Tips Memasang Kanopi Baja Ringan. Baja ringan sebenarnya bahan yang cukup sederhana, sehingga tidak mudah rusak dan perawatannya juga tidak susah. Akan tetapi, cara memasang baja ringan salah justru malah mengakibatkan korosi dan kerugian lainnya.

Kanopi adalah bagian penting dari sebuah bangunan, baik itu rumah, kantor, atau tempat usaha lainnya. Kanopi berfungsi sebagai pelindung dari cuaca eksternal seperti sinar matahari, hujan, dan angin. Pemilihan bahan untuk kanopi sangat penting untuk mendapatkan perlindungan yang optimal. Berikut adalah beberapa bahan untuk kanopi terbaik yang dapat Anda pertimbangkan.

Kanopi adalah atap memanjang yang berguna untuk melindungi bagian rumah yang terbuka dari suhu dan cuaca. Biasanya letak kanopi ada di bagian depan rumah dan menempel pada dinding.

Tips Memasang Kanopi Baja Ringan

Nah, bentuk kanopi yang beragam tentunya memiliki bahan yang bervariasi pula. Salah satu bahan yang sering dipakai adalah baja ringan karena pemasangannya yang cepat, mudah, dan hemat biaya.

Baca Juga :   Video Cara Memasang Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang dan Contoh Model Inspirasi

Lalu, apa yang membuat baja ringan pada kanopi cepat berkarat? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Ternyata, Waktu dibikin kanopi, orang-orang itu lupa kalau baja ringannya dianggap seperti penggantinya besi atau penggantinya semen, sehingga waktu ditanam (ke dalam beton) selalu bagian bawah itu mengalami korosi

Penyebab korosi pada baja ringan disebabkan oleh cairan semen yang mengenai baja ringan. Reaksi kimia dari campuran air dan semen pada beton bisa merusak lapisan Aluminum Zinc (AZ) yang berfungsi untuk melindungi baja ringan dari korosi.

Tips Memasang Kanopi Baja Ringan

Penggunaan baja ringan kebanyakan salah pakainya ketanam sama beton aja. Itu kalau ketanam sama beton sudah tinggal tunggu umur aja sebenarnya. Mungkin akan bertahan beberapa waktu tapi lama-lama korosi, makin habis (baja ringannya).

Apabila baja ringan digerogoti karat hingga tipis, maka pilar kanopi harus diganti dengan yang baru. Hal ini tentunya membuat pemilik rumah harus mengeluarkan uang lagi buat perbaikan.

Baca Juga :   Harga Hollow Baja Ringan Terbaru Mei 2024 Berdasarkan Jenis dan Ukuran

Selain itu, baja ringan yang berkarat lama-lama bisa tertekuk dan rubuh pada kasus yang ekstrem, sehingga dapat membahayakan penghuni rumah.

Bagi yang ingin menggunakan baja ringan untuk membangun kanopi, disarankan untuk membuat kolom beton yang agak naik terlebih dulu. Kemudian, kolom beton yang sudah kering bisa dipasang baja ringan.

Tips Memasang Kanopi Baja Ringan

4 Bahan Terbaik Paling Awet untuk Kanopi

1. Polikarbonat
Polikarbonat adalah bahan yang ringan namun kuat, dan tahan terhadap sinar UV. Bahan ini biasanya digunakan untuk kanopi yang membutuhkan pencahayaan alami, karena polikarbonat dapat menyaring sinar matahari dengan baik.

2. Aluminium
Aluminium adalah bahan yang kuat, ringan, dan tahan karat. Kanopi aluminium cocok digunakan untuk area yang membutuhkan struktur yang kokoh namun ringan, seperti garasi atau teras.

Baca Juga :   Harga Coil Baja Ringan Mei 2024, Update Terbaru

3. Fiberglass
Fiberglass adalah bahan yang ringan, kuat, dan tahan terhadap cuaca eksternal. Fiberglass juga dapat dicat sesuai dengan warna yang diinginkan, sehingga memberikan fleksibilitas dalam desain.

4. Baja Galvanis
Baja galvanis adalah bahan yang kuat, tahan karat, dan tahan terhadap cuaca eksternal. Kanopi baja galvanis biasanya digunakan untuk area yang membutuhkan struktur yang kokoh dan tahan lama.

Tips Memasang Kanopi Baja Ringan

Pemilihan bahan untuk kanopi harus memperhatikan kebutuhan fungsional dan estetika. Pastikan untuk memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan sesuai dengan desain bangunan Anda. Dengan memilih bahan yang tepat, Anda dapat mendapatkan kanopi yang memberikan perlindungan optimal dan meningkatkan nilai estetika bangunan Anda.