Keunggulan Atap Rumah Multiroof Ramah Lingkungan dan Ringan. Ternyata setiap jenis genteng memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Namun dari berbagai jenis yang ada multiroof selalu menjadi incaran banyak orang karena memiliki berbagai keunggulan.

Atap rumah multiroof memang sudah terkenal dengan kekuatannya dan kekokohannya. Pasalnya bahan dasarnya terbuat dari baja ringan yang terlapisi oleh zinc, aluminium dan fosfat. Atap multiroof adalah atap metal, dan merupakan sebuah terobosan terbaru dari jenis atap atau genteng. Atap multiroof memiliki berbagai jenis yang berbeda yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Atap multiroof juga memiliki banyak kelebihan.

Keunggulan Atap Rumah Multiroof Ramah Lingkungan dan Ringan

Atap adalah bagian penting dari sebuah bangunan, terutama untuk rumah hunian, yang berfungsi sebagai pelindung dari panas dan hujan. Atap juga memiliki banyak jenis, salah satunya atap multiroof.

Pertama. Tidak Membutuhkan Perawatan Yang Ribet – Karena menggunakan zinc sebagai bahan dasar pembuatan genteng rumah. Membuat kualitas dan ketahanan jenis atap rumah multiroof ini sangat bagus. Bahkan untuk penggunaan dengan waktu yang cukup lama.

Jenis genteng multiroof ini juga sudah didesain dan terbuat dari bahan-bahan pilihan. Sehingga siap untuk menghadapi berbagai musim yang ada di Indonesia. Apalagi Indonesia termasuk negara tropis yang memiliki empat musim.

Kedua. Ramah Lingkungan – Sifat ramah lingkungan ini terdapat pada jenis atap rumah multiroof berpasir. Karena bahan dasar yang terkandung dalam genteng jenis tersebut yaitu berupa campuran batuan dan sejumlah material.

Oleh sebab itu dalam proses pembuatannya pun juga bisa didaur ulang. Sehingga dengan penggunaan genteng jenis ini bisa turut serta mendukung program pemerintah. Program tersebut bernama ramah atau cinta terhadap lingkungan.

Ketiga. Ringan dan Mudah Untuk Dipasang – Meskipun terbuat dari bahan utama yaitu baja akan tetapi berat genteng ini tetap ringan. Sehingga hal tersebut membuat struktur material bangunan tidak mengandung muatan yang berat.

Baca :   Jual Plat Coil Galvanis Kabupaten Deli Serdang

Keunggulan Atap Rumah Multiroof Ramah Lingkungan dan Ringan

Untuk membahasnya lebih dalam, maka artikel berikut akan membahas tentang:

1. Stainless Steel

Atap genteng multiroof stainless steel merupakan salah satu atap yang memiliki kualitas yang kokoh. Dengan alasan tersebut, jenis atap genteng metal ini sangat cocok digunakan di wilayah yang bercuaca ekstrim. Dari segi berat, atap genteng metal ini bisa dibilang lebih berat dibandingkan dengan jenis lainnya seperti alumunium.

2. Galvalume Steel

Material atap ini terbuat dari baja ringan sehingga memiliki efek lentur dan mudah dibentuk. Jenis atap ini banyak digunakan pada bangunan-bangunan perkotaan baik hunian pribadi maupun komersial.

Tipe genteng metal ini menjadi populer karena daya tahannya yang kuat dan sangat tahan korosi. Selain itu, genteng ini memiliki tampilan metalik dan banyak varian warna. Keunggulan lainnya adalah harganya yang relatif lebih murah per lembarnya ketimbang jenis genteng metal lainnya.

3. Standing Steam

Untuk Anda yang menyukai hunian minimalis, material atap multiroof standing steam sepertinya cocok untuk Anda. Hal tersebut karena eksterior akan tampil cantik dan elegan dari warnanya yang terlihat mengkilap. Biasanya rangka atap standing steam akan dipasang menyatu langsung dengan genteng atap, sehingga unggul dalam meminimalisir geseran jika terjadi bencana alam seperti gempa.

4. Tembaga

Dari banyaknya pilihan atap multiroof, jenis multiroof ini memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan yang lain. Selain ketahanannya, atap ini dapat memberikan kesan klasik dan mewah yang ditimbulkan dari warna tembaga. Banyak bangunan-bangunan tua bersejarah menggunakan bahan atap genteng metal ini.

5. Berpasir

Atap multiroof yang selanjutnya adalah sand coated atau yang biasa disebut dengan atap multiroof berpasir. Penampilannya sekilas memang hampir sama dengan atap biasa, tetapi pada bagian permukaannya mempunyai tekstur berpasir.

Baca :   Apakah Rangka Baja Ringan Bisa Membuat Kesetrum?

Tekstur tersebut bisa didapatkan dari atap multiroof yang dibuat dari berbagai bahan campuran seperti seng, alumunium, dan baja yang dimana sudah ditambahkan dengan serbuk pasir sebagai isolator.

Serbuk pasir ini memiliki fungsi sebagai penyerap panas dan memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap segala macam benturan dan tekanan. Ketebalan yang dimiliki juga sangat beragam dan bisa dipilih sesuai keinginan.

6. Metal

Jenis atap metal multiroof adalah atap yang terbuat dari bahan metal yaitu lapisan aluminium dan seng. Tampilannya yang menarik dapat memberikan kesan yang modern. Atap ini juga telah melalui proses cat, sehingga tidak mudah pudar dalam waktu cepat.

7. Milenium

Dengan bahan dominan stainless steel, atap jenis ini memiliki warna metalik yang mencerminkan rumah modern. Atap jenis ini memiliki bobot yang ringan namun daya tahan yang sangat kokoh. Selain itu, jenis atap ini termasuk ramah lingkungan karena dapat di daur ulang.

8. Spandek

Atap genteng metal ini terbuat dari campuran alumunium dan seng, sehingga terasa lebih ringan. Permukaan dari atap ini berbentung bergelombang yang mudah dibentuk dan biasanya diberikan cat untuk ketahanan dan estetika.

Atap dengan material spandek memiliki daya tahan yang cukup baik dan tampilan yang lebih modern dari atap tanah liat. Bentuk kotak-kotak simetris dan cocok digunakan sebagai atap rumah minimalis atau industri. Selain karena tampilannya, atap ini menjadi salah satu primadona karena harganya yang cukup terjangkau.

Keunggulan Atap Rumah Multiroof Ramah Lingkungan dan Ringan

9. Keunggulan Atap Multiroof

Dari 8 jenis atap multiroof yang telah dijelaskan, semuanya memiliki kelebihannya masing-masing. Dan berikut kelebihan lain yang dimiliki dari atap multiroof:

Minim Perawatan

Selain memiliki sifat anti karat yang baik, atap multiroof juga memiliki sifat anti lumut dan anti jamur sehingga hal ini nantinya dapat meminimalisir masalah biaya perawatan.

Baca :   Coil PPGL Kota Jakarta

Tahan Lama

Disamping itu, karena dibuat dari bahan baja ringan atau galvalum maka multiroof bisa semakin kokoh dan mampu tahan lama. Bahkan atap ini bisa digunakan hingga bertahun-tahun lamanya dan tidak perlu diganti dalam jangka waktu yang dekat. Secara tidak langsung juga akan lebih menghemat biaya.

Ringan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh atap multiroof ada pada bobotnya yang terbilang sangat ringan. Dengan begitu maka bobot atap nantinya tidak akan terlalu membebankan struktur bangunan secara menyeluruh.

Tahan Gempa

Atap multiroof ini juga sangat direkomendasikan untuk digunakan di berbagai jenis bangunan rumah yang terletak di daerah atau wilayah yang sangat rawan gempa.

Mudah Dipasang

Karena memiliki bobot yang sangat ringan dan tipis, atap multiroof ini sangat mudah untuk dipasang di bangunan rumah Anda. Proses pemasangan atap juga bisa dilakukan secara cepat tanpa memakan banyak waktu. Bahkan Anda bisa melakukan pemasangan sendiri tanpa perlu meminta bantuan kepada tukang.

Ramah Lingkungan

Atap multiroof yang bisa di daur ulang ini telah hadir sebagai solusi tepat dan mempunyai daya tarik yang tersendiri bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang berorientasi pada lingkungan.

Oleh jenis atap rumah multiroof ini sangat sesuai jika Anda gunakan di negara Indonesia. Melihat negara Indonesia termasuk salah satu wilayah yang sering terkena gempa bumi.

Keunggulan Atap Rumah Multiroof Ramah Lingkungan dan Ringan

Sumber : https://www.jabarnews.com/