Cara Menghitung Biaya Pasang Atap Baja Ringan. Ketika membangun atau merenovasi rumah, Anda mungkin memiliki banyak ide. Ada juga begitu banyak kriteria dan keinginan untuk dipenuhi, contohnya ingin menggunakan atap baja ringan. Untuk merenovasi rumah dengan hasil maksimal dan mempermudah Anda dalam menghemat biaya yang harus dikeluarkan.

Cara Menghitung Biaya Pasang Atap Baja Ringan

Karena dengan banyaknya pekerjaan atap yang lebih memilih baja ringan maka tak jarang pemilik rumah kebingungan dalam memperkirakan berapa total biaya yang dibutuhkan sehingga dapat menyiapkan dana dalam jumlah yang tepat, sementara bertanya langsung kepada kontraktor baja ringan bisa jadi merupakan suatu pantangan karena mungkin ada ketakutan apabila harga borongan justru dinaikan karena kita dianggap tidak mengerti sehingga mudah untuk dibohongi.

Secara umum urutan dalam menghitung biaya pekerjaan atap bisa dihitung dengan urutan sebagai berikut:

  1. Membuat data atap yang mau dibangun, bisa dalam bentuk gambar sketsa sehingga bisa diketahui bentuk dan ukuran bidang atap yang mau dihitung.
  2. Menghitung luas atap dalam satuan m2 bangunan, rumusnya memakai perhitungan matematika sederhana seperti luas persegi panjang, luas segitiga, luas trapesium dan bidang lain sesuai bentuk atap.
  3. Mencari harga per m2 pekerjaan rangka atap baja ringan, dan harga per m2 pekerjaan finishing atap diatasnya seperti genteng, asbes gelombang dan sejenisnya.
  4. Mengalikan luas atap dengan harga per m2 baja ringan sehingga ketemu biaya total yang dibutuhkan.
  5. Menambahkanya dengan angka kemanan atau biaya lain-lain untuk mengantisipasi biaya tak terduga saat pelaksanaan.

Nah, setelah mengetahui keunggulan dari atap baja ringan berikut ini adalah informasi harga atap baja ringan terbaru. Pilihan di bawah ini memiliki beragam perbedaan harga dan kualitas yang bisa Anda pertimbangkan.

Berikut ini kisaran harga baja ringan terbaru. (harga mungkin tidak sesuai dengan yang di pasaran saat ini, Anda harus sering kroscek di toko bangunan)

  • Merk Prima Truss

Jenis Baja Meter Harga
Kaso Baja Ringan 0.65 mm 6 meter Rp 70.000
Kaso Baja Ringan 0.70 mm 6 meter Rp 75.000
Kaso Baja Ringan 0.75 mm 6 meter Rp 80.000
Kaso Baja Ringan 1.00 mm 6 meter Rp 105.000
Reng Baja Ringan 0.40 mm 6 meter Rp 35.000
Reng Baja Ringan 0.45 mm 6 meter Rp 40.000
  • Merk Alfa Truss

Jenis Baja Ringan Meter Harga
Kaso Baja Ringan C75.75 6 meter Rp 65.000
Kaso Baja Ringan C75.65 6 meter Rp 60.000
Kaso Baja Ringan C75.100 6 meter Rp 57.000
Kaso Baja Ringan 31.45 6 meter Rp 29.000
  • Merk Taso

Jenis Baja Meter Harga
Kaso Baja Ringan 0.65 mm 6 meter Rp 95.000
Kaso Baja Ringan 0.70 mm 6 meter Rp 98.000
Kaso Baja Ringan 0.75 mm 6 meter Rp 100.000
Kaso Baja Ringan 1.00 mm 6 meter Rp 150.000
Reng Baja Ringan 0.40 mm 6 meter Rp 55.000
Reng Baja Ringan 0.45 mm 6 meter Rp 60.000

Setelah mengetahui harga baja ringan yang diinginkan, Anda bisa menggunakan rumus di bawah ini untuk menghitung perkiraan biaya pasang baja ringan. Namun, sebelumnya Anda harus tahu dulu Luas Atap Rumah (LAR) Anda.

Nah, harga atap baja ringan di atas adalah beberapa gambaran bagi Anda yang ingin membelinya. Setelah mengetahui harga atap baja ringan, berikut ini adalah cara menghitung biaya pasang atap baja ringan yang dapat menjadi referensi.

Cara Menghitung Biaya Pasang Atap Baja Ringan

Meski terlihat ribet, namun cara menghitung biaya pasang atap baja ringan tidak sesulit yang dibayangkan, lho. Sebelum menghitung biaya pasang atap, lebih baik Anda mengetahui hitungan untuk Luas Atap Rumah dengan rumus sebagai berikut.

Luas Atap Rumah = (Panjang Bangunan + Overstek Genteng Dua Sisi) x (Lebar Bangunan + Overstek Genteng Dua Sisi) : Cosinus Derajat Kemiringan Atap

Berdasarkan rumus tersebut, mari buat contoh simulasi menghitung Luas Atap Rumah atau Volume Atap.

Jika atap rumah Anda memiliki panjang 13 meter dengan lebar 15 meter dan overstek 2 meter tiap sisinya dengan kemiringan 40 derajat, maka perhitungannya adalah sebagai berikut.


(13 +  2 + 2) x (15 + 2 + 2) : (cos dari 40 = 0,766) = 421 meter persegi

Setelah mendapatkan hasil perhitungan Luas Atap Rumah, berikut ini adalah rumus untuk mengetahui biaya pasang harga atap baja ringan sebagai berikut.


Biaya Pasang = (Luas Atap Rumah x Harga Baja Ringan per m²) + (Volume Atap Rumah x Harga Penutup Atap per m²)

Sama seperti sebelumnya, berdasarkan rumus tersebut, mari buat contoh simulasi menghitung biaya atap baja ringan.

Misalnya Anda memilih merk TASO untuk jenis Kaso Baja Ringan 0.75 mm dengan harga Rp 100 ribu dan harga genteng yang Anda pilih  Rp 90 ribu.

(421 m² x Rp 100 ribu) + (421 m² x Rp 90 ribu) = Rp 79.990.000 

(Untuk simulasi harga diatas, Anda harus kroscek dahulu di tempat toko bangunan yang ada di temat tinggal Anda karena harga diatas yang bisa berubah dan belum tentu sama di tempat Anda)

Nah, itulah harga yang dapat Anda siapkan untuk membangun atap baja ringan sekaligus harga genteng. Bagaimana, sudah tahu kan kelebihan baja ringan, contoh penggunaan, harga atap baja ringan, dan cara hitung biaya pasang baja ringan? Dari biaya tersebut maka kita dapat memutuskan apakah mau menggunakan baja ringan atau tidak.

Begitulah tutorial sederhana cara menghitung biaya atap baja ringan yang dapat digunakan dalam mempersiapkan biaya bangun rumah, Bagi kontraktor menggunakan perhitungan secara detail dan teliti dengan sistem analisa harga satuan pekerjaan atap baja ringan sehingga dapat diperkirakan secara tepat dan dapat diketahui jumlah batang baja yang dibutuhkan.

Semoga artikel Cara Menghitung Biaya Pasang Atap Baja Ringan, bermanfaat.

Tonton Video :

Sumber :

 

 

Kami Siap Membantu Anda
Read previous post:
Keunggulan Atap Baja Ringan
Keunggulan Atap Baja Ringan

Close