang terlihat lebih simpel dan praktis, ruang Pun akan terlihat lebih lapang tanpa adanya tiang yang mengganggu sebagai penopang.

2. Kanopi Baja Ringan Tipe Lipat

Model kanopi baja ringan tanpa tiang tipe lipat kini juga sudah mulai banyak digunakan. Kanopi model lipat ini dalam segi pengoperasian jauh lebih praktis.

Kamu bisa dengan leluasa melipat bila cuaca sedang cerah dengan angin sepoi-sepoi menerpa wajah. Namun, bila dalam keadaan hujan, kamu bisa mengeluarkannya kembali.

Rekomendasi Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang

3. Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang Atap Kain

Selanjutnya penggunaan material kain pada kanopi. Material satu ini memang cocok ditempatkan sebagai penutup ruang terbuka pada teras ataupun tempat bersantai.

Baca Juga :   Harga Coil Galvalume per Ton Juni 2024

Motif dan warnanya Pun tentu banyak dan dapat menyesuaikan. Hal tersebut membuat pemakaiannya pada kanopi akan menambah nilai estetika bangunan.

Apalagi dengan model tanpa tiang. kamu bisa menggunakan kain membrane pada atap yang memang terkenal kuat, ringan dan mudah dalam membersihkan.

Bagi Anda yang mempunyai halaman pada bagian belakang, manfaatkan sebagai tempat bersantai dengan memasang kanopi baja ringan tanpa tiang dengan atap kain. Hal ini dapat meningkatkan nilai estetika rumah sekaligus memberikan ruang bersantai baru bersama keluarga.

5. Menempel ke Dinding Bawah

Meski tanpa disangga tiang di bagian bawah, kanopi tidak akan mudah ambruk dengan pemasangan penyangga yang menempel ke dinding bawahnya.

Trik tersebut dapat diaplikasikan, asalkan bentangan kanopi tidak terlalu memanjang ke depan, tidak bertumpu pada dinding melainkan kolom, serta struktur kolomnya kokoh.

6. Penyangga di Bagian Atas

Bentuk penyangga ini tidak dapat dibuat bermacam-macam dan biasanya terbuat dari tali baja yang memiliki struktur kuat.

Tali baja tersebut bertumpu pada kolom, kemudian dipasang pada titik-titik yang tepat pada kanopi agar tetap stabil dan tidak mudah goyah meski diterpa angin.

7. Bertumpu di Antara Dinding

Trik ini dapat diterapkan jika dinding dan pagar tembok memiliki tinggi yang sama. Asalkan kedua komponen ini kokoh, maka kanopi dapat dibuat meskipun tanpa tiang.

Dalam hal ini, rangka kanopi harus dibuat menempel pada kedua ‘penyangga’ tembok dengan perhitungan tepat agar kanopi tanpa tiang tetap kokoh.

8. Kanopi Baja Ringan Elegan

Kanopi baja ringan model elegan ini umumnya digunakan pada bagian atas teras atau pintu rumah dalam ukuran yang kecil. Model ini menambah nilai visual rumah menjadi lebih elegan sebab digunakan dengan desain yang menyesuaikan gaya rumah. Selain itu, kanopi baja ringan kecil ini juga berfungsi sebagai peredam cahaya.

9. Kanopi Baja Ringan Melengkung

Model kanopi baja ringan tanpa tiang yang melengkung ini memberikan kesan yang tidak flat dan unik. Anda dapat memadukan kanopi jenis ini dengan berbagai hiasan seperti tanaman, ornamen, lampu, dan lain sebagainya.

10. Kanopi Baja Ringan Transparan

Untuk tetap memberikan kesan yang cerah dan memberi tambahan pencahayaan untuk rumah, gunakan kanopi baja ringan dengan atap transparan. Model kanopi ini cocok digunakan pada desain rumah dengan warna terang seperti putih. Sebab, banyaknya cahaya yang masuk dan menyinari rumah akan membuat rumah tampak lebih cerah dan bersih.

11. Kanopi Baja Ringan Minimalis

Baca Juga :   Video Cara Memasang Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang dan Contoh Model Inspirasi

Kanopi baja ringan dengan model minimalis akan sangat cocok apabila digunakan pada desain rumah yang minimalis pula. Meski terlihat sederhana, kanopi baja ringan akan tetap memberikan nilai estetika yang cantik dan elegan.

12. Kanopi Baja Ringan Atap Kaca Es

Atap kaca es atau buram banyak digunakan di beberapa desain rumah elit di kota besar. Material kaca es digunakan bukan tanpa alasan, melainkan akan memberikan efek luas dan modern. Selain itu, kaca es tidak menyerap air sehingga dapat membantu menahan masuknya air rumah saat hujan.

13. Kanopi Baja Ringan Atap Kayu

Material kayu saat ini sedang banyak menjadi bahan utama dalam pembuatan rumah dan kebutuhan dekorasi. Model kanopi baja ringan atap kayu dapat Anda manfaatkan untuk menjadi sentuhan akhir pada dekorasi rumah sehingga terlihat lebih sempurna. Disarankan untuk membuat kanopi baja ringan tanpa tiang atap kayu pada bagian atas pintu dan teras.

14. Kanopi Baja Ringan Laser Cut

Tidak berkenan dengan model atap yang tertutup sepenuhnya? Kanopi baja ringan laser cut dapat menjadi pilihan untuk atap kanopi baja ringan Anda. Laser cut adalah teknik mengukir yang digunakan oleh para perajin sehingga akan terbentuk motif di atasnya. Model ini dapat memberikan lubang dengan pola yang cantik dan unik.

15. Kanopi Baja Ringan Zincalume

Model kanopi baja ringan tanpa tiang zincalume merupakan kanopi dengan atap berbahan baja lapis. Bahan baja lapis dapat membantu menahan rasa panas sinar matahari sehingga teras atau garasi rumah tetap terasa sejuk.

Jadi itu dia inspirasi model kanopi baja ringan tanpa tiang yang dapat menjadi pilihan Anda untuk melindungi rumah dan meningkatkan nilai estetika. Penggunaan baja ringan dapat menjadi solusi yang tepat dalam pembuatan kanopi karena selain tahan di segala cuaca, materialnya juga mudah untuk didapatkan.

Rekomendasi Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang

Baja Ringan, Buat Model Kanopi Tanpa Tiang Kokoh dan Estetik

Selain model penyangga, kualitas material baja ringan untuk kanopi harus dipertimbangkan secara matang. Sebab, bagaimanapun juga komponen ini melindungi objek apapun di bawahnya, termasuk penghuni bangunan. Pastikan untuk menggunakan baja ringan yang kualitasnya telah terjamin dan relah ber-SNI untuk mengurangi risiko terburuk.