Rekomendasi Desain Kanopi Tanaman Rambat dan Contoh Tanaman Rambat untuk Kanopi. Ada beberapa langkah untuk percantik dan mendatangkan kesan-kesan teduh pada penampilan desain rumah minimalis. Satu diantaranya ialah memasangkan kanopi tanaman rambat di rumah minimalis.


Sesuai namanya, tanaman merambat merupakan salah satu tanaman yang tumbuh dengan cara merambat. Beberapa jenis tanaman rambat juga berbunga dan dapat menjadi salah satu dekorasi eksterior yang dapat mempercantik hunian.

Kanopi merupakan struktur bangunan berupa atap tambahan yang banyak dipasang di rumah-rumah Indonesia. Ada beragam jenis kanopi yang bisa dipasang di rumah, salah satunya kanopi dengan tanaman rambat.

Rekomendasi Desain Kanopi Tanaman Rambat dan Contoh Tanaman Rambat untuk Kanopi

Penambahan tanaman rambat pada kanopi tidak hanya melindungi dari panas dan hujan, tetapi juga bisa mempercantik tampilan rumah. Namun, jangan sembarangan pilih tanaman rambat untuk kanopi, ya!

Pengertian Tanaman Rambat

Tanaman rambat merupakan salah satu jenis tanaman hias yang berfungsi sebagai elemen dekorasi rumah. Selain itu, tanaman rambat juga bisa dipasang di tembok, pagar, dan kanopi rumah.

Ada dua jenis tanaman rambat, yaitu tanaman rambat berbunga dan tanaman rambat daun. Bunga dan daun tanaman rambat biasanya memiliki bentuk dan warna yang unik sehingga cocok digunakan sebagai penghias rumah, mulai dari pagar hingga kanopi.

Desain Kanopi Tanaman Rambat. Lihat beragam desain kanopi tanaman rambat yang pasti aesthetic dan asri. Pas dipakai untuk beragam tempat, termasuk carport rumah minimalis.

Kehadiran tanaman rambat menggantung akan membuat perlindungan beberapa penghuni dari pancaran cahaya matahari berlebihan.

Sekarang, banyak tanaman menjalar untuk peneduh yang bisa dipakai menghiasai sisi depan atau halaman belakang. Misalnya saja, tanaman daun sirih, Lee Kuan Yew, alamanda, tanaman Boston Ivy, sampai Bougenvile.

Disamping itu, desain kanopi tanaman rambat juga akan memberi seni cantik dan lezat dilihat mata. Tidak sekadar pada bagian depan rumah, pemakaian kanopi tanaman hias pas dipakai sebagai sisi dari komponen taman belakang rumah.

Rekomendasi Desain Kanopi Tanaman Rambat dan Contoh Tanaman Rambat untuk Kanopi

Tanaman rambat adalah tanaman yang cenderung tumbuh dan menjalar pada struktur atau dukungan lainnya. Tanaman ini sering digunakan untuk menutupi pagar, tembok, gazebo, atau struktur lainnya, menciptakan tampilan yang hijau dan indah. Beberapa tanaman rambat populer termasuk:

  1. Bougainvillea (Bougainvillea): Tanaman dengan bunga berwarna cerah yang tumbuh subur di iklim hangat. Bougainvillea dapat merambat atau digunakan sebagai tanaman dinding hidup. Bougenville merupakan tanaman yang banyak disukai orang karena tampilannya yang cantik. Warna bungannya mencolok dan menjadi keunikan tersendiri tanaman ini. Bougenville cocok digunakan untuk tanaman rambat di kanopi karena dapat tumbuh dengan subur dengan sinar matahari.
  2. Bunga Morning Glory (Ipomoea): Tanaman yang cepat tumbuh dengan bunga yang indah dan banyak warna. Morning Glory sering digunakan untuk menutupi pagar atau dinding. Morning glory merupakan tanaman yang cocok untuk desain kanopi jenis apapun. Tanaman ini identik dengan bunganya yang berwarna ungu dan tampilannya yang cantik, sehingga menjadi daya tarik tersendiri tanaman ini. Pertumbuhan tanaman ini cukup pesat, cukup dengan memberikan paparan sinar matahari.
  3. Tanaman Anggur Hias (Clematis): Clematis memiliki berbagai variasi dan warna bunga yang indah. Tanaman ini dapat merambat pada struktur vertikal. Tanaman rambat untuk kanopi selanjutnya adalah clematis. Sebenarnya, clematis adalah tanaman yang fleksibel untuk berbagai tempat, termasuk kanopi. Tanaman ini dapat tumbuh dengan sangat baik di luar ruangan dan perawatannya cukup mudah, yakni dengan memberikan sinar matahari tidak langsung. Tanaman ini memiliki bunga yang berwarna cantik yakni putih, merah muda, dan ungu.
  4. Bunga Terompet (Trumpet Vine): Tanaman ini memiliki bunga berbentuk terompet yang menarik dan dapat merambat dengan cepat. Trumpet vine sering digunakan untuk menutupi pergola atau pagar. Tanaman ini memiliki bentuk yang unik menyerupai terompet dan cukup manis dipandang sebagai tanaman hias di area carport dan pekarangan rumah. Warna dari bunganya juga menarik dan cerah, seperti kuning, merah, ungu, dan merah muda.
  5. Tanaman Melati (Jasmine): Melati menghasilkan bunga yang harum dan umumnya digunakan sebagai tanaman rambat atau ditanam di pot.
  6. Bunga Wisteria (Wisteria): Wisteria memiliki kelompok bunga yang indah dan aromatik. Tanaman ini dapat merambat dan menciptakan tampilan yang spektakuler.
  7. Tanaman Tanjung (Hedera): Tanaman tanjung atau ivy adalah tanaman rambat yang sering digunakan untuk menutupi dinding, pagar, atau struktur lainnya. Varian seperti English Ivy populer untuk tujuan ini.
  8. Bunga Bunga Api (Passion Flower): Tanaman ini menghasilkan bunga yang indah dan unik. Passion flower dapat merambat dan cocok untuk menutupi pagar atau dinding.
  9. Tanaman Kembang Soka (Hoya): Tanaman kembang soka atau hoya memiliki daun tebal dan bunga indah. Beberapa jenis hoya dapat merambat dan cocok untuk digunakan dalam pot gantung atau sebagai tanaman rambat.
  10. Kembang Sepatu (Hibiscus): Kembang sepatu memiliki bunga yang besar dan berwarna-warni. Beberapa jenis kembang sepatu bisa tumbuh menjalar dan menciptakan penutup yang indah.
Baca Juga :  Murah Mana Harga Kanopi Baja Ringan dan Besi Hollow?

Sebelum menanam tanaman rambat, penting untuk mempertimbangkan kondisi tumbuh tanaman seperti sinar matahari, kelembaban, dan jenis tanah yang dibutuhkan. Selain itu, perhatikan juga apakah tanaman tersebut bersifat invasif atau tidak sesuai dengan iklim dan keadaan tanah di lokasi Anda.

Rekomendasi Desain Kanopi Tanaman Rambat dan Contoh Tanaman Rambat untuk Kanopi

Nah, jika kamu sedang berencana membuat kanopi rumah minimalis, berikut beragam ide yang dapat diambil gagasannya.

1. Mode Kanopi Simpel

Kanopi teras rumah tipe 36 ini kelihatan menarik dengan formasi tanaman menjalar di atas. Kombinasi di antara tanaman rambat untuk kanopi dan tanaman hias dalam pot sanggup hasilkan penampilan tempat tinggal yang asri yang sejuk.

Baca Juga :  Metode Pembentukan Baja Ringan

Adapun langkah membuat kanopi tanaman rambat termasuk gampang, lo. Cukup atur dan ikat memakai kawat tanaman rambat.

2. Kanopi Rumah Minimalis

Desain kanopi tanaman rambat membuat penampilan fasad rumah minimalis kamu jadi lebih elok dan teduh. Seperti, mode teras depan rumah minimalis kekinian ini yang aesthetic dengan serangkaian tanaman rambat kanopi. Gunakan kerangka besi untuk tanaman menjalar yang kamu punyai di rumah.

3. Desain Kanopi Tanpa Pagar

Teras rumah elok ini berasa sejuk dengan kehadiran tanaman rambat di tempat kanopi carport. Kamu bisa juga lo membuat carport garasi rumah minimalis tampil asri dan sejuk semacam ini. Triknya, pilih tipe tanaman menyebar yang cantik seperti Lee Kwan Yew untuk dipakai pada bagian depan rumah.

Baca Juga :  Kelebihan Coil Galvalum Pasir untuk Atap Rumah, Tahan Cuaca dan Korosi

4. Kanopi untuk Teras Belakang

Beberapa orang mengenali kanopi dengan panggilan pergola rumah, yang umumnya didatangkan di tempat taman. Tanaman menjalar hias umum dipakai untuk menghias desain pergola kayu, hingga membuat tempat itu berasa teduh.

Misalnya saja, seperti mode pergola teras rumah yang terdapat pada bagian belakang ini. Pas dipakai sebagai tempat santai yang sangat nyaman.

5. Desain Pergola Aesthetic

Ingin memperoleh taman belakang rumah yang sangat nyaman untuk kongkow? Nach, kamu dapat mendatangkan pergola taman semacam ini.

Pakai beberapa referensi tanaman rambat untuk datangkan keteduhan yang optimal. Adapun langkah mengatur tanaman rambat di pergola, cukup melilitkan tanaman di bagian atas dan tiang dari pergola besi.

6. Gabungan dengan Atap Polycarbonate

Desain kanopi tanaman rambat dengan gabungan atap polycarbonate akan memberikan kesan-kesan teduh di tempat carport. Banyak tanaman menjalar tahan panas yang dapat kamu pakai, seperti Lee Kuan Yew dan tanaman Clematis dan Air Mata Pengantin. Kamu hanya tinggal pilih saja sama sesuai keperluan dan harga kanopi tanaman rambat yang ramah kantong.

7. Kanopi Garasi yang Teduh

Ingin mobil kamu terlindung dari teriknya cahaya matahari? Karena itu, coba untuk memasangkan pergola kayu yang asri ini. Beragam tanaman peneduh yang dirambatkan di bagian pergola ditanggung akan jadi tempat bernaung sejuk untuk kendaraan kecintaan kamu.

Rekomendasi Desain Kanopi Tanaman Rambat dan Contoh Tanaman Rambat untuk Kanopi

Semoga bermanfaat 🙂