Atap Go Green Untuk Peduli Lingkungan, Simak Kelebihannya. Atap go green bisa jadi alternatif dari atap seng atau atap spandek. Selain itu juga atap ini punya pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan desain bangunan milik Kamu. Selain, beberapa keunggulan diatas ternyata masih banyak kelebihan atap ramah lingkungan ini.


Atap go green merupakan salah satu jenis atap yang terbuat dari campuran bahan kimia ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Lapisan penutup atap ini memiliki formula pembuatan yang serupa dengan atap baja ringan tetapi memiliki bentuk bergelombang yang menyerupai atap seng dan atap gelombang lainnya.

Atap go green merupakan sebuah inovasi penutup atap bergelombang yang dibuat dari formula atap baja ringan. Formula atap baja ringan inilah yang membuat penutup atap go green berbeda dari penutup atap bergelombang lainnya, seperti atap spandek atau lainnya. Bahan kimia dari formula ini ramah lingkungan karena tidak mengandung fiber beracun seperti yang ada pada asbes dan seng.

Atap Go Green Untuk Peduli Lingkungan, Simak Kelebihannya

Konsep hunian ramah lingkungan saat ini mulai banyak diterapkan di perkotaan. Bukan hanya sekedar menyediakan ruang terbuka hijau di luar atau di dalam rumah, rumah ramah lingkungan juga tersusun atas bahan bangunan yang mendukung prinsip go green. Salah satu material yang mendukung prinsip tersebut adalah atap go green.

Saat ini sudah banyak yang menggunakan penutup atap go green karena beberapa keunggulan yang dimilikinya. Apa saja keunggulan dari penutup atap go green? Langsung saja kenali 5 kelebihan utama dari penutup atap go green ini.

1. Kuat

Atap go green memiliki sifat yang tangguh dan tahan lama karena terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi sehingga memungkinkan mampu menahan berbagai macam beban. Misal beban air hujan, yang memastikan perlindungan yang optimal bagi bangunan Kamu. Untuk itu, atap go green bisa menjadi pilihan tepat bagi Kamu yang menginginkan bahan atap yang awet dan kuat.

Dibandingkan dengan bahan asbes ataupun seng, penutup atap go green memang terhitung lebih ringan, tapi penutup atap ini mampu menahan beban lebih dari 100 kg. Hal ini dikarenakan gelombang mikro yang ada pada permukaan penutup atap go green menambah kekuatan dan fleksibilitas atap.

Formula plastik baja dan teknologi kekinian yang digunakan untuk membuat penutup atap go green juga  membuat penutup atap ramah lingkungan ini lebih kuat dibandingkan penutup atap lainnya.

2. Punya Struktur yang Lentur dan Ringan

Pemasangan atap go green ini lebih mudah dari atap biasa karena lentur dan ringan. Atap ini juga cocok untuk rumah dengan struktur yang sensitif terhadap beban berat. Jadi, penggunaan atap go green ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuni rumah atau jenis bangunan lainnya.

Baca Juga :  Jenis Genteng Baja Ringan Beserta Material dan Kelebihannya. Pilihan Terbaik untuk Atap Rumah

Atap Go Green Untuk Peduli Lingkungan, Simak Kelebihannya

3. Memiliki Perlindungan dari Sinar Ultraviolet

Atap go green mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap sinar ultraviolet karena memiliki lapisan pelindung. Hal ini tidak hanya membuat atap menjadi lebih awet, tetapi juga tahan lama. Perlindungan terhadap sinar ultraviolet juga dapat membantu melindungi penghuni rumah dari paparan sinar UV yang berbahaya. Jadi, penggunaan atap ini tidak hanya memberikan manfaat pada bangunan, tetapi juga membuat penghuni rumah tetap sehat dan nyaman.

Satu lagi fitur penutup atap go green yang tidak dimiliki oleh penutup atap lainnya. Permukaan penutup atap go green dilapisi lapisan anti sinar ultraviolet yang bisa memantulkan kembali sinar matahari.

Kelebihannya ini bukan hanya mencegah sinar UV untuk masuk ke dalam rumah, tetapi bisa menurunkan suhu diluar ruangan hingga 30%. Ruangan pun tidak terpengaruh dengan keadaan suhu di luar ruangan, rumah tetap sejuk dan nyaman untuk ditinggali.

4. Bisa Membuat Suhu Lebih Sejuk

Atap go green dapat mengurangi panas yang masuk ke dalam rumah, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang lebih sejuk dan nyaman. Alhasil, penggunaan pendingin udara pun dapat dikurangi dan bisa menghemat konsumsi energi rumah tangga. Selain itu, penghematan energi yang didapat dari penggunaan atap ini dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca yang berdampak pada lingkungan.

5. Anti Karat

Diklaim tahan karat atau korosi, atap go green dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Karena atap ini sudah anti karat sehingga perawatan akan jauh lebih mudah. Sangat cocok beberapa kawasan yang punya tingkat kelembaban udara yang tinggi. Penggunaan bahan atap yang tahan karat juga dapat membantu mengurangi dampak lingkungan dari proses perawatan dan penggantian atap yang sering dilakukan.

Penutup atap go green telah lulus pengujian bahan bangunan yang bebas toxic (racun) maka penutup atap ini tidak membahayakan kesehatan kamu dan keluarga. Apabila atap go green tidak lagi digunakan, penutup atap ini masih bisa digunakan dan didaur ulang kembali.

Selain itu, atap go green juga terbuat dari bahan yang anti karat, pas sekali untuk rumah-rumah modern di daerah beriklim negara tropis yang kelembapan udaranya tinggi. Dengan penutup atap go green, atap rumah bebas dari korosi.

Baca Juga :  Coil Galvalume Ternate

Atap Go Green Untuk Peduli Lingkungan, Simak Kelebihannya

6. Bebas dari Racun dan Zat Kimia Berbahaya

Atap ini terbuat dari bahan-bahan yang bebas zat kimia yang berbahaya atau racun, sehingga aman digunakan tanpa khawatir akan adanya dampak negatif pada kesehatan penghuni rumah. Karena bebas dari bahan kimia berbahaya atau racun pada bahan atap sehingga tidak menimbulkan pencemaran tanah atau air akibat pembuangan limbah yang mengandung zat berbahaya dari bahan atap.

7. Pemasangan Mudah

Proses pemasangan atap ini relatif mudah dan cepat sehingga dapat menghemat waktu dan biaya dalam proses pembangunan rumah. Pemilik rumah pun dapat menghemat biaya tenaga kerja yang dibutuhkan untuk proses pemasangan atap. Selain itu, proses pemasangan yang cepat juga dapat membantu mempercepat selesainya pembangunan rumah secara keseluruhan.

Karena sifat penutup atap go green yang ringan membuat penutup atap ini mudah untuk dipasang sehingga menghemat waktu sekaligus biaya pemasangan. Jika kamu ingin memasang penutup atap go green ini sendiri, maka pastikan penutup atap go green yang digunakan memiliki ukuran yang sama.

Jika tidak, maka penutup atap tidak bisa terpasang secara rapat. Pengaplikasian penutup atap go green bisa lebih sempurna lagi jika menggunakan rangka atap baja ringan.

Atap Go Green Untuk Peduli Lingkungan, Simak Kelebihannya

8. Ramah Lingkungan

Sesuai namanya go green tentunya atap ini sudah terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang, atap ini membantu menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi dampak negatif pada lingkungan. Penggunaan bahan atap yang ramah lingkungan juga dapat membantu dalam upaya pengurangan limbah dan emisi karbon, sehingga memberikan kontribusi positif bagi lingkungan secara keseluruhan.

9. Meredam Suara Hujan

Atap go green juga mampu meredam suara hujan yang jatuh di atasnya dengan membantu menciptakan suasana yang lebih tenang dan nyaman di dalam rumah. Saat Kamu menggunakan atap yang mampu meredam suara, Kamu dapat menikmati suasana yang lebih damai dan terhindar dari kebisingan yang tidak diinginkan.

10. Harga Terjangkau

Tidak bisa dipungkiri lagi karena harganya yang ekonomis, penutup atap ini jadi begitu populer. Bayangkan saja dengan harga yang jauh lebih murah dari penutup atap jenis invideck, atap alderon, dan onduline, kamu bisa mendapatkan empat keuntungan lainnya. Tidak jarang produsen penutup atap go green pun juga menyertakan garansi lebih dari lima tahun untuk setiap pembeliannya.

Atap Go Green Untuk Peduli Lingkungan, Simak Kelebihannya

“Atap Go Green” adalah istilah yang mengacu pada atap yang dirancang dan dikonstruksi dengan mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan, efisiensi energi, dan keberlanjutan. Atap seperti ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan bisa memiliki beberapa fitur dan karakteristik berikut:

  1. Tanaman Atap (Green Roof):
    • Atap hijau atau tanaman atap adalah salah satu komponen utama dari konsep “Go Green.” Atap ini dilapisi dengan vegetasi, seperti rumput atau tanaman, yang memberikan banyak manfaat lingkungan, seperti penyerapan air hujan, isolasi termal, dan peningkatan kualitas udara.
  2. Panel Surya (Solar Panels):
    • Penggunaan panel surya atau panel fotovoltaik pada atap adalah cara efektif untuk menghasilkan energi matahari dan mengurangi ketergantungan pada sumber daya energi konvensional.
  3. Pemanas Air Matahari:
    • Sistem pemanas air matahari dapat digunakan untuk menghasilkan air panas dengan memanfaatkan energi matahari, yang mengurangi penggunaan listrik atau gas.
  4. Penyaring Air Hujan:
    • Sistem penyaringan air hujan dapat dipasang pada atap untuk mengumpulkan dan menyaring air hujan, yang kemudian dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti irigasi atau sanitasi.
  5. Material Ramah Lingkungan:
    • Penggunaan bahan bangunan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, seperti genteng dan insulasi yang didaur ulang, dapat membantu mengurangi dampak lingkungan dari konstruksi atap.
  6. Penggunaan Kembali dan Daur Ulang:
    • Selama proses konstruksi atau renovasi atap, pilih untuk menggunakan kembali atau mendaur ulang material yang sudah ada, jika memungkinkan.
  7. Isolasi Termal:
    • Isolasi yang baik pada atap dapat membantu mengurangi kehilangan panas di musim dingin dan panas di musim panas, mengurangi penggunaan energi untuk pendinginan dan pemanasan.
  8. Ventilasi Alami:
    • Sirkulasi udara yang baik dan sistem ventilasi alami pada atap dapat membantu menjaga suhu interior yang nyaman dan mengurangi kebutuhan pendinginan buatan.
  9. Penanaman Pohon dan Vegetasi di Sekitar Atap:
    • Penanaman pohon dan vegetasi di sekitar bangunan dapat membantu mengurangi efek panas perkotaan dan meningkatkan kualitas udara.
Baca Juga :  Harga Atap Galvalum Pasir dan Non Pasir, Cek Perbedaaannya

Atap Go Green adalah salah satu cara untuk merancang bangunan yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. Ini dapat mengurangi dampak lingkungan dan membantu menghemat energi, sambil menciptakan lingkungan yang lebih sejuk dan nyaman. Sebelum mengimplementasikan fitur-fitur ini, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor lokal dan tujuan lingkungan yang ingin dicapai.

Atap Go Green Untuk Peduli Lingkungan, Simak Kelebihannya

Sumber : https://www.detik.com/