Rumah Baja Ringan Sederhana dan Prediksi Hitung Biaya Pembuatannya. Kayu telah digunakan sejak zaman kuno untuk konstruksi balok atap dan struktur penahan beban utama rumah. Selanjutnya, beton cor tetap menjadi pilihan populer untuk konstruksi rumah bahkan di era kontemporer.

Kebutuhan konstruksi rumah baja ringan dengan cepat dan efisien dapat menggunakan bangunan modular. Apa itu modular dapat di konstruksikan untuk berbagai tujuan seperti rumah, kantor proyek, gudang portable dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.

Padahal material baja ringan juga sangat cocok dijadikan sebagai rangka rumah. Penggunaan baja ringan untuk pembuatan rangka rumah juga memiliki beberapa kelebihan dan keuntungan bagi Anda.

Rumah Baja Ringan Sederhana dan Prediksi Hitung Biaya Pembuatannya

Hingga hari ini masih banyak orang yang belum familiar dengan rumah baja ringan sederhana. Sebab konstruksi baja ringan masih sangat identik hanya diperuntukkan membuat bagian atap rumah.

Agar memperjelas berbagai kelebihan tersebut, kami telah menyiapkan penjelasannya untuk Anda. Silahkan simak penjabaran kami berikut ini agar Anda bisa mengetahui kelebihan yang didapatkan dari penggunaan baja ringan.

Pengertian Konstruksi Rumah Baja Ringan

Baja merupakan material konstruksi yang banyak dimanfaatkan dalam pembangunan rumah maupun gedung di berbagai belahan dunia. Konstruksi rumah baja ringan kian berkembang digunakan terutama di negara Amerika, Eropa, Jepang, dan Australia. Material rangka baja ringan menjadi solusi bagi kondisi sumber daya alam yang semakin menipis seperti batu, kayu, pasir, atau tanah liat.

Konstruksi rumah baja ringan adalah proses pembangunan tempat tinggal menggunakan bahan baja ringan sebagai struktur kerangka yang kokoh dan kuat. Konstruksi ini menjadi langkah inovatif dan handal. Jenis hunian ini banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan rumah modular.

Rumah knock down baja ringan tidak hanya dapat digunakan sebagai tempat tinggal, melainkan menjadi kantor, asrama, kos-kosan, ruang meeting, dll. Sifatnya yang fleksibel menjadikan unit ini dapat memenuhi berbagai kebutuhan ruang dengan pembangunan mudah dan cepat.

Rumah Baja Ringan Sederhana dan Prediksi Hitung Biaya Pembuatannya

Kelebihan Rumah Baja Ringan Sederhana

Membangun rumah impian adalah keinginan setiap orang. Tentunya ada banyak hal yang harus diperhatikan agar bisa mendapatkan rumah idaman dan aman bagi seluruh anggota keluarga.

Baca Juga :   Perbedaan Kanopi Baja Ringan dan Besi Hollow

Salah satu hal terpenting yang harus menjadi perhatian adalah pemilihan material untuk pembuatan rangka rumah. Berikut ini adalah beberapa kelebihan jika Anda menggunakan baja ringan untuk menjadi rangka rumah.

1. Lebih Hemat
Perlu diakui bahwa membangun rumah membutuhkan dana yang tidak sedikit. Sebab Anda harus membeli berbagai material bangunan serta membayar jasa tukang untuk membuat rumah sebaik mungkin.

Penggunaan baja ringan mampu membantu Anda menekan kebutuhan biaya pembangunan rumah. Sebab diketahui bahwa pemasangan baja ringan sangat efisien sehingga bisa mengurangi biaya untuk membayar tukang.

2. Mempercepat Proses Pembangunan
Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa proses pemasangan baja ringan sangatlah efisien. Tentu hal ini akan membuat proses pembangunan rumah baja ringan sederhana menjadi lebih cepat, sehingga tidak membutuhkan waktu lama agar Anda dan keluarga bisa menempati rumah idaman.

Hal ini juga menjawab kebutuhan Anda mengenai tempat tinggal karena tidak perlu lama menunggu.

3. Tahan Lama
Baja ringan diketahui memiliki kekuatan yang begitu tinggi. Bahkan baja ringan ukuran 1 mm diketahui memiliki kekuatan tegangan yang sama dengan baja konvensional berukuran 3 mm.

Hal ini membuat baja ringan memiliki daya tahan yang tinggi. Material ini memiliki kekuatan untuk menahan karat dan rayap. Diyakini bahwa baja ringan mampu bertahan selama puluhan hingga ratusan tahun.

4. Lebih Ringan Dari Konstruksi Kayu
Konstruksi rumah baja ringan umumnya memiliki beban yang tidak terlalu berat dibandingkan bangunan kayu karena kekuatan dan stabilitasnya. Penggunaan struktur baja ringan tidak hanya mengurangi bobot keseluruhan, tetapi juga mempercepat proses desain secara signifikan.

5. Struktur Baja Ringan Lebih Stabil
Struktur baja ringan secara efektif menopang beban dengan stabilitas tinggi. Selama pemasangan, mekanisme interlocking menghubungkan komponen baja ringan dengan erat. Kestabilan ini sangat bermanfaat saat membangun di lahan yang sering belum berkembang, memastikan struktur yang kokoh untuk rumah Anda.

Baca Juga :   Supplier Coil PPGL Indonesia

Rumah Baja Ringan Sederhana dan Prediksi Hitung Biaya Pembuatannya

6. Bangunan Baja Dapat Dibangun Lebih Efisien
Konstruksi rumah baja ringan lebih cepat dari pada metode tradisional berkat mekanisme saling menguncinya. Proses pemasangan struktur baja ringan terstandar dengan baik, sehingga meminimalkan kemungkinan kesalahan manusia. Baja ringan menghasilkan produk dengan kualitas yang konsisten dan menawarkan berbagai ukuran untuk memenuhi kebutuhan proyek yang berbeda. Penggunaan baja ringan mempermudah kebutuhan konstruksi yang khusus.

7. Konstruksi Baja Ringan Menunjukkan Daktilitas yang Sangat Baik
Daktilitas mengacu pada kemampuan suatu bahan untuk meregang sebelum putus. Baja ringan memiliki kualitas ini, membuatnya sangat fleksibel dan mampu menahan beban berat. Manfaat tambahan menggunakan baja ringan dalam konstruksi adalah kemampuannya untuk membengkok sebelum patah, karena kualitasnya yang kuat dan tangguh. Ini memberikan lapisan keamanan ekstra, memastikan lingkungan rumah yang aman dengan langkah-langkah keamanan yang tepat.

8. Konstruksi Rumah Baja Ringan Yang Nyaman Dan Aman
Selain kekokohan dan keamanan, aspek ekonomi tidak diragukan lagi menjadi pertimbangan penting. Konstruksi baja ringan terkenal dengan daya tahannya, membutuhkan perawatan minimal dan dapat didaur ulang.

Membangun dengan baja ringan tidak hanya menawarkan kepraktisan dan efisiensi, tetapi juga efektivitas biaya yang tak terbantahkan. Proses yang disederhanakan membutuhkan lebih sedikit tenaga kerja, menghasilkan biaya yang lebih rendah. Selain itu, memilih struktur baja ringan menghilangkan kebutuhan untuk membeli bahan kayu yang biasanya digunakan untuk tiang dan rangka dalam konstruksi beton.

9. Konstruksi Ramah Lingkungan
Konstruksi rumah baja ringan dapat didaur ulang karena daya tahan dan kekuatannya. Hal ini mengarah pada pengurangan limbah selama pembangunan di masa mendatang. Dengan menggunakan baja ringan, Anda tidak hanya membantu meminimalkan konsumsi pohon dan bentuk kayu lainnya, tetapi mempromosikan pendekatan konstruksi yang lebih berkelanjutan.

Bagi Anda yang membutuhkan rumah kontainer, rumah portabble, rumah baja ringan atau rumah prefabrikasi, pastikan Anda mempercayakan konstruksi pada penyedia terpercaya. Sesuaikan kebutuhan jual rumah portable Anda dengan unit yang tepat agar penggunaannya lebih optimal.

Baca Juga :   Harga Coil Spandek Mei 2024 Terbaru, Simak Perbandingan Galvalume, Spandek dan Alderon RS Trimdeck

Rumah Baja Ringan Sederhana dan Prediksi Hitung Biaya Pembuatannya

Cara Menghitung Biaya Konstruksi Rumah Baja Ringan Sederhana

Salah satu hal paling penting dalam pembangunan rumah adalah biaya. Sebab Anda harus memastikan memiliki dana yang cukup agar proses pembangunan rumah bisa dilakukan hingga selesai, sehingga Anda perlu mengetahui cara menghitung biaya konstruksi rumah jika menggunakan baja ringan.

Tenang saja jika Anda belum pernah memahaminya karena kami akan memberikan caranya. Sebagai simulasi, kami akan mengambil kasus perhitungan biaya pembuatan rangka atap, sehingga Anda bisa lebih memahami cara perhitungannya dan bisa menerapkan dalam pembangunan rumah Anda.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghitung luas atap rumah. Caranya adalah dengan menghitung panjang dan lebar rumah serta tingkat kemiringan konstruksi baja ringan sebesar 30 derajat.

Selain itu perhitungkan juga overstack di sekeliling rumah. Umumnya overstack adalah 0.5 meter. Dalam kasus ini, diandaikan jika panjang rumah adalah 10 m dan lebar 5 m, sehingga luas atap rumah = panjang rumah x lebar rumah / cosinus derajat kemiringan konstruksi atap. Masukkan angkanya yaitu (10+0.5+0.5) x (5+0.5+0.5) / cos 30°.

Maka didapatkan luas atap rumah adalah 57,156 m2. Selanjutnya Anda tinggal mengalikan luas dengan harga baja ringan per meter persegi untuk mendapatkan kebutuhan biaya anggaran. Contoh jika harga per meter persegi baja ringan adalah Rp 150.000.

Maka didapatkan biaya konstruksi adalah 57,156 x 150.000 = RP. 8.572.400. Tentunya harga baja ringan bisa bervariasi mengikuti pasar.

Melihat dari kelebihan yang dimiliki, Anda tidak perlu ragu untuk membeli baja ringan. Sebab rumah baja ringan sederhana memiliki keamanan tinggi serta biaya yang masih terjangkau.

Semoga artikel Rumah Baja Ringan Sederhana dan Prediksi Hitung Biaya Pembuatannya, bermanfaat ya 🙂