Penyebab Harga Baja Ringan China Lebih Murah Dibanding RI. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal buka suara terkait penyebab murahnya harga baja impor asal China. Menurutnya, setidaknya ada tiga faktor yang menyebabkan harga baja asal negeri Tirai Bambu itu lebih murah dibandingkan Indonesia.

Penyebab Harga Baja Ringan China Lebih Murah Dibanding RI

Baca Yuk :

Pertama, adanya subsidi secara besar-besaran oleh Pemerintah China terhadap industri bajanya. Sehingga membuat harga jual baja asal China lebih murah dibandingkan baja dari Indonesia.

Selain itu, Pemerintah China juga memberikan subsidi untuk kebijakan lingkungan agar dapat menekan biaya produksi industri bajanya. Padahal di Indonesia, kebijakan lingkungan termasuk slag B-3 dan scrap tanpa impunitas harus ditanggung industri baja. Sehingga menjadi beban finansial industri dan meningkatkan biaya produksi.

Terakhir, Pemerintah China dinilai lebih inisiatif untuk melahirkan berbagai regulasi yang ramah lingkungan bagi sektor industri yang berorientasi ekspor. Salah satunya melalui kebijakan pemotongan pajak ekspor atau tax rebate.

Sebelumnya, Industri baja dalam negeri tengah menghadapi tekanan disebabkan baja murah dari China yang membanjiri Indonesia. Hal ini membuat perusahaan-perusahaan baja lokal tidak bisa bersaing dari sisi harga.

Harga Baja Ringan 2021, Kanal C dan Reng Galvalum Terbaru. Proyeksi ekonomi 2021 yang berpotensi bergerak positif membuat produsen baja ringan fokus pada kuantitas penjualan sehingga harga baja ringan 2021 relatif stabil. Selain itu Akibat Covid-19 dan banjirnya baja ringan dari China ikut menekan harga baja ringan 2021.

Material baja ringan banyak digunakan karena selain awet juga tidak membebani konstruksi pondasi. Baja yang digunakan adalah baja jenis cold rolled coil (CRC) yang memiliki mutu yang tinggi (Kuat tarik 550 Mpa) dengan bentuk profil seperti huruf C atau O. Rangka atap baja ringan memiliki beberapa elemen utama, yaitu kuda-kuda dan bracing, reng, baut, dinabolt dan talang jurai.

Penyebab Harga Baja Ringan China Lebih Murah Dibanding RI

Baca Yuk :