Daftar Harga Baja Ringan, Berbagai Jenis, dan Ukuran Januari 2023. Baja ringan adalah salah satu bahan atau material yang digunakan untuk rangka bangunan terutama untuk bagian atapnya. Dengan keuntungan tersebut, baja ringan memang lebih mahal dari rangka atap bahan lain. Yuk, cek daftar harga baja ringan di artikel ini!

Anda sedang membangun rumah dan mempertimbangkan untuk menggunakan rangka baja ringan? Tentunya Anda perlu mengetahui daftar harga baja ringan. Keuntungan yang didapatkan jika memakai konstruksi rangka baja ringan adalah proses pemasangan yang cepat dan strukturnya yang kuat. Harga baja ringan berbeda-beda tergantung dari jenisnya. Inilah daftar harga baja ringan yang dikutip dari Situs Jual Beli Besi Baja.

Daftar Harga Baja Ringan, Berbagai Jenis, dan Ukuran Januari 2023

Harga Baja Ringan – Kaso berbahan plat baja gaya tarik tinggi (G550) / Baja Ringan yang dilapisi dengan seng dan alumunium atau sering disebut (Zincalume/Galvalume) namun ada juga yang berbahan Galvanis. Tinggi profil C ini 75 Cm panjang 6m dengan ketebalan bervariasi. Mulai dari 0.60mm, 0.65mm, 0.70mm, 0.75mm sampai dengan 1mm. Digunakan sebagai rangka atap baja ringan / kuda-kuda utama. Untuk atap rumah umumnya menggunakan ketebalan 0.75.

Aplikasi Profil C 75  Baja Ringan dan Reng 33 Baja ringan.

  1. Kanopi rumah
    Kanopi Baja Ringan merupakan pilihan tepat bagi anda yang menginginkan kanopi rumah yang murah. Profil C75 dan Range 33 dapat digunakan sebagai bahan membuat kanopi. Kanopi dengan baja ringan lebih awet dibandingan dengan menggunakan besi.
  2. Rangka Atap Rumah dan Bangunan

Rangka Atap Baja ringan sudah mulai diminati, pembuatan rumah dengan rangka baja ringan lebih awet dan tahan terhadap karat.

Daftar Harga Baja Ringan, Berbagai Jenis, dan Ukuran Januari 2023. Beberapa keunggulan pemakaian Rangka Atap Baja Ringan adalah:

  1. Konstruksi lebih ringan, tahan lebih lama serta bebas biaya perawatan.
  2. Bebas dari hama penggangu seperti rayap atau jamur dan tidak mudah terbakar.
  3. Membutuhkan perhitungan secara cermat dan teliti untuk menentukan dimensi yang kuat efisien dengan biaya yang lebih murah.
  4. Mudah dalam pemasangan karena sudah di fabrikasi oleh teknisi (tukang) yang berpengalaman sebelum dilakukan pemasangan juga dengan bentuk profil yang memang sudah disesuaikan dengan kebutuhan dilapangan.
  5. Diperlukan tenaga kerja / teknisi  dengan keahlian khusus untuk dapat menghasilkan pemasangan struktur & konstruksi baja ringan yang benar dan hasil yang memuaskan.

Daftar Harga Baja Ringan, Berbagai Jenis, dan Ukuran Januari 2023

1. Baja Ringan TASO

Baja ringan TASO adalah sebuah pengembangan teknologi terbaru untuk menciptakan konstruksi baja kuat tetapi beratnya ringan. TASO terkenal dengan kekuatannya, berbobot ringan, tahan lama dan anti rayap.

Baca :   Alasan Memilih Baja Ringan Pengganti Kayu dari 3 Kriteria Ini

Berikut ini adalah daftar harga baja ringan TASO:

Jenis Baja Panjang Harga per Batang
Kaso Baja Ringan 1,00 mm 6 m Rp 150.000
Kaso Baja Ringan 0,75 mm 6 m Rp 100.000
Kaso Baja Ringan 0,70 mm 6 m Rp 98.000
Kaso Baja Ringan 0,65 mm 6 m Rp 95.000
Kaso Baja Ringan 0,45 mm 6 m Rp 60.000
Kaso Baja Ringan 0,40 mm 6 m Rp 55.000

Tabel 1. Daftar harga baja ringan TASO. Sumber: Situs Jual Beli Besi Baja

2. Baja Ringan BMT Truss

BMT (Base Metal Thickness) adalah ketebalan dasar baja sebelum dilapisi oleh Aluminium/Zincalum. Sementara Truss adalah rangka atap baja ringan.

Inilah daftar harga baja ringan BMT Truss:

Jenis Baja Panjang Harga per Batang
Kaso Baja Ringan C75 100 6 m Rp 96.000
Kaso Baja Ringan C75 75 6 m Rp 65.000
Kaso Baja Ringan C75 70 6 m Rp 62.000
Kaso Baja Ringan C75 60 6 m Rp 57.000
Kaso Baja Ringan 30.45 6 m Rp 32.000
Kaso Baja Ringan 28.45 6 m Rp 29.000

Tabel 2. Daftar harga baja ringan BMT Truss. Sumber: Situs Jual Beli Besi Baja

NB : Harga sewatu-waktu bisa berubah

3. Baja Ringan Prima Truss

Prima Truss adalah salah satu merk baja ringan yang diproduksi oleh Prima Inti Truss. Berikut ini adalah daftar harga baja ringan Prima Truss:

Jenis Baja Panjang Harga per Batang
Kaso Baja Ringan 0,65 mm 6 m Rp 70.000
Kaso Baja Ringan 0,70 mm 6 m Rp 75.000
Kaso Baja Ringan 0,75 mm 6 m Rp 80.000
Kaso Baja Ringan 1,00 mm 6 m Rp 105.000
Kaso Baja Ringan 0,40 mm 6 m Rp 35.000
Kaso Baja Ringan 0,45 mm 6 m Rp 40.000

Tabel 3. Daftar harga baja ringan Prima Truss. Sumber: Situs Jual Beli Besi Baja

NB : Harga sewatu-waktu bisa berubah

4. Baja Ringan Truss

Baja ringan Truss atau Kaso berfungsi untuk rangka atap. Dengan ketebalan 0,75 sampai 1 mm, Truss juga berfungsi untuk penguat tiang.

Berikut ini adalah daftar harga baja ringan Baja Ringan Truss:

Jenis Baja Panjang Harga per Batang
Kaso Baja Ringan 100 mm 6 m Rp 120.000
Kaso Baja Ringan 75 mm 6 m Rp 80.000
Kaso Baja Ringan 70 mm 6 m Rp 70.000
Kaso Baja Ringan 65 mm 6 m Rp 65.000
Kaso Baja Ringan 60 mm 6 m Rp 58.000
Kaso Baja Ringan 45 mm 6 m Rp 40.000
Baca :   Cara Membuat Pagar Baja Ringan

Tabel 4. Daftar harga baja ringan Truss. Sumber: Situs Jual Beli Besi Baja

NB : Harga sewatu-waktu bisa berubah

Jenis Baja Ringan

Baja ringan juga memiliki jenis yang berbeda, tergantung dari bentuk dan kegunaannya. Dilansir makalah berjudul Penggunaan Baja Ringan untuk Konstruksi Bangunan yang ditulis oleh Muhammad Teguh Pambudi, jenis-jenis baja ringan antara lain:

1. Wide Flange (WF)

Wide Flange lebih sering digunakan untuk balok, kolom, tiang pancang, top & bottom chord member pada Truss, composite beam, atau column.

2. UNP

Hampir sama dengan WF, tetapi penggunaan untuk column jarang ditemukan karena lebih mudah tertekuk.

3. Equal Angle (Hot Rolled)

Equal Angle Hot Rolled biasanya digunakan untuk bracing, balok, member pada Truss, serta struktur ringan lain.

4. Unequal Angle (Hot Rolled)

Penggunaannya hampir sama seperti equal Angle, yaitu pada bracing, balok, member pada Truss. Equal Angle juga biasa disebut profil siku, L-shape, atau profil L.

5. Lipped Channel

Lipped Channel biasanya digunakan untuk purlin, girts, rangka komponen, serta member pada Truss. Nama lain dari lipped channel adalah C-channel, profil C, atau balok purlin.

6. Equal Angle (Cold Formed)

Biasanya digunakan untuk keperluan bracing struktur ringan, atau rangka komponen arsitektural. Hampir sama dengan Equal Angle hot rolled.

7. Unequal Angle (Cold Formed)

Hampir sama seperti Equal Angle cold formed, digunakan untuk keperluan bracing struktur ringan, atau rangka komponen arsitektural.

8. RHS (Rectangular Hollow Section) – Cold Formed

RHS digunakan sebagai ceiling, partisi gipsum, gipsum, rangka, serta support ornamen non struktural. Nama lain dari RHS adalah besi hollow atau profil persegi.

9. SHS (Square Hollow Section) – Cold Formed

SHS juga hampir sama seperti RHS, yaitu digunakan sebagai ceiling, partisi gipsum, gipsum, rangka, serta support ornamen non struktural.

10. Steel Pipe

Steel Pipe digunakan untuk kebutuhan bracing baik horizontal maupun vertikal, secondary beam, kolom arsitektural, dan support komponen arsitektural. Steel pipe lebih dikenal dengan steel tube atau pipa.

11. T-Beam (hot Rolled)

Seperti namanya, T-Beam berbentuk seperti huruf T dan biasanya digunakan untuk balok lantai dan kanopi.

Kekurangan dan Kelebihan Baja Ringan

Daftar Harga Baja Ringan, Berbagai Jenis, dan Ukuran Januari 2023. Masih dilansir dari sumber yang sama, berikut ini kelebihan dan kekurangan pemakaian baja ringan.

Baca :   Jenis Hollow Baja Ringan

Kelebihan Baja Ringan

Harga baja ringan memang cenderung lebih mahal daripada material lainnya, tetapi ia memiliki berbagai kelebihan, antara lain sebagai berikut:

1. Memiliki Daktilitas yang Baik

Daktilitas merupakan sifat baja yang tidak hancur setelah mengalami deformasi yang besar.

Berbeda dengan baja konvensional atau kayu yang bisa langsung hancur dan patah saat diberikan beban tiba-tiba (beban kejut), baja ringan sanggup menahan beban beran tanpa menyebabkan kerusakan.

2. Kekuatannya Bagus Tapi Ringan

Salah satu yang istimewa dari bawa ringan adalah kuat tapi tetap ringan. Tentunya hal ini dapat membuat proses pemasangan jadi lebih efisien.

Selain itu, baja ringan memiliki potensi penyebab kematian yang cukup kecil.

3. Tahan Karat

Material baja ringan tahan karat sehingga tidak perlu melakukan finishing cat. Setelah dibongkar, baja ringan bisa dimanfaatkan kembali dan di daur ulang sehingga lebih ramah lingkungan.

4. Tahan Lama

Salah satu kelebihan paling menarik dari baja ringan adalah awet karena tidak akan dimakan rayap. Jadi, tidak perlu khawatir kalau atap rumah akan rapuh atau keropos. Walaupun harga baja ringan sedikit lebih mahal dibanding rangka bahan lain, tapi biaya perawatannya lebih murah.

Kekurangan Baja Ringan

Daftar Harga Baja Ringan, Berbagai Jenis, dan Ukuran Januari 2023. Kekurangan baja ringan yang perlu kamu perhatikan yaitu sebagai berikut.

1. Mudah Goyang Terbawa Angin

Bobotnya yang ringan ternyata bisa menjadi kelebihan sekaligus kekurangan. Baja ringan bisa saja terbawa angin jika tidak dipasang dengan benar.

2. Harganya Mahal

Tak dapat dipungkiri, harga material baja ringan masih termasuk mahal. Namun, baja ringan lebih ramah lingkungan dibandingkan material kayu. Selain itu, dengan segala kelebihan yang dimiliki, wajar saja jika harganya lebih mahal.

3. Kurang Bernilai Estetika

Jika ingin membuat atas dengan model terekspos, menggunakan rangka baja ringan mungkin bukan pilihan yang tepat. Berbeda dengan kayu yang memiliki nilai estetika, rangka atap baja ringan akan terlihat berantakan.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai harga baja ringan, serta kelebihan dan kekurangannya. Bagaimana? Apakah menurut Anda menggunakan rangka atap baja ringan adalah pilihan yang tepat?

Sumber : https://www.detik.com/