Perbedaan Spandek dan Bondek Yang Dikira Sama Fungsinya. Namun, ternyata keduanya memiliki perbedaan dari karakteristik hingga fungsinya. Lalu, apa yang menjadi perbedaan spandek dan bondek? Mari simak dan pahami perbedaannya agar jangan sampai tertukar.

Spandek dan bondek adalah dua pilihan bahan yang dibuat untuk atap rumah yang punya nilai praktis. Dari pada genteng, spandek ataupun bondek jauh lebih praktis dari segi fungsi ataupun saat pemasangan.

Spandek dan bondek merupakan bahan yang sering digunakan dalam konstruksi pembangunan. Keduanya merupakan baja ringan, meskipun spandek dan bondek punya nama yang mirip.

Perbedaan Spandek dan Bondek Yang Dikira Sama Fungsinya

Apa itu Spandek dan Bondek?

Mengutip dari Klopmart, Jumat (12/1/2024), Spandek merupakan material baja ringan yang biasa digunakan sebagai atap bangunan yang biasanya produknya kita kenal sebagai atap aluminium dan zincalume. Pasalnya, atap spandek terbuat dari kombinasi dari aluminium, zinc, dan silikon.

Spandek adalah material bangunan yang terbuat dari lembaran baja atau aluminium yang diberi lapisan pelindung, seperti seng atau aluminium. Material ini memiliki permukaan bergelombang yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanannya terhadap beban, serta memudahkan proses pemasangan.

Selain itu, material ini biasanya digunakan sebagai penutup atap atau dinding pada berbagai jenis bangunan, mulai dari rumah tinggal hingga bangunan komersial dan industri.

Spandek sendiri memiliki beberapa jenis seperti spandek seng, spandek aluminium, spandek galvalum, dan juga spandek polikarbonat.

Sementara, bondek atau bisa disebut juga floordeck adalah material plat baja yang memiliki lapisan galvanis sehingga menjadi bahan material yang tidak mudah berkarat. Pada umumnya bondek ini diaplikasikan untuk konstruksi bangunan besar di bagian lantai.

Bondek yang juga dikenal sebagai floordeck, adalah bahan bangunan yang terbuat dari plat bergelombang dari baja galvanis atau aluminium. Bondek digunakan sebagai pelapis dasar cetakan beton pada lantai dan atap bangunan bertingkat.

Fungsinya adalah menggantikan besi dan papan (triplek) yang biasanya digunakan dalam proses pembuatan lantai cor. Kalau dari segi kekuatan, bondek ini cenderung lebih kuat dan awet.

Baca Juga :   Galvanized Steel Supplier Indonesia

Perbedaan Spandek dan Bondek Yang Dikira Sama Fungsinya

Jarak Reng Atap Baja Ringan, Reng Atap Baja Ringan, Atap Baja Ringan, baja ringan, Baja Ringan untuk Atap Spandek, atap spandek

Jarak Reng Atap Baja Ringan, Reng Atap Baja Ringan, Atap Baja Ringan, baja ringan, Baja Ringan untuk Atap Spandek, atap spandek

Dari Segi Bahan

Spandek terbuat dari lembaran logam tipis, seperti baja ringan atau aluminium, yang dilapisi dengan lapisan perlindungan untuk mencegah korosi. Ini membuatnya ringan dan tahan terhadap cuaca ekstrem.

Sedangkan bondek terbuat dari lapisan plat baja yang dilapisi dengan galvanis sebagai material khusus yang menjamin plat baja atau bondek tidak mudah mengalami korosi. Melalui penggunaan material tersebut, bondek menjadi bahan yang lebih kokoh dan kuat untuk digunakan sebagai bekisting.

Perbedaan Spandek dan Bondek

Masih mengutip dari situs yang sama, berikut aspek pada spandek dan bondek yang memiliki perbedaan mencolok antara kedua bahan baja ringan ini.

1. Fungsi

Seperti yang sudah disinggung di awal, perbedaan kedua bahan material ini memiliki fungsi yang berbeda. Spandek banyak digunakan untuk atap bangunan baru ukuran kecil maupun besar sebagai pelindung bagian atas bangunan.

Melihat fungsinya, bahan spandek ini juga cocok digunakan untuk penutup atap gudang pabrik atau garasi. Selain itu, spandek juga bisa dimanfaatkan untuk dinding bangunan.

Sedangkan bondek umumnya berfungsi sebagai material dasar bangunan, memiliki karakteristik yang kuat dan mampu menahan beban.

Sehingga cocok jadi bahan membuat lantai, atau anak tangga. Bondek ini banyak dimanfaatkan sebagai bekisting tetap pada konstruksi bangunan lantai 2 atau lebih dan juga sebagai tulangan positif searah.

Selain dari bahan, perbedaan spandek dan bondek juga pada fungsinya. Untuk spandek digunakan sebagai material atap untuk berbagai jenis bangunan, dari rumah tinggal hingga bangunan industri. Spandek memiliki keunggulan ringan dan tahan terhadap cuaca ekstrem, menjadikannya pilihan populer untuk atap datar atau lengkung.

Sedangkan, untuk bondek biasanya digunakan sebagai bekisting untuk lantai bertulang pada konstruksi bangunan. Bondek menawarkan kekuatan struktural yang superior dan efisiensi dalam proses konstruksi.

Perbedaan Spandek dan Bondek Yang Dikira Sama Fungsinya

Baca Juga :   Desain Kanopi Besi Hollow Terkesan Elegan Minimalis

2. Material

Perbedaaan berikutnya terletak pada material atau bahan baku yang digunakan pada spandek dan bondek. Bahan spandek umumnya terbuat dari baja ringan seperti galvalum yang merupakan kombinasi antara aluminium, zinc, dan silikon dengan perbandingan komposisi 55% aluminium, 43% zinc, 2% silikon.
Itu sebabnya spandek menjadi material yang awet, kokoh, dan mudah dibentuk. Akan tetapi, bahan atap spandek kurang cocok jika diaplikasikan pada bangunan rumah tinggal karena atap ini memiliki sifat konduktor yang dapat menghantarkan panas.

Sementara bondek terbuat dari lapisan plat baja yang dilapisi dengan galvanis sebagai material khusus yang menjamin plat baja atau bondek tidak mudah mengalami korosi. Melalui penggunaan material tersebut, bondek menjadi bahan yang lebih kokoh dan kuat untuk digunakan sebagai bekisting.

3. Daya Tahan

Spandek dan bondek sebenarnya memiliki daya tahan yang sangat baik dilihat dari bahan yang digunakan. Pasalnya keduanya memiliki sifat bahan material baja ringan yang tahan terhadap api, awet, dan tahan lama.

Namun, jika dibandingkan, atap spandek merupakan jenis atap yang sedikit lebih kuat dan bahkan saat terkena hujan dan panas matahari sepanjang tahun sekalipun. Itu sebabnya bahan atap spandek ini diklaim mampu bertahan hingga lebih dari 20 tahun.

Sementara bahan material bondek memiliki daya tahan dari segi penggunaan yang sedikit di bawah spandek. Lapisan galvanis pada material bondek justru membuatnya memiliki ketahanan yang lebih tinggi terhadap api.

Jika menggunakan bondek, kamu tak perlu lagi khawatir tentang permukaan berkarat sebab lapisan galvanis melindunginya dari suhu panas. Material bondek ini juga diklaim mampu bertahan di dalam api selama 2 jam berturut-turut.

Perbedaan Spandek dan Bondek Yang Dikira Sama Fungsinya

Pengertian Cor Bondek, cor bondek, bondek, ukuran standar bondek, harga bondek

Pengertian Cor Bondek, cor bondek, bondek, ukuran standar bondek, harga bondek

4. Biaya yang Perlu Dikeluarkan

Untuk segi biaya, bondek lebih ekonomis ketimbang spandek. Selain karena bahan bondek yang lebih awet dan tahan lama, bondek ini juga lebih banyak dipilih sebagai bahan konstruksi bangunan karena proses pengerjaannya yang lebih cepat dan rapi. Itu sebabnya bahan bondek bisa menghemat biaya pembangunan secara signifikan.

Baca Juga :   Harga dan Ukuran Seng Galvalum Terbaru Mei 2024

Secara umum, harga dari spandek cenderung lebih murah daripada harga bondek karena bahan dasarnya yang lebih murah. Namun, perbedaan harga ini juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti ketebalan, ukuran, dan merek produk.

5. Ukuran

Kedua material ini memiliki bentuk serupa sehingga tidak ada perbedaan spandek dan bondek yang begitu mencolok. Akan tetapi, dari segi ukuran dan ketebalan terdapat sedikit perbedaan.

Di pasaran sendiri, baik spandek maupun bondek memiliki beragam variasi ukuran ketebalan. Atap spandek memiliki berbagai ukuran ketebalan antara lain 0.3, 0.35, 0.4, 0.45, dan 0.5 mm dengan berbagai macam ukuran bentangan.

Sementara untuk material bondek memiliki bentuk logam pipih tersedia dalam ukuran ketebalan mulai dari 0,75 mm hingga 1 mm dengan panjang yang beragam, di mana panjang maksimalnya 12 m. Itu sebabnya, saat digunakan, material ini memerlukan alat khusus untuk memotongnya. Selain itu, diperlukan pula tenaga kerja khusus yang ahli dalam pemasangannya.

Perbedaan Spandek dan Bondek Yang Dikira Sama Fungsinya

6. Tampilan

Terakhir, spandek dan bondek juga berbeda dalam segi penampilan. Spandek sering kali memiliki tampilan yang lebih bersinar dan modern, sementara bondek cenderung memiliki penampilan yang lebih kasar dan industrial. Pilihan antara keduanya dapat dipengaruhi oleh gaya arsitektur bangunan dan preferensi estetika dari pemilik bangunan.

Lalu, Mana yang Lebih Bagus?

Jadi, untuk mana yang lebih baik hanya tinggal kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu. Jika membutuhkan material atap yang ringan, mudah dipasang, dan ekonomis, maka spandek mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Tetapi, jika kamu memerlukan kekuatan dan ketahanan yang lebih tinggi, terutama untuk lantai atau atap dengan beban berat, maka bondek bisa menjadi pilihan yang lebih tepat.

Perbedaan Spandek dan Bondek Yang Dikira Sama Fungsinya

Demikian perbedaan antara spandek dan bondek. Semoga bermanfaat!