Pengertian Atap Go Green dan Kelebihannya. Atap go green bisa jadi alternatif dari atap seng atau atap spandek. Selain itu juga atap ini punya pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan desain bangunan milik Kamu. Selain, beberapa keunggulan diatas ternyata masih banyak kelebihan atap ramah lingkungan ini.

Atap go green merupakan salah satu jenis atap yang terbuat dari campuran bahan kimia ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Lapisan penutup atap ini memiliki formula pembuatan yang serupa dengan atap baja ringan tetapi memiliki bentuk bergelombang yang menyerupai atap seng dan atap gelombang lainnya.

Pengertian Atap Go Green dan Kelebihannya

“Atap hijau” (green roof atau green roofing) adalah sistem atap yang ditutupi oleh lapisan tanaman hidup atau vegetasi yang tumbuh di atas lapisan penahan air dan bahan pelindung. Sistem atap hijau ini memiliki beberapa kelebihan yang menguntungkan lingkungan dan bangunan, serta beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa informasi tentang atap hijau:

Kelebihan Atap Hijau:

  1. Penyerapan Air: Atap hijau dapat menyerap air hujan dan mengurangi risiko banjir perkotaan. Ini membantu mengurangi aliran permukaan dan mencegah erosi tanah.
  2. Peningkatan Kualitas Udara: Tanaman di atap hijau dapat membantu menyaring polusi udara dan menghasilkan oksigen, yang mendukung kualitas udara yang lebih baik.
  3. Isolasi Termal: Atap hijau memberikan isolasi tambahan untuk bangunan di bawahnya, mengurangi beban pendinginan dan pemanasan. Ini dapat mengurangi konsumsi energi dan biaya yang terkait dengan pengaturan suhu dalam bangunan.
  4. Penyerapan Karbon Dioxide (CO2): Tanaman di atap hijau dapat menyerap CO2 dari udara, membantu mengurangi jejak karbon bangunan.
  5. Penampilan Estetis: Atap hijau dapat memberikan penampilan yang indah dan natural, yang dapat meningkatkan estetika bangunan dan kawasan sekitarnya.
  6. Suara: Lapisan vegetasi di atap hijau dapat meredam suara, menciptakan lingkungan yang lebih tenang.
  7. Peningkatan Habitat: Atap hijau memberikan habitat untuk berbagai jenis serangga, burung, dan organisme kecil, mendukung biodiversitas kota.
Baca Juga :   Harga Gulungan Baja Galvanis Terbaru, Simak Pengertian dan Manfaatnya

Pengertian Atap Go Green dan Kelebihannya

Kekurangan Atap Hijau:

  1. Biaya Awal: Biaya awal pemasangan atap hijau cenderung lebih tinggi daripada atap konvensional.
  2. Perawatan: Atap hijau memerlukan perawatan reguler, termasuk pemotongan rumput dan perawatan tanaman, serta perbaikan jika diperlukan.
  3. Bobot Tambahan: Atap hijau lebih berat daripada atap konvensional, sehingga mungkin memerlukan perkuatan struktural bangunan.
  4. Biaya Perawatan Tambahan: Pemilik harus berinvestasi dalam sistem drainase dan penahan air yang tepat untuk mencegah kebocoran dan kerusakan.
  5. Ketahanan Atap: Atap hijau rentan terhadap kerusakan akibat pemeliharaan yang buruk atau lalu lintas manusia yang berlebihan.
  6. Pemilihan Tanaman yang Tepat: Pemilihan tanaman yang sesuai dengan iklim dan kondisi lokal sangat penting untuk keberhasilan atap hijau.
  7. Penggunaan Ruang: Instalasi atap hijau menggunakan ruang yang dapat digunakan untuk tujuan lain, seperti penanaman tanaman di tanah.

Atap hijau adalah solusi yang ramah lingkungan dan dapat memberikan banyak manfaat lingkungan dan bangunan. Namun, perlu dipertimbangkan dengan matang, terutama dalam hal perawatan dan biaya awal yang lebih tinggi. Keberhasilan atap hijau tergantung pada perencanaan yang baik dan pemeliharaan yang teratur.

Pengertian Atap Go Green dan Kelebihannya

Berikut 9 kelebihan atap go green yang lebih unggul dari atap biasa.

1. Kuat

Atap go green memiliki sifat yang tangguh dan tahan lama karena terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi sehingga memungkinkan mampu menahan berbagai macam beban. Misal beban air hujan, yang memastikan perlindungan yang optimal bagi bangunan Kamu. Untuk itu, atap go green bisa menjadi pilihan tepat bagi Kamu yang menginginkan bahan atap yang awet dan kuat.

Baca Juga :   Jual Coil PPGL Bahan Baku Atap Spandek Warna

2. Punya Struktur yang Lentur dan Ringan

Pemasangan atap go green ini lebih mudah dari atap biasa karena lentur dan ringan. Atap ini juga cocok untuk rumah dengan struktur yang sensitif terhadap beban berat. Jadi, penggunaan atap go green ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuni rumah atau jenis bangunan lainnya.

3. Memiliki Perlindungan dari Sinar Ultraviolet

Atap go green mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap sinar ultraviolet karena memiliki lapisan pelindung. Hal ini tidak hanya membuat atap menjadi lebih awet, tetapi juga tahan lama. Perlindungan terhadap sinar ultraviolet juga dapat membantu melindungi penghuni rumah dari paparan sinar UV yang berbahaya. Jadi, penggunaan atap ini tidak hanya memberikan manfaat pada bangunan, tetapi juga membuat penghuni rumah tetap sehat dan nyaman.

4. Bisa Membuat Suhu Lebih Sejuk

Atap go green dapat mengurangi panas yang masuk ke dalam rumah, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang lebih sejuk dan nyaman. Alhasil, penggunaan pendingin udara pun dapat dikurangi dan bisa menghemat konsumsi energi rumah tangga. Selain itu, penghematan energi yang didapat dari penggunaan atap ini dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca yang berdampak pada lingkungan.

5. Anti Karat

Diklaim tahan karat atau korosi, atap go green dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Karena atap ini sudah anti karat sehingga perawatan akan jauh lebih mudah. Sangat cocok beberapa kawasan yang punya tingkat kelembaban udara yang tinggi. Penggunaan bahan atap yang tahan karat juga dapat membantu mengurangi dampak lingkungan dari proses perawatan dan penggantian atap yang sering dilakukan.

Pengertian Atap Go Green dan Kelebihannya

6. Bebas dari Racun dan Zat Kimia Berbahaya

Baca Juga :   Apa Itu Rumah Modular Baja Ringan? Solusi Hunian Ramah Lingkungan Terbaru 2024

Atap ini terbuat dari bahan-bahan yang bebas zat kimia yang berbahaya atau racun, sehingga aman digunakan tanpa khawatir akan adanya dampak negatif pada kesehatan penghuni rumah. Karena bebas dari bahan kimia berbahaya atau racun pada bahan atap sehingga tidak menimbulkan pencemaran tanah atau air akibat pembuangan limbah yang mengandung zat berbahaya dari bahan atap.

7. Pemasangan Mudah

Proses pemasangan atap ini relatif mudah dan cepat sehingga dapat menghemat waktu dan biaya dalam proses pembangunan rumah. Pemilik rumah pun dapat menghemat biaya tenaga kerja yang dibutuhkan untuk proses pemasangan atap. Selain itu, proses pemasangan yang cepat juga dapat membantu mempercepat selesainya pembangunan rumah secara keseluruhan.

8. Ramah Lingkungan

Sesuai namanya go green tentunya atap ini sudah terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang, atap ini membantu menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi dampak negatif pada lingkungan. Penggunaan bahan atap yang ramah lingkungan juga dapat membantu dalam upaya pengurangan limbah dan emisi karbon, sehingga memberikan kontribusi positif bagi lingkungan secara keseluruhan.

9. Meredam Suara Hujan

Atap go green juga mampu meredam suara hujan yang jatuh di atasnya dengan membantu menciptakan suasana yang lebih tenang dan nyaman di dalam rumah. Saat Kamu menggunakan atap yang mampu meredam suara, Kamu dapat menikmati suasana yang lebih damai dan terhindar dari kebisingan yang tidak diinginkan.

Semoga artikel Pengertian Atap Go Green dan Kelebihannya¬†bermanfaat ya ūüôā